Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 237 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Irdayati
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya entrepreneurial desirability pada mahasiswa Master Degree disertai kajian komparasinya. Penelitian dilakukan untuk memverifikasi pengaruh interaksi antara kognisi kewirausahaan (the perceived entrepreneurial self efficacy, the perceived entrepreneurial feasibility, entrepreneurial desirability). Survei dilakukan pada 196 mahasiswa Master Degree di 2 perguruan tinggi yakni sampel kampus A di Indonesia dan sampel kampus B di Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Temuan dalam penelitian ini menyatakan bahwa pada responden di sampel kampus A di Indonesia, faktor self-efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability, self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability. Adapun pada responden di sampel kampus B di Malaysia, faktor self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability, self-efficacy berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility tidak berpengaruh signifikan terhadap entrepreneurial desirability. Adapun keterbatasan pada penelitian ini hanya memberikan gambaran umum tentang kondisi peserta di 2 sampel kampus yang mungkin memiliki visi dan misi penyelenggaraan program kewirausahaan yang berbeda. Penelitian berikutnya dapat menyelidiki pola interaksi yang lebih komprehensif pada faktor-faktor yang mempengaruhi entrepreneurial desirability dengan mempertimbangkan variabel lain selain variabel yang telah peneliti teliti. ......The purpose of this study was to investigate the factors that influence the emergence of entrepreneurial desirability in Master Degree students accompanied by a comparative study. The study was conducted to verify the effect of interaction between entrepreneurial cognition (the perceived entrepreneurial self-efficacy, the perceived entrepreneurial feasibility, entrepreneurial desirability). The survey was conducted on 196 Master Degree students in 2 universities namely sample A campus in Indonesia and sample B campus in Malaysia. This study uses the method of Structural Equation Modeling (SEM). The findings in this study stated that in respondents in sample campus A in Indonesia, the self-efficacy factor had no significant effect on entrepreneurial desirability, self-efficacy had a significant effect on entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility had a significant effect on entrepreneurial desirability. As for the respondents in sample campus B in Malaysia, the self-efficacy factor has a significant effect on entrepreneurial desirability, self-efficacy has a significant effect on entrepreneurial feasibility, entrepreneurial feasibility has no significant effect on entrepreneurial desirability. The limitations of this study only provide an overview of the conditions of participants in 2 campus samples that may have different vision and mission of organizing entrepreneurship programs. Subsequent research can investigate a more comprehensive interaction pattern on the factors that influence entrepreneurial desirability by considering other variables besides variables that researchers have meticulously examined.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elia Trianti
Abstrak :
ABSTRAK
Persaingan industri stamping saat ini semakin meningkat. Salah satu faktor yang menyebabkan yaitu mudahnya pesaing baru untuk masuk ke industri ini. Adanya pemain baru dan ketatnya persaingan yang terjadi memungkinkan bagi perusahaan untuk saling melakukan hi-jack pekerja. PT Hudiya Hayat Hanif merupakan salah satu dari pemain di industri /stamping. Perusahaan telah berdiri lebih dari 21 tahun dan memiliki 16 pekerja yang rata-rata memiliki pengalaman lebih dari lima tahun. Para pekerja dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan melakukannya dengan teliti sehingga defects ratio cukup kecil. Kecakapan pekerja merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh PT Hudiya Hayat Hanif sehingga menjaga dan mempertahankan pekerja merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan.Namun, PT Hudiya Hayat Hanif belum memiliki Peraturan Perusahaan dan Kontrak Kerja sebagai upaya untuk mempertahankan para pekerjanya. Karya tulis ini merupakan hasil dari Business Coaching yang dilakukan di PT Hudiya Hayat Hanif. Business Coaching ini dilakukan untuk membantu perusahaan dalam menyusun Peraturan Perusahaan dan Kontrak Kerja sebagai upaya menciptakan hubungan industrial yang harmonis. Metodologi yang digunakan yaitu observasi, wawancara, identifikasi masalah, analisis SWOT, Five Forces dan Gap Analysis. Hasil dari penulisan ini merupakan Peraturan Perusahaan dan Kontrak Kerja yang dapat digunakan PT Hudiya Hayat Hanif dalam mempertahankan para pekerja.
ABSTRACT
The stamping industry competition is currently increasing. One of the factors that led to the easy entry of new industries. The presence of new players and the intense competition that occurs for companies to hi jack each other. PT Hudiya Hayat Hanif is one of the players in the industry stamping. The company has been established for more than 21 years and has 16 workers who on average have more than five years of experience. Workers can finish work quickly and properly with a careful defect ratio is quite small. Worker skills are one of the strengths of PT Hudiya Hayat Hanif, maintaining workers is one of the strategy that can be carried out by the company. However, PT Hudiya Hayat Hanif does not yet have a Company Regulation and an Employment Contract as an effort to clean up its workers. This paper is the result of Business Coaching conducted at PT Hudiya Hayat Hanif. This Business Training is conducted to help companies in a harmonious field. Professional methodologies, interviews, collar issues, SWOT analysis, Five Forces and Gap Analysis. The results of this provision are the Company and Work Execution Regulations that can be used by PT Hudiya Hayat Hanif in cleaning the workers.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50507
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrianto Prasetya Nugroho
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan satisfaction, trust, repurchase intention, dan switching intention pada situs reservasi hotel secara online. Adapun situs reservasi hotel online dibagi menjadi tiga kategori, yaitu: Online Travel Agency, Peer-to-Peer Accommodation, dan Virtual Hotel Operator. Satisfaction dibagi menjadi dua yaitu transaction-based satisfaction dan experience-based satisfaction. Trust juga dibagi menjadi dua, yaitu institution-based trust dan disposition to trust. Penelitian ini melibatkan 600 responden yang sudah pernah melakukan reservasi dan menggunakan jasa penginapan mulai dari awal hingga akhir transaksi. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan analisis data dilakukan menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak LISREL. Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan positif antar variabel yang signifikan pada ketiga jenis platform terdapat pada variabel experience-based satisfaction dengan disposition to trust, experience-based satisfaction dengan institution-based trust, transaction-based satisfaction dengan experience-based satisfaction, transaction-based satisfaction dengan institution-based trust, transaction-based satisfaction dengan repurchase intention, dan institution-based trust dengan disposition to trust.
ABSTRACT

The purpose of this research is to analyze the relationship between satisfaction, trust, repurchase intention, and switching intention in online-booking hotel platforms. The online-booking hotel platforms divided into three types: Online Travel Agency, Peer-to-Peer Accommodation, and Virtual Hotel Operator. Satisfaction divided into transaction-based satisfaction and experience-based satisfaction. Trust divided into institution-based trust and disposition to trust. The object of this research was 600 respondents who have ever used the service of online-booking hotel platform in all transaction process (from the start until the end of service). The sampling method using purposive sampling and the data analysis were conducted using SEM (LISREL). Results show there are similarities in positive relationship between variables in the three types of platform, those are experience-based satisfaction and disposition to trust, experience-based satisfaction and institution-based trust, transaction-based satisfaction and experience-based satisfaction, transaction-based satisfaction and institution-based trust, transaction-based satisfaction and repurchase intention, the last is institution-based trust and disposition to trust.
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gloria Sianny
Abstrak :
Penelitian ini membahas pengaruh pemasaran digital dalam membentuk citra merek dan dampaknya terhadap niat beli pada konsumen XYZ Clinic Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara biaya, insentif, konten, kredibilitas desain situs dan interaktivitas terhadap niat pembelian dengan dimediasi oleh variabel citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan total 165 kuesioner yang diproses. Sampel penelitian ini adalah pengguna Instagram yang merupakan pengikut akun Instagram XYZ Clinic Indonesia tetapi belum menggunakan layanan atau membeli produk. Ini dikumpulkan menggunakan non-probability sampling dan teknik purposive. Data penelitian dianalisis dengan Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif tidak memiliki pengaruh positif terhadap citra merek dan interaktivitas tidak berpengaruh signifikan terhadap citra merek, tetapi hubungannya positif. Sementara itu biaya, konten dan kredibilitas desain situs secara positif mempengaruhi citra merek dan semua variabel pemasaran digital dan citra merek juga memiliki pengaruh positif terhadap niat pembelian di XYZ Clinic Indonesia. ......This research discusses the influence of digital marketing in forming brand image and its impact on purchase intention on XYZ Clinic Indonesia`s consumers. This research aims to know whether there is a relationship between cost, incentive, content, credibility of site design and interactivity to purchase intention by being mediated by brand image variables. This research applied quantitative approach with total 165 questionnaries were processed. The sample of this research are Instagram user who are the followers of XYZ Clinic Indonesia Instagram account but yet to use the services or purchase the products. It collected using nonprobability sampling and purposive technique. The research data was analyzed by Structural Equation Modeling. The results showed that incentive does not have positive influence on brand image and interactivity have no signifficant effect on brand image, but the relationship is positive. Meanwhile cost, content and credibility of site design positively affect brand image and all digital marketing variables and brand image also have positive influence on purchase intention in XYZ Clinic Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53444
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rakhmat Dicky Muhammad
Abstrak :
Roti Guriyana adalah salah satu usaha yang bergerak di bidang penjualan roti (bakery industry) yang memiliki pabrik dan toko roti di bilangan Jakarta Timur. Roti Guriyana bekerjama sama dengan beberapa mitra pedagang keliling untuk mendistribusikan roti-roti yang diperdagangkan di perumahan atau perkampungan. Roti Guriyana memiliki tujuan untuk mengembangkan bisnis roti dan memperluas target pasar melalui pengembangan dan aktivasi digital. Sejauh ini, Roti Guriyana telah mengembangkan bisnis ini sudah berpuluh-puluh tahun, dan belum pernah ada perubahan yang cukup signifikan. Masalah mendasar yang dialami oleh Roti Guriyana sejauh ini adalah tidak pernah menyusun strategi mengenai kegiatan pemasaran melalui sosial media dan merubah konsep desain roti kemasannya yang telah dipertahankan selama Roti Guriyana berdiri. Dengan segala pertimbangan, maka tujuan dari business coaching ini adalah memberikan penyusunan strategi Instagram marketing dan mengimplementasi redesign kemasan roti UMKM Roti Guriyana. ......Roti Guriyana is one of the businesses engaged in selling of bread (bakery industry) which has factories and outlet in East Jakarta. Roti Guriyana cooperates with a number of merchant partners to distribute bread traded within housing or villages. Roti Guriyana aims to develop the bread business and expand its target market through digital development and activation. So far, Roti Guriyana has been developing this business for decades, and there have never been any significant changes. The basic problem experienced by Roti Guriyana so far has never been to formulate a strategy regarding marketing activities through social media and change the design concept of the packaging bread that has been maintained while Roti Guriyana was established. With all these considerations, the purpose of this business coaching is to provide an Instagram marketing strategy and implement the redesign of Roti Guriyana SME bread packaging.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Astari Deardaza
Abstrak :
ABSTRAK Tesis ini membahas tentang implementasi pengoptimalan digital marketing dan implementasi strategi peningkatan exposure pada UMKM yang bergerak pada industri edukasi yaitu lembaga kelas persiapan Ultimate Education. Pemetaan yang telah dilakukan pada UMKM membuktikan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan oleh Ultimate Education belum optimal dan juga saluran pemasaran yang digunakan juga belum optimal. Diharapkan Ultimate Education dapat menggunakan sosial media mereka dengan optimal dan mendapatkan exposure yang lebih besar pada segmentasi pasar. Metode yang dilakukan adalah penelitian kualitatif pengoptimalan saluran pemasaran dengan menggunakan sosial media Ads, Google Ads dan juga perbaikan website dan struktur Instagram feed. Selain itu, pengembangan segmentasi pasar juga dilakukan terhadap Ultimate Education.
ABSTRACT This thesis discusses the implementation of digital marketing optimization and the implementation of strategies to increase exposure to MSMEs engaged in the education industry, namely the Ultimate Education preparation class. The mapping that has been done on MSMEs proves that the market segmentation carried out by Ultimate Education is not optimal and that the marketing channel used is also not optimal. It is expected that Ultimate Education can use their social media optimally and get greater exposure to market segmentation. The method used is qualitative research on marketing channel optimization using social media Ads, Google Ads and also improving websites and Instagram feed structures. In addition, the development of market segmentation was also carried out on Ultimate Education.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanggara Surya Pratama
Abstrak :
Businees caoching, UMKM, inventory control, benchmarking, stock opname, random sampling, FSN classification ini ditulis berdasarkan bagaimana sebuah proses business coaching dapat membantu UMKM untuk meningkatkan bagian apa yang perlu dilakukan perbaikan. Seperti bagian SDM, keuangan, operasional, atau marketing berdasarkan pengalaman pribadi pemilik dan berdasarkan pengamatan coach di perusahaan. ProQ adalah UMKM yang bergerak di bidang jasa perawatan dan perbaikan AC kendaraan bermotor. Di ProQ tidak terdapat sebuah proses inventory control sehingga mengganggu kegiatan operasionalnya. Tesis ini merupakan hasil dari penerapan inventory control bagi bengkel ProQ melalui proses identifikasi masalah, rekomendasi penyelesaian masalah, dan implementasi dari rekomendasi tersebut. Langkah yang di ambil yaitu melakukan proses benchmarking terhadap PT X yang sudah menjalankan inventory control dalam skala besar dan dengan jumlah inventory suku cadang yang sangat banyak. Dari benchmarking tersebut kemudian didapatkan langkah-langkah perbaikan yang dapat dilakukan ProQ dengan mengadaptasi inventory control dari PT X, yaitu pentingnya keberadaan partman dan SOPnya, kegiatan random sampling dan stock opname yang teratur dan memiliki berita acara yang jelas, dan pencatatan dari keluar masuknya suku cadang sudah sangat baik dan terorganisir. Dan PT. X juga mempunyai klasifikasi fast, slow, dan non moving inventory yang diketahui melalui umur suku cadang. ......This paper is written based on how a business coaching process can help SMEs to improve which area need an improvement. Such as the HR, finance, operational, or marketing section based on the personal experience of the owner and based on the coach observations to the company. ProQ is a SME engaged in maintenance services and repair of motor vehicle air conditioners. In ProQ there is no inventory control process so that its operational activities is disturbed. This paper is the result of applying inventory control for ProQ workshop through problem identification process, problem solving recommendations, and implementation of the recommendations. The step taken is to conduct a benchmarking process against PT.X which has run inventory control on a large scale and with a large inventory of spare parts. From the benchmarking, there are few steps that can be done by adapting the inventory control of PT.X, namely the importance of the existence of partman and its SOP, random sampling and stock operational activities are scheduled and have clear records and reports, and recording of the daily in and out of a sparepart from its inventory which is well organized. And PT. X also has a classification of fast, slow, and non-inventory known through age of a spare parts.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmadian Puspitasari
Abstrak :
Kebutuhan manusia terus meningkat sehingga makanan ramah lingkungan diperlukan untuk keberlanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana healthy lifestyle, health concern, environment concern, product quality mempengaruhi niat pembelian kopi organik dengan memperluas Theory of Planned Behavior (TPB). Sampel diperoleh dari 205 responden yang tidak pernah membeli kopi organik dengan menggunakan metode judgmental sampling. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling untuk menguji 7 hipotesis yang menghubungkan 8 konstruk kekuatan hubungan antar konstruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa healthy lifestyle dan product quality berpengaruh positif dalam sikap untuk membeli kopi organik. Dengan demikian untuk mendorong niat yang lebih tinggi untuk membeli lebih banyak kopi organik, lembaga terkait harus mempromosikan dan mendukung konsumen untuk mengetahui kopi organik dengan memperkuat promosi faktor ......Human needs are keep increasing so that eco-friendly food is necessary for sustainability. The purpose of this paper is to determine how healthy lifestyle, health concern, environmental concern, and product quality are influencing the intention of purchasing organic coffee by expanding Theory of Planned Behavior (TPB). The samples are obtained from 205 respondents who never bought organic coffee using judgmental sampling method. Data were analyzed using Structural Equation Modeling to test 7 hypotheses connecting the 8 constructs of the relationship strength between constructs. The results of this study indicate that healthy lifestyle and product quality have a positive effect on attitudes to buying organic coffee. Thus to encourage higher intention to buy more organic coffee, related institutions must promote and support consumers to find out organic coffee by strengthening the promotion of healthy lifestyle factors and product quality.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Baringbing, Josua Saut Mangaraja
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penentu utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna portal toko online real estat di Indonesia. Ini adalah salah satu studi pendahuluan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan terhadap toko real estat online di Indonesia. Literatur mengenai atribut utama fungsionalitas situs web, persepsi kegunaan, kualitas informasi, dan kepuasan pelanggan dalam portal toko online real estat. Fungsi situs web dan persepsi kegunaan diambil dari penelitian sebelumnya, sementara skala kualitas informasi ditambahkan dan berfokus pada atribut fisik, atribut non-fisik, dan layanan pelanggan. Data dikumpulkan dari 306 responden yang menggunakan portal toko online real estat untuk memeriksa konstruksi. Model diuji secara emperis menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM). Studi ini mengungkapkan bahwa persepsi tentang kegunaan dan kualitas informasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna portal online real estate. Di sisi lain, fungsionalitas situs web diungkapkan memiliki dampak positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna portal online real estat. Penelitian ini akan membantu portal toko online real estat khususnya portal toko online real estat untuk menarik dan memotivasi pelanggan baru. Pengecer online dengan produk dengan keterlibatan tinggi dapat meningkatkan kepuasan pasca penggunaan dan pada akhirnya meningkatkan pelanggan online. ......This research aims to identify and analyse the key determinants influencing customer satisfaction of the real estate online shop portal users in Indonesia. This is one of the preliminary study dealing with customer satisfaction towards online real estate shop in Indonesia. The literature concerning major attributes of website functionality, perceived of usability, information quality and customer satisfaction in real estate online shop portal. The website functionality and perceived of usability was taken from previous research, while the scale of information quality was added and focusing on physical attribute, non-physical attribute and customer service. Data were collected from 306 respondents who used real estate online shop portal for examining the constructs. The model was emperically tested using structural equation modeling (SEM). The study reveals that perceived of usability and information quality have a significant positive impact on real estate online shop portal users satisfaction. In other hand, website functionality is revealed to have a positive but not significant impact on real estate online shop portal users satisfaction. This research will help real estate online shop portal especially real estate online shop portal to attract and motivate new customers. Online retailers with high involvement products can improve post-use satisfaction and eventually increase online customers
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53024
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>