Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 138501 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adi Burhanuddin
"Penelitian ini merupakan sebuah studi lanjutan yang meneliti konsep followership. Konsep followership ini merupakan konsep yang melengkapi konsep leadership dan dikembangkan untuk memahami secara lebih baik mengenai keberhasilan sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian sebelumnya yaitu apakah konsep followership tersebut memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi, kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior dari karyawan di Indonesia.
Metodologi yang digunakan menggunakan penyebaran kuesioner dengan partisipan penelitian adalah karyawan dari tiga perusahaan yang bergerak untuk mendapatkan laba (for profit) dengan jumlah sebanyak 121 orang.
Hasil yang didapatkan oleh peneliti menunjukkan bahwa konsep followership memiliki pengaruh yang sama terhadap dimensi-dimensi lain yang diujikan dengan hasil penelitian Blanchard et al (2009) kecuali dimensi external job satisfaction, hal ini tidak terlepas dari mayoritas partisipan penelitian yang memiliki etnis suku bangsa jawa. Salah satu kesimpulan penting dari penelitian ini adalah karyawan di Indonesia, terutama yang memiliki etnis suku bangsa jawa, memiliki sebuah konsep external job satisfaction yang berbeda dengan partisipan dari Amerika dan oleh karena itulah perlu dilakukan studi yang lebih mendalam mengenai perbedaan karakteristik ini.

This study is designed to further continue the study of followership . Using previous study as a base, this study plan to test the hipothesis that has been established about the concept of followership in Indonesia with the addition of OCB as a dependent variable. The concept of followership is developed as an addition to the concept of leadership to better understand the reason behind organizational success.
This study uses questionnaire as a mean to get the data required from three different company with 121 employee as respondent. Active engagement have this score toward other variables (β=0.493, sig=0.003; β=0.189, sig=0.685; β=0.275, sig=0.075; β=0.42, sig=0.369; β=0.113, sig=0.79). Independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.309, sig=0.563; β=0.038, sig=0.943; β=-0.544, sig=0.264). Interaction between active engagement with independent critical thinking have this score toward other variables (β=-0.336, sig=0.039; β=0.436, sig=0.608; β=0.158, sig=0.304; β=-0.047, sig=0.956; β=0.839, sig=0.279).
The result shows that the concept of followership have a relationship with all dimensions of variables except of the external job satisfaction.It seems that ethnic background has different influence to employee's concept of satisfaction because the majority of respondent is known to be of Javanese ethnicity. One of the major conclusions in this paper suggest that Indonesian employee have a different concept about satisfaction due to their ethnic characteristics and this opens the door to the next study about followership and ethnicity in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
T32537
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofa Sakinah
"Pertumbuhan Startup di Indonesia sangat pesat dengan adanya dukungan pemerintah dengan 1000 Startup digital dan akan menjadi puncaknya pada tahun 2030 dengan diimbangi kenaikan ekonomi digital hingga empat kali lipat di tahun tersebut dan dibarengi dengan meledaknya penduduk usia produktif yang didominasi oleh generasi milenial pada kurun waktu tersebut. . Adanya kegagalan yang dialami oleh 90% perusahaan startup, pelaku industri startup perlu mempertimbangkan berbagai hal untuk menghindarinya. Komitmen pegawai terhadap organisasi merupakan salah satu dari beberapa faktor yang mampu mensukseskan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Selain itu, komitmen pegawai instansi pemerintahan yang berfungsi sebagai pelayan publik harus berkomitmen penuh terhadap pekerjaannya sehingga menghasilkan output yang maksimal. Kepuasan kerja diyakini sebagai faktor penentu komitmen pegawai terhadap organisasi. Organizational dissent dinilai menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kepuasan kerja pegawai. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh organizational dissent terhadap kepuasan kerja dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner ke 389 karyawan milenial di perusahaan startup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa organizational dissent memiliki hubungan positif terhadap kepuasan kerja pegawai, organizational dissent memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, dan kepuasan kerja pegawai memiliki hubungan positif terhadap komitmen organisasi pegawai. Selain itu, hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada organisasi, terutama di perusahaan startup untuk meningkatkan komitmen karyawan milenial.

Startup growth in Indonesia is very rapid with the support of the government with 1000 digital startups and will be at its peak in 2030 by being offset by a four-fold increase in the digital economy that year and accompanied by the explosion of the productive age population, which is dominated by the millennial generation at that time. Due to the failure experienced by 90% of startup companies, startup industry players need to consider various things to avoid it. Employee commitment to the organization is one of several factors that can make the company successful in achieving its goals. In addition, the commitment of government agency employees who function as public servants must be fully committed to their work so as to produce maximum output. Job satisfaction is believed to be a determining factor for employee commitment to the organization. Organizational dissent is considered to be one of the factors that affect employee job satisfaction. Therefore, this study aims to determine the effect of organizational dissent on job satisfaction and to determine the effect of job satisfaction on organizational commitment. This study uses a quantitative method by distributing questionnaires to 389 millennial employees in startup companies. The results of this study indicate that organizational dissent has a positive relationship to employee job satisfaction, organizational dissent has a significant positive relationship to employee job satisfaction, and employee job satisfaction has a positive relationship to employee organizational commitment. In addition, the results of this study can be recommended to organizations, especially in startup companies to increase millennial employee commitment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daffa Muhammad Ichsan
"Perkembangan teknologi memicu persaingan yang kompetitif, termasuk dalam mempertahankan karyawan dari turnover. Generasi Z memiliki karakteristik penilaian di tempat kerja seperti persyaratan kerja yang realistis, keinginan untuk bekerja dengan menggunakan teknologi dan bisnis, dan gaya komunikasi interpersonal yang lebih menggembirakan. Industri start-up yang terus berkembang dan semakin diminati oleh para generasi Z untuk menjadi perusahaan tempat mereka bekerja juga perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi tenaga kerja generasi Z dan meningkatkan komitmen mereka agar mengurangi angka turnover pada perusahaan. Para tenaga kerja generasi Z memiliki harapan dan preferensi sendiri untuk sebuah pekerjaan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner secara daring kepada 181 responden karyawan perusahaan start-up di DKI Jakarta melalui teknik non-probability berjenis purposive sampling. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan melalui analisis regresi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional.

The development of technology triggers competitive competition, including in retaining employees from turnover. Generation Z has workplace assessment characteristics such as realistic work requirements, a desire to work with technology and business, and a more encouraging interpersonal communication style. The start-up industry, which continues to grow and is increasingly in demand by generation Z to be the company they work for, also needs to prepare itself to deal with the generation Z workforce and increase their commitment in order to reduce the turnover rate in the company. Generation Z workers have their own expectations and preferences for a job. This study aims to analyze the effect of job satisfaction on organizational commitment. This research uses a quantitative approach through online questionnaire distribution to 181 respondents of start-up company employees in DKI Jakarta through non-probability purposive sampling technique. Data processing and analysis were carried out through regression analysis, and T test. The results showed the influence of job satisfaction on organizational commitment."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ridha Bintang
"Penelitian mengenai generasi milenial atau generasi “Y” merupakan sebuah topik penelitian yang menarik, kontekstual dan seksi untuk dilakukan. Peran mereka dewasa ini juga menjadi kian penting dengan semakin besarnya kuantitas mereka di dunia kerja dan juga kualitas mereka yang sudah banyak mengisi beberapa posisi di perusahaan terkemuka yang ada di Indonesia. Studi empiris ini bertujuan unutk menganalisis pengaruh dari organizational engagement terhadap job satisfaction baik secara langsung dan melalui adanya mediasi dari organizational identification dan organizational commitment. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner digital untuk mengumpulkan data yang dihimpun melalui sosial media. Responden yang terlibat dalam penelitian ini ditentukan dengan metode non probability sampling, dengan populasi responden yang seluruhnya merupakan karyawan dari generasi milenial dengan pengalaman minimal satu tahun kerja. Hasil yang ditemukan menggambarkan bahwa ada aspek yang mempengaruhi hubungan yang dimediasi dalam hipotesis. Diskusi, implikasi manajerial, dan saran atas penelitian ini selanjutnya diberikan di akhir laporan akhir ini.

The study of the millennial generation or the "Y" generation is an interesting, contextual and sexy research topic to do. Their role nowadays has also become increasingly important with their increasing quantity in the world of work and also the quality of those who have filled a number of positions in companies and even in government. This empirical study aims to analyze the effect of organizational engagement on job satisfaction both directly and through the mediation of organizational identification and organizational commitment. The approach used uses a quantitative approach through a digital questionnaire to collect data collected through social media. Respondents involved in this study were determined using a non-probability sampling method, with a population of respondents who were all employees of the millennial generation with at least one year of work experience. The results found illustrate that there are aspects that affect the relationship that is mediated in the hypothesis. Discussions, managerial implications, and suggestions for this study are provided at the end of this final report.."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Pamela Romauli
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kepuasan kerja pegawai terhadap komitmen organisasional pegawai Pelindo I Cabang BICT dengan menggunakan referensi dimensi kepuasan kerja pegawai dari Spector yaitu penggajian, promosi, hubungan dengan atasan, tunjangan kerja, penghargaan, kondisi operasional, hubungan dengan rekan kerja, sifat pekerjaan dan komunikasi serta dimensi komitmen organisasional pegawai dari Allen dan Mayer yaitu afektif, berkelanjutan dan normatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pegawai Pelindo I Cabang BICT. Analisis data menggunakan bantuan SPSS 20 dengan teknik deskriptif dan General Linier Model. Hasil uji dengan General Linier Model menunjukkan bahwa sifat pekerjaan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional afektif (Sig.0,000) dan komitmen organisasional normatif (Sig. 0,000), hubungan dengan atasan berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional berkelanjutan (Sig. 0,026), tunjangan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional normatif (Sig. 0,024). 

The purpose of this research is to find out the influence of employee job satisfaction to organizational commitment of employees of Pelindo I Branch BICT by using dimensions of job satisfaction from Spector that consist of payment, promotion, supervisor, fringe of benefit, reward, operational condition, coworker, nature of work, and communication, and using the dimensions of organizational commitment from Allen and Baker that consist of affective, continuance and normatif. Collecting data using questionnaires that were given to the employees of Pelindo I Branch BICT. Data analysis use descriptive method and General Linier Model. Test Result by General Linier Model showed that nature of work had a positive correlation to affective commitment (Sig. 0,000) and normative commitment (Sig. 0,000), supervisor had a positive correlation to continuance commitment (Sig. 0,026) and fringe of benefit had a positive correlation to normative commitment (Sig. 0,024). "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Cahyani
"Pemerintah Indonesia telah menerapkan program Good Governance sejak periode Orde Baru. Dalam menjalankan program tersebut, pemerintah membuat pilihan strategis dengan meningkatkan kinerja di organisasi sektor publik atau layanan publik. Selama ini, Aparatur Sipil Negara hanya melakukan tugas pokok dan fungsi atau tupoksi secara standar tidak melebihi itu. Sejalan dengan hal tersebut, perlu diterapkan organizational citizenship behaviour (OCB) dalam layanan sektor publik agar program tata kelola yang baik dapat berjalan secara optimal. Berdasarkan penelitian sebelumnya, ada beberapa variabel pendukung dalam mewujudkan OCB yaitu job satisfaction, organizational justice, perceived organizational support (POS), dan perceived supervisor support (PSS). Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas efek organizational justice dan job satisfaction sebagai mediator pada hubungan antara POS, PSS dan OCB pada salah satu lembaga sektor publik di Indonesia. Penelitian dilakukan di Lemhannas RI, dimana di Instansi ini lengkap memiliki anggota dari ketiga unsur ASN yaitu TNI, POLRI dan PNS. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner baik secara online maupun hard copy. Sampel penelitian ini sejumlah 211 pegawai di Lemhannas RI, model penelitian dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa job satisfaction dan organizational justice mampu memediasi sepenuhnya hubungan positif antara POS dan PSS dengan OCB.

The Government of Indonesia has been implementing good governance programs since the post New Order period. In running the programs, the government makes strategic choices by improving the performances in public sector organizations or public services. In fact, the State Civil Apparatus merely perform the basic tasks in a standard manner, not above it. In line with that case, it needs to implement theOrganizationalNCitizenship Behaviour (OCB) in public sector services to make good governance programs run optimally. Based on the previous research, there are several supporting variables in realizing the OCB, namely the Job Satisfaction, the Organizational Justice, the Perceived OrganizationalMSupport (POS), and the Perceived Supervisor Support (PSS). Therefore, this study aims to discuss the effects ofthe organizational justice and the job satisfaction as mediators onsthesrelationshipsbetween the POS, the PSS and the OCB on a Public Institution in Indonesia. The research was conducted at Lemhannas RI, in which therein, the personnel consist of the three elements of State Civil Apparatus, namely the Indonesian Armed Forces, the Indonesian Police, and the Civil Servants. The method used was quantitative method by distributing questionnaires, both online and the printout ones. The samples were as many as 211 employees of Lemhannas RI while the research model was analysed using SEM-PLS. TheMresults of the study show that satisfaction.and the OrganizationalFJusticeare able toSfullyS mediatedthe positive relationshipXbetween the POS and the PSS and the OCB"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sahril Ardiansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformational leadership dan organizational learning culture terhadap job performance baik secara langsung maupun melalui peran mediasi job satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan purposive sampling yaitu pekerja pada perusahaan manufaktur di DKI Jakarta. Penelitian ini mendapatkan responden sebanyak 268 orang pekerja pada perusahaan manufaktur di DKI Jakarta. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 24 dan Lisrel 8.80 untuk pengujian hipotesis menggunakan SEM. Temuan peneliti menunjukkan bahwa transformational leadership berpengaruh baik secara langsung maupun melalui peran mediasi job satisfaction terhadap job performance pada pekerja perusahaan manufaktur di DKI Jakarta. Tidak hanya itu, job satisfaction juga dapat memediasi hubungan antara organizational learning culture terhadap job performance. Penelitian ini memiliki sampel yang terlalu kecil untuk dapat merepresentasikan keseluruhan populasi dari pekerja pada perusahaan manufaktur di DKI Jakarta. Selain itu, tidak adanya pilihan jenjang jabatan dan domisili yang lebih spesifik pada kuesioner untuk dianalisis uji beda One-Way Anova yang menjadi keterbatasan dalam penelitian ini. Dengan penelitian ini, praktisi dapat menyadari bahwa peran kepemimpinan terutama kepemimpinan transformasional di dalam organisasi menjadi hal yang penting karena dapat berpengaruh pada tingkat kepuasan kerja dan kinerja pekerjaan. Tidak hanya itu, praktisi juga dapat memperhatikan budaya pembelajaran organisasi untuk terciptanya inovasi dan inisiatif pada organisasi yang nantinya akan berdampak pada kepuasan kerja serta kinerja pekerjaan.

This study intends to investigate the effect of transformational leadership and organizational learning culture on job performance both directly and through the mediation role of job satisfaction. This research is quantitative research with a conclusive research design and using purposive sampling, namely workers in manufacturing companies in DKI Jakarta. This study obtained 268 respondents as workers in manufacturing companies in DKI Jakarta. Data processing was carried out using SPSS 24 and Lisrel 8.80 software for hypothesis testing using SEM. The findings of the researchers indicate that transformational leadership influences both directly and through the role of mediating job satisfaction on job performance in manufacturing company workers in DKI Jakarta. Not only that, job satisfaction can also mediate the relationship between organizational learning culture on job performance. This study has a sample that is too small to represent the entire population of workers in manufacturing companies in DKI Jakarta. In addition, there was no more specific choice of position and domicile in the questionnaire to be analyzed by the One-Way Anova test which was a limitation in this study. With this research, practitioners can realize that the role of leadership, especially transformational leadership in organizations is important because it can affect the level of job satisfaction and job performance. Not only that, practitioners can also pay attention to organizational learning culture to create innovations and initiatives in organizations that will later have an impact on job satisfaction and job performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadel Ahmad Fadhilah
"ABSTRAK
Mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten dan mampu bersaing secara global merupakan tujuan yang harus dicapai oleh pemerintah Indonesia di bidang pendidikan dan perlu dilakukan peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh tenaga kependidikan. Oleh karena itu diperlukan berbagai perilaku yang terkait dengan kepuasan kerja, seperti employee engagement dan identifikasi organisasi agar perilaku kerja menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan pada 318 staf pengajar tetap di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Pengolahan data dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Temuan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa identifikasi organisasi dapat berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan employee engagement dan employee engagement berperan sebagai mediator antara identifikasi organisasi dan kepuasan kerja. Meningkatkan rasa memiliki tenaga kependidikan dengan menanamkan nilai dan tujuan universitas dapat membantu tenaga kependidikan mengabdikan diri untuk bekerja dan meningkatkan kepuasan kerja.

ABSTRACT
Realizing competent human resources and able to compete globally is a goal that must be achieved by the Indonesian government in the field of education and it is necessary to improve the quality of education carried out by educational personnel. Therefore, various behaviors related to job satisfaction are needed, such as employee engagement and organizational identification so that work behavior can be better. This research was conducted on 318 permanent teaching staff at one of the leading universities in Indonesia. Data processing was performed using the Structural Equation Modeling (SEM) method. The findings in this study explain that organizational identification can have a positive effect on job satisfaction and employee engagement and employee engagement acts as a mediator between organizational identification and job satisfaction. Increasing the sense of belonging to the education staff by instilling the values ​​and goals of the university can help education personnel dedicate themselves to work and increase job satisfaction."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Kurnia Permata
"Tesis ini bertujuan untuk menguji pengaruh Job Demand dan Compensation Justice terhadap Counterproductive Work Behavior yang dimediasi Job Satisfaction. Job Demand diukur berdasarkan Work Overload, Emotional Load dan Work-Home Conflict. Compensation Justice diukur berdasarkan Distributive Justice, Procedural Justice, Interpersonal Justice dan Informational Justice. Counterproductive Work Behavior diukur berdasarkan Abuse Against Others, Production Deviance, Sabotage, Theft dan Withdrawal. Sampel yang diambil dari Prajurit Bintara dan Tamtama dan didapatkan sebanyak 400 responden. Data dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Program Lisrel 8.54.
Penelitian ini menemukan bukti yang sama dengan penelitian-penelitian sebelumnya, yaitu : (1) Job Demand signifikan berpengaruh positif langsung terhadap Counterproductive Work Behavior. (2) Compensation Justice signifikan berpengaruh negatif langsung terhadap Counterproductive Work Behavior. (3) Job Demand signifikan berpengaruh negatif langsung terhadap Job Satisfaction. (4) Compensation Justice signifikan berpengaruh positif langsung terhadap Job Satisfaction. (5) Job Satisfaction signifikan berpengaruh negatif langsung terhadap Counterproductive Work Behavior. (6) Job Demand signifikan berpengaruh tidak langsung terhadap Counterproductive Work Behavior melalui Job Satisfaction. (7) Compensation Justice signifikan berpengaruh tidak langsung terhadap Counterproductive Work Behavior melalui Job Satisfaction

This thesis aims to examine the effect of Job Demand and Compensation Justice on Counterproductive Work Behavior mediated by Job Satisfaction. Job Demand is measured based on Work Overload, Emotional Load and Work-Home Conflict. Compensation Justice is measured based on Distributive Justice, Procedural Justice, Interpersonal Justice and Informational Justice. Counterproductive Work Behavior is measured by Abuse Against Others, Production Deviance, Sabotage, Theft and Withdrawal. Samples were taken from NCO and Enlisted Soldiers and obtained as many as 400 respondents. The data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with the Lisrel 8.54 program.
This study found the same evidence with previous researches, namely : (1) Job Demand has a significant direct positive effect on Counterproductive Work Behavior. (2) Compensation Justice has a significant direct negative effect on Counterproductive Work Behavior. (3) Job Demand has a significant direct negative effect on Job Satisfaction. (4) Compensation Justice has a significant direct positive effect on Job Satisfaction. (5) Job Satisfaction has a significant direct negative effect on Counterproductive Work Behavior. (6) Job Demand has a significant indirect effect on Counterproductive Work Behavior through Job Satisfaction. (7) Compensation Justice has a significant indirect effect on Counterproductive Work Behavior through Job Satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Inesia
"Penelitian membahas mengenai pengaruh Kepemimpinan yang Beretika (Ethical
Leadership) terhadap Komitmen Afektif (Affective Commitment) dan Kepuasan
Kerja (Job Satisfaction) yang dimediasi oleh Pemberdayaan Psikologis
(Psychological Empowerment). Responden dalam penelitian ini adalah Aparatur
Sipil Negara di wilayah DKI Jakarta sejumlah 217 responden. Pengujian hipotesis
dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) Lisrel 8.5. Hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa Kepemimpinan yang Beretika memiliki pengaruh
positif secara langsung, baik terhadap Komitmen Afektif (SLF 0,25 dan T-Value
2,53) maupun terhadap Kepuasan Kerja (SLF 0,26 dan T-Value 2,61).
Pemberdayaan Psikologis memediasi secara parsial pengaruh antara
Kepemimpinan yang Beretika dengan Komitmen Afektif (nilai total efek 0,8393).
Pemberdayaan Psikologis juga memediasi secara parsial pengaruh antara
Kepemimpinan yang Beretika dengan Kepuasan Kerja (nilai total efek 0,8742).
Hal ini berarti Pemberdayaan Psikologis dalam Komitmen Afektif dan Kepuasan
Kerja cukup vital untuk menaikkan dampak positif terhadap Komitmen Afektif
dan Kepuasan kerja ASN di wilayah DKI Jakarta. Meskipun Kepemimpinan
Beretika juga memiliki pengaruh secara langsung, namun bila menggunakan
pengaruh tidak langsung, maka hasilnya akan lebih besar.

This study discusses the effect of Ethical Leadership on Affective commitment
and Job Satisfaction which’s mediated by Psychological Empowerment.
Respondents of this study were 217 State Civil Servants in the DKI Jakarta area
Hypothesis testing using Lisrel’s Structural Equation Model (SEM) 8.5 method.
Hypothesis test result show that Ethical Leadership has a direct positive effect,
both on Affective Commitment (SLF 0,25 and T-Value 2,53), and on Job
Stisfaction (SLF 0,26 and T-Value 2,61). Psychologcal Empowerment partially
mediateds the effect between Ethical Leadership and Affective Commitment (total
effect value 0,8393). Psychologcal Empowerment also partially mediateds the
effect between Ethical Leadership and Job Satisfaction (total effect value 0,8742).
This shows that Psychological Empowerment in Affective Commitment and Job
Satisfaction is vital enough to increase the positive impact on Affective
Commitment and Job Satisfaction State Civil Servants in the DKI Jakarta area.
Although Ethical Leadership also has direct effect, however, when using indirect
effect the result will be stronger"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>