Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 219856 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harahap, Nadia Soraya
"Window display sebuah toko pakaian adalah salah satu kunci peritel untuk menarik perhatian konsumen yang nantinya dapat berkembang menuju keinginan untuk masuk ke dalam toko dan melakukan pembelian. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh promotion information, merchandise information, new fashion information, store image, dan product fit yang terdapat pada window display toko pakaian terhadap perilaku pembelian konsumen yaitu keputusan untuk masuk ke dalam toko dan keputusan melakukan pembelian dan peran variabel consumer knowledge sebagai moderasinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa promotion information, merchandise information dan store image memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan untuk masuk ke dalam toko sedangkan new fashion information serta product fit memiliki pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Sementara itu konsumen dengan tingkat pengetahuan yang cukup terpengaruh untuk masuk ke dalam toko.

Window display of clothing store is key instrument of many retailers to capture consumers intention and draw them into a store and make a purchase. Therefore, researcher wanted to determine the effect of promotion information, merchandise information, new fashion information, store image, and product fit from window display on consumer entry decision and purchase decision and the role of consumers knowledge as a moderating variable. This research used Structural equation Modeling (SEM) as data analysis technique.
The result showed that promotion information, merchandise information and store image has a positive effect on consumers entry decision while new fashion information and product fit has a positive effect on consumers purchasing decision. Meanwhile, consumers with a good level of clothing knowledge are more influenced by window display in their purchasing decision.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44808
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwika Maya Harsanti
"Pasar produk kecantikan yang ramah lingkungan serta preferensi masyarakat terhadap produk yang alami di dunia saat ini sedang mengalami perkembangan. Sementara itu, perempuan usia muda merepresentasikan perkembangan segmentasi konsumen terhadap produk kecantikan dan perawatan yang ramah lingkungan. Meskipun demikian, penelitian mengenai perilaku konsumen terhadap produk natural skincare saat ini masih sedikit. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memahami intensi perilaku perempuan muda terhadap pembelian produk natural skincare di Jabodetabek Indonesia. TPB Theory of Planned Behavior, yang mana sering digunakan dalam penelitian terdahulu terhadap perilaku konsumen digunakan sebagai dasar teori dalam penelitian. Selanjutnya, variabel yang digunakan untuk memprediksi perilaku konsumen terhadap produk natural skincare dipengaruhi oleh empat faktor lainnya: kesadaran kesehatan, pengetahuan terhadap produk, persepsi harga, dan persepsi ketersediaan. Survei terhadap 227 responden dilakukan melalui kuesioner yang terstruktur. Data kemudian dianalisa menggunakan Structural Equation Modeling SEM. Hasil yang diperoleh adalah kesadaran kesehatan, persepsi harga dan persepsi ketersediaan memiliki pengaruh terhadap sikap perempuan muda terhadap produk natural skincare. Selanjutnya, sikap terhadap produk natural skincare dan norma subjektif terbukti memiliki pengaruh pada sikap terhadap pembelian produk natural skincare. Sementara itu, hanya norma subjektif yang tidak memiliki pengaruh terhadap intensi perempuan muda untuk membeli produk natural skincare.

The market of green beauty products and consumer preference for naturally derived ingredients are expanding worldwide. In addition, young women represent an emerging ecological segment for green beauty and personal care products. However, there are still few researches about consumer behavior towards natural skincare products. Hence, the purpose of this research is to investigate young female consumers rsquo behavioral intention with regard to purchasing natural skincare products in Jabodetabek, Indonesia. The Theory of Planned Behavior was used for the research as it is one of the most widely used theories for investigating consumers rsquo behavioral intention. This research also used attitude towards natural skincare product as an additional variable to predict TPB. The variable was influenced by four more factors health consciousness, product knowledge, perceived price, and perceived availability to predict attitude towards natural skincare products. The survey for this research was collected from 227 respondents through structured questionnaires. The data was analyzed using SEM Structural Equation Modeling . Results have confirmed that health consciousness, perceived price, and perceived availability influence young female consumers attitude towards natural skincare products. The results also showed that attitude towards natural skincare products and subjective norm positively influence attitude towards purchasing natural skincare products. Meanwhile, subjective norm does not have any influences in purchasing intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Ferdi
"Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh customer knowledge management dan innovation capability terhadap business performance yang terjadi dalam industri perbankan di Indonesia. Industri perbankan dipilih menjadi objek penelitian karena merupakan salah satu industri yang akhir-akhir ini sangat dipengaruhi oleh inovasi-inovasi berbasis teknologi. Fenomena ini menjadi suatu ancaman bagi entitas perbankan dengan model bisnis konvensional. Penelitian ini ingin melihat apakah manajemen informasi dan inovasi yang baik dapat mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Sampel pada penelitian ini adalah Bank Pemberdayaan Rakyat dengan manajer kelas menengah sebagai unit observasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer knowledge management berpengaruh positif terhadap innovation capability dan innovation capability berpengaruh positif terhaadap business performance. Namun, dalam hubungannya dengan business performance, customer knowledge management hanya dapat berpengaruh positif jika melalui innovation capability sebagai variabel mediasi. Hanya mengumpulkan informasi dari nasabah tidak terbukti dapat memberikan pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Perusahaan harus dapat menggunakan informasi tersebut dalam kegiatan inovasi mereka untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

This study aims to analyze the effect of customer knowledge management and innovation capability to business performance in business units in the banking industry. Banking industry is chosen because they are one of the main industry that is currently disrupted by innovation based on technological development. This study aims to find out whether good customer knowledge management and innovation could affect the business performance. The samples in this study is BPR, with their middle-class manager as an observation unit. The results confirmed that customer knowledge management have positive effect on innovation capability and innovation capability also have positive effect on business performance. However, in its relationship with business performance, customer knowledge management could only positively affecting business performance through full mediation by innovation capability. Only gathering information from customer is proven that it cannot be significantly affecting business performance. Bank need to use the collective information to enhance their innovation capability in order to increase their business performance."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fandrian Ramadhani
"Skripsi ini meneliti peran dari pribadi, produk terkaitdan faktor ekonomi dalam memprediksi sikap konsumen dan niat pembelian terhadap MELILEA GreenField Organic. Sebuah model konseptual diperoleh dan diuji melalui structural equation modeling pada sampe ldari 167 konsumen. Hasil menunjukkan bahwa Sikap dipengaruhi oleh gaya hidup etis, kesadaran akan kesehatan dan persepsi harga. Sikap secara parsial memediasi pengaruh gaya hidup etis dan kesadaran akan kesehatan terhadap niat untuk membeli MELILEA GreenField Organic. Sikap mengasumsikan peran yang lebih utama dalam memediasi secara penuh pengaruh persepsi harga terhadap niat untuk membeli MELILEA GreenField Organic. Secara keseluruhan model konseptual pengambilan keputusan konsumen berkinerja baik pada MELILEA GreenField Organic.

This research examines the role of personal, product-related and economic factors in predicting consumer attitudes andpurchase intentions towards MELILEA Greenfield Organic. A conceptual model is obtained and tested through structural equation modeling on a sample of 167 consumers. The results showed that attitudes are influenced by ethical lifestyle, health awareness and perception of the price. Attitude partially mediates the effect of an ethical lifestyle and health awareness of the intention to buy MELILEA Greenfield Organic. Attitude assumes a major role in mediating the full effect of price perception on the purchase intention MELILEA Greenfield Organic. Overall conceptual model of consumer decision making performs well on MELILEA Greenfield Organic."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45415
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deisya Rasikania
"Pertumbuhan e-commerce di Indonesia saat ini sedang mengalami kenaikan. Salah satu dari e-commerce tersebut adalah website toko pakaian online yang menjual pakaian wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya pengaruh sikap konsumen pada website toko pakaian online terhadap niat mencari informasi dan niat membeli di website tersebut. Data diperoleh degan menyebarkan kuesioner pada 200 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung yang positif dari sikap terhadap niat mencari informasi di website dan niat membeli setelah mendapatkan informasi di website.

The e-commerce in Indonesia is growing rapidly. One of the favorite e-commerce is online clothing website, with mostly consumer gender are women. Research aims to examine the influence of attitudes toward particular clothing websites, specifically favorite ones, on information search at those web sites and on the choice to purchase items from those web sites. Data in this research is collected from the 200 respondent by spreading the questionnaire. Results showed that participants‟ attitudes toward their favorite clothing web sites had a direct, positive effect on their intentions to search for information at those web sites as well as intentions to purchase clothing items from those web sites after finding the items there."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44553
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laura Brigitta Ludju
"Penelitian ini mengadopsi penelitian yang dilakukan oleh Pradhan, Duraipandan dan Sethi (2014) di India. Objek penelitian tersebut adalah brand sepatu olahraga seperti Adidas, Nike, Puma dan Reebok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kesesuaian kepribadian konsumen dengan merek  (UP-BP congruence), kesesuaian merek dengan selebriti (BP-CP congruence), dan kesesuaian selebriti dan konsumen (CP-UP congruence) terhadap sikap brand (brand attitude atau BA) dan dampaknya pada minat beli (brand purchase intention atau BPI). Pengaruh celebrity-brand-user personality congruence terhadap brand purchase intention dimediasi oleh brand attitude (BA).
Pada penelitian ini, objek penelitian dikembangkan menjadi produk kosmetik lokal indie. Sebanyak 119 responden perempuan, yang familiar dengan Tyna Kanna Mirdad dan brand lipstik lokal indie SAS C, serta mengetahui lipstik Truly Mazing berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini, dianalisa menggunakan Path Analysis, yang diolah menggunakan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UP-BP congruence, BP-CP congruence, dan CP-UP congruence secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap BA dan BPI. Akan tetapi, brand attitude (BA) berpengaruh signifikan terhadap brand purchase intention (BPI). Sehingga, melalui mediasi BA, UP-BP congruence, BP-CP congruence dan CP-UP congruence, berpengaruh signifikan terhadap brand purcase in tention (BPI).

This study adopted research conducted by Pradhan, Duraipandan and Sethi (2014) in India. The object of the research is sport footwear brand such as Adidas, Nike, Puma and Reebok. The purpose of the study is to find out the influence of consumer-brands personality congruence (UP-BP congruence), brand-celebrities personality congruence (BP-CP congruence), and celebrities-user personality congruence (CP-UP congruence) on brand attitudes (BA) and their impact on brand purchase intention (BPI). The influence of celebrity-brand-user personality congruence on brand purchase intention is mediated by brand attitude (BA).
In this study, the object of research was developed into indie local cosmetic products. A total of 119 female respondents, who were familiar with Tyna Kanna Mirdad, the local indie lipstick brand SAS C and the Truly Mazing lipstick participated in this study. The data in this study were analyzed using Path Analysis, which was processed using the SPSS 24 program. The results showed that UP-BP congruence, BP-CP congruence, and CP-UP congruence did not significantly influence BA and BPI. However, brand attitude (BA) has a significant effect on brand purchase intention (BPI). Thus, through mediation BA, UP-BP congruence, BP-CP congruence and CP-UP congruence, have a significant effect on brand purcase tention (BPI).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Nadya Permana
"Perusahaan penyedia layanan internet di Indonesia saat ini tergolong banyak, khususnya pada penyedia layanan fixed broadband. Terdapat satu perusahaan yang mendominasi pasar fixed broadband, yaitu IndiHome. Dengan mempertimbangkan banyaknya penyedia layanan internet, niat peralihan pelanggan menjadi tantangan yang besar bagi IndiHome. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh service failure severity dan agreeableness terhadap switchover intention melalui consumer forgiveness sebagai vairabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan IndiHome di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling terhadap populasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 206 responden yang didapatkan melalui online questionnaire. Hasil jawaban yang didapatkan dari responden diolah menggunakan SPSS melalui analisis statistik deskriptif, regresi bertingkat, dan bootstrapping untuk menguji pengaruh langsung dan pengaruh mediasi di antara variabel-variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa service failure severity memiliki pengaruh positif langsung pada switchover intention dan juga memiliki pengaruh tidak langsung pada switchover intention melalui consumer forgiveness yang cenderung melemah. Sementara itu, agreeableness memiliki pengaruh negatif langsung pada switchover intention, dan secara tidak langsung juga menghambat switchover intention dengan membangkitkan consumer forgiveness.

Currently, there are a lot of internet service providers in Indonesia, especially for fixed broadband service providers. There is one company that dominates the fixed broadband market, namely IndiHome. Considering the large number of internet service providers, the customers’ switching intention is a big challenge for IndiHome. The purpose of this research is to analyze the effect of service failure severity and agreeableness on switchover intention through consumer forgiveness as a mediating variable. This research is conducted on IndiHome consumers in Jabodetabek. This research uses a quantitative approach with data collection using a survey method with purposive sampling technique to the population. The number of respondents in this research are 206 respondents who were obtained through an online questionnaire. The results of the answers obtained from the respondents were processed using SPSS through descriptive statistical analysis, stratified regression, and bootstrapping to test the direct and mediating effect between variables. The results of this research indicate that service failure severity has a direct positive effect on switchover intention and also has an indirect effect on switchover intention through consumer forgiveness which it tends to weaken. On the other side, agreeableness has a direct negative effect on switchover intention, and it inhibits switchover intention indirectly too by stimulating consumer forgiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Safira
"Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena peningkatan jumlah pengaduan pelanggan dalam empat tahun terakhir pada PT XX yang bergerak di bidang pemasok produk dan jasa di bidang konstruksi. Dari hasil penelitian ditemukan adanya permasalahan dalam penerapan knowledge management. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan manajemen pengetahuan berdasarkan ISO 30401 dan sistem manajemen mutu sebagai strategi menghadapi kondisi persaingan global di masa depan sehingga para pemimpin dapat menyusun strategi yang efektif untuk mengurangi hilangnya pengetahuan organisasi dan keluhan pelanggan yang terjadi karena kurangnya pengetahuan manajemen. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh alat untuk mengukur knowledge management maturity level pada perusahaan penyedia produk dan jasa bidang konstruksi sehingga manajemen dapat menyusun strategi untuk mengurangi keluhan pelanggan. Pada beberapa penelitian sebelumnya, tingkat kematangan manajemen pengetahuan biasanya diukur pada perusahaan kontraktor untuk mencegah kegagalan konstruksi, namun penelitian ini dilakukan pada perusahaan pemasok produk dan jasa kepada kontraktor. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, validasi ahli, dan angket. Hasil penelitian ini terdapat sepuluh subvariabel penelitian dengan 41 indikator sebagai alat untuk menilai tingkat kematangan manajemen pengetahuan. Saat diuji di PT XX menunjukkan bahwa maturity level berada pada level 4, dimana organisasi telah mengelola pengetahuan dengan baik dan dapat dikatakan matang. Hasil ini sudah divalidasi oleh para ahli yang bekerja di perusahaan tersebut. Dari hasil ini disusun empat strategi besar untuk meningkatkan knowledge management maturity level.

This research is carried out by the phenomenon of the increase in the number of customer complaints in the last four years at PT XX, which operates in the field of supplier of products and services in the construction sector. From the results of further research, it was found that there were problems in implementing KM. For this reason, this research aims to measure the Knowledge Management Maturity Level based on ISO 30401 and the quality management system as a strategy for facing global competitive conditions in the future so that leaders can develop effective strategies to reduce loss of organizational knowledge and customer complaints that occur due to lack of knowledge management. This research aims to obtain tools to measure knowledge management maturity in the company that supplies products and services in the construction sector so that management can develop strategies to reduce customer complaints. In several previous studies, knowledge management maturity levels were usually measured in contractor companies to prevent construction failures, but this research was carried out on the company that supplies products and services to contractors. The research methods used include literature studies, expert validation, and questionnaires. The results of this research are ten research sub-variables with 41 indicators as the tools for assessing the knowledge management maturity level. When tested at PT XX, it showed that the knowledge maturity is at level 4, where the organization has managed knowledge well and can be said to be mature. This result is already validated by experts who work in that company. From these results, four major strategies were formulated to increase the knowledge management maturity level."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Yuniati Rahmania
"Kepopuleran penggunaan aplikasi media sosial Instagram menarik banyak praktisi pemasaran untuk menggunakannya sebagai media dalam memasarkan produk. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari lima fitur pemasaran media sosial Instagram pada keputusan pembelian konsumen melalui mediasi kepercayaan merek. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif konklusif yang ditujukan untuk menguji hipotesis. Selanjutnya, kuantitatif ini dilakukan berdasarkan data berasal dari 181 responden pria pengguna produk skincare yang dikumpulkan melalui survey online. Setelah mendapatkan data yang diinginkan, data dianalisis menggunakan teknik analisis multivariat atau SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga dari lima fitur media sosial instagram yaitu interactivity, entertainment dan informativeness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan dua fitur lain yaitu perceived relevance dan trendiness ditemukan tidak memiliki hubungan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hasil lain juga menegaskan bahwa kepercayaan merek memediasi hubungan antara hanya tiga fitur pemasaran media sosial instagram (informativeness, entertainment, dan trendiness) dan keputusan pembelian konsumen.

Instagram as a social media platform attracted the marketer's attention to market the products. The main aim of this paper was to investigate the effect of five features of social media marketing on the purchase decision and the role of brand trust as a mediator using descriptive research method. This quantitative study was conducted based on data collected from 181 male's skincare user respondents via online questionnaire. The data was analyzed using multivariate analysis techniques by the SEM. The result confirmed the significance of three social media features (interactivity, entertainment, and informativeness) in predicting purchase decisions while two other features (perceived relevance and trendiness) were found to have insignificant relationship to purchase decisions. The results also confirmed that brand trust mediates the association between only three social media marketing features (informativeness, entertainment, and trendiness) and consumer purchase decisions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Clarita
"Permintaan terhadap mobil listrik telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun masih mewakili sebagian kecil dari total kendaraan baru yang terjual secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen terhadap mobil listrik di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan metode survei, data dikumpulkan dari individu-individu yang dinilai mampu membeli mobil listrik, baik melalui skema cicilan maupun pembayaran tunai, dan dianalisis menggunakan model persamaan struktural partial least squares (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif pemerintah, kemudahan akses infrastruktur pengisian daya, persepsi nilai jual kembali, diversifikasi produk, pengaruh sosial, kepedulian lingkungan, dan sikap konsumen secara signifikan dan positif mempengaruhi niat pembelian terhadap mobil listrik. Namun, persepsi terhadap harga pembelian tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa inisiatif strategis dari pembuat kebijakan dan produsen, seperti insentif pemerintah yang berkelanjutan, perluasan infrastruktur pengisian daya, dan strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan pengaruh sosial dan manfaat lingkungan, sangat penting untuk mempromosikan adopsi mobil listrik di Jabodetabek. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk memahami perilaku konsumen terhadap mobil listrik di pasar berkembang dan menawarkan informasi berguna untuk meningkatkan penetrasi pasar.

The demand for electric cars has significantly increased in recent years, but it represents only a small fraction of the total new vehicles sold globally. This study aims to analyze the factors influencing consumer purchase intentions towards electric cars in the Greater Jakarta area (Jabodetabek). Using a survey method, data were collected from individuals who are considered capable of purchasing electric cars, either through installment plans or cash payments, and analyzed using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) to test the research hypotheses. The results indicate that government incentives, ease of access to charging infrastructure, perception of resale value, product diversification, social influence, environmental concern, and consumer attitudes significantly and positively influence purchase intentions towards electric cars. However, the perception of purchase price did not show a significant effect. The findings suggest that strategic initiatives by policymakers and manufacturers, such as continuous government incentives, expansion of charging infrastructure, and effective marketing strategies leveraging social influence and environmental benefits, are crucial for promoting electric car adoption in Jabodetabek. This study provides valuable insights for understanding consumer behavior towards electric cars in emerging markets and offers useful information for enhancing market penetration."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>