Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cross, Jay
San Francisco: Pfeiffer/Wiley, 2007
658.312 4 CRO i (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dyana Wiranti Nabilah Izzaturrafi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas fenomena makerspace sebagai respon dari kebutuhan ruang experiential learning untuk pemberdayaan manusia. Dua jenis makerspace yang menjadi studi kasus yaitu Indoestri Makerspace dan makerspace bengkel. Pembahasan mencakup gambaran umum tentang makerspace, rangkaian aktivitas experiential learning di dalam makerspace, susunan ruang pembentuknya secara mikro dan makro, serta pengaruhnya terhadap kegiatan belajar. Kesimpulannya merupakan hasil dari perbandingan kedua jenis makerspace; keduanya memiliki perbedaan, persamaan, kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun sangat berpotensi menjadi respon arsitektur yang baik untuk kegiatan experiential learning. Bila experiential learning di Indoestri Makerspace menerapkan sistem instruktur-partisipan yang berbiaya, experiential learning di bengkel terjadi sebagai bagian dari aktivitas bekerja, sehingga bisa mencakup orang dari berbagai kalangan ekonomi. Formasi spasial yang ada dikemas dalam program study, production, display

ABSTRAK
This study discusses makerspace phenomenon in response to the need of space for experiential learning for human empowerment. Two types of makerspace that became the case studies are Indoestri Makerspace and workshop. The discussion includes a general description of makerspace, experiential learning activity sequences in makerspace, spatial arrangement of its constituent micro and macro, and its influence on learning activities. The conclusion is the result of comparison between the two types of makerspace; both have differences, similarities, advantages and disadvantages, but can potentially become proper architectural response for experiential learning activities. If experiential learning in Indoestri Makerspace implement systems instructor-participant cost, experiential learning in workshop occurs as part of the work, so it can include people from all walks of economy The spatial formation is delivered in three categories of study, production, and display, represented into a space that is flexible, adaptive, supportive and full of resources."
2016
S63136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Binarsih
"ABSTRAK
Tesis ini meneliti dan melakukan intervensi tentang safety riding pada pengendara
sepeda motor, khususnya tukang ojek. Tujuannya adalah untuk meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman tentang keamanan di jalan serta mengembangkan
sikap bertanggung jawab terhadap keselamatan diri dan orang lain. Program
intervensi yang diberikan berisi serangkaian edukasi partisipatif selama 6 jam
pada 34 pengendara ojek di Gang Langgar Margonda, Depok. Baseline study yang dilakukan menemukan bahwa tukang ojek sering
mengabaikan keselamatan dengan tidak memakai helm saat berkendara,
mengabaikan batas kecepatan, serta melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan.
Catatan menunjukkan bahwa dua orang tukang ojek tewas dalam kecelakaan
sepeda motor dan 50% pernah mengalami kecelakaan, juga 33% dari penumpang
mereka. Menurut Kasatlantas Depok, penyebab kecelakaan lalu lintas pada tahun
2009 adalah di seputar perilaku pengguna jalan yang tidak mengindahkan disiplin
dan keselamatan. Pada penelitian ini, strategi yang dilakukan untuk perubahan sosial dilakukan
melalui edukasi. Baseline study dilakukan melalui kajian literatur, koordinasi
dengan instansi terkait, observasi, diskusi informal, dan kuesioner. Intervensi
untuk target dilakukan melalui experiential learning dengan berbagai teknik
seperti concrete experience, ceramah, diskusi, sharing, dan pemberian reward
berupa helm berstandar SNI dan rompi bertuliskan pesan-pesan tentang safety
riding. Pengujian satistik menggunakan Paired Sample T-test menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan antara mean sebelum program intervensi (M = 13.44, SD =
2.642) dengan mean sesudah intervensi (M = 15.59, SD = 2,709). Perbedaan ini
terbukti signifikan (d f = N-l= 33, t tabel = 2.0345 < | thitung | = 5.082,
p - 0.000 < 0.05). Ini berarti bahwa intervensi yang dilakukan secara keseluruhan
cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang safety riding pada
pengojek Gang Langgar Margonda. Subjek juga merasa bahwa program intervensi
sangat bermanfaat dan memotivasi mereka untuk mengubah perilakunya dalam
berkendara. Demi kesinambungan program selanjutnya, disarankan agar edukasi
tentang safety riding dapat menjadi bagian dari program pihak kepolisian maupun
kalangan akademik."
2010
T37647
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yolanda Novianti
"Entrepreneurial Intention (EI) akan menjadi langkah pertama untuk mulai mengembangkan usaha dan terkadang membutuhkan proses panjang dalam penciptaan usaha. Dalam mendukung hal tersebut, perguruan tinggi sebagai lembaga yang mendidik para lulusan baru perlu mengarahkan mahasiswa untuk menumbuhkan minat berwirausaha sehingga diperlukan kegiatan kewirausahaan yang memberdayakan mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara, serta menganalisis pengaruh entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner. Sampel pada penelitian merupakan mahasiswa/i dari program studi bisnis yang pernah mengikuti kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh universitas/fakultas/program studi. Setelah penyebaran kuesioner, diperoleh data dari 407 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang tidak signifikan atau berhubungan negatif. Sebaliknya, pengaruh experiential learning terhadap entrepreneurial intentions melalui entrepreneurial self-efficacy sebagai variabel mediasi pada mahasiswa di Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara memiliki pengaruh yang signifikan atau berhubungan positif.

Entrepreneurial intention will be the first step to start developing a business and sometimes need a long process in business creation. In supporting this, universities as institutions that educate new graduates need to direct students to develop an interest in entrepreneurship so that entrepreneurial activities are needed that empower students to become entrepreneurs. The aim of this research is to analyze the influence of experiential learning on students' entrepreneurial intentions at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara, as well as to analyze the influence of entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable. This research uses a quantitative approach by distributing questionnaires. The research samples were business study program students who had participated in entrepreneurial activities. After distributing the questionnaire, data was obtained from 407 respondents. This research uses descriptive data analysis and inferential statistical analysis techniques with the PLS-SEM approach. The results show that the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions of students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an insignificant influence. In contrast, the influence of experiential learning on entrepreneurial intentions through entrepreneurial self-efficacy as a mediating variable for students at the Universitas Indonesia and Universitas Bina Nusantara has an influence significant."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chen, Chris W.
"Focuses on helping coaches properly define their coaching roles and provides the skills necessary to be successful. This book states that a wide range of activities fall under the label of coaching, including guiding, teaching, motivating, and mentoring. It is designed to train people for one-on-one coaching situations. "
Alexandria, VA: [American Society for Training and Development Press;, ], 2003
e20438677
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"The American Management Association's seminar and course leaders are among the most insightful and skilled educators in the business, consistently delivering outstanding, innovative exercises to improve individual and organizational performance. The AMA Trainers' Activity Book presents 25 exercises used successfully by AMA's seminar leaders throughout the world. Reflecting the most up-to-date concerns of participants, trainers, and managers, the book addresses fundamental learning categories including learning and creativity, communication and connection, influence, compromise, problem solving, and leadership."
New York: [American Management Association;, ], 2004
e20438500
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Masni Erika Firmiana
"Program intervensi yang menggambarkan kegiatan memberikan keterampilan dalam membuat dan menjaga derah resapan air untuk penyimpanan air di tanah, dilaksanakan di Komunitas Al Bahar, komunitas pemulung dan pedagang kecil yang berlokasi di Depok Tengah, Kota Depok, dengan kelompok sasaran warga dewasa. Pelaksanaan intervensi dengan pemberian informasi tentang cara membuat daerah resapan air sebagai salah satu cara membuat persediaan air saat musim kemarau, dilakukan dengan mengenalkan teknik Lubang Resapan Biopori (LRB) yang merupakan hasil temuan peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Pelaksanaan intervensi berdasarkan Teori Belajar Sosial dari Bandura dan strategi intervensi adalah observational learning dan modelling. Selama pelaksanaan intervensi, pemberian informasi lain yang berhubungan dengan teknik biopori sebagai salah satu cara pembuatan daerah resapan air, seperti siklus air yang sangat berhubungan dengan pentingnya daerah resapan air, bentuk pembuatan daerah resapan air yang lain, ditemukan secara bersama di dalam kelompok oleh kelompok sasaran, mengikuti prinsip experiential learning dari Kolb. Hasil intervensi adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan kelompok sasaran. Tercatat, 92,86% peserta kegiatan dapat mengulang informasi yang diberikan, dapat membuat sendiri LRB, dilanjutkan dengan merawat LRB. Selain itu terbentuk kelompok kecil yang bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan perawatan LRB. Keinginan kelompok sasaran untuk menambah LRB terkendala status mereka sebagai penyewa lahan."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T38452
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jayaning Hartami
"[ABSTRAK
Tujuan dari program intervensi ini adalah untuk meningkatkan motivasi berprestasi
pada remaja di Kawasan Wisata Puncak. Meningkatnya motivasi berprestasi
diharapkan menjadi upaya untuk membentuk remaja agar dapat belajar merancang
masa depan dan berperan sebagai kelompok yang mampu meningkatkan kualitas
hidup masyarakat Puncak. Intervensi dilakukan melalui Pelatihan Motivasi
Berprestasi dengan menggunakan metode eksperimen. Eksperimen yang dilakukan
menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Pelatihan dilakukan
dalam lima sesi selama satu hari dan diikuti oleh lima belas siswa kelas IX SMP
PGRI 207. Melalui program intervensi yang dilakukan, terjadi peningkatan motivasi
berprestasi yang signifikan pada uji wilcoxon signed-rank test (p = 0.002, Los p
<0.05). Selain itu, mereka juga dapat menyusun target di masa depan serta langkah
untuk mencapainya.

ABSTRACT
The goal of this intervention program is to increase achievement motivation in
adolescents in tourism area Peak . Increased achievement motivation is expected to be
an attempt to form a group of adolescents who are able to improve the quality of life
in the future peak . The intervention is done through the Achievement Motivation
Training by using experimental methods . Experiments were performed using the
design of one group pre -test and post - test design . The training was conducted in
five sessions during the day and followed by fifteen students of class IX SMP PGRI
207. Through the intervention program , there was a significant increase in
achievement motivation on the Wilcoxon test signed- rank test (p = 0.002, Los p
<0.05) . In addition , they can also set targets in the future as well as measures to
achieve them., The goal of this intervention program is to increase achievement motivation in
adolescents in tourism area Peak . Increased achievement motivation is expected to be
an attempt to form a group of adolescents who are able to improve the quality of life
in the future peak . The intervention is done through the Achievement Motivation
Training by using experimental methods . Experiments were performed using the
design of one group pre -test and post - test design . The training was conducted in
five sessions during the day and followed by fifteen students of class IX SMP PGRI
207. Through the intervention program , there was a significant increase in
achievement motivation on the Wilcoxon test signed- rank test (p = 0.002, Los p
<0.05) . In addition , they can also set targets in the future as well as measures to
achieve them.]"
2015
T44056
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"The 2005 edition of the ASTD Training and Performance Sourcebook draws on the knowledge and expertise of 42 top-flight trainers and consultants to present a comprehensive toolkit of the best training activities, group learning exercises, assessment instruments, handouts, and other essential guides for todays busy training and performance professional. The tools presented here cover a wide range of topics from e-learning, communication skills, diversity, and management development."
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2005
e20441301
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"The 2006 edition of the ASTD Training and Performance Sourcebook, edited by training guru Dr. Mel Silberman, draws on the knowledge and expertise of today’s best trainers and consultants. In this one comprehensive book, you will find the tools you need in such important areas as e-learning, communication skills, diversity and cross-cultural awareness, performance improvement, and management development. Tools in the Sourcebook are organized into four categories:
• training activities and group learning exercises
• assessment instruments
• helpful handouts
• practical guides to understanding and implementing important training and performance trends"
Alexandria, Virginia: American Society for Training & Development, 2006
e20441315
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>