Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Jamil
Abstrak :
Penelitian ini diharapkan mempunyai signifikansi teoritis pada ranah gerakan sosial dan ranah studi mengenai teori framing. Dari ranah studi gerakan sosial, studi mengenai gerakan sosial selama ini lebih banyak memfokuskan pada aktor dan struktur politik. Keberhasilan dan kegagalan gerakan sosial selalu dikaitkan dengan sumber daya yang dipunyai oleh aktor atau dari sisi struktur kesempatan politik Gerakan sosial sangat jarang dilihat dari perspektif bagaimana aktor-aktor mengemas, mengkonstruksi pesan-pesan politik. Di sini keberhasilan atau kegagalan gerakan sosial dilihat bagaimana aktor mengkonstruksi dan mengemas peristiwa untuk disajikan kepada anggota gerakan dan khalayak luas. Pada titik ini, disiplin ilmu komunikasi bisa memberikan sumbangan dalam memperkaya khasanah studi mengenai gerakan sosial. Pada ranah studi framing, studi selama ini lebih banyak menitikberatkan pada analisis teks. Tetapi teori dan analisis framing jarang dipakai untuk melihat bagaimana seseorang mengkonstruksi, mengemas suatu peristiwa. Penelitian ini melihat gerakan sosial dalam perspektif framing. Ada dua teori yang dipakai, yakni teori framing dan teori gerakan sosial. Teori framing yang dipakai adalah teori dari Erving Goffman. Bagi Goffman, individu tidak bisa mengerti dunia atau realitas tanpa menghubungkannya dengan pengalaman hidup agar realitas tersebut bisa masuk ke dalam skema pikiran individu. Sementara teori gerakan sosial yang dipakai adalah teori yang dikemukakan oleh William A. Gamson, David A Snow dan Robert D. Banford.Teori gerakan sosial dari William A. Gamson, David A Snow dan Robert D. Banford mempunyai perspektif yang berbeda dengan teori resource mobilization dan kesempatan politik. Jika kedua teori tersebut lebih menitikberatkan pada struktur, maka teori gerakan sosial dalam perspektif framing lebih menekankan pada budaya (kultur). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Desain studi kasus yang dipakai adalah studi kasus instumental. Kasus dipakai untuk menjelaskan fenomena lebih besar, yakni posisi framing dalam gerakan sosial di Indonesia. Kasus yang dipilih dalam penelitian ini adalah sengketa KPK-Polri Jilid I (2009) dan Jilid II (2012). Penelitian ini dilakukan atas 10 isu atau perdebatan penting kasus sengketa KPK-Polri tahun 2009 dan 2012. Data lapangan dikumpulkan lewat empat teknik, yakni observasi lapangan, wawancara mendalam, studi dokumen dan analisis teks. Studi ini mengambil kasus sengketa KPK-Polri, baik Jilid I tahun 2009 (kasus Bibit-Chandra) ataupun Jilid II tahun 2012 (kasus simulator SIM). Pada kedua kasus ini, gerakan sosial yang berhasil "menang" adalah pro KPK. Ahliahli gerakan sosial umumnya melihat tiga elemen yang penting dan saling berkaitan, yakni (a)aktor gerakan sosial; (b)media dan (c)khalayak. Aktor gerakan sosial dilihat dalam perspektif framing sebagai pihak yang secara aktif bersaing dan bertarung dalam memperebutkan makna atas peristiwa. Sementara media dilihat sebagai entitas yang berperan dalam menyebarkan frame atas peristiwa sehingga pemaknaan dari masing-masing aktor gerakan sosial bisa tersebar luas ke masyarakat. Sedangkan elemen khalayak berkaitan dengan sumber dukungan dari gerakan sosial. Para ahli umumnya melihat elemen aktor gerakan sosial, media dan khalayak secara linear. Atau secara sederhana dibahasakan dengan: aktor gerakan sosial mempengaruhi media selanjutnya media mempengaruhi khalayak. Hasil studi ini memperlihatkan, ketiga elemen (aktor gerakan sosial, media dan khalayak) tidak harus digambarkan secara linear. Masing-masing elemen itu pada dasarnya subjek yang mempunyai pemahaman dan penafsiran tersendiri atas peristiwa. Selain tidak linear, hasil studi ini juga memperlihatkan masing-masing elemen juga bisa saling memberikan pengaruh. Frame atas suatu peristiwa itu hasil konstruksi yang dilakukan oleh aktoraktor gerakan sosial. Frame yang muncul atas suatu peristiwa karena itu tidak dipahami sebagai proses alamiah, tetapi dilihat sebagai proses strategik (strategic frame). Proses strategik ini meliputi jembatan frame (frame bridging), penguatan frame (frame amplification), perpanjangan frame (frame extention) hingga transformasi frame (frame transformation). Proses terbentuknya frame dilihat oleh para ahli gerakan sosial lahir dari dinamika tertentu. Aktor gerakan sosial melakukan pendefinisian atas peristiwa. Tetapi proses ini tidak statis karena ketika membentuk frame, aktor gerakan sosial juga menggunakan pemberitaan media dan pemikiran yang berkembang dalam masyarakat. Media mempunyai keterkaitan dengan gerakan sosial. Media membutuhkan aktor gerakan sosial sebagai sumber berita. Sebaliknya, aktor gerakan sosial membutuhkan media agar pemaknaan mereka atas peristiwa lebih mendominasi pemberitaan media sehingga masyarakat lebih mendukung gerakan mereka. Penelitian ini memperlihatkan tidak ada upaya khusus dari aktor gerakan sosial pro KPK untuk mendekati media. Pandangan jurnalis sendiri sejak awal memang lebih pro terhadap KPK dibandingkan kepolisian, sehingga media lebih banyak memberi tempat kepada versi KPK dibandingkan kepolisian. Peneliti mengusulkkan suatu model yang melihat keterkaitan antara aktor gerakan sosial, media/jurnalis, frame media dan frame khalayak. Model ini merupakan pengembangan dari model Gamson, Scheufele dan Benford and Snow. Ada dua hal yang membedakan model yang ditawarkan penulis dengan model lain. Pertama, aktor gerakan sosial, khalayak dan media harus dilihat sebagai subjek yang mengkonstruksi realitas. Jurnalis dan media mengkonstruksi peristiwa, hal yang sama juga aktor gerakan sosial dan khalayak. Khalayak harus dilihat sebagai entitas yang mempunyai pemikiran, keberpihakan dan pada akhirnya secara aktif mengkonstruksi peristiwa. Kedua, aktor gerakan sosial, khalayak dan media, selain dilihat sebagai subjek, juga harus dilihat saling mempengaruhi. Misalnya, keterkaitan antara frame media dengan frame khalayak. Pandangan khalayak kemungkinan bisa dipengaruhi oleh frame yang disajikan dalam pemberitaan media, tetapi pada saat bersamaan media juga mengangkat frame khalayak yang sejak lama antipati terhadap korupsi. ...... It is hopeful that this study contributes some theoretical significance in the social movement as well as framing studies. In the previous social movement studies, the focuses were more on the actors and political structure;where the success and failure of the social movement were mostly associated with resources owned by the actors or from the perspective of political opportunity. Social movements are very rarely viewed from the perspective of how actors frame, and construct political messages. In this research, the success or failure of social movements is not seen from the resources and opportunity structures owned by the actor, but instead, is viewed from the results of the constructing and framing of the events prior to the publication to members of the movement and to other wider audience. At this point, communication discipline has itscontribution in enriching the study of social movements. The study of framing is usually emphasizing on text analysis and is rarely used to see how people construct and frame an event or phenomena. The research looked at the social movement using framing perspective. Two theories are used, namely the theory of framing and social movement theory. The framing theory of Erving Goffman is applied in this research. For Goffman, individual cannot understand the world or reality without relating it with one?s life experience, in so doing the reality can then be digested into the mind of the individual. While the social movement theory used is the one proposed by William A. Gamson, David A Snow and Robert D. Banford. In their theory, Gamson et al. proposed a different perspective to the resource mobilization and political opportunities. Both theories are more focused on the structure, while the theory of social movement in framing perspective is more emphasizing on the construction of the message. This research uses the case study method, i.e.: instrumental case study. A case is used to explain the larger phenomenon, namely the position of framing in social movements in Indonesia. The cases analyzed in this study are the 10 important issues of KPK-POLRI dispute Part I (2009) and Part II (2012). Field data are collected through observation, in-depth interviews, documents review, and text analysis. This study analyzed two parts of KPK-POLRI disputes, i.e.: part I in 2009 in the case of Bibit-Chandra and Part II in 2012 in the case of SIM (Driving License) Simulator case. In both cases, the successful social movements that ?win? is the one pro KPK. Experts in social movements generally look at three interrelated and essential elements, as follows: (a) the social movement actors; (b) the medium; and (c) the populace or audience. The actors of the social movement are viewed as those who are actively competing and fighting over the meaning of events. Media is seen as an entity that plays a role in spreading the frame of the events so that the meaning constructed by each social movement actor can be spread to the community. The audience is associated as the supporting resource of the social movement. The scholars see those three elements (the actor, the media, and the populace) as linear sequence of influence. Simply say: the actor influences the media and further on the media influences the audience. The research findings in this dissertation show otherwise. Those three elements do not necessarily be potrayed as a linear sequence. Thus, each element is basically a subject that has its own understanding and perception on an event. Furthermore, this study suggest that each element can be influencial to each other in a non linear way. Frame of the event is the result of deliberate construction process performed by actors of social movements. Frame is not understood as a natural process, but is seen as a strategic process (strategic frame). This strategic process includes frame bridging, frame amplification, frame extention to transform frame (frame transformation). The process of forming the frame is seen by scholars of social movements as rooted on a certain dynamics. However, this study shows that social movement actors define the events, andthe process of it is not merely statical as only done by the social movement actors themselves, rather it is a dynamic process involving and using the flourishing news in the media and the perception of the public on that particular issue. The media is linked with social movements. Media need actors of social movements as a source of news. On the other hand, the social movement actors need the media so that their potrayal of the events can dominate the news in the media, and thus will attract more people to support their movement. However, this study shows that there is no special effort from ?pro KPK? social movement actors (i.e.: the public relations of KPK) to approach or influence the media, in order to put their version of news having more place in the media. From the very beginning, the perception of thejournalists on this issue tend to be ?pro KPK? rather than ?pro POLRI?, and therefore the media give more attention and placement to the ?pro KPK? news. This findings proofs that the success of social movements in the KPK-POLRI disputes, where the news in the media is dominantly show ?pro KPK? is not due to the success of social movement actors in approaching the media, but rather because of the congruence of values between journalists and social movement actors. Results of this study have implications for theories on the relationship between frames, media and social movements. Researcher proposes a model to potray the connection between the actors of social movements, media / journalists, media frames and audience frames. This model is a development of the model proposed by Gamson, Scheufele, Benford and Snow. There are two things that distinguish the models as offered by authors compared to other models. First, each party (social movement actors, audiences and media) should be seen as a subject that constructs reality. Journalists and media construct events, the same is done by the social movement actors and audiences. Audiences should be seen as an entity that has a thought, alignments and eventually actively construct events. Second, each of the entities (social movement actors, audiences and media) is seen as a subject that can influence and be influenced or be affected by each other. This interconnectedness is evident in this research findings. For example, the relationship between media frame and audience frame. The perception of the audience might be influenced by the frame presented in the news media, however, at the same time, the media also raised the issue of a long time audience frame of against corruption or an antipathy to it.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Uria Regina I L
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh produk-produk kontroversial agar dapat memasarkan produknya secara positif di masyarakat, karena dalam pemasaran dan distribusinya, produkproduk kontroversial tersebut dibatasi oleh regulasi-regulasi dari pemerintah serta batasan-batasan dari masyarakat karena Indonesia. Dari hasil wawancara dan observasi, dapat dilihat bahwa regulasi-regulasi yang membatasi produk-produk kontroversial ini juga turut membatasi sarana-sarana strategi komunikasi produkproduk tersebut. Strategi iklan dan pemasaran langsung kepada konsumen tidak dapat digunakan. Sehingga, sarana-sarana yang paling difokuskan oleh produsen dalam memasarkan produknya adalah Interactive atau Internet Marketing, Sales Promotion, dan Publicity atau Public Relations. Disamping itu, karena keterbatasan ruang geraknya, tampak tidak ada diferensiasi strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. X dengan yang dilakukan oleh produsen-produsen bir lainnya.
ABSTRAK
This study aims to determine the communication strategies used for products with negative views in the society to promote their products positively. Based on interviews and observations result, it can be seen that the regulations limiting these products has also limited their communication strategy tools. It is not possible to use direct marketing and advertising srategies. The manufacturer focused in promoting their products through Internet or Interactive Marketing, Sales Promotion, and Publicity or Public Relations. Furthermore, because of the limitations of space, it appears that there is no differentiation between the communication strategies that is used by PT. X with other beer manufactures
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42501
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Indah Suryaningsih
Abstrak :
ABSTRAK
Menurunnya jumlah pendengar radio dari tahun ke tahun menggeser tren kebiasaan mendengarkan radio melalui saluran analog ke digital. Perkembangan teknologi ini, membawa dampak bahwa persoalan saluran radio menjadi semakin tak terbatas lagi daya jangkauannya. Potensi ini perlu diimbangi dengan kualitas konten yang dapat memenuhi harapan pendengar. Melalui pendekatan model expectancy values, penelitian ini dilakukan untuk memahami nilai–nilai harapan pendengar melalui analisis hubungan variabel–variabel yang terdapat dalam model tersebut. Studi ini dilakukan dengan metode survei kepada 105 pendengar aktif Suara Edukasi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Melalui teknik quota sampling, sampel terbagi dalam 3 kategori yaitu Remaja, Muda, dan Dewasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berpendapat bahwa keyakinan dan penilaiannya terhadap radio pendidikan adalah baik dan bermanfaat. Responden memiliki seperangkat harapan yang terbagi dalam 5 dimensi kebutuhan yaitu kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan pelarian/pengalihan masalah. Penggunaan media radio pendidikan mengikuti pola kebiasaan yang beragam dilihat dari frekuensi, waktu, jenis program acara dan saluran yang digunakan dalam mendengarkan radio. Kepuasan khalayak pendengar terhadap penggunaan media radio pendidikan secara umum dikategorikan puas. Variabel–variabel dalam model expectancy values memiliki pengaruh hubungan langsung maupun tak langsung terhadap variabel satu dengan lainnya. Melalui analisis path, penelitian ini juga menghasilkan 4 model yaitu: model expectancy values remaja, model expectancy values muda, model expectancy values dewasa, dan model expectancy values gabungan.
ABSTRAK
The reduced number of radio listeners shift listening trends from analog to digital channels. Because of technology evolution, radio channel has more power range to be infinite. It should be balanced with quality content of radio broadcasting that meet the expectations of the listeners. By using expectancy values model, this study aimed to understand the value of listeners expectation, and analyze the correlation of the variables in this models. The study was applied by survey to 105 active listeners of Suara Edukasi in the Greater Jakarta area. Quota sampling technique was chosen to set the research sample. Then, respondents were divided into 3 categories: Adolescent, Young, and Adult. The result of the research showed that most respondents have beliefs and evaluations that the educational radio is nice and helpful. Respondents have a set of expectations that are cognitive, affective, personal integration, social integration, and tension release needs. They have a habit patterns of media consumption, such as frequency, time, type of programs and radio channels that used. Generally, the gratifications obtained of educational radio listeners are satisfied. The variables in the model expectancy values have an direct and indirect correlations influence with each other. Through path analysis, this study also resulted in 4 models: expectancy values model of adolescent, expectancy values model of young, expectancy values model of adult, and the combined expectancy values model.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41534
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ina Rachmawati
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas strategi pemasaran sosial donor darah sukarela Palang Merah Indonesia terutama pada tahun 2012-2013. Dalam tesis ini dideskripsikan kegiatan-kegiatan promosi yang ditentukan dan dijalankan menurut kemampuan PMI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi pemasaran sosial yang dijalankan PMI tampaknya memberikan hasil walaupun dalam pelaksanaanya PMI memiliki keterbatasan sumber daya.
ABSTRACT
This thesis explores the social marketing strategy of voluntary blood donors in Indonesian Red Cross, especially in 2012-2013. In this thesis described promotional activities that are defined and executed according to the capabilities of Indonesian Red Cross. This study is a descriptive qualitative research design. The study states that a social marketing strategy that Indonesian Red Cross run seems to provide results even though Indonesian Red Cross implementation has experienced limited resources.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42134
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Hanif Inamullah
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kegiatan sponsorship yang dilakukan antara Chevrolet dengan Manchester United dapat mempengaruhi ekuitas merek (brand equity) Chevrolet pada pendukung Manchester United di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda dengan melibatkan 326 responden yang merupakan follower dari akun twitter @UtdIndonesia yang merupakan salah satu basis pendukung Manchester United di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan sponsorship yang dilakukan oleh Chevrolet dan Manchester United memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek Chevrolet di kalangan pendukung Manchester United. Setiap dimensi pada variabel sponsorship yaitu variabel Sport club factors, Sponsorship Factors, dan Sponsor factors memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek. Disamping itu, setiap dimensi sponsorship tersebut juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap setiap dimensi dalam variabel ekuitas merek, yaitu kesadaran merek dan citra merek
ABSTRACT
This research goal is to analyze how the sponsorship program between Chevrolet and Manchester United can affect Chevrolet’s brand equity on Manchester United fans in Indonesia. This research uses quantitative approach using a multiple regression analysis with 326 respondents which were the follower of @UtdIndonesia, one of the fanbase of Manchester United in Indonesia’s twitter account. The result of this research shows that the sponsorship agreement between Chevrolet and Manchester United has a significant effect toward Chevrolet’s brand equity on the mind of Manchester United fans in Indonesia. Eviery dimension in sponsorship which are Sport club factors, Sponsorship Factors, and Sponsor factors made a significant effect towards brand equity. Moreover, every dimension of sponsorship variable also has effect on every dimension of brand equity, which are brand awareness and brand image;;;
2015
T44445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wening Widyastari
Abstrak :
[Tahun 2014 merupakan tahun politik yang cukup panas. Rivalitas tidak hanya pada tokoh-tokoh politik yang terlibat, namun juga media pemberitaan. Namun, Persaingan ini meruncing pada suatu kontestasi, di mana kata kontestasi dipilih bukan karena kata dasar “kontes”, merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 2004 ), kontestasi berasal dari kata “contestation” dengan kata dasar “to contest” atau bersinonim dengan “to dispute”: saling serang. Bukan tanpa alasan kata itu dipilih, karena realitas yang ada menunjukkan bahwa paket berita yang ditayangkan pada program-program pemberitaan. Pada tanggal 7 Juni dan 23 Juni Komisi Penyiaran Indonesia melayangkan surat teguran kepada dua stasiun televisi tersebut. Surat teguran yang dikirimkan menyangkut netralitas isi pemberitaan dan proporsi frekuensi penayangan siaran pers Pemilihan Presiden 2014. METRO TV dianggap terlalu memberikan suatu framing kepada pemirsa, mengenai kelebihan calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla. Sebaliknya, METRO TV memberi beban negatif pada pemberitaan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa. Bersamaan dengan METRO TV, TV ONE juga mendapatkan teguran sebanyak dua kali berkaitan dengan netralitas isi siaran. TV ONE dianggap berpihak pada calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa dan menyerang calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla. Bagaimana kedua stasiun televisi pemberitaan ini membingkai realitas politik yang terjadi menjelang Peilihan Presiden sehingga dianggap tidak netral? Piming seperti apa yang berusaha dibentuk oleh redaksi? Jika memang tidak netral, apa yang menjadi agenda-setting redaksi pada pemberitaan tersebut? Dari hasil penelitian, METRO TV membingkai pemberitaan terhadap calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla dengan framing positif sementara sebaliknya, dengan menggunakan instrumen framing negatif terhadap calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa. Sementara TV ONE memberikan dukungan terhadap calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Hatta Rajasa, dan memberikan framing negatif pada calon presiden Joko Widodo dan calon wakil presiden Jusuf Kalla. Agenda-setting kedua televisi pemberitaan ini menurut penelitian ada dua tujuan. Pertama, membentuk citra positif calon yang didukungnya dan membentuk citra negatif pada lawan politik calon tersebut. Kedua, melakukan counter-strike atau serangan balik terhadap kampanye negatif yang menyerang calon yang didukungnya.;2014 was a year of considerable political heat. Rivalry was not only the political figures involved, but also the news media. However, competition was tapered to a contestation, in which said contestation was chosen not because the basic word "contest", referring to the Indonesian Dictionary (2004), contestation is derived from the word "contestation" basic words "to contest" or synonymous with " to dispute ": to attack each other. The word contestation was chosen because it shows that the package of news programs aired on the news. On June 7th 2014 and June 23rd 2014, Indonesian Broadcasting Commission sent a letter of reprimand to two television stations. Warning letter sent concerning neutrality, frequency, content, and the proportion of impressions press release Presidential Election 2014. METRO TV was considered too provide a framing to the viewers, about the vantage point of presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Instead, METRO TV news gave a negative charge on the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. Along with METRO TV, TV ONE also got a warning associated with the broadcast content. TV ONE is considered in favor of the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa and attacked the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. How did both television stations conduct the news framing political reality that occurred prior to Presidential Election that was considered aligned? What kind of that was likely to be formed by the editors? If it was aligned, what was the agenda-setting of the editors on the news? From the research, METRO TV news framing of the Joko Widodo presidential candidate and running mate Jusuf Kalla with positive framing while on the contrary, by using the instruments of negative framing against presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. While TV ONE provides support for the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa, and give negative framing the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Agenda-settingof these televisions, according to the study, had two objectives. First, form a positive image of the candidate they support and forming a negative image on the candidate's political opponents. Second, conduct counter-strike or counterattack against the negative campaign that attacks the candidate they support., 2014 was a year of considerable political heat. Rivalry was not only the political figures involved, but also the news media. However, competition was tapered to a contestation, in which said contestation was chosen not because the basic word "contest", referring to the Indonesian Dictionary (2004), contestation is derived from the word "contestation" basic words "to contest" or synonymous with " to dispute ": to attack each other. The word contestation was chosen because it shows that the package of news programs aired on the news. On June 7th 2014 and June 23rd 2014, Indonesian Broadcasting Commission sent a letter of reprimand to two television stations. Warning letter sent concerning neutrality, frequency, content, and the proportion of impressions press release Presidential Election 2014. METRO TV was considered too provide a framing to the viewers, about the vantage point of presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Instead, METRO TV news gave a negative charge on the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. Along with METRO TV, TV ONE also got a warning associated with the broadcast content. TV ONE is considered in favor of the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa and attacked the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. How did both television stations conduct the news framing political reality that occurred prior to Presidential Election that was considered aligned? What kind of that was likely to be formed by the editors? If it was aligned, what was the agenda-setting of the editors on the news? From the research, METRO TV news framing of the Joko Widodo presidential candidate and running mate Jusuf Kalla with positive framing while on the contrary, by using the instruments of negative framing against presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa. While TV ONE provides support for the presidential candidate Prabowo and vice president Hatta Rajasa, and give negative framing the presidential candidates Joko Widodo and running mate Jusuf Kalla. Agenda-settingof these televisions, according to the study, had two objectives. First, form a positive image of the candidate they support and forming a negative image on the candidate's political opponents. Second, conduct counter-strike or counterattack against the negative campaign that attacks the candidate they support.]
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43767
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beryl Masdiary
Abstrak :
[Nation branding adalah konsep baru yang didefinisikan sebagai campuran elemen multi-dimensi yang unik dan menunjukkan diferensiasi budaya dan relevansinya untuk semua khalayak sasaran.Penerapan teknik merek ini terutama dilakukan untuk menghadapi persaingan global yang sekarang dihadapi oleh negara terutama dalam pasar eksternal. Kondisi ini menyadarkan negara untuk memperkuat brand mereka dengan tujuan utama untuk menarik wisatawan, mendorong investasi masuk dan meningkatkan ekspor. Salah satuupaya pembentukan Nation Branding dapat ditempuh melalui suatu langkah manajemen brand yaitu corporate branding, yang memungkinkan suatu perusahaan menawarkan produk atau jasa yang diekspor, menjadi duta Negara tersebut di pasar internasional, sebagai pemain global. Penelitian kualitatif ini berupaya untuk menganalisis bagaimana peran corporate branding dalam pembentukan Nation Branding, dengan studi kasus Service ExcellencePT Garuda Indonesia. Penelitian ini menggunakanperspektif konsumen internasional melihat service excellence dari layanan jasa yang diekspor sebagai upaya pembentukan nation branding. Dari penelitian ini terlihat bahwa penerapan corporate branding dapat membantu suatu negara membentuk nation branding, namun masih dibutuhkan upaya jangka panjang dan konsistensi pesan serta kualitas layanan agar dapat dipahami oleh target konsumen yang dituju.;Nation branding is a new concept which is defined as a mixture of multi-dimensional element that is unique and shows the cultural differentiation and relevance for all target audiences. Application of brand management is mainly done to face the global competition that now faced by the country, especially in the external market. This condition requires countries to strengthen their brand with the main objective to attract tourists, encourage inward investment and boost exports. One of the efforts to establish the Nation Branding can be reached through corporate branding, which allows a company that offers products or services exported, be an ambassador of the country in the international market, as a global player. This qualitative study seeks to analyze how corporate branding role in the formation of Nation Branding, with Service Excellence of PT Garuda Indonesia as the case study. This researchfocuses on international consumer perspective of the exported service as the formation of nation branding attempts. Study showed that the application of corporate branding can help a country establish nation branding, but it still takes a long-term effort and consistency of the message and the quality of products that can be understood by the intended target consumers., Nation branding is a new concept which is defined as a mixture of multi-dimensional element that is unique and shows the cultural differentiation and relevance for all target audiences. Application of brand management is mainly done to face the global competition that now faced by the country, especially in the external market. This condition requires countries to strengthen their brand with the main objective to attract tourists, encourage inward investment and boost exports. One of the efforts to establish the Nation Branding can be reached through corporate branding, which allows a company that offers products or services exported, be an ambassador of the country in the international market, as a global player. This qualitative study seeks to analyze how corporate branding role in the formation of Nation Branding, with Service Excellence of PT Garuda Indonesia as the case study. This researchfocuses on international consumer perspective of the exported service as the formation of nation branding attempts. Study showed that the application of corporate branding can help a country establish nation branding, but it still takes a long-term effort and consistency of the message and the quality of products that can be understood by the intended target consumers.]
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T43764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ritonga, Rajab
Abstrak :
Studi ini bertujuan untuk mengetahui proses komodifikasi informasi di newsroom kantor berita sebagai suatu bentuk reposisi ekonomi politik kantor berita di era konvergensi saat ini. Reposisi ekonomi politik menjadi keharusan karena kondisi kantor berita nasional saat ini berada di ambang kebangkrutan sebagai efek dari maraknya penggunaan internet, sementara dari sisi pemberitaan kantor berita nasional juga tidak berdaya mengimbangi dominasi kantor berita internasional.

Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif utamanya dengan metoda etnograti, dengan variabel penelitian meliputi (1) reposisi kantor berita nasional, (2) komoditikasi informasi, dan (3) dominasi kantor berita global. Panduan teoritis yang digunakan adalah kajian ekonomi politik kritis varian strukturalisme. Kantor berita nasional yang dijadikan subjek penelitian adalah kantor berita dari Indonesia (Antara). Sebagai pembanding dilihat juga dinamika yang berlangsung di kantor berita nasional Malaysia (Bernama) dan kantor berita internasional dari Inggris (Reuters), Amerika Serikat (AP), dan Perancis (AFP). Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kantor berita nasional melakukan reposisi strulctur ekonomi-politiknya di era konvergensi sekarang ini?; (2) Eagaimana kantor berita nasional memposisikan komoditas informasi sebagai produk untuk dijual di era konvergensi?; (3) Bagaimana proses komodifikasi informasi berlangsung dalam newsroom kantor berita nasional?; dan (4) Bagaimana dominasi kantor berita internasional terjadi atas kantor berita nasional? Kesimpulan penelitian ini adalah: pertama, akibat perkembangan teknologi lnformasi berbasis komputer-internet dan masih kuatnya pengaruh dominasi struktur kapitalisme global, kantor berita nasional didorong untuk melakukan reposisi struktur ekonomi-polltiknya agar mampu menghasilkan suatu informasi yang bersifat langka (scarcity). Reposisi tersebut dilakukan dengan mengadakan: (1) kerjasama pertukaran berita (ownership convergence); (2) berbagi materi berita dengan kantor berita lainnya (tactical convergence); (3) melakukan penulisan ulang terhadap materi berita untuk disesuaikan dengan jenis media yang digunakan (structurat convergence); (4) menciptakan reporter super (information gathering convergence); dan (5) menyediakan peralatan canggih bagi reporter untuk mendukung komodifikasi informasi yang diharapkan (storyteiting convergence). Kantor berita saat ini juga mereposisi orientasi bisnisnya dari semula wholesaler, agen informasi untuk media massa, juga menjadi retailer mengunjungi publik melalui website maupun peralatan konvergensi media lainnya. Kedua, komodifikasi informasi di newsroom terjadi dalam bentuk komodifikasi isi yang meliputi proses penentuan komoditas informasi berita, foto, dan data untuk dijual melalui proses dinamis yang berlangsung diantara pekerja dalam salu level (horisontal) maupun level berbeda (vertikal) dalam aktivitas rutin keseharian untuk produksi informasi (rapat redaksi, rapat dewan redaksi, dan rapat direktur). Ketiga, teriadi dominasi infon'nasi global oleh kantor berita internasional dalam bentuk besaran kuantitatif persebaran informasi dan perolehan pendapatan finansial, persebaran sumberdaya, serta relasi profesional, Kantor berita nasional tidak berdaya menghadapi dominasi tersebut karena sebagian besar pendapatan kantor berita nasional justru berasal dari kerjasama dengan kantor berita internasional Begitu juga jaringan kerjasama regional yang dibentuk untuk menghadapi dominasi kantor berita internasional, tidak berfungsi efektif karena terjadinya berbagai polarisasi kepentingan dari masing-masing kantor berita anggota Meskipun demikian, wacana resistensl terhadap dominasi kantor berita internasional bukannya tidak terjadi dalam proses komodiiikasi informasi kantor berita nasional. Salah satu implikasi menarik dari temuan dalam penelltian ini adalah keberadaan kantor berita nasional yang seolah-olah berada di simpang jalan untuk memilih antara kepentingan politik atau kepentingan ekonomi. Dari gambaran reposisi strulctur ekonomi-politik yang dilakukan kantor berita nasional semacam Antara, sebenarnya sudah menjawab arah dominan yang akan dituju kantor berita nasional dalam era teknologi komunikasi berbasis komputer-internet sekarang ini. Kepentingan ekonomi tampaknya bakal mengalahkan kepentingan politik di balik eksistensi kantor berita nasional. Nostalgia historis pemunculan kantor berita nasional yang sarat dengan nasionalisme bakal tergerus dengan kepentlngan ekonomi.
This study is intended to know the information commoditication process in the newsroom of a news agency as a fomi of the ecopolitical reposition of a news agency in the current media. convergence era. The ecopolitical reposition becomes a must as a national news agency is currently in the brink of bankruptcy as an effect of the internet use on a large scale, while a national news agency?s news dissemination is unable to offset those of international news agencies. The research was conducted descriptively using qualitative approaches. notably, the ethnographic method, with research variables consisting of (1) reposition of a national news agency, (2) infomation commoditication and (3) domination of global news agencies. The theoretical guidance which is used is a critical ecopolitical study on the variant of structuralism. The national news agency which becomes the subject of the research is a news agency from Indonesia (Antara). As comparisons, it is also worth observing Malaysia's national news agency (Bernama) and the international (transnational) news agencies from Britain (Reuters), the United States of America (AP) and France (AFP). Subject matters in the research are (1) l-low does a national news agency make a reposition on its ecopolitical structure in the current media convergence era'?; (2) How does a national news agency position the information commodity as a product for sale in the media convergence era'?; (3) How does the process of information commodification take place in a national news agency's newsroom; and (4) How does domination of international (transnational) news agencies against national news agencies occur? The research concludes that: Firstly, due to the development of computer-internet based information technology and the still strong influence of domination of the global capitalism structure, a national news agency is encouraged to make a reposition of its ecopolitical structure in order to produce scarce information. The reposition is made by (1) setting up cooperation on news exchange (ownership convergence); (2) sharing news materials with other news agencies (tactical convergence); (3) rewriting news materials for adjustment to the type of media in use (structural convergence); (4) creating super reporters (information gathering convergence); and (5) providing sophisticated instruments for reporters in support of the expected information commoditication (storytelling convergence). Currently, a news agency also repositions its business orientation from formerly a wholesaler, an information agent for mass media, also becomes a retailer and visits the public through website or other convergence instruments. Secondly, the information commoditication in the newsroom occurs in the fomn of content commodilication encompassing the process of deciding the information commodities of (text) news, photos and data for sale through dynamic process which takes place among workers on a (horizontal) level and a (vertical) level in the daily routine activities to produce information (editorial meeting, board of editors meeting and board of directors meeting). Thirdly, there are domination of global information by international news agencies in the form of quantitative value of information dissemination and financial income, and distribution of resources and professional relations. A national news agency is unable to face the domination as most of its income even comes from cooperation with international news agencies. The regional cooperation networking designed to face international news agencies? domination is also ineffective as there is polarization of different interests among member news agencies. However, it does not mean that the discourse on the resistence against the domination of international news agencies does not happen in the information cornmodilicatiori process of a national news agency. One of the interesting implications from the findings in the research is the presence of a national news agency which as if stays on an intersection to choose the political or economic interest. The picture on the reposition of ecopolitical structure conducted by such a national news agency as Antara has actually answered the dominant direction to be reached by a national news agency in the current era of computer-internet based communication technology. The economic interest seems to outdo the political interest behind the existence of a national news agency. The historical nostalgia on the emergence of a national news agency which is full of nationalism values will be eroded by the economic interest.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
D849
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Martha Ria Kristiani
Abstrak :
ABSTRAK
Kehidupan di kalangan eksekutif menuntut untuk selalu berpenampilan prima. Berbagai peranan penting dan tanggung jawab yang besar sebagai pimpinan perusahaan, khususnya di perusahaan multinasional, membuat para eksekutif sering kali merasa membutuhkan orang lain yang bisa mereka percaya untuk mengungkapkan diri untuk berbagi informasi privat yang mereka miliki. Tentu saja mereka harus sangat selektif dalam memilah informasi yang ingin disampaikan kepada orang lain, dan informasi yang cukup disimpan untuk diri mereka sendiri. Penelitian ini memfokuskan pada proses terjadinya Self Disclosure berdasarkan aturan dan batasan yang terdapat dalam keseluruhan asumsi dasar Communication Privacy Management, dan juga kepercayaan. Istilah Self Disclosure, dalam bahasa sehari-hari, dikenal dengan istilah komunikasi curhat (curahan hati). Melalui manajemen komunikasi privasi, para eksekutif dapat memahami dan menyadari adanya batasan dalam mengontrol akses privatnya sehingga mereka tetap merasa aman dan nyaman dalam mengkomunikasikan curhatan mereka kepada orang sehingga reputasi profesional mereka tetap terjaga. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan model studi kasus, serta menggunakan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah para eksekutif di beberapa perusahaan multinasional di Jakarta, dengan masa jabatan lebih dari lima tahun. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa melalui komunikasi curhat yang mengacu pada teori CPM, setiap informan melakukan manajemen informasi privat mereka. Namun sebelum menuju kepada komunikasi curhat dan manajemen komunikasi privasi, para informan menegaskan bahwa hal yang diutamakan ketika mereka ingin berbagi informasi privat kepada orang lain adalah adanya sebuah kepercayaan. Dalam hal ini, tiap informan pun memiliki kriteria yang berbeda mengenai apa saja hal-hal yang membuat orang lain dapat dipercaya untuk mendengar keluh-kesah dan menyimpan dengan baik informasi yang ingin disampaikan oleh para informan.
ABSTRACT
Life within and around executives demands them to always have excellent appearance. Various important roles and huge responsibilities as chiefs of corporations make them often feel in need for other persons whom they can trust to open up and share private information that they have. Of course they need to be very selective in separating information that they want to share to other persons, and the ones that they have to keep for themselves. This research focuses on the process of Self Disclosure based on rules and boundary within the whole basic assumption of Communication Privacy Management, and also trust. The term Self Disclosure, in daily language is known as komunikasi curhat (curahan hati). Through communication privacy management, executives can understand and realise that there is limitation in controlling their private access for them to remain feeling secured and comfortable in communicating their private information to other persons so that their professional reputation is protected. Methodology of this research is qualitative with case study model, in-depth interviews and observation as data collection and analysis. Respondents in this research are executives from several multinational companies in Jakarta, with each tenure of more than five years. In general this research shows that through confiding their private information, as CPM theory, each respondent applied private information management. However, prior to confiding and applying their private information management, respondents confirmed that the most important factor that made them confide to other persons was trust. With this regard, each respondent had different criteria about what made them trust the other persons they confided to and that the other persons will keep securely the information that had been shared.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T39226
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizha Hudaya Attahiyyat
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas terbentuknya destination image pada India melalui media film The Best Exotic Marigold Hotel, yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan menguji apakah menonton film populer tertentu dapat mengubah aspek kognitif dan afektif individu mengenai destinasi wisata yang ditampilkan dalam film tersebut, bersamaan dengan konsep empati, familiarity dan respon konsumen AIDA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental laboratorium, partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa sarjana di Jakarta berjumlah 50 orang yang sesuai dengan kriteria penelitian dan dibagi menjadi dua kelompok secara randomisasi (kelompok kontrol dan eksperimental). Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimental pada variabel destination image dan familiarity. Partisipan dalam kelompok eksperimental juga menunjukkan pengaruh secara positif dalam keterlibatan empati mereka terhadap elemen-elemen film. Namun, tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimental pada variabel respon konsumen. Oleh karena itu, film The Best Exotic Marigold Hotel membantu dalam meningkatkan citra India, tetapi terbukti tidak efektif dalam memotivasi partisipan untuk berkunjung
ABSTRACT
This research disscusses about forming destination image on India through the feature film The Best Exotic Marigold Hotel, to assess the extent to which viewing a specific popular feature film altered cognitive and affective images of the place it depicted, as well as concept of empathy, familiarity and AIDA hierarchy of effects model. This quantitative research employed a laboratory experiment, participants were undergraduate students in Jakarta, totaling 50 people according to the research criteria and were divided randomly into two groups (control and experimental groups). The data analysis methods are descriptive statistical analysis and parametric statistical analysis to prove the hypothesis in this research. The results showed a significant difference between the control and experimental groups in the destination image and familiarity variables. Participants in the experimental group also showed a postive influence in their empathy involvement towards the elements of the film. However, there was no significant difference between the control and experimental groups on hierarchy of effects model. Therefore, The Best Exotic Marigold Hotel helps in enchancing the image of India, but proved to be ineffective in motivating participants to visit India
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42329
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>