Ditemukan 57611 dokumen yang sesuai dengan query
Mega Ratna Juwita
"Penelitian ini ditujukan untuk melihat bagaimana proses membangun brand pada produk musik yang digemari oleh komunitas melalui social media. Produk yang dipilih adalah produk musik yang menggunakan social media sebagai media utama dalam proses membangun brand sedangkan social media yang dipilih merupakan social media yang saat ini sedang popular. Selain untuk mengetahui proses membangun brand, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat peran social media dan komunitas dalam membangun brand produk musik.
Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa proses membangun brand pada produk musik yang digemari oleh komunitas melalui social media sebagai media utama dapat berhasil apabila segementasi dari produk tersebut sesuai dengan segmentasi pengguna social media. Dalam proses membangun brand diperlukan strategi dalam penggunaan social media dan strategi dalam berkomunikasi dengan komunitas.
The research is aimed to see the process of brand building on music product, which appreciated by its community through social media. The product that has been chosen is a music product that used currently popular social media as its main media in the process of brand building. In alignment to see the brand building process, this research is aim to see the role of social media and community on building music product‟s brand. The result of this research is clearly visible that the process of building music product that appreciated by society through social media would be successful when the segment of the product works accordingly with the segment of the social media users. A strategy on how to use the social media and a strategy on how to communicate with the community are needed on the brand building process."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35743
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Daisy Nadia Putri
"Persaingan bisnis FMCG dalam memperebutkan potensi pasar di Indonesia menjadi semakin ketat seiring dengan pertumbuhan pasar yang kian menjanjikan dan banyaknya pemain baru yang memasuki industri FMCG. Keberhasilan manajemen merek dalam membangun dan memelihara merek yang diwujudkan dalam implementasi strategi branding menjadi kunci utama dalam memenangkan kompetisi. Ekuitas merek sebagai nilai intrinsik merek menjadi fokus utama seorang manajer merek dalam manajemen merek.
Skripsi ini menyajikan pendekatan sistem dinamis dalam mensimulasikan interaksi yang terjadi antar faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek pada penerapan suatu strategi branding terhadap dalam konteks manejemen merek. Sebagai hasil, dihasilkan sebuah model yang dapat dipergunakan dalam proses pembuatan keputusan dalam manajemen merek untuk mengevaluasi implementasi dari suatu strategi branding terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi ekuitas merek.
Competition among Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) companies in winning Indonesian emerging market potential is getting fiercer nowadays. This happens along with the promising growth of FMCG market in Indonesia with many new players entering the industry. Brand management success in building and sustaining a brand, as embodied in their branding strategies, is the key driving factor in winning the competition. Since brand equity is the intrinsic value of the brand, one of the biggest concern in brand management lies in monitoring brand equity over time as the measure of brand competitiveness. This research presents system dynamic approach in simulating the interaction among brand equity elements as an impact of brand strategy by also incorporating consumer behavior aspect and other affecting factors in management decision making context. As the result, the model that can be used in brand management decision-making process for evaluating branding strategy implementation impact to brand equity elements. The research concludes with a demonstration of brand strategy implementation scenario and an analysis of its effect to the brand equity elements."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44679
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lutfi Zulfita Firdausi
"Di era digital saat ini, semakin banyak pilihan alat pemasaran yang menguntungkan dan efektif guna menyasar konsumen, salah satunya melalui product placement. Praktik product placement yang baik harus meliputi faktor-faktor yang berkaitan dengan karakteristik audience. Selain melalui brand recall, efektifitas product placement dapat dinilai lebih jauh lagi melalui brand attitude dan purchase intention yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh karakteristik audience terhadap sikap merek dan intensi pembelian bagi audience yang mampu mengingat adanya merek dalam video musik. Penelitian ini menguji pengaruh dari variabel-varibel yang menjadi karakteristik audience seperti pleasure, arousal, cognitive effort, star liking, identification with characters terhadap sikap merek dan intensi pembelian. Desain penelitian yang digunakan adalah konklusif-deskriptif dan bersifat single cross sectional. Data yang diperoleh dari 201 responden, yang mampu mengingat adanya merek yang disisipkan dalam video musik, diolah menggunakan Partial Least Square-Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) di SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya karakteristik cognitive effort saja yang memiliki pengaruh langsung terhadap brand attitude dan purchase intention. Karakteristik audience lainnya memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap brand attitude dan purchase intention jika melalui identification with characters terlebih dahulu. Variabel tersebut berperan penting dalam keberhasilan efektifitas product placement dalam video musik.
In the current digital era, there are more choices of profitable and effective marketing tools to targeting consumers. Product placement is one form of its. A good product placement practice must include the factors related to audience characteristics. The purpose of this study is to explore the influence of audience characteristics on brand attitude and purchase intention for audience who were able to recall brands in the music video. This study examines the effect of variables that are characteristic of audiences such as pleasure, arousal, cognitive effort, star liking, identification with characters on brand attitudes and purchase intentions. This study used conclusive-descriptive and single-cross sectional research design. Data obtained from 201 respondents, who were able to recall the brands inserted in a music video, were processed using Partial Least Square- Sequential Equation Modeling (PLS-SEM) in SmartPLS. The results demonstrate that only cognitive effort has a direct influence on brand attitude and brand recall. The other audience characteristics have an indirect influence on brand attitude and purchase intention through identification with characters. That variable plays a significant role in the effectiveness of product placement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anindita Lintang Sari
"Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara penerimaan brand identity melalui Instagram oleh target konsumen dengan brand awareness produk layanan Telekomunikasi yaitu Loop Telkomsel. Dengan menggunakan konsep brand identity dan brand awareness oleh Aaker, penelitian ini megukur hubungan antara kedua konsep tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Survei dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online kepada remaja usia 17-19 tahun dengan jumlah 97 responden. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini adalah, Instagram merupakan media yang membantu ara responden dalam mengidentifikasi identitas yang dimiliki oleh Loop, hal ini ditunjukkan dari tingginya penerimaan brand identity oleh target konsumen melalui Instagram dan tingginya brand awareness Loop di kalangan target konsumen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan antara penerimaan brand identity melalui Instagram oleh target konsumen dengan brand awareness Loop Telkomsel.
This study is a quantitative research that aims to explain the relationship between the acceptances of brand identity by consumers through Instagram with brand awareness on telecommunication service brand Loop Telkomsel. Using brand identity and brand awareness concept from Aaker, this study is measured the relationship between those two concept. Data collecting method that used in this study is a suvey. Survey is done by spreading an online questionnaire to teenager with the age range of 17 to 19 years old with total 97 respondents. The results of this study showed that Instagram helps the respondents to identifying Loop identity, this is shown from the high acceptance of brand identity by target consumers through Instagram and high brand awareness Loop among the target consumers. Conclusion of this study is a positive significant relationship between the acceptances of brand identity by consumers through Instagram with Loop Telkomsel brand awareness. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anggun Dian Puspita
"Skripsi ini membahas tentang analisis variabel-variabel citra toko (store image) yang mempengaruhi ekuitas merek toko (store brand equity) pada produk elektronik bermerek BLUESKY yang merupakan private label Carrefour. Dalam penelitian ini, variabel-variabel citra toko (store image) terdiri dari: marketing image of the store, social image of the store, strategic image of the store dan price perception sedangkan variabel-variabel ekuitas merek toko (store brand equity) terdiri dari: perceived quality, loyalty dan awareness/association yang diteliti dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.51. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa variabel marketing image of the store berpengaruh terhadap store brand equity, kemudian variabel price perception memiliki pengaruh terhadap tiga variabel yang terdiri dari: store brand equity, perceived quality dan loyalty terhadap produk elektronik bermerek BLUESKY yang merupakan private label Carrefour.
This thesis discusses about the analysis of variables of store image that affect the store brand equity of BLUESKY electronic products which is private label of Carrefour Hypermarket. In this study, the variables of store image consists of: the marketing image of the store, the social image of the store, the strategic image of the store, price perception and store brand equity variables (which is composed of perceived quality, loyalty and awareness/association). Data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) method with software LISREL 8.51. The results of this study indicate that store marketing image variables influence store brand equity; price perception variable has impact on three variables: store brand equity, perceived quality and loyalty towards BLUESKY electronic products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44414
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alyssa Melita Rahmat
"Produk kecantikan di Indonesia semakin berkembang dan bertambah banyak. Hal ini membuat setiap brand kecantikan harus mampu menyajikan ide-ide yang out of the box, fresh, dan unik. Salah satu cara yang kerap digunakan sejak dahulu sebagai strategi pemasaran adalah dengan menggunakan brand ambassador baik dari kalangan selebriti maupun non-selebriti. Penggunaan brand ambassador terbukti secara signifikan dapat membantu memengaruhi serta mengajak konsumen untuk membeli ataupun menggunakan suatu produk. Media sosial sebagai salah satu media penyampaian pesan juga berperan penting bagi brand untuk memberikan informasi-informasi mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mencari tahu korelasi hubungan yang terbentuk dari tiga variabel yakni brand ambassador, brand credibility, dan brand equity baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian dilakukan pada produk kecantikan Somethinc yang saat ini sedang menggunakan boyband asal Korea Selatan, NCT Dream, sebagai brand ambassador untuk membantu brand dalam berkomunikasi dengan konsumennya. Pengujian ini dilakukan pada 400 responden yang hasilnya menunjukan bahwa brand ambassador memiliki hubungan signifikan terhadap brand equity baik secara langsung dan tidak langsung. Akan tetapi, secara tidak langsung melalui mediasi brand credibility nilai signifikan yang didapatkan lebih besar dan memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan secara langsung.
Beauty products in Indonesia have grown and multiplied more than they used to be. Due to this growth, every beauty brands must be able to present various ideas that are out of the box, fresh, and unique. One strategy that has been used since a long time ago is by using brand ambassadors from both celebrities and non-celebrities as a marketing strategy. The use of brand ambassadors has been proven significantly helps in influence and gain more consumers to buy or use a product. Social media has been used as a media or platform to spread information about the products of services that were being offered. The purpose of this study was to know and determine the correlation formed from brand ambassador, brand credibility, and brand equity either directly or indirectly. This study was conducted on Somethinc, local beauty product, that currently using South Korean boy band, NCT Dream. The result from this study was taken from 400 respondents from its Instagram followers, in which the result showed that brand ambassadors have a significant effect on brand equity both directly and indirectly. However, the indirect result through brand credibility as mediation has greater significant value obtained rather than direct result."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Andriesty Kusumaningrum
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image L’Oréal terhadap minat beli produk "L’Oréal Men Expert" pada konsumen pria di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 pria berusia 25 - 54 tahun, yang mengetahui produk “L’Oréal Men Expert”, namun belum pernah membeli produk tersebut, serta berdomisili di wilayah Jakarta. Metode yang peneliti gunakan adalah nonprobability sampling, serta teknik penarikan sampel purposive. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, dan data dianalisis menggunakan linear regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image L’Oréal memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli produk "L’Oréal Men Expert" pada konsumen pria di Jakarta. Brand Image memiliki pengaruh sebesar 52.6% dan sisanya sebesar 47.4% dipengaruhi oleh faktor lain.
The objective of this research is to analyze how is the effect of brand image of L’Oréal towards the purchase intention of "L’Oréal Men Expert" product on men in Jakarta. This research applied the quantitative approach. The sample of this research is 100 men aged 25-54 years old, who knows "L’Oréal Men Expert" product, yet have never bought the product. The method used in this research is the non-probability sampling method, with purposive sampling technique. This research used questionnaire as the research instrument, and analyzed the data using linear regression. The result of this research indicates that brand image of L’Oréal has a strong effect towards the purchase intention of “L’Oréal Men Expert” product on men in Jakarta. The effect of brand image towards the purchase intention is equal to 52.6%, and the residue is equal to 47.4% for the effect of other factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47357
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Zinia Ayu Anandari
"Laporan magang ini berisi tentang deskripsi perusahaan, proses pembelajaran individu selama masa magang, serta persepsi karyawan mengenai internal branding suatu departemen pada suatu perusahaan perbankan dalam rangka pengembangan brand ambassador oleh karyawan kepada pihak luar perusahaan. Untuk mengembangkan brand ambassador, terdapat empat faktor yang mempengaruhi, yaitu employee perceived brand knowledge, employee perceived brand importance, employee perceived brand role relevance, dan employee brand commitment.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dalam program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand importance dan brand role relevance mempengaruhi penciptaan brand ambassador perusahaan, serta brand commitment memediasi hubungan antara brand importance dan brand role relevance kepada brand endorsement.
This report explore about a company description, lesson learned during internship period, and also about employees perception regarding internal branding of certain department in a banking company for the sake of developing brand ambassador by the employee to outside party. There are four factors that influence the development of brand ambassador, which are employee perceived brand knowledge, employee perceived brand importance, employee perceived brand role relevance and employee brand commitment. The data processing in this research are using the regression analysis using the software SPSS 20. The result of this research shows that brand importance and brand role relevance affect brand endorsement of the firm; meanwhile brand commitment mediates the relationship between brand importance and brand role relevance with brand endorsement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gregory, James R.
Chicago: McGraw-Hill, 2001
658.827 GRE b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Irwansyah
"Indonesia sebagai negara yang telah menginiiaso dan mengembangkan nation branding, maka dirasa perlu untuk mengembangkan tidak hanya diplomasi kuliner atau gastro. Tetapi lebih mengembangkan makanan sebagai merek (brand) nasional. Makanan kemudian menjadi salah alat diplomasi yang dikenal dengan "culinary diplomacy" sebagai instrumen untuk menciptakan pemahanan antar budaya dalam rangka meningkatkan interaksi dan kerjasama dan sebagai identitas nasional yang dijadikan sebagai ciri representatif kebanggaan suati bangsa. Makanan menjadi bagian vital dalam kehidupan, representasi sejarah, tradisi, dan budaya secara universal dan emosional. Kuliner Indonesia memiliki potensi positif sebagai top pf mind merek bangsa yang memberikan pengalaman menarik bagi wisatawan maupun warga asing terlebih dibantu oleh jaringan diaspora Indonesia. Sehingga gastro branding kuliner Indonesia penting diperhatikan sebagai langkah inisiaso membentuk merek bangsa melalui empat cara; (1) menentukan makanan Indonesia yang di -branding, (2) membuka dan memperluas jaringan restoran Indonesia di luar negeri, (3) publikasi masakan Indonesia di media luar negeri dan (4) mengembangkan makanan Indonesia sebagai menu utama pada sarapan pagi (buffet), makan siang, dan makan malam di hotel-hotel berbintang di Indonesia.
Indonesia as the country has inisiated and developed nation branding, it was felt necessary to expand not only culinary diplomacy or gastro. But more developing of food as national brand. The food was being one of diplomacy tool, be know as culinary diplomacy as intrument to create understanding among culture to increased interaction and cooperated and as national identity was being representative character pride for nation. The food was part of vital in life, history represention, tradition, culture which was generally and emotionally. Indonesia culinary have potential positive as top of mind nation branding that gave attracting experience both tourist and foreign assisted by Indonesia networking diaspora. With the result that Indonesia culinary gastro branding was important to payed as inisiation step to form nation branding through four ways ; (1) determined the Indonesia food to branded, (2) disclosed and expanded Indonesoa restaurant networking in overseas, (3) publicated for the Indonesia food in overseas media and (4) developed the Indonesia food as particular food for buffet breakfast, lunch, and dinner in stars hotel in Indonesia."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library