Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 30 Document(s) match with the query
cover
cover
Nindya Iswari Hayuningrum
"Industri ritel modern saat ini berkembang pesat di Indonesia. Salah satunya adalah home and garden specialty retail seperti Ace Hardware Indonesia. Melihat peluang kedepan maka salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh ritel modern adalah atmosfir toko. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari persepsi atmosfir toko yang dirasakan konsumen yang mempengaruhi nilai belanja utilitarian dan hedonik serta kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang dalam 6 bulan terakhir telah melakukan kunjungan ke gerai ritel Ace Hardware di wilayah Jabodetabek. Data yang diterima diolah menggunakan metode analisis Structural Equity Modelling (SEM). Hasilnya, atmosfir toko memiliki pengaruh positif terhadap nilai belanja hedonik dan utilitarian memiliki pengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan.

Modern retail industry is currently growing rapidly in Indonesia. One of them is home and garden specialty retail such as Ace Hardware Indonesia. By seeing an opportunity in the future, one of the aspects to be aware of by modern retail stores is the atmosphere. This research aims to see how the influence of the store atmosphere perception perceived by the consumers affects utilitarian and hedonic shopping value and customer satisfaction. The sample are consumers who in the past 6 months has made visits to Ace Hardware retail outlets in Jabodetabek area. The received data are processed using the analytical method of Structural Equity Modelling (SEM). As a result, the store atmosphere has a positive influence on the hedonic and utilitarian shopping value and on customer satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S59908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lulu Luthfia
"Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan dampak langsung dan tidak langsung (dimediasi melalui loyalitas pengecer) kesadaran pengecer, asosiasi pengecer, dan persepsi kualitas pengecer terhadap niat pembelian kembali. Tujuh hipotesis dikembangkan dengan dukungan literatur yang relevan. Hipotesis diuji dengan data primer (n = 211) yang dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur menggunakan non-probability convenience sampling dari konsumen Ace Hardware usia 17 tahun ke atas yang tinggal di Jakarta atau Depok.
Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Modeling. Dari tujuh hipotesis yang dikembangkan, hanya ditemukan tiga hipotesis yang dapat diterima. Temuan yang tidak terduga adalah persepsi kualitas pengecer tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pengecer dan niat pembelian kembali. Ditemukan pula bahwa hanya kesadaran pengecer yang memiliki dampak langsung terhadap niat pembelian kembali.

The purpose of this study is to determine the direct and indirect impacts (mediated through retailer loyalty) of retailer awareness, retailer association, and retailer perceived quality on repurchase intention. Seven hypotheses were developed with relevant literature support. The hypotheses were tested with primary data (n=211) collected through structured questionnaire using non-probability convenience sampling from Ace Hardware customers of age 17 years old and above who live in Jakarta or Depok.
Structural equation modeling statistical technique was used to test the hypotheses. Out of seven hypotheses, only three hypotheses were supported. A somewhat unexpected finding is that retailer perceived quality did not significantly influence retailer loyalty and repurchase intention. In addition, it is found that only retailer awareness that has a direct impact on repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60590
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bremerina Wildawati Wardhana
"Fokus dari laporan ini adalah untuk membahas faktor faktor yang mempengaruhi intensi pembelian kembali produk kosmetik Halal dengan menganalisis faktor faktor seperti kegunaan yang dirasakan dari label Halal pada kosmetik nilai yang dirasakan kepuasan serta keagamaan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif analisis Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kegunaan label Halal pada kosmetik memiliki pengaruh positif terhadap intensi pembelian kembali produk kosmetik Halal. Selain itu kepuasan juga terbukti memediasi sepenuhnya terhadap hubungan positif antara nilai yang dirasakan dengan intensi pembelian kembali. Namun penelitian ini menemukan bahwa tingkat keagamaan tidak memiliki pengaruh terhadap intensi pembelian kembali produk kosmetik Halal.

The focus of this study is to examine the factors that influence repurchase intention of Halal cosmetics by analyzing several factors namely perceived usefulness of Halal label pereived value satisfaction and religiosity. This research is using quantitative descriptive analysis. This research finds that perceived usefulness of Halal label on cosmetics has positive influence on repurchase intention moreover satisfaction also proves to fully mediate the positive relationship between perceived value and repurchase intention. However this study finds that religiosity does not have any influences on repurchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S61360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Ariandini
"[ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh destination brand experience (DBE) terhadap satisfaction, intention to revisit dan intention to recommend pada youth travelers domestik yang melakukan destinasi ketempat-tempat pariwisata di wilayah Malang Raya. Penelitian ini akan menguji peran langsung komponen destination brand experience (DBE) yang terdiri dari empat dimensi, yaitu sensory, affective, behavioural, dan intellectual DBE, dan menguji peran satisfaction sebagai faktor mediasi pada destinasi dalam menentukan intensitas revisit dan rekomendasi worth-of-mouth. Penelitian dilakukan terhadap 114 oresponden yang berusia 16-30 tahun yang pernah melakukan destinasi wisata ke Malang Raya pada satu tahun terakhir
ABSTRACT
This research is aimed to show the effect of destination brand experience (DBE) towards satisfaction, intention to revisit and intention to recommend on domestic youth travelers who travel to destinations in Malang Raya. This research will examine direct role of destination brand experience (DBE) that consist of four dimensions; sensory DBE, affective DBE, behavioural DBE, and intellectual DBE, and examine the role of satisfaction as mediated factor with the destination determining intention to revisit dan worth-of-mouth recommendation. The research is targeted to 114 respondents that have criteria such as 16-30 years old and have been visited destinations in Malang Raya in less than one year;This research is aimed to show the effect of destination brand experience (DBE) towards satisfaction, intention to revisit and intention to recommend on domestic youth travelers who travel to destinations in Malang Raya. This research will examine direct role of destination brand experience (DBE) that consist of four dimensions; sensory DBE, affective DBE, behavioural DBE, and intellectual DBE, and examine the role of satisfaction as mediated factor with the destination determining intention to revisit dan worth-of-mouth recommendation. The research is targeted to 114 respondents that have criteria such as 16-30 years old and have been visited destinations in Malang Raya in less than one year, This research is aimed to show the effect of destination brand experience (DBE) towards satisfaction, intention to revisit and intention to recommend on domestic youth travelers who travel to destinations in Malang Raya. This research will examine direct role of destination brand experience (DBE) that consist of four dimensions; sensory DBE, affective DBE, behavioural DBE, and intellectual DBE, and examine the role of satisfaction as mediated factor with the destination determining intention to revisit dan worth-of-mouth recommendation. The research is targeted to 114 respondents that have criteria such as 16-30 years old and have been visited destinations in Malang Raya in less than one year]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61867
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rakha Naufal Anis
"Fokus dari riset ini adalah untuk membahas faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian kembali, word-of-mouth positif, dan kemauan untuk membayar lebih pada taksi dan rental mobil online di wilayah Jabodetabek dengan menganalisis faktor-faktor seperti kepuasan konsumen dan nilai yang dirasakan. Selain itu, penelitian ini juga membahas efek moderasi dari perbedaan jenis kelamin dan pengeluaran terhadap hubungan antar variabel diatas. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang akan diproses menggunakan SPSS Amos 21.0.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan konsumen dan nilai yang dirasakan oleh konsumen memiliki pengaruh positif terhadap intensi pembelian kembali, word-of-mouth positif, dan kemauan untuk membayar lebih. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa perbedaan jenis kelamin hanya memoderator hubungan antara nilai yang dirasakan dan intensi pembelian kembali, sedangkan pengeluaran hanya memoderator hubungan antara kepuasan konsumen dan word-of-mouth positif.

The focus of this research is to examine the factors that influence repurchase intention, positive word-of-mouth, and willingness of pay more toward taxi and online car rental in Jabodetabek by analyzing several factors namely customer satisfaction and perceived value. Moreover, this research also examined the moderating effect of Gender and Expenditure toward above relationship. The hypotheses are tested using Structural Equation Modeling (SEM) using SPSS Amos version 21.0.
The research found that both customer satisfaction and perceived value has positive influence on repurchase intention, positive-word-of-mouth, and willingness to pay more. Furthermore, this research also found that gender only moderates the relationship between perceived value and repurchase intention, while expenditure only moderates the relationship between customer satisfaction and positive word-of-mouth.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
S63853
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renita Andriyaneu Soraya
"ABSTRAK
Kebijakan kantong plastik berbayar di Indonesia yang ditetapkan pada tanggal 21 Februari 2016 menjadi sebuah sejarah baru di Indonesia. Hal ini menjadi sangat menarik diperbincangkan karena dengan adanya kebijakan ini maka hal tersebut berpengaruh terhadap kebiasaan konsumen di Indonesia salah satunya adalah bagaimana kebiasaan konsumen di Indonesia dalam memilih untuk membeli ?green product? dan bagaimana respon konsumen di Indonesia terhadap reusable shopping bag sebagai pengganti kantong plastik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari consumer guilt, self-monitoring dan perceived consumer effectiveness terhadap green purchase intention, dengan menggunakan studi kasus pada penerapan kebijakan kantong plastik berbayar di Indonesia. Responden dari penelitian ini adalah orang-orang yang belum pernah membeli reusable shopping bag. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa consumer guilt dan self-monitoring berpengaruh secara positif terhadap perceived consumer effectiveness dan perceived consumer effectiveness berpengaruh positif terhadap green purchase intention, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perceived consumer effectiveness berhasil menjadi variabel mediasi bagi consumer guilt dan self-monitoring terhadap green purchase intention.

ABSTRACT
Plastic bag paid policy that was launched on February 21th, 2016 has made a new history in Indonesia. This case is interesting to be discuss because with this policy there would be a shift or change on Indonesia‟s consumer behavior in choosing ?green product? and how they are have intention to buy reusable shopping bag as a substitution for plastic bag. This study aims to analyze the effects of consumer guilt, self-monitoring, and perceived consumer effectiveness toward green purchase intention, in relation with the Implementation of Plastic Bag Paid Policy as the study case. Respondents of this research are those who have yet to purchase a reusable shopping bag. Structural Equation Modeling (SEM) is used to process the data. The results of this research shows that consumer guilt and self-monitoring have positive effect on perceived consumer effectiveness, and perceived consumer effectiveness have positive effect on green purchase intention, but consumer guilt and self-monitoring don‟t have positive and direct effect on green purchase intention. So, the conclusion is, perceived consumer effectiveness succeeds in becoming a mediator variable for consumer guilt and self-monitoring toward green purchase intention."
2016
S63338
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Wahyu Megatama
"ABSTRAK
Aset budaya merupakan hal yang dapat dijadikan competitive advantage bagi pariwisata sebuah destinasi atau kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel pembentuk brand equity; yaitu cultural brand asset, brand awareness, brand association, brand quality, dan brand loyalty pada pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan 232 responden yang pernah berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta dari seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cultural brand asset memiliki pengaruh positif terhadap brand awareness dan brand quality. Brand awareness berpengaruh positif terhadap brand association tetapi tidak berpengaruh pada brand quality. Brand association berpengaruh positif terhadap brand quality tetapi tidak berpengaruh pada brand loyalty. Terakhir, brand quality berpengaruh positif terhadap brand loyalty.

ABSTRACT
Cultural assets can be a competitive advantage for tourism of a destination or city. This research aims to analyze the effect between brand equity dimensions such as cultural brand asset, brand awareness, brand association, brand quality, and brand loyalty of tourism in Special Region of Yogyakarta. 232 respondents who had traveled to Special Region of Yogyakarta from all over Indonesia involved. The result shows that cultural brand asset has a positive effect to brand awareness and brand quality. Brand awareness has a positive effect to brand association but has no effect to brand quality. Brand association has a positive effect to brand quality but has no effect to brand loyalty. The last, brand quality has a positive effect to brand loyalty."
2017
S67354
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Satria Utama
"Perkembangan teknologi digital telah mendorong peritel untuk beralih dari saluran ritel berupa gerai fisik menjadi gerai online. Namun demikian, core retail competencies tetap sama dan sebuah survei oleh Oxford Institude of Retail menunjukkan bahwa sebagian besar peritel masih menganggap gerai fisik sebagai saluran ritel terpenting. Ketika penelitian yang berkaitan dengan sikap dan intensi pembelian konsumen ritel sangat penting untuk memastikan profitabilitas dan pertumbuhan peritel ritel, di Indonesia, penelitian dengan topik ini masih sangat langka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1 self-congruity, retailer awareness, retailer association, dan retailer perceived quality terhadap sikap konsumen terhadap peritel dan 2 sikap konsumen terhadap peritel terhadap intensi pembelian. Penelitian dilakukan di Indonesia, tepatnya di wilayah Jabodetabek, kepada 211 responden. Hasilnya menunjukkan bahwa self-congruity, retailer awareness, dan retailer association memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap sikap konsumen terhadap peritel. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap peritel secara positif mempengaruhi intensi pembelian mereka. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti merekomendasikan kepada peritel, terutama department store, untuk mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan menciptakan imej yang sesuai dengan imej diri konsumen self-congruity , meningkatkan kesadaran konsumen awareness , dan menawarkan atribut dan karakteristik retailer association yang digemari konsumen.

Research related to retail consumers attitude and purchase intention is imperative to ensure retailers profitability and sustainable growth. In Indonesia, however, it remains a rare research subject. This study aims to determine the impact of 1 self congruity, retailer awareness, retailer association, and retailers perceived quality on consumers attitudes toward retailers and 2 consumers attitudes toward retailers on their purchase intention. The study was conducted in Indonesia, precisely in Jabodetabek area, to 211 respondents. The results show that self congruity, retailer awareness, and retailer association have significant positive impacts on consumers attitudes toward retailer. The results also indicated that consumers attitude toward retailers positively influences purchase intentions. Based on these results, researcher recommend retailers, especially department stores, to develop marketing strategies aimed at creating images that are congruent or in line with consumers self image self congruity , enhancing consumer awareness, and offering attributes and characteristics retailer association favored by consumers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69357
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lavinia Celina Rahmawati
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur perbedaan antara kelompok materialistik dan non-materialistik mengenai perilaku konsumen pasca-pembelian, seperti pembelian tak terkontrol, partisipasi dalam proses daur ulang, penyimpanan berorientasi nilai, dan perilaku sadar lingkungan hidup. Pentingnya pemahaman perilaku konsumen adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan, terutama kesuksesan strategi marketing. Objek penelitian adalah Indonesia sebagai salah satu negara dengan industri ritel pakaian yang sedang berkembang pesat. Teknik sampling judgemental dan snowball digunakan dalam penelitian ini dan sampel didistribusikan secara online. Pengujian hipotesis menggunakan teknik independent t-test di software Statistical Package for Social Science SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumer materialisitk memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan konsumen non-materialistik untuk semua perilaku konsumen pasca-pembelian.

The purpose of this research is to assess the difference between materialistic and non materialistic consumers regarding their post purchase consumer behaviors, such as compulsive buying, participation in recycling, value oriented hoarding, and environmental attitude. The importance in understanding consumer behaviors is the key success of a company, specifically the success of its marketing strategy. The object of the research is Indonesia as one of the fast growing country in apparel retail industry. Judgemental and snowball sampling was used in this research and the sample were distributed online. The hypothesis testing uses the independent sample t test technique in the Statistical Package for Social Science SPSS version 22. The results shows that materialistic consumers score higher than non materialistic for all post purchase consumer behaviors.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67966
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>