Ditemukan 109 dokumen yang sesuai dengan query
Saphire Calista, author
ABSTRAK
Penelitian ini ingin melihat perbedaan kualitas secure attachment ibu-anak antara
anak usia sekolah yang terpapar gadget sebelum usia dua tahun dan setelah tiga
tahun. Penelitian dilakukan pada 97 ibu yang memiliki anak berusia 6-8 tahun.
Kualitas attachment ibu-anak dilihat berdasarkan tingkat security yang diukur
menggunakan PCRI (Parent/Child Reunion Inventory). Peneliti juga menggunakan
kuesioner untuk mengetahui...
2015
S58537
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Rika Noor Athari, author
[ABSTRAK
Pada umumnya mahasiswa menunjukkan optimisme yang tinggi, dimana
mereka meyakini bahwa hasil yang baik akan diperoleh setelah menjalani
kehidupan perkuliahan yang penuh dinamika. Namun, tak jarang ditemukan
mahasiswa yang bermasalah atau bahkan gagal selama masa studi mereka. Dan
uniknya, setiap mahasiswa memiliki cara tersendiri dalam menilai penyebab-penyebab
dari setiap kejadian yang dialami (explanatory style) yang...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60689
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Syazka Kirani Narindra, author
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara orientasi masa depan dalam hubungan romantis dan kualitas hubungan romantis pada pasangan beda agama. Pengukuran orientasi masa depan dalam hubungan romantis menggunakan alat ukur Future Time Orientation in Romantic Relationship Scale (Oner, 2000) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0.89 dan pengukuran kualitas...
Depok: Universitas Indonesia, 2015
S58990
UI - Skripsi (Membership) Universitas Indonesia Library
Fina Febriani, author
[ABSTRAK
Motivasi membaca merupakan isu penting dalam jenjang pendidikan dasar (Saw,
2014). Siswa yang tidak tertarik atau tidak aktif dalam aktivitas membaca di usia
sekolah dasar umumnya tidak akan mengembangkan motivasi membaca di usia
sekolah menengah dan seterusnya (Pecjak & Kosir, 2004). Untuk dapat
meningkatkan motivasi membaca, banyak strategi yang dapat dilakukan,
diantaranya adalah melalui pengajaran...
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45169
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Maulida Kurniasari, author
[ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pelatihan teknik read-aloud
dalam meningkatkan kualitas interaksi guru dengan siswa usia 3-4 tahun melalui
pelatihan selama 12 jam, yang dibagi dalam 3 hari dan 6 sesi. Penelitian ini
menggunakan desain pre-test dan post-test dengan guru sebagai partisipan. Alat
ukur yang digunakan adalah lembar panduan observasi interaksi guru-siswa...
2016
T45423
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Mariana Ikun Ratnadwimulyani Pareira, author
[ABSTRAK
Komunikasi efektif antara orangtua dan anak perlu dimulai sedini mungkin. Selama ini strategi komunikasi yang digunakan ibu dengan anaknya belum efektif, hal ini disebabkan karena keterbatasan pengetahuan tentang bagaimana berkomunikasi efektif dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang komunikasi efektif dengan anak prasekolah....
2015
T45077
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Kusumasari Kartika Hima Darmayanti, author
Unknown...
2018
T51680
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Sally Carolina,, author
Self-esteem merupakan salah satu penentu dari perkembangan konsep diri seseorang yang dimulai pada masa anak-anak. Orang tua sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan self-esteem anak memiliki berbagai gagasan mengenai pola asuh yang salah satunya dipengaruhi oleh budaya. Tesis ini membahas bagaimana pengaruh dari parental beliefs orang tua dengan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53422
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Rindya Ayu Murti, author
Konteks terjadinya perundungan (bullying) ditemukan tidak hanya di sekolah reguler, melainkan juga di sekolah inklusif. Siswa berkebutuhan khusus merupakan kelompok yang rentan mengalami perundungan di sekolah. Bystander dewasa seperti guru, staf sekolah, dan orang tua, diketahui memegang peranan penting dalam mencegah dan mengatasi perundungan yang ditujukan untuk siswa berkebutuhan khusus...
2019
T53131
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library
Marchantia Andranita, author
Siswa underachiever adalah siswa yang prestasi akademiknya berada dibawah potensi kecerdasan yang ia miliki. Siswa underachiever dengan tipe coasting digambarkan sebagai siswa yang tidak termotivasi dan kurang peduli dalam menyelesaikan tugas sekolah serta aktivitas yang dilakukan terkait nilai yang dicapainya. Kurang peduli dan belum memiliki kebiasaan belajar yang baik membuat...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T35766
UI - Tesis (Membership) Universitas Indonesia Library