Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vinia Sanzia Amara Marsudiyanto
"Di era kesadaran konsumen yang tinggi, memahami dampak pernyataan moral terhadap niat membeli sangatlah penting di pasar seperti Indonesia. Penelitian ini menyelidiki pengaruh pernyataan pemberontak moral terhadap niat membeli konsumen di Indonesia dan menguji peran moderat dari efikasi diri dalam proses ini. Efikasi diri, yang didefinisikan sebagai keyakinan pada kemampuan seseorang untuk melaksanakan perilaku yang diperlukan untuk menghasilkan hasil tertentu, dianggap sebagai moderator potensial dalam hubungan antara pernyataan moral dan niat membeli. Penelitian ini berhipotesis bahwa pernyataan moral berpengaruh positif terhadap niat membeli dan efikasi diri yang tinggi memperkuat pengaruh tersebut. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner online yang melibatkan 223 peserta memberikan wawasan tentang kecenderungan perilaku konsumen Indonesia ketika dihadapkan pada pernyataan moral versus non-moral tentang iklan pengujian hewan. Temuan menunjukkan bahwa pernyataan yang bermuatan moral oleh pemberontak moral meningkatkan niat membeli lebih signifikan dibandingkan pernyataan yang tidak bermuatan moral. Bertentangan dengan ekspektasi, efikasi diri tidak secara signifikan memoderasi dampak pernyataan moral terhadap niat membeli, meskipun hal tersebut berkorelasi positif dengan niat membeli. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun konsumen Indonesia dipengaruhi oleh pertimbangan etis, namun tingkat efikasi diri mereka tidak mengubah pengaruh pernyataan moral terhadap keputusan pembelian mereka secara signifikan.
In an era of increasingly high consumer awareness, the intersection between moral statements and purchase intentions is important to understand market dynamics, one of which is in developing country markets such as Indonesia. This study investigates the influence of moral rebel statements on consumers' purchase intentions in Indonesia and tests the moderating role of selfefficacy in this process. Self-efficacy, defined as belief in one's ability to execute the behaviors necessary to produce a particular outcome, is considered a potential moderator in the relationship between moral statements and purchase intentions. This research hypothesizes that moral statements have a positive effect on purchase intentions and high self-efficacy strengthens this effect. Data collected through an online questionnaire involving 223 participants provides insight into the behavioral tendencies of Indonesian consumers when faced with moral versus non-moral statements about an animal testing advertisement. The findings show that morally charged statements by moral rebels increase purchase intentions more significantly than statements that are not morally charged. Contrary to expectations, self-efficacy did not significantly moderate the impact of moral statements on purchase intentions, although it was positively correlated with purchase intentions. This shows that although Indonesian consumers are influenced by ethical considerations, their level of self-efficacy does not significantly change the influence of moral statements on their purchasing decisions. The outcome of this research implies, by integrating moral principles into marketing strategies, businesses can increase their appeal to ethically conscious consumers, thereby potentially increasing market share and consumer loyalty in a competitive marketplace."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, Foreman Lois Alberto
"Jumlah kamar dan hotel di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Dengan keadaan tersebut maka persaingan antar hotel di Indonesia pun akan terus meningkat setiap tahunnya, sehingga dibutuhkan strategi bisnis yang tepat untuk mempertahankan pelanggan lama serta menambah pelanggan baru. Dalam pembuatan strategi tersebut, penelitian ini meneliti pengaruh Brand Image, Price, Trust, dan Value pada Purchase Intention pelanggan. Setelah mendapatkan hasil analisa pengaruh Brand Image, Price, Trust dan Value pada Purchase Intention pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan Importance- Performance Analysis untuk mendapatkan action items beserta prioritas pelaksanaan pada setiap action items. Kemudian pada akhirnya hasil analisa tersebut dapat menjadi sebuah strategi bisnis bagi pengusaha hotel bintang empat di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya.

The number of room and hotel in Indonesia are keep on rising for each year. With such condition then the competition between hotels in Indonesia will also keep on rising for each year, thus an accurate business strategy is required in order to maintain the regular customer and to add a new costumer. In the creation of such business strategy, this research is researching on the impact of Brand Image, Price, Trust, and Value on the customer's Purchase Intention. Upon obtaining the result of analysis on the impact of Brand Image, Price Trust, and Value on the customer?s Purchase intention, then the next steps is to utilize the Importance- Performance Analysis in order to obtain action items along with the priority of execution of each action items. Then in the end such analysis result can become a strategy for entrepreneur of four-star hotels in Indonesia to develop their business.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62890
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tamara Prihutaminingsih
"Menanggapi permintaan global akan transportasi yang berkelanjutan, pasar kendaraan listrik (EV), khususnya sepeda motor listrik (EM), telah mendapatkan perhatian yang signifikan. Penelitian ini berfokus pada pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi adopsi kendaraan listrik di Jakarta, ibu kota Indonesia, dengan menggunakan Extreme Gradient Boosting (XGBoost), dan mengatasi tantangan data yang tidak seimbang melalui Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE). Dengan menganalisis data survei, penelitian ini memprediksi adopsi EM berdasarkan berbagai faktor sikap, demografi, paparan EM, dan faktor yang berhubungan dengan kendaraan. Penelitian ini menunjukkan hasil yang menjanjikan dengan Model Evaluasi yang menunjukkan presisi tinggi (0,747), recall (0,755), dan F1 Score (0,705). Yang paling penting adalah nilai G-Mean sebesar 0.809, yang menunjukkan kinerja model yang kuat dalam menangani data yang tidak seimbang. Penerapan SMOTE secara signifikan berkontribusi pada peningkatan kinerja model, membuat analisis prediktif menjadi lebih andal. Faktor-faktor penentu utama yang memengaruhi adopsi kendaraan listrik termasuk partisipasi dalam acara promosi kendaraan listrik, pengalaman mengendarai kendaraan listrik, dan kepemilikan sepeda motor pribadi. Wawasan ini memberikan panduan yang berharga untuk kebijakan publik dan strategi pemasaran, memastikan pemahaman yang komprehensif tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap adopsi kendaraan listrik di Jakarta, Indonesia.

In response to the global demand for sustainable transportation, the electric vehicle (EV) market, particularly electric motorcycles (EM), has gained significant attention. This research focuses on understanding the factors influencing EM adoption in Indonesia, the capital city of Indonesia, utilizing Extreme Gradient Boosting (XGBoost), and addressing the challenge of imbalanced data through Synthetic Minority Over-sampling Technique (SMOTE). By analyzing Indonesia data, this research predicts EM adoption based on various attitudinal, demographic, EM exposure, and vehicle-related factors. The research shows a promising result with an Evaluation Model that demonstrates high precision (0.747), recall (0.755), and F1 Score (0.705). Especially noteworthy is the G-Mean score of 0.809, indicating a robust model performance in handling imbalanced data. The application of SMOTE significantly contributed to the improvement of model performance, making the predictive analysis more reliable. Key determinants influencing electric vehicle adoption include participation in electric vehicle promotional events, EM riding experience, and personal motorcycle ownership. These insights provide valuable guidance for public policies and marketing strategies, ensuring a comprehensive understanding of the influential factors steering EM adoption in Indonesia, Indonesia."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Karina Murti
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh orientasi pembelian terhadap minat
pembelian online konsumen pada Rajakarcis.com. Orientasi pembelian terdiri dari
shopping enjoyment orientation, impulse purchase orientation, brand orientation,
convenience orientation, dan quality orientation. Analisis data menggunakan
Structural Equation Modelling (SEM). Data penelitian diambil dari 100
responden yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa shopping enjoyment orientation, brand orientation, dan convenience
orientation memiliki pengaruh terhadap minat pembelian online konsumen.
Sedangkan impulse purchase orientation, dan quality orientation tidak memiliki
pengaruh terhadap minat pembelian online konsumen.

ABSTRACT
The focus of the study is the impact of purchase orientation towards customer
online purchase intentions of Rajakarcis.com. Purchase orientation consists of
shopping enjoyment orientation, impulse purchase orientation, brand orientation,
convenience orientation, and quality orientation. Structural Equation Modelling
(SEM) used for data analysis. By using answers from 100 respondents living in
Jabodetabek area, the result shows that shopping enjoyment orientation, brand
orientation, and convenience orientation are positively related to online customer
online purchase intentions. On the other hand, impulse purchase orientation and
quality orientation are not related to customer online purchase intention."
2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Masayu Nadhila Syadzwina
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara Skeptisisme Hijau dengan niat beli hijau untuk produk perawatan pribadi di Indonesia. Riset studi ini juga mendiskusikan peran mediator pengetahuan lingkungan dan kepedulian terhadap lingkungan untuk memediasi hubungan antara skeptisisme hijau dengan niat beli hijau. Lebih spesifiknya, penelitian ini membahas tentang produk perawatan pribadi di Indonesia. Pendistribusian kuesioner survei secara daring dilaksanakan untuk mendapatkan responden. Riset studi ini berhasil mendapatkan 177 responden yang berdomisili di Indonesia. Artikel ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling untuk menganalisa data yang didapatkan dengan menggunakan perangkat lunak AMOS 21.0. Hasil dari riset ini mengindikasikan bahwa skeptisisme hijau mengurangi niat beli konsumen terhadap produk perawatan pribadi hijau. Sedangkan, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan meningkatkan niat beli konsumen terhadap produk perawatan pribadi hijau. Pengetahuan lingkungan terbukti memediasi hubungan kepedulian lingkungan dengan niat beli hijau. Selanjutnya, pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan memediasi hubungan antara skeptisisme hijau dengan niat beli hijau. Riset ini akan berguna untuk sumber akademik bagi penelitian yang akan datang, praktisi di bidang yang bersangkutan dan untuk lingkungan.

The objective of this research study is to see the linkage between Green Skepticism and Green Skepticism is known as one of the inhibitor for Green Purchase Intention. This research study also discuss the role of mediator Environmental Knowledge and Environmental Concern mediates the relationship between Green Skepticism and Green Purchase Intentions. Specifically, for the personal care products in Indonesia.The questionnaire survey distributed via online is used to collect the respondents. This research study managed to collect 177 respondents domiciled in Indonesia. This article utilized the Structural Equation Modelling to analyse the data obtained using software AMOS 21.0. The result indicates that Green Skepticism reduces consumers intention to purchase green personal care products. On the other hand, both Environmental Knowledge and Environmental Concern increase customers green purchase intentions for personal care products. Environmental Knowledge is founded to mediates the relationship between Environmental Concern and Green Purchase Intentions. Furthermore, both Environmental Concern and Environmental Knowledge is founded to mediates the relationship between Green Skepticism and Green Purchase Intentions. This research will benefits academic resource for future research, practitioners in the related fields and the environment."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naomi Tessania
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cosmopolitanism terhadap consumer ethnocentrism, domestic product quality, domestic purchase intentions dan foreign product purchase behavior pada jenis produk fashion di Indonesia. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain riset konklusif, dengan metode kuantitatif yang akan dilakukan satu kali dalam satu periode (single crosssection). Penelitian ini disebar dengan konteks sampel yakni 187 responden yang merupakan responden yang telah memiliki pendapatan sendiri dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software Lisrel 8.51 dalam mengolah dan menganalisis data yang didapatkan dari kuesioner.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pada variabel cosmopolitanism terhadap consumer ethnocentrism, domestic product quality, dan foreign product purchase behavior. Namun terdapat pengaruh signifikan positif pada variabel consumer ethnocentrism terhadap domestic product quality dan domestic purchase intentions. Selain itu terdapat pengaruh signifikan negatif pada variabel domestic purchase intentions dengan foreign product purchase behavior.

This study determine the effect on consumer ethnocentrism cosmopolitanism, domestic product quality, purchase intentions and foreign domestic product purchase behavior on the kind of fashion products in Indonesia. Design research used in this study is conclusive research design, quantitative method to be performed one time in one period (single crosssection). This research is disseminated in the context of 187 sample respondents who are respondents who have had their own income to supply their daily needs. Structural Equation Modeling (SEM) using software lisrel 8.51 in processing and analyzing the data obtained from the questionnaire.
Results of this study prove that there was no significant effect on the variable cosmopolitanism against consumer ethnocentrism, quality domestic product and foreign product purchase behavior. However there is a significant positive effect on the variable consumer ethnocentrism against domestic domestic product quality and purchase intentions. In addition there is a significant negative effect on the variable purchase intentions with the foreign domestic product purchase behavior.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica
"Industri makanan dan minuman Indonesia semakin berkembang dan perusahaan retail yang berkecimpung dalam industri ini bersaing secara ketat. Untuk memenangkan persaingan tersebut, banyak perusahaan yang telah menerapkan green marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya. Penelitian ini meneliti perusahaan yang telah menerapkan green marketing khususnya perusahaan yang memproduksi green product dan melakukan praktek tanggung jawab sosial yang bergerak di industri makanan dan minuman di Indonesia. Data dikumpulkan dari 150 orang responden yang berdomisili di daerah Jakarta dan sekitarnya yang belum pernah membeli produk makanan dan minuman ramah lingkungan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perceived quality terhadap consumer purchase intentions. Selain itu, corporate social responsibility memediasi secara penuh green product awareness terhadap consumer purchase intentions.

Food and beverage industry in Indonesia is growing and retail companies engaged in this industry compete tightly. For winning this competition, a lot of companies have implemented green marketing as their marketing strategy. This research examines the companies that have implemented green marketing, particularly the companies that produce green products and practices corporate social responsibility which is engaged in food and beverage industry in Indonesia. Data were collected from 150 respondents who live in Jakarta and surrounding areas who have never bought environmental friendly food and beverage products. The data in this study was analyzed using SEM. The result of this research shows that there are positive and significant effects between perceived quality and consumer purchase intentions. Moreover, corporate social responsibility mediated green product awareness towards consumer purchase intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsa Andiani
"ABSTRAK
Branded E-Stickers BES merupakan opsi brand promotion terkini dan inovatif yang digunakan oleh pengguna social messenger untuk berkirim pesan dengan lebih atraktif dan menarik. Untuk mengetahui efektivitas dari opsi brand promotion ini, diteliti pengaruh penggunaan Branded E-Stickers BES dalam perspektif social capital terhadap brand attitudes dan brand purchase intentions. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data dari 358 pengguna LINE messenger menggunakan metode multiple regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social capital memiliki peranan penting dalam menginfluensi brand attitudes dan brand purchase intentions. Referent ties, brand attitudes, dan intensitas penggunaan BES memiliki pengaruh langsung direct effect yang signifikan dan positif terhadap brand purchase intentions. Sementara itu, majority ties, sociability, self disclosure, self presentation, dan featured-character brand fit mempengaruhi brand purchase intentions secara tidak langsung melalui mediasi brand atitudes. Penelitain ini memberikan bukti empiris bahwa BES dapat memfasilitasi pengguna LINE messenger untuk mengembangkan social capital yang mereka miliki. Oleh karena itu, para marketer dapat mengambil kesempatan ini untuk mempromosikan brand mereka menggunakan BES.

ABSTRACT
Branded E Stickers BES is one of the brand new and innovative tool to promote brand using interactive way that enabled social messenger users to chat more attractively with other users. To examine the effectiveness of this new marketing tool, this study investigates the effect of Branded E Stickers BES usage on Brand Attitudes and Brand Purchase Intentions, in the perspective of social capital theory. Total 358 Indonesian LINE messenger users filled the questionnaire. Through multiple regression analysis, the results show that social capital plays important role in influencing users rsquo brand attitudes and brand purchase intentions. Referent ties, brand attitudes, and intensity of BES usage have direct significant and prositive effect on brand purchase intentions while majority ties, sociability, self disclosure, self presentation, and featured character brand fit indirectly influence brand purchase intentions through brand attitudes. Since Branded E Stickers can facilitate LINE users to develop their social capital, marketers should take this opportunity by promoting their brand through Branded E Stickers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irdina Tiara Putri
"Kehadiran media sosial meningkatkan kesempatan pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara lebih kreatif dan inovatif. Peningkatan media sosial juga menghadirkan definisi baru terhadap kemunculan artis di media sosial yang dikenal sebagai Youtuber dan juga Celebgram dalam platform Youtube dan Instagram. Fenomena ini mendorong pemasar untuk melakukan endorsement terhadap influencer di media sosial. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh Youtuber dan Celebgram dalam bentuk interaksi parasosial parasocial interaction yang terjadi antara influencer terhadap followersnya dalam membentuk persepsi dan niat beli konsumen terhadap produk yang di endorse para influencer. Untuk itu, penelitian ini mengembangkan model penelitian yang melihat pengaruh parasocial interaction terhadap brand perception. Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structual Equation Modelling SEM , data penelitian didapat dari hasil survey dengan menyebarkan kuesioner kepada wanita berusia 18 hingga 34 tahun. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa atribut dari PSI yaitu ketertarikan fisik, sosial, dan sikap homofili dapat mempengaruhi persepsi merek dan pada akhirnya mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Social media presence increases the chances businesses to market their products in a more creative and innovative way. Increased social media also presents a new definition to the emergence of artists in social media known as YouTuber and also Celebgram in Youtube and Instagram. This phenomenon encourages marketers to make endorsement to Youtuber and Celebgram. This study aimed to determine the effect YouTuber and Celebgram in the form of interaction parasosial parasocial interaction that occurs between the influencer to their followers in shaping consumer perceptions and purchase intentions for the product that was endorsed by the influencers. Therefore, this study developed a research model that saw parasocial interaction effect on brand perception. The models were developed and then validated using structual Equation Modeling SEM , the research data obtained from the survey by distributing questionnaires to women aged 18 to 34 years. The results of this study confirm that the attributes of the PSI that is, physical attractiveness, social and homophile attitude can affect brand perception and in turn encourage consumers to make purchases."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aneira Meidhania
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami pendorong sikap Gen Zs terhadap produk mewah dan palsu di Jakarta yang dimoderatori oleh pengaruh interpersonal. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 272 responden yang berdomisili di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perfeksionis dan konsumsi status memiliki sikap positif terhadap produk mewah. Selanjutnya, ketika perfeksionisme dan konsumen dimotivasi oleh status yang dimoderatori oleh pengaruh interpersonal, hal itu hanya mempengaruhi konsumen status dan sikap mereka terhadap produk mewah. Hasil temuan ini berimplikasi untuk memberikan perspektif baru bagi para praktisi, regulator, dan akademisi terkait sikap konsumen terhadap produk mewah dan palsu.

The study aims to understand the drivers of the attitude towards luxury and counterfeit products of Gen Zs in Jakarta, which is moderated by interpersonal influence. The study uses a sample of 272 respondents that reside in Jakarta. The findings showed that perfectionist and status consumption have a positive attitude towards luxury products. Furthermore, when perfectionism and consumers are motivated by status moderated by interpersonal influence, it only influences status consumers and their attitude towards luxury products. The results of these findings have implications for providing new perspectives for practitioners, regulators, and academics regarding the consumer’s attitude toward luxury and counterfeit products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>