Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tania Noviarini Hamdani
Abstrak :
Tesis ini membahas mengenai pengaruh unsur dalam SMS iklan berbasis lokasi (entertainment, credibility, intrusiveness, informativeness, permission, dan customization) pada sikap konsumen sehingga berpengaruh terhadap intensi pembelian mereka. Penelitian ini merupakan penelitian konklusif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui survey secara online dan mendapat respon dari 330 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur entertainment, credibility, informativeness dan intrusiveness mempengaruhi sikap konsumen secara signifikan terhadap SMS iklan berbasis lokasi. Semakin positif sikap yang ditunjukkan konsumen terhadap SMS iklan berbasis lokasi, maka konsumen semakin besar kecenderungan, kemungkinan, maupun kesediaannya untuk membeli produk yang ditawarkan. ......This study discusses the effects that features of SMS location-based advertising (entertainment, credibility, intrusiveness, informativeness, permission, and customization) have on consumer attitudes and their purchase intentions. This study is a conclusive research with descriptive design. An online survey was used for data collection. Responses were received from 330 consumers. The result of this study shows that entertainment, credibility, informativeness dan intrusiveness features have significant effects on creating attitude towards SMS location-based advertising. In addition, when consumers shows positive attitude towards SMS location-based advertising, it is also significantly influence their intention to purchase.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tesar Gusmawan
Abstrak :
ABSTRAK
Kemunculan media sosial membawa perubahan bagi lansekap lingkungan bisnis. Konsumen dengan jejaring yang dimilikinya lebih berdaya untuk menciptakan konten dan saling mempertukarkan mata uang sosial. Konsumen tidak lagi hanya mengonsumsi, namun juga menjadi sarana penciptaan nilai bagi bisnis. Perdagangan sosial (social commerce) merupakan cabang baru dari perdagangan elektronik yang muncul akibat fenomena ini, dimana tahap tertentu dari perjalanan pembelian konsumen melibatkan jejaring sosialnya sendiri. Berangkat dari teori dukungan sosial, kualitas hubungan, orientasi budaya individu, sensitivitas akan harga, serta persepsi akan risiko, kebernilaian, kemudahan penggunaan, dan kebergunaan, penelitian ini menganalisis model perilaku konsumen yang menjelaskan penggunaan perdagangan sosial. Survei dilakukan pada 240 responden dengan metode PLS-SEM untuk menguji model secara empiris. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi akan risiko dan kebernilaian, serta dukungan sosial memiliki efek langsung terhadap penggunaan perdagangan sosial. Persepsi akan kebergunaan juga memediasi hubungan persepsi akan kemudahan penggunaan dengan penggunaan perdagangan sosial. Implikasi manajerial dari studi ini mendorong perusahaan untuk memiliki proposisi nilai dan strategi yang kontekstual untuk dapat masuk ke dalam pasar perdagangan sosial
ABSTRACT
Emergence of social media has brought change into the landscape of business environment. Consumers who are exposed to vast networks have greater power to generate contents and exchange social currencies. Consumers no longer consume, but also become means of value creation to the business itself. Social commerce become a spin-off to electronic commerce, where consumers include their own social networks on certain path to purchase. Drawn from various factors, such as social support theory, relationship quality, cultural orientation, and price consciousness, along with perception of risk, value, ease of use and usefulness, this research analyzes consumer behavior model that explains social commerce usage. Survey was conducted to 240 respondents using PLS-SEM method to test the proposed model empirically. The outcome shows that perception towards risk and value, along with social support directly impact the level of social commerce usage. Perceived usefulness also significantly mediates the relationship between ease of use and social commerce usage. Managerial implication of this study is to encourage corporations to possess distinct value proposition and contextual marketing strategy to enter into social commerce market.
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Apriyana SA
Abstrak :
ABSTRAK
Sebagai proses alamiah dalam mencapai titik ekuilibrium, perkembangan ekonomi digital akan selalu diikuti oleh peningkatan risiko keamanan cyber. Penelitian ini membahas analisis big data percakapan media sosial Twitter dengan tipe data yang tidak terstruktur untuk memprediksi risiko cyber berupa keberhasilan serangan exploit terhadap kerentanan sistem informasi yang dipublikasikan pada situs kerentanan global cvedetails.com common vulnerabilities and exposures CVE . Penelitian ini mengeksplorasi aspek kualitatif dan kuantitatif atas data yang bersumber dari twitter dan CVE menggunakan metode pemodelan algoritmik statistical machine learning. Prediksi dilakukan dengan membandingkan beberapa model klasifikasi yang dipilih dari sepuluh algoritma yang paling banyak digunakan dalam data mining berdasarkan survey yang dilakukan oleh IEEE pada International Conference on Data Mining tahun 2006. Hasil prediksi terbaik dihasilkan melalui model algoritma Artificial Neural Networks dengan tingkat akurasi 96,73 . Model prediksi dapat dimanfaatkan oleh perusahaan asuransi dengan produk perlindungan risiko cyber untuk mengurangi potensi penyebaran klaim terjadinya risiko. Model juga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan umum untuk melakukan mitigasi risiko cyber secara efektif dan efisien dengan menghindari situasi false-negatives error dalam pengelolaan risiko.
ABSTRACT
As a natural process in achieving equilibrium state, digital economic progress will always be followed by the increase of cyber security risk exposure. This research is focusing on unstructured Twitter social media big data analytics to predict cyber risks event in terms of successful attack on exploit based software vulnerability published in global vulnerability information websites cvedetails.com common vulnerabilities and exposures CVE . This research explores qualitative and quantitative aspect of data extracted from Twitter and CVE using statistical machine learning algorithmic modeling method. Prediction result obtained by comparing and selecting classification model from several statistical machine learning algorithm based on top ten algorithms in data mining survey produced by IEEE in 2006 International Conference on Data Mining. The best prediction results provided through Artificial Neural Networks algorithm with 96,73 accuracy rate. This prediction model offers advantages for insurance company with cyber liability product by reducing claim spread probability over cyber risk loss event. Prediction model can also be beneficial for company in general by providing an effective and efficient way to mitigate cyber risks through false negatives error avoidance in risk management.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iksan Basuki
Abstrak :
Tesis ini membahas mengenai pengaruh loyalitas akan merek induk, persepsi kesamaan merek induk dan merek ekstensi, dan keterlibatan konsumen akan kategori produk ekstensi, terhadap evaluasi dan intensitas pembelian ekstensi merek deodoran dari Adidas. Teknik sampling yang dilakukan adalah non probability sampling. Metode analisis data menggunakan dua software, yakni SPSS 16.0 untuk pretest dan SmartPLS 3 untuk melakukan analisis model pengukuran dan model struktural penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi dari loyalitas akan merek induk, yakni hubungan afektif terhadap merek induk, perilaku loyalitas terhadap merek induk, dan hubungan citra diri konsumen dengan merek induk, secara positif mempengaruhi evaluasi konsumen akan brand extension deodoran Adidas. Keterlibatan konsumen terhadap kategori extended product juga secara positif mempengaruhi evaluasi konsumen akan brand extension deodoran Adidas. Persamaan antara merek induk dan merek ekstensi secara positif mempengaruhi evaluasi konsumen akan brand extension deodoran Adidas. Lalu yang terakhir adalah, evaluasi konsumen akan brand extension juga secara positif mempengaruhi intensi pembelian terhadap brand Adidas deodorant. ......This thesis examine the effects of loyalty towards parent brand, similarity between parent brand and extended brand, and consumer involvement towards extended product category, towards attitude regarding brand extension and purchase intention towards brand extension of deodorant from Adidas. The research using non probability sampling technique and using two softwares for data analysis SPSS 16.0 for pretest and SmartPLS 3 for analyzing measurement model and structural model. Output from the research shows that three dimension of brand loyalty toward parent brand, which is affective relationship, behaviour intention, and self image relationship have a positive effect toward attitude regarding brand extension. Then, similarity between parent brand and extended brand has a positive effect towards attitude regarding brand extension. After that, consumer involvement towards extended product category also has a positive effect towards attitude regarding brand extension. Lastly, attitude towards brand extension also has a positive effect towards purchase intention regarding Adidas deodorant as a brand extension.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muadz Akbar Iskandar
Abstrak :
ABSTRAK
Industri kartu kredit di Indonesia saat ini terus mengalami meningkatkan. Berdasarkan data AKKI Asosiasi Kartu Kredit Indonesia bahwa pada tahun 2015 nilai transaksi kartu kredit mencapai Rp.273,14 triliun yaitu meningkat 8.4 dibandingkan dengan tahun 2014 yang sebesar Rp.250.17 triliun. Hal ini sejalan dengan tingginya persaingan di industri kartu kredit dimana terdapat 24 bank/perusahaan penerbit kartu kredit di Indonesia Bank Indonesia, 2015 . Pada tesis ini membahas mengenai pengolahan Big data menggunakan data transaksi pemegang kartu kredit Bank BRI dengan software R untuk didapatkan informasi yang dapat digunakan pada peningkatan strategi pemasaran bank tersebut. Hasil dari pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa pemegang kartu kredit Bank BRI paling banyak melakukan transaksi satu kali dalam sebulan dan sales volume transaksinya rata-rata diatas Rp.2 juta. Pemegang kartu kredit BRI paling banyak melakukan transaksi di sepuluh kota yaitu kota Jakarta Jakarta barat, Jakarta timur, Jakarta utara , Surabaya, Makassar, Bandung, Tangerang, Jakarta Selatan, Medan, Yogyakarta, Bekasi dan Surabaya kota.Sepuluh merchant yang paling banyak ditransaksikan oleh pemegang kartu kredit BRI yaitu PT. Trinusa Travelindo www.traveloka.com , Matahari Dept. Store, Chatime, Mc Donalds indonesia, Pizza Hut, Indomaret, Hypermart dan carrefour. Jenis kartu kredit BRI yang paling banyak digunakan di kelompok transaksi tertinggi satu kali, dua kali dan lebih dari empat kali yaitu kartu kredit standard sedangkan untuk kelompok transaksi tertinggi tiga kali dan empat kali yaitu kartu kredit platinum. Informasi ini dapat digunakan oleh bank dalam menentukan strategi pemasarannya yang berdasarkan pasar sasaran, jenis kartu kredit dan kebiasaan dari pemegang kartunya sehingga dapat meningkatkan efesiensi dan efektifitas dari strategi pemesaran tersebut. Hasil pengolahan data ditampilkan dalam bentuk bar chart. Selanjutnya dilakukan penelitian pre-eksperimental mengenai pengaruh pesan promosi SMS Blast dengan loss-framed message dan gain-framed message. Penelitian dilakukan pada 200 pemegang kartu kredit Bank BRI yang termasuk kedalam kelompok transaksi tertinggi tiga kali sebulan dan dibagi menjadi dua grup. Treatment diberikan dalam bentuk SMS Blast kepada subjek. Hasil SMS Blast promosi menunjukkan bahwa grup yang diberikan pesan dengan loss-framed message memicu transaksi lebih besar 27,2 dibandingkan dengan gain-framed message. Hasil ini sesuai dengan teori yang menjelaskan bahwa individu pada dasarnya akan menghindari kerugian atau loss aversion Kahneman dan Tversky, 1979 .
ABSTRACT
The credit card industry in Indonesia is constantly improving. Based on data from AKKI Association of Indonesian Credit Card that in 2015 the value of credit card transactions reached Rp.273, 14 trillion, which increased 8.4 compared to the year 2014 which amounted to Rp.250.17 trillion. This is in line with the high competition in the credit card industry where there are 24 banks credit card issuing companies in Indonesia Bank Indonesia, 2015 . In this thesis discusses the processing of Big data using the data of Bank BRI credit card transactions with software R to obtain information that can be used on improving the bank 39 s marketing strategy. The result of data processing shows that Bank BRI credit card holders do most transactions once a month and sales volume of transactions on average above Rp.2 million. BRI credit card holders make the most transactions in ten cities Jakarta West Jakarta, East Jakarta, North Jakarta , Surabaya, Makassar, Bandung, Tangerang, South Jakarta, Medan, Yogyakarta, Bekasi and Surabaya kota.Ten merchant with the most transaction by BRI credit card holders are PT. Trinusa Travelindo www.traveloka.com , Sun Dept. Store, Chatime, Mc Donalds Indonesia, Pizza Hut, Indomaret, Hypermart and Carrefour. BRI credit card types are the most widely used in the highest transaction group once, twice and more than four times is the standard credit card while for the highest transaction group three times and four times is the platinum credit card. This information can be used by the bank in determining its marketing strategy based on the target market, the type of credit card and the habits of the card holder so as to improve the efficiency and effectiveness of the enlargement strategy. The results of data processing is displayed in the form of a bar chart. Furthermore, pre experimental research on the effect of promotional SMS Blast messages with loss framed message and gain framed message. The study was conducted on 200 Bank BRI credit card holders who were included in the highest transaction group three times a month and divided into two groups. Treatment is given in the form of SMS Blast to the subject. The result of the promotional SMS Blast indicates that the group given message with loss framed message triggers a larger transaction of 27.2 compared to the gain framed message. This result is consistent with the theory that explains that individuals will essentially avoid loss or loss aversion Kahneman and Tversky, 1979 .
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ayuningtyas Sasongko
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang terjadi di seluruh dunia menyebabkan terjadinya pergeseran prilaku konsumen. Media komunikasi massa yang sebelumnya menitikberatkan pada penggunaan media tradisional, kini berubah pesat dengan hadirnya teknologi digital dan internet. Sejalan dengan itu, media sosial pun semakin berkembang pesat.Pada sektor pendidikan, perguruan tinggi termasuk salah satu institusi yang turut mempergunakan media sosial, khususnya Instagram untuk menyampaikan informasi terkini, maupun kegiatan promosi. Hal ini dikarenakan persaingan yang terjadi dalam dunia pendidikan, turut mengharuskan perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan pemasaran guna meningkatkan kesadaran terhadap merek, dan meningkatkan reputasinya.Penelitian ini mempelajari bagaimana konten yang ditampilkan oleh perguruan tinggi di dalam akun media sosial Instagram, dapat mempengaruhi terciptanya informasi yang bersifat user-centric User-Generated Content oleh para pengikutnya, dan kemudian mendukung penciptaan Word-of-Mouth WOM . WOM diyakini sebagai aktivitas yang memiliki dampak lebih persuasif bagi pengambilan keputusan di masa datang.
ABSTRACT
The development of technology that happen around the world has shifted the way of interaction between individuals. Mass communication media which previously focused on traditional media, is changing rapidly with the presence of digital technology and the internet. As a result, social media is growing rapidly.Social media is currently used as a tool in marketing activity, either by brand or corporate, as people nowadays tend to trust the user centric information than the published centric. In education sector, university is one of the institutions that also utilize social media particularly Instagram, to convey its latest information, as well as to do promotional activities. This is necessary because the business climate in education is getting competitive. Hence, university is required to create effective marketing activities, in order to increase brand awareness, and enhance its reputation. University is required to create effective marketing activities, in order to increase brand awareness, and enhance its reputation.This study aims to explore on how the Instagram content strategies that are implemented by the universities will create effect to the creation of user centric User Generated Content type of information by its followers, and furthermore, to create Word of Mouth WOM . As evaluated in the previous studies, WOM activity is believed to create more persuasive impact for decision making in the future.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hebert Kostan
Abstrak :
ABSTRAK
Industri e-commerce adalah industri yang paling bergantung pada pemasaran media sosial .Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjadi acuan bagi perusahaan-perusahaan e-commerce dalam membuat strategi pemasaran di media sosial dengan menganalisa faktor-faktor apa saja yang berpengaruh pada peningkatan brand post popularity share, like, reactions dan komentar dan bagaimana pengaruhnya. Faktor-faktor yang akan dianalisa diadopsi dari beberapa studi sebelumnya yaitu tingkat vividness, tingkat interactivity, durasi di posisi teratas, dan panjang pesan. Data yang akan di observasi adalah 136.009 status dari 75 brand e-commerce yang memiliki akun di Facebook dan kemudian akan dianalisa menggunakan analisa regresi poisson.
ABSTRACT
E commerce industry is the industry most dependent on social media marketing. The aim of this study is to be a guide for brands to help them create a solid social media marketing strategy by analyzing factors influencing brand post popularity shares, likes, reactions, and comments and how these factors influence. The factors that will be analyzed are adopted from previous studies and they are levels of vividness, levels of interactivity, duration on top and message length. The data that will be used to be analyzed consists of 136.009 statuses from 75 e commerce brands that has a brand page on Facebook. Then, the data will be tested via poisson regression analysis.
2017
T49925
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Albertus Febry Hananta Pratama
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki faktor ndash; faktor yang mempengaruhi conversion rate pada situs e-marketplace di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh dari persentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik terhadap conversion rate pada situs e-marketplace XYZ.com. Penelitian ini diperlukan karena faktor ndash; faktor tersebut merupakan faktor yang dianggap penting dalam menentukan besarnya pendapatan pengelola jasa e-marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan big data analytics. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi. Analisa regresi yang digunakan adalah regresi logistik dikarenakan data yang diteliti berupa data kategorikal. Data yang dianalisis merupakan data ndash; data yang diekstrak dari situs e-marketplace XYZ.com, sebanyak sepuluh ribu data. Data ndash; data tersebut merupakan data mengenai metode signaling yang digunakan oleh penjual. Tujuan dari data analisis tersebut untuk mengetahui pengaruh metode signaling tersebut terhadap conversion rate. Hasil analisis menunjukkan bahwa presentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik berpengaruh terhadap conversion rate, dimana penggunaan metode signaling status penjual premium paling berpengaruh dalam peningkatan conversion rate penjual pada situs e-marketplace XYZ.com. ......The purpose of this study is to investigate the factors that affect the conversion rate at e marketplace site in Indonesia. Specifically, this study examines the effect of the percentage of successful transactions, premium seller status, and best seller status on conversion rate at XYZ.com e marketplace site. This research is necessary because these factors are considered important in determining the amount of revenue of e marketplace services. This research uses big data analytics approach. Data analysis technique used is regression analysis. The regression analysis used is logistic regression because the data is categorical data. The data analyzed is data extracted from XYZ.com e marketplace site, as many as ten thousand data. These data are data on the signaling method used by the seller. The purpose of the data analysis is to determine the effect of signaling methods to conversion rate. The results of the analysis show that the percentage of transaction success, premium seller status, and best seller status influence the conversion rate, where the use of signaling method of premium seller status is most influential in increasing the seller 39 s conversion rate at XYZ.com e marketplace site
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Dini Azizi
Abstrak :
Studi sebelumnya pada brand community menunjukkan pengaruh positif pada perilaku konsumen. Namun, itu bisa bertindak seperti pedang bermata dua dan memiliki sisi gelap yang berpotensi merusak brand. Penelitian ini menyelidiki brand identification dan brand passion dalam pengembangan perilaku impulsive dan obsessive-compulsive buying. Metode kuantitatif dengan survei online digunakan untuk melihat perilaku 533 tanggapan survei dari salah satu brand community di Indonesia. Hasil penelitian menemukan bahwa brand identification berpengaruh positif terhadap harmonious brand passion dan obsessive brand passion. Hanya obsessive brand passion yang ditemukan secara langsung memengaruhi impulsive dan obsessive-compulsive buying. Penelitian ini juga menguji efek moderasi dari community identification, idea shopping, dan social shopping motivation. Penelitian ini berkontribusi pada literatur tentang studi compulsive buying dari perspektif brand community. Saran praktis untuk pemasar tentang cara mencegah dan menghadapi perilaku konsumen ini juga disertakan. ......Prior studies on brand communities showed a positive influence on consumer behavior. However, it could act like a double edge sword and possess dark sides that potentially could harm the brand. The present study investigates the role of brand identification and brand passion in the development of behaviors like impulsive and obsessive-compulsive buying. A quantitative method using an online survey was used to see the behavior of 533 survey responses from a brand community in Indonesia. The result found that brand identification positively influences harmonious brand passion and obsessive brand passion. Only obsessive brand passion was found to directly influence impulsive and obsessive-compulsive buying. This study also tested the moderation effect of community identification, shopping motivation of idea shopping, and social shopping. The research contributes to the literature on the study of compulsive buying from the brand community perspective. Practical suggestions for marketers on how to prevent and face these consumer behaviors are also included.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novri Ichsan Dwiyanri
Abstrak :
ABSTRAK<>br> Tesis ini akan membahas tentang strategi penjualan General Sales Agency, yang ditunjuk oleh penerbangan di daerah tertentu, berdasarkan data penjualan penerbangan. Akan tetapi, beberapa penerbangan menggunakan mata uang yang.berbeda tergantung lokasi agensi itu berada. Beberapa Negara menetapkan penggunaan mata uang lokal mereka ketika melakukan transaksi. Oleh karena itu, untuk menganalisa perubahan mata uang, analisa model regresi dinamis diterapkan. Di samping itu, tesis ini juga menggambarkan kecenderungan dari perilaku agen dengan menggunakan analisis RFM dengan metode kuartil. Metode ini digunakan karena implementasinya yang mudah dan membagi agen dengan jumlah yang sama. Setelah ditetapkan, korelasi digunakan untuk menganalisa kecenderungan penjualan terhadap agen-agen tersebut. Dengan menemukan kecenderungan dan tingkat signifikan dari klasifikasi RFM, perumusan untuk strategi berdasarkan data penjualan dapat ditentukan. Dalam hal ini, proses dalam Big Data Analytics digunakan untuk mencari nilai yang tersembunyi. Hasil dari tesis ini adalah penjualan akibat kebijakan pemerintah secara statistic tidak berpengaruh terhadap penjualan, klasifikasi RFM, dan terdapat korelasi negatif antara resensi dan frekuensi dan resensi dan monetary, dan korelasi positif antara frekuensi dan monetary.
ABSTRACT<>br> This thesis gives explanation regarding sales strategy of General Sales Agency based on sales data, appointed by airlines rsquo principle to sell the tickets in Indonesia. Some principles are using different currencies, depends on the operating countries where General Sales Agency resides. Dynamic regression model is used to analyze any changing due to external environment such as policy regulation. The tendencies of classification based on RFM analysis with quartile method to cluster agents using correlation were also examined. RFM analysis of quartile method is used because it is easy to implement and divide the agents equally. After that, correlations are used to examine the tendencies of sales data towards RFM classifications. Finding general tendencies and level of significance of RFM classifications would help to formulate strategy based on available data given by the company. Big Data analytics is used to get the hidden value from the data. The results indicate no statistically significant changes of sales due to policy regulation, RFM classifications are created, statistically significant negative correlations between recency and frequency, and between recency and monetary, and statistically significant positive correlation between frequency and monetary.
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>