Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 66871 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Renaldy Muhamad
"Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara memaksimalkan pendapatan pada Taman Margasatwa Ragunan. Caranya yaitu dengan merancang harga tiket masuk yang optimal sehingga mampu memberikan perubahan dalam tingkat pendapatan. Konsep yang digunakan dalam optimasi harga tiket ini menggunakan ilmu revenue management. Dalam merancang harga tiket yang optimal ini terdapat 2 pertimbangan yang menjadi acuan, yaitu segmentasi pengunjung dan waktu. Tujuannya adalah untuk menghasilkan harga pada pengunjung dan waktu yang tepat. Metode ini akan sangat membantu Taman Margasatwa Ragunan dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan sehingga bisa ikut memajukan industri pariwisata nasional.

This research discussed about how to maximize Taman Margasatwa Ragunan revenue. The solution is by designing the optimal ticket price so it can make a change in revenue level. The concept which is implemented in this case is revenue management. There are 2 factors that has to be considered in designing this optimal price, customer segmentation and time. The purpose is to create right price for the right customer at the right time. This method will be helpful in order to gaining Taman Margasatwa Ragunan revenue which also can contribute the national industry of tourism movement. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S812
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
M.R. Ava Soraya DJ.
"Industri pariwisata dan perhotelan merupakan salah satu industri penghasil devisa terbesar Indonesia. Sehubungan dengan itu, karya tulis ini disusun dengan tujuan memberikan alternatif strategi peningkatan profit pada industri perhotelan di Indonesia yaitu dengan menerapkan model akuntansi segmen pasar. Pemilihan topik didasarkan atas kenyataan makin meningkatnya persaingan antar hotel di Indonesia, terutama di daerah wisata Bali, sehingga para manager perlu menemukan metode akuntansi baru yang dapat mendukung penyusunan strategi pemasaran yang lebih baik. Penelitian dilakukan dengan metode kepustakaan melalui literatur perhotelan serta dengan metode penelitian lapangan dengan mengambil hotel Akuntansi segmen pasar
pasar sebagai profit Grand Hyatt Bali sebagai studi pada prinsipnya memperlakukan center serta mengidentifikasi
kasus. segmen besar serta perbandingan persentase kontribusi keuntungan dari masing-masing segmen pasar suatu hotel. Metode ini diwujudkan melalui pembentukan sebuah model yang. mengalokasikan pendapatan dan biaya yang terakumulasi dalam suatu segmen tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerap,kan model ini, sebuah hotel mendapatkan informasi-informasi penting tentang marjin keuntungan yang dihasilkan Segmen-isegmen pasarnya. Informasi-informasi tersebut berguna untuk berbagai pengambilan keputUsan penting seperti alokasi sumberdaya, penentuan tarif kamar, alokaSi kamar untuk masing-masing segmen pada masamasa sibuk dan sebagainya. Model ini akan lebih akurat jika hotel memiliki sistem informasi yang canggih sehingga mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk pembentukan model tersebut. Sebuah hotel yang menerapkan model akuntansi ini akan memiliki strategi pemasaran dan penjualan yang lebih akurat dan terarah karena didukung dengan informasi tentang segmen pasarnya. Pada akhirnya hotel tersebut akan lebih memiliki daya saing di dalam industri perhotelaan. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18710
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kim, W. Chan
"Summary:
"Blue Ocean Shift is packed with inspiring, real-world examples of how leaders in diverse industries and organizations made the shift from red oceans of crowded competition to wide open blue oceans of new market space by applying the process and tools outlined within. Blue Ocean Shift shows you, step-by-step, how to build the confidence of your people and seize new growth. Here, you'll learn: Why focusing on competing misses huge growth opportunities and how to expand your thinking on strategy beyond competing; Why thinking of creative destruction and disruption as sources of innovation is limiting and how you can grow through nondisruptive creation; How anyone in any organization can move from red to blue oceans with Blue Ocean Shift's systematic five-step process -- not just entrepreneurs; Why people's confidence is essential to create and execute your growth strategy and how to build it; Why you should not build your growth strategy based on existing environmental and industry conditions and how you can shape them in your favor for growth"
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017
658.802 KIM b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Eli Mas`idah
"ABSTRAK
Dalam dekade 1990 an manajemen pemasaran dikenal sebagai era micromarketing atau super segmental. Hal ini disebabkan karena masyarakatnya yang heterogen. Tentunya kondisi demikian mendorong lajunya needs atau wants konsumen yang komplek. Sehingga perlu penataan manajemen pamasaran yang sesuai dengan kondisi yang ada.
Disisi lain, perlunya menyadari bahwa suatu perusahaan memiliki keterbatasan baik material, sumber daya manusia ataupun waktu / energi dalam memenuhi needs & wants tersebut. Sehingga konsep membagi pasar menjadi sub-sub pasar atau pasar target akan menjadi sangat relevan untuk memenuhi needs atau wants konsumen yang semakin heterogen. Agar lebih efektif maupun efisien maka perlu mengetahui segmen yang potensial sehingga diperlukan suatu riset manajemen pemasaran tentang "Penetapan segmentasi yang potensial sebagai faktor strategi pemasaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran".
Langkah riset ini adalah merumuskan permasalahan dengan menetapkan tujuan yang hendak diambil. Selanjutnya melakukan riset lapangan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder yang diperlukan. Data-data yang dihasilkan diolah menggunakan tool Analisa Conjoint dan Regresi. Hasil pengolahan data tersebut dianalisa untuk mendapatkan hasil akhir. Hasil akhir inilah yang digunakan sebagai strategi dalam melakukan pemasaran .
Berdasarkan dari hasil analisa baik dari grafik maupun hasil tes signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap nilai penjualan maka segmen konsumen pasar yang potensial adalah segmen dengan tingkat ekonomi menengah.
Sedang segmen dari segi needs atau wants konsumen dapat terbagi dalam sembilan segmen, dimana segmen .produk yang potensial adalah konsumen yang paling sutra memakai batik dari jenis bahan dari sutera dengan tingkat kenyamanan dingin dan dengan harga murah. Namun secara keseluruhan tingkat kenyamanan adalah faktor terpenting dalam pemilihan batik.
Jadi faktor strategi pemasaran yang efektif dan efisien adalah dengan menetapkan segmen konsumen pasar dengan kelas ekonomi menengah yang memiliki needs & wants batik dengan kombinasi atribut dari jenis bahan terbuat dari sutera, dipakai dingin dan harganya murah. Secara keseluruhan tingkat kenyamanan adalah merupakan faktor terpenting dalam pemilihan batik. Segmen inilah yang semestinya dijadikan bahan pertimbangan dalam melakukan program pemasaran."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17528
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Prihanggoro
"Seiring dengan berkembangnya media massa karena kebebasan pers yang didukung oleh UU no 40 tahun 1999 maka media muncul ke masyarakat juga semakin beragam. Jenis media yang berkembang cukup pesat adalah media cetak lslami dalam format majalah yang kini sudah banyak ditemui di toko buku atau agen. Majalah - majalah tersebut muncul dengan topik - topik sesuai dengan tema yang diangkatnya sehingga menjadi sangat beragam, diantaranya adalah majalah Ghoib yang membahas tentang praktek mistik dan fenomena gaib dari sudut pandang syariat Islam.
Dalam perjalanan bisnisnya sejak terbit tahun 2004, majalah Ghoib sudah mengalami pasang surut penjualan. Hingga saat ini majalah Ghoib dalam kecenderungan memburuk ditandai dengan jumlah penjualannya yang menurun, bahkan sampai titik yang paling rendah. Bagi majalah Ghoib, penjualan sangat erat kaitannya dengan profitabilitas karena revenue majalah Ghoib saat ini hanya sebagai media berbasis langganan sehingga sumber pendapatannya dari penjualan majalah.
Literatur menyebutkan bahwa sebuah perusahaan media berbasis pelanggan hendaknya menggunakan strategi bersaing dengan mengoptimalkan basis pelanggannya. Permasalahan dalam melakukan optimalisasi yang dibahas dalam karya akhir ini meliputi pemahaman karaktcristik dan segmen pelanggan serta bagaimana memilih dan mengembangkan segmen pelanggan tersebut.
Upaya untuk memahami pelanggan dimulai dengan melakukan penelitian tentang karakteristik pelanggan kemudian dikelompokkan dalam segmen - segmen pelanggan. Segmen ini kemudian dievaluasi nilai dan karakteristiknya untuk dipilih mana yang sesuai untuk menunjang kelangsungan bisnis majalah Ghoib.
Dari hasil penelitian karakteristik pelanggan maka ditemukan adanya 3 segmen pelanggan dinamakan segmen A. B dan C. Segmen A dicirikan sebagai orang-orang yang aktif bekerja dan mengkonsumsi majalah Ghoib sebagai majalah yang memberi informasi tentang hal gaib sekaligus sudut pandangnya dari syariat. Segmen ini mengkonsumsi majalah Ghoib sebagai sumber pengetahuan tentang hal gaib yang sesuai syariat. Sedangkan segmen B merupakan orang - orang yang menjadikan majalah Ghoib sebagai majalah keluarga dengan ciri memiliki sosialisasi yang kuat. aktif mendiskusikan isi majalah Ghoib dengan keluarga tetapi mengkonotasikan hal gaib sebagai hal negatif. Segmen C berupa orang yang lebih banyak di rumah sehingga kurang aktif dalam aktivitas diskusi atau kajian. Bagi mereka majalah Ghoib mungkin sebagai pengisi waktu dan sumber pengetahuan Islami.
Dari hasil segmentasi tersebut akan dipilih segmen yang layak untuk digarap majalah Ghoib. Pemilihan ini berdasarkan kelayakan secara ekonomis dan non-ekonomis. Secara ekonomis segmen yang layak adalah yang dapat dikembangkan sehingga menguntungkan majalah Ghoib. Sedang secara non-ekonomis segmen yang layak adalah yang sesuai dengan misi dari majalah Ghoib. Karena pemilihan menggunakan dasar kelayakan maka hasilnya bisa lebih dari satu segmen yang layak.
Evaluasi Customer Lifetime Value (CLV) dan Customer Profitability (CP) terhadap segmen-segmen tersebut memperoleh hasil pelanggan pada ketiga segmen tersebut tidak berbeda nilainya. Besarnya nilai total profitabilitas pada tiap segmen hanya didorong oleh faktor jumlah anggota segmen yang besar. Dengan pendapatan tiap pelanggan sama, biaya relasi yang sama dan lama relasi yang relatif sama maka logis faktor penentu segmen hanya pada besar segmen.
Hasil analisa CP dan CLV menunjukkan bahwa nilai segmen yang sama tersebut karma program pemasaran majalah Ghoib van helium dirancang spesifik pada segmen-segmen tertentu. Jika dirancang secara spesifik, besarnya pendapatan dan biaya untuk mengembangkan dan membina tiap segmen dapat menjadi berbeda sehirigga profitabilitas segmen pelanggan menjadi berbeda. Kemudian perbedaan profitabilitas tersebut menjadi dasar dalam pemilihan segmen untuk digarap sebagai faktor ekonomis.
Program pemasaran tersegmentasi dirancang untuk mengembangkan dan membina segmen- segmen secara spesifik. Segmen A dapat dikembangkan dengan program kajian tematik dan diperdalam hubungannya melalui penjualan buku-buku. Sedangkan segmen B dapat dikembangkan dengan Program Jaring Pelanggan (PJP) dan workshop ruqyah serta dibina melalui program Tema pelanggan disertai penjualan merchandise atau seperti naik haji bersama, rekreasi dan lain - lain. Sedangkan segmen C hanya dapat dikembangkan melalui kerjasama dengan distributor tetapi belum ada cara untuk membinanya. Dengan demikian segmen yang layak secara ekonomis adalah segmen A dan B.
Faktor lain dalam pemilihan segmen adalah faktor non-ekonomis yang merefleksikan misi majalah Ghoib. Preferensi terhadap hal - hat gaib sesuai dengan syariat dan semangat untuk mengedukasi lingkungan sekitar untuk menjauhi praktek mistik dan hal gaib yang menyesatkan merupakan kriteria dari majalah Ghoib. Analisa karakteristik segmen menunjukkan bahwa segmen A mempunyai preferesi ke hal gaib sesuai syariat dan segmen B merupakan segmen dengan semangat edukasi yang diinginkan majalah Ghoib.
Dari faktor ekonomis dan non-ekonomis tersebut maka segmen yang layak direkomendasikan untuk digarap majalah Ghoib adalah segmen A dan B. Implikasinya majalah Ghoib harus menjalankan program pemasaran secara spesifik dengan prioritas kepada kedua segmen tersebut sehingga dapat berkembang. Sedangkan segmen C hanya dibiarkan saja karena segmen ini keberadaannya tidak merugikan majalah Ghoib dan nantinya akan mengecil seiring berkembangnya segmen lainnya.
Saran untuk majalah Ghoib terkait dengan kondisi penjualan yang menurun maka dijawab dengan program pemasaran tersegmentasi yang dikombinasikan sedemikian rupa sehingga laju akuisisi pelanggan baru dapat meredam laju penurunan pelanggan. Selain itu perlu penelitian tentang faktor yang mempengaruhi penjualan sehingga hasil program pemasaran tidak terbias oleh faktor-faktor lain yang tidak dikenali atau diluar kontrol majalah Ghoib.
Hal lain yang harus dilakukan majalah Ghoib adalah memperbaiki koordinasi dan perencanaan manajemen usahanya supaya lebih balk. Koordinasi antara redaksi majalah, klinik rugyah dan penjualan buku masih kurang di mana masing-masing belum memahami posisinya dalam mengembangkan dan membina pelanggan.
Terakhir majalah Ghoib dapat mencoba membuka wacana untuk menambah sumber pendapatan dari iklan. Upaya ini membutuhkan pemahaman terhadap karakteristik pelanggan dan keinginan dari pemasang iklan. Tetapi strategi majalah Ghoib harus tetap fokus pada pelanggannya karena para pelanggan inilah yang membantu majalah Ghoib dalam menjalankan misinya.

Along with the upcoming of mass-media supported by government law no 40, 1999, mass-media especially magazine become more varied. One of those with exceptional growth are Islamic magazines which could be found on every bookstore 1 agents nowadays. Islamic magazines came with numerous themes, and one of those which explains mystic and supernatural phenomenon in Islamic point of view is Ghoib magazine.
Since the beginning of 2004, Ghoib magazine has already risen and fallen on sales. Currently, sales is falling, even lower into Ghoib's lowest sales record. As for Ghoib, sales are their blood of the business because their revenue is mainly from their circulation.
Literature says subscriber-based media companies should optimize their customer base, rather than expanding the revenue source into advertising or other promotional programs. This paper tries to elaborate the problem in optimizing customer base. The problem includes undestanding customer characteristics divided into segments, then choosing and develop the customer bases.
Customer base understanding starts with marketing research to classify customer into homogenous segments. Next, these segments are evaluated based on economic value and their characteristics to choose which segment qualified to supports Ghoib in the future.
Research found Ghoib customers could be classified into 3 segments, named as segment A, B and C. Segment A consists of active people that consume Ghoib to satisfy their needs on information about supernatural phenomenon in syariah perspectives. Segment B has strong social-interaction, consumes Ghoib as a family magazine and discusses the content with their -family members: Segment B also need Ghoib magazine as a source of Islamic information and knowledge. Lastly, segment C consists of individuals who spend the time mostly at home, rarely attend to Islamic discussion forums. Segment C consume Ghoib magazine to fill his 1 her spare time with Islamic information.
Customer Lifetime Value (CLV) and Customer Profitability (CP) analyses show that these segments are similar. Segments value driven by its size. This means that every customer in each segment have the same value. This is because every revenue and cost related to the customer is unsegmented. If Ghoib's marketing programs are re-engineered into a segmented approach then every segment will be different in terms of its value.
Segmented marketing programs are designed to develop and maintain segment-specific customer relationships. Segment A is developed by running seminars, holding panel discussions, etc. The relationship with segment A can further deepen by cross-selling books discussed about supernatural phenomenon, Islamic preach, etc. Segment B can be developed by Program Jaring Pelanggan (Customer Development Program) and utilizing ruqyah workshop. Inspired by segment's B strong social-activities, Ghoib can initiate a subscriber gathering event where Ghoib's merchandises can be offered. Lastly, segmen C can only be developed with the cooperation Ghoib's distributors. However, there is no program economically suitable to maintain them. Thus, segment A and B are economically qualified for Ghoib to develop its customer base further.
Another qualification method, for confirmative purpose, is non-economic value of segments. The non-economic value determined from the fitness between Ghoib company values and each segment characteristics. The result is that segment A and 13 qualified because segment A has strong preference on supernatural issues as well as Ghoib, while segment B is fit with Ghoib's mission to spread supernaturalism in syariah perspective.
Within the context of declining sales trend, segmented marketing programs will be the answer to dampen the sales fall. A well-designed segmented marketing program coupled with careful execution will revive magazine sales. Finally, Ghoib should improve their internal marketing coordination in order to able to execute its segmented marketing program optimally.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T18243
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Fauziah Syafarina
"Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peluang pasar untuk televisi segmen religi di Jakarta? Dengan adanya SK Menpen No. 111 tahun 1990, yang memberikan ijin bagi pengelolaan bagi televisi swasta di Indonesia, maka di mulailah era TV Swasta dan komersialisasi televisi. Siaran televisi swasta pada tahun-tahun pertama menguasai rating dari 20 acara yang pallng diminati pemirsa. Sementara itu, perolehan iklan melonjak dengan tajam. Meskipun demikian televisi swasta tidak terlepas dari berbagai kelemahan mendasar. Antara Iain porsi acara religi yang tidak dikemas secara maksimal, dan porsi serta penempatan acara yang terkadang pada jam-jam tertentu, membuat acara religi tidak menjadi acara yang diminati. Padahal dalam keadaan sebenarnya banyak pemirsa yang merasa membutuhkan penyeimbang dari semua acara yang ada. Hal ini terlihat dari fenomena acara manajemen qalbu di SCTV yang menduduki rating pertama dari semua acara yang ada baik hiburan maupun infomasi. Padahal acara tersebut ditayangkan pada jam-jam utama dari televlsi, yaitu minggu siang. Sehingga persepsi bahwa acara religi tidak menang dapat kita abaikan untuk tahap awal persepsi. Oleh sebab ltu, penelitian ini di dasarkan oleh keinginan untuk mengetahui karekteristik acara televisi dan apakah ada peluang pasar untuk televisi religi di Jakarta.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peluang pasar untuk televisi segmen religi masih kecil, Walaupun berdasarkan penelitian cluster menunjukkan besarnya peluang dan televisi segmen religi, setelah dimasukkan kedalam strulctur model anallsis, maka peluang tersebut menjadi lcecil. Besaran nilal hasil cluster menjadi ?Semu?, blla dikaitkan dengan penggunaan televisi untuk format acara agama, hal ini terlihat dari hasil akhir penelitian. Dimana penggunaan televisi untuk format acara keagamaan akan tinggi bila format acara agama tersebut diisi oleh figur masyarakat. Selain itu masih adanya ke-engganan dari produsen untuk lebih bagus mengemas acara religi, dan bila dari produsen telah mempunyai usaha untuk memperbaiki mutu kemasan tetap ada intervensi dari pihak penyelenggara televisi. Peluang untuk televisi segmentasi religi untuk tahap awal adalah di televisi sindikasi, sehingga secara operasional tidak akan besar untuk televisi segmeni religi.
Hasil penelitian memberikan implikasi perlunya keseimbangan antara format acara hiburan, informasi dan agama di televisi, sehingga dapat memuaskan keinginan dari pemirsa yang terbagi dalam berbagai kelompok usia, tingkat sosial dan pendidikan. Temuan dari hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa keinglnan pemirsa televisi bukanlah faktor yang menentukan dalam industri televisi. Lebih kuat faktor dari advertising dan pemilik industri dibandingkan faktor pemirsa televisi. Sehingga program acara yang ada Iebih banyak menyesuaikan keinginan dari pihak-pihak pemegang modal. Oleh sebab itu, teievisi pada saat sekarang adalah suatu produk dari kapitalisme, dimana mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dan agak mengabaikan beberapa faktor etika dalam banyak program acara yang di sodorkan kepada pemirsa televisi. Segmentasi yang dapat dibidik oleh para pernilik televisi nasional untuk saat sekarang adalah segmentansi yang luas, tidak terlalu spesifik namun untuk televisi daerah khususnya di Jakarta, masih dapat mengambil segmentasi yang spesifik dan pemirsa, dimana mereka memposisikan sebagai televisi ?Life Style" yang sangat identik dengan pola Kosmopolitan dari sebagian penduduk jakarta. Hasil penelitian memberikan implikasi perlunya keseimbangan antara format acara hiburan, informasi dan agama di televisi, sehingga dapat memuaskan keinginan dan pemirsa yang terbagi dalam berbagai kelompok usia, tingkat sosial dan pendidikan, yang tidak menghilangkan karakter bangsa. Dan pemerintah harus aktif untuk memonitor dan menjadi alat sensor bagi industri televisi, sehingga televisi swasta tidak menjadi kebablasan dan muncul situasi kondusif baik bagi televisi dan produsen, namun juga untuk pemirsa televisi."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22640
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erisa Maranata Muray
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi segmen pasar yang terbentuk pada pasar pariwisata Kalimantan tengah, memahami profil segmen yang terbentuk, memahami perbedaan karakteristik antar segmen dan mengetahui segmen mana yang paling menentukan sebagai target pasar pariwisata Kalimantan Tengah. Segmentasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan segmentasi gaya hidup dengan melakukan penilaian terhadap variabel A.I.O (Activities, Interest, Opinion). Objek penelitian penelitian ini adalah objek pariwisata di Kalimantan Tengah. Variabel penelitian yang digunakan terdiri dari variabel demografi, perilaku, gaya hidup, psikografi dan pariwisata. Analisis dilakukan dengan analisis statistik yaitu analisis frekuensi, crosstab, cluster dan diskriminan. Penelitian menggunakan riset eksploratif dan riset deskriptif dengan jenis single cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling yaitu convenience sampling dengan responden yang berdomisili di Jakarta. Masa aktif penelitian berlangsung dari bulan Maret- Juni 2007. Hasil dari penelitian ini adalah tipe segmen pasar pariwisata Kalimantan Tengah yang terbentuk sebanyak lima segmen yaitu Modern Snob, Outdoor Adventure Cost Conscious, Leisure Classic Traveler, Urban Hedonistic, Family Experiential Traveler. Karakteristik segmen yang paling menonjol adalah untuk Modern Snob Segment mereka sangat mengutamakan image dan prestise dalam berwisata dan memiliki daya beli yang tinggi. Outdoor Adventure Cost Conscious Segment mereka adalah orang yang menyukai petualangan yang menantang nyali namun memiliki anggaran wisata yang terbatas. Leisure Classic Traveler Segment adalah kelompok yang berwisata untuk bersantai dan memilih berwisata dengan keluarga. Urban Hedonistic Segment adalah segmen yang hanya tertarik dengan wisata di perkotaan dan hidup untuk bersenang-senang. Family Experiential Traveler Segment adalah segmen yang suka mencoba jenis wisata baru yang memberikan pengalaman baru dan suka berwisata dengan keluarga. Segmen Modern Snob, Leisure Classic Traveler, Urban Hedonistic, Family Experiential Traveler dibedakan oleh variabel arsitektur bangunan, cara hidup dan adat istiadat dan rumah adat. Segmen Outdoor Adventure Cost Conscious dibedakan oleh variabel wisata jika keamanan stabil dan rencana mengisi liburan. Segmen yang paling menentukan sebagai target pasar pariwisata Kalimantan Tengah yaitu Family-Experiential Traveler Segment karena segmen ini menunjukkan minat untuk berwisata ke Kalimantan Tengah dan memiliki minat yang selaras dengan tawaran wisata Kalimantan Tengah. Variabel pariwisata dari yang dianggap paling penting sampai yang paling tidak penting adalah: (1) daya tarik alam, (2) harga/biaya yang dikeluarkan, (3) transportasi/akses, (4) akomodasi/penginapan, (5) konsumsi, (6) citra/image dan persepsi, (7) daya tarik bangunan, (8) daya tarik budaya, (9) daya tarik sosial, dan (10) sarana pendukung.
Referensi: 30 (1958 ? 2006)"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
S5722
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifelly Dewi Astuti
"Telepon selular sebagai alat komunikasi yang penting saat ini bukan hanya dipilih berdasarkan fungsinya saja, namun lebih dari itu ponsel juga telah dianggap sebagai alat untuk mengekspresikan diri, menigkatkan status sosial, dan gengsi seseorang. Produsen-produsen ponsel pun berusaha untuk memenuhi keinginan tersebut, dengan menciptakan produk-produk yang dianggap mewakili diri seseorang, sehingga tidak mengherankan pertumbuhan pelanggan telepon selular meningkat dengan tajam, bahkan diperkirakan mulai tahun 2002 jumlahnya akan melebihi jumlha pelanggan telepon tetap. Oleh karena itu pengelompokkan atau segmentasi konsumen khususnya pengguna ponsel tidak lagi cukup jika hanya menggunakan pendekatan demografi, pendekatan secara psikografi dibutuhkan untuk dapat menajamkan pengetahuan produsen tentang konsumennya, sehingga dapat dibuat strategi-strategi pemasaran yang efektif. Salah satu alat yang dapat membuat segmentasi berdasarkan psikografi khususnya life style dan values adalah VALS 2 dari SRI, yang sudah digunakan untuk memetakan penduduk Amerika Serikat berdasarkan psikografinya. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel di 4 perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, dan Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah, sebanyak 200 responden mahasiswa. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan 4 segmen dengan karakteristik yang berbedabeda secara psikografi, behavioral, dan demografi. Dengan hasil segmentasi ini maka penulis memberikan saran dan rekomendasi bagi strategi pemasaran khususnya pada program pengembangan produk dan promosi untuk para produsen ponsel."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S19427
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muslim, supervisor
"Bank XYZ has a plan to open an overseas office in Dubai, United Arab Emirates (UAE) in the future according to the management of Bank XYZ's explanation in national newspapers a couple months ago. This paper research purposes is trying to analyze the suitable type of market entry strategy to UAE market in terms of suitable type of office structure to be opened subject to its internal factors, external environment factors, the cost and benefit and the risk of opening the overseas office. The data used in this paper is obtained from Bank XYZ annual report year 2005 and 2006 including the audited financial statement year ended December 31, 2006 and 2005 and some other relevant sources. The result of analysis over the market entry strategy of Bank XYZ in UAE market through opening an overseas office in Dubai, UAE could be done by establishing a branch office. In addition to the establishing of a branch, Bank XYZ has found it worthwhile in terms of money as it financially feasible based on analysis over its internal factors, external environment, cost and benefit calculation and the risk embedded over the decision as well."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T23474
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>