Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68359 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gita Chairiana Rahmayanti
"ABSTRACT
Kelelahan pengemudi merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu
lintas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh waktu mulai terdeteksinya
kelelahan bagi pengemudi wanita saat mengemudi selama 1 jam, sehingga dapat
diketahui pada saat kapankah pengemudi wanita sebaiknya beristirahat sejenak
ketika mulai terdeteksi lelah. Pengukuran kelelahan ini menggunakan metode Eye
Tracking berdasarkan perubahan aktivitas visual yakni kedipan mata dan saccade
(gerak cepat mata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengemudi wanita mulai
terdeteksi lelah pada menit ke-30-40, namun untuk kondisi yang membutuhkan
istirahat, yakni pada kondisi microsleep (sedikit tertidur dengan cepat) ditemukan
pada menit ke-40-50. Selain itu, pada penelitian ini variabel kedipan mata lebih
sensitif untuk mendeteksi kelelahan dibandingkan saccade untuk waktu
mengemudi selama 1 jam.

ABSTRACT
Driver fatigue is one of the causes of serious road accidents. The purpose of this
research was to detect when the female driver fatigued while driving for an hour,
so that it can be known when the female driver had to take a rest break. This
research used Eye Tracking method based on visual changes/oculomotor
parameters such as eye blink and saccade (rapid eye movement). The result shows
that the female drivers are started to fatigued at minute 30-40, whereas the
microsleep (slight fall asleep quickly), as condition that requires rest break, is
found at minute 40-50. In addition, in this study, eye blink is more sensitive to
detect driving fatigue than saccade."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56068
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Arifin Kusuma Gani
"Kecelakaan lalu lintas merupakan pembunuh terbesar ketiga di Indonesia setelah jantung koroner dan tuberkulosis, dimana salah satu penyebabnya adalah kelelahan pengemudi. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh tingkat kelelahan pengemudi pria saat menyetir setelah beraktivitas secara real condition menggunakan metode eye tracking dengan parameter visual mata, sehingga jumlah kecelakaan lalu lintas menurun. Melalui studi kelelahan ini akan didapatkan perubahan aktivitas mata pengemudi berdasarkan gerak cepat mata (saccade) dan kedipan mata (eye blink) sehingga dapat disimpulkan batas waktu mengemudi yang disarankan bagi pengemudi pria. Penelitian ini melibatkan lima orang responden pria usia produktif yang diukur tingkat kelelahannya menggunakan eye tracker. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa parameter kedipan mata (eye blink) lebih sensitif dalam mengukur kelelahan dibandingkan gerak cepat mata (saccade) dan berdasarkan parameter kedipan mata (eye blink) dihasilkan kesimpulan kelelahan pada pengemudi pria dapat terjadi sejak menit ke-30 hingga menit ke-40. Kesimpulan tersebut dapat dijadikan acuan bagi pengemudi pria untuk meningkatkan kewaspadaan jika mengemudi melebihi waktu tersebut.

One cause of traffic accidents -third largest killer in Indonesia after coronary heart disease and tuberculosis- are driver fatigue. The purpose of this study was to measure male driver's fatigue using eye tracking method based on blinks and saccades. From this study we could find out suggested driving time limit for male drivers from driver's eye activity changes, based on blinks and saccades. The study involved five male respondents of productive age using eye tracker. The results of this study are that blinks is more sensitive in measuring fatigue than saccades and fatigue may occur in male drivers since the 30th to 40th minute. The conclusion can be used as a reference for male drivers to increase their vigilance when driving exceeds the time.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57035
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Arya Pradana
"ABSTRAK
Kelelahan pekerja komputer merupakan salah satu penyebab terjadinya kurang konsentrasinya di dalam pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh waktu mulai terdeteksinya kelelahan bagi pekerja komputer saat bekerja di depan komputer selama 1 jam, sehingga dapat diketahui pada saat kapankah pekerja komputer sebaiknya beristirahat sejenak ketika mulai terdeteksi lelah. Pengukuran kelelahan ini menggunakan metode Eye Tracking berdasarkan perubahan aktivitas visual yakni kedipan mata dan saccade (gerak cepat mata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja komputer mulai terdeteksi lelah pada menit ke-30-40, namun untuk kondisi yang membutuhkan istirahat, yakni pada kondisi microsleep (sedikit tertidur dengan cepat) ditemukan pada menit ke-40-50. Selain itu, pada penelitian ini variabel kedipan mata lebih sensitif untuk mendeteksi kelelahan dibandingkan saccade untuk waktu bekerja didepan komputer selama 1 jam.

ABSTRACT
Computer worker fatigue is one of the causes of lack of concentration at work. This study aimed to obtain astart time detection of fatigue for computer workers while working at the computer for 1 hour, so it can be known at the time when will the computer worker should rest for a moment when it began to be detected tired. This fatigue measurement method EyeTracking by visual activity changes the blink of an eye and saccades (rapid eye movement). The results showed that the computer worker fatigue began to be detected in minute 30-40, but for a condition that requires rest, namely the condition microsleep (slightly asleep quickly) is found in 40-50 minutes. Additionally, in this study the variables blink more sensitive for detecting fatigue compared saccade to the time worked in front of a computer for 1 hour
"
2015
S59699
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raissa Paramita Putri
"Penggunaan internet membuat aliran informasi semakin mudah, menjadikan e-Commerce sebagai potensial tren yang akan terus berkembang. Fenomena e-Commerce terjadi juga pada industri penerbangan, dimana perusahaan-perusahaan penerbangan mencoba mengubah transaksi tradisional menjadi transaksi online. Penelitian bertujuan untuk memperoleh variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pelayanan website Garuda Indonesia yang diperoleh melalui evaluasi ergonomis terhadap website Garuda Indonesia, kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas website Garuda Indonesia dengan memberikan rekomendasi. Terdapat 28 variabel yang akan dievaluasi berdasarkan AWAI (Airline Website Assesment Index). Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuesioner dan eye-tracking. Hasil kuesioner dengan menggunakan analisis menunjukkan ada delapan variabel penting yang perlu ditingkatkan dan hasil eye-tracker menunjukkan bahwa variabel dengan durasi fiksasi tinggi merupakan variabel penting yang perlu diperhatikan pengembang website.

Internet usage nowadays made information relatively easily transferable, this situation could open space for e-commerce to continue, grow and develop. The e-commerce development is also happening in the Airline industry. Airline industries made alternative ways to develop the traditional transaction into online transaction through their website. This research are meant to investigate important variables that can affect Garuda Indonesia’s service by the usage of ergonomic website evaluation, this evaluation is expected to improve Garuda Indonesia's website quality. An amount of 28 variables were evaluated according to AWAI (Airline Website Assessment Index). 8 factors were derived from Analysis Factor-Questionnaire method. 28 ranked variables were determined and should be an attention to Garuda Indonesia’s website developer, variables derived from the eye-tracking method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46821
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilda Rizkiani
"Papan petunjuk informasi merupakan suatu perlengkapan jalan yang mutlak dibutuhkan oleh pengguna jalan terutama pengendara kendaraan. Papan petunjuk informasi terdiri dari atribut-atribut seperti kombinasi warna papan dengan tulisan, bentuk papan, dimensi papan, legenda, dan lokasi papan. Atribut-atribut tersebut harus didesain dan ditampilkan dengan baik sehingga pesan yang disampaikan mudah dilihat, dibaca dan dimengerti oleh pengguna jalan.
Skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan standar papan petunjuk informasi di Universitas Indonesia, Depok dengan menggunakan metode conjoint analysis dan metode eye tracking. Dengan menggunakan kedua metode tersebut akan didapatkan hasil berupa atribut-atribut papan petunjuk informasi berdasarkan preferensi pengguna jalan.

Informative sign is one of road tools that needed by road users especially drivers. Informative sign consists of many elements such as colour combination between board and letters, shape, legend, board dimension, and location where the sign placed. Those elements must be designed and presented well so road users can easily see, read and understand the information that the sign gave.
This paper aims to get the standard design for informative sign at University of Indonesia, Depok by using conjoint analysis and eye tracking method. The standard design is made based on the elements which chosed by road users' preference.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S190
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Shelly Apsari
"Banyak faktor pada packaging suatu produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pada penelitian ini akan difokuskan pada bentuk botol, ukuran font merk, dan warna pada botol shampoo. Kombinasi ketiga faktor tersebut yang dinilai paling menarik perhatian akan diuji dengan menggunakan metode Conjoint Analysis dan eye-tracking. Dari penelitian didapatkan bahwa bentuk botol berwarna dan ramping dengan ukuran font merk yang besar paling menarik perhatian konsumen.

There are many factors in a product packaging that can affect the consumer buying decision. This research will be focused on the bottle shape, brand font size and the color on shampoo bottle. The combination of these three factors will be rated from the most attracted one. It will be tested by using the Conjoint Analysis and Eye-tracking methods. From this research, a colored and slim bottle shape with the big font size of the brand gives the most attraction for the consumer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43175
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Riardi
"Sebagian besar toko ritel saat ini menggunakan musik sebagai background toko. Akan tetapi musik yang diputar tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk mempengaruhi konsumen. Kurangnya referensi menyebabkan pemakaian musik background kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih mendetail mengenai pengaruh musik. Penelitian ini menggunakan metode eyetracking untuk merekam gerakan mata. Responden diperlihatkan suatu gambar stimulus sama pada kondisi tanpa musik, musik tempo lambat, dan musik tempo cepat dengan menggunakan musik instrument. Hasilnya menunjukkan musik tempo secara signifikan mempengaruhi durasi fiksasi responden pada kategori Brand pada gambar stimulus sedangkan pada kategori Price tidak signifikan.

Most of retail stores currently use the music as background of store. But the music that was played was not fully utilized to influence consumers. The lack of reference leads to less effective use of background music. Therefore, more detailed research is needed regarding influence of music. This study used eyetracking method for recording eye movements. Respondents were shown a picture of the same visual stimulus in the three of condition, no music, slower tempo music, faster tempo music using a musical instrument. The result show that the music tempo significantly affect the fixation duration of the respondents in the brand category on the picture while price category was not significant."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42969
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adissa Andam Dewi
"Berbagai macam jenis promosi produk barang/jasa dilakukan oleh produsen untuk memperkenalkan produk mereka, salah satu bentuk promosinya adalah melalui iklan. Terdapat beberapa media untuk menempatkan iklan, dimana media surat kabar memiliki beberapa keuntungan dibandingkan media lainnya. Persaingan antar produsen mengharuskan mereka memilih iklan yang efektif. Penelitian ini berfokus pada melihat efektifitas dari iklan yang digemari sebagian besar pemasang iklan pada surat kabar menggunakan metode eye tracking. Penelitian dilakukan dengan melihat dua faktor, yaitu faktor ukuran dan warna dimana didapatkan hasil bahwa faktor ukuran (3 kolom dan 4 kolom) ataupun interaksi diantara kedua faktor tidak mempengaruhi durasi fiksasi secara signifikan. Yang mempengaruhi durasi fiksasi secara signifikan adalah faktor warna (hitam putih dan warna).

Various types of goods/services promotion performed by the company to introduce their products, a form of promotion is through advertising. There are several media to place an ad, in which newspaper has several advantages than other media. Competition among companies requiring them to choose an effective ad. This research focuses on looking at the effectiveness of some of the most popular ads in the newspaper using eye tracking methods. The study was conducted by looking at two factors,size and color factors, which showed that size factor ( 3 columns and 4 columns) or the interaction between them do not affect significantly the duration of fixation. That significantly affect the duration of fixation is a factor of color (black & white and color)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43728
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Handoyo Handoko
"Seperti yang kita ketahui, In-Game Advertising merupakan media advertising yang paling berkembang di antara media advertising lainnya, seperti Televisi dan FIlm. Selain pemain (Game Player), para penonton (Game Spectators) juga banyak melakukan berinteraksi dengan game. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui efektifitas dari Static In-Game Advertising pada game yang bergenre Sport Game dengan menggunakan metode Eye Tracking, sebuah perangkat yang dibuat oleh SR research untuk mendeteksi pergerakan mata. Penelitian dilakukan dengan menggunakan EyeLink II. Hasil dari penelitian yang berbasis pada empat jenis Sport Game ini menunjukkan bahwa Static In-Game Advertising ternyata tidak efektif.

As we know, In-Game Advertising is the most developed medium of advertising compared to other mediums such as Television and Movies. Not only Game Players but Game Spectators also interact with games. Focus of this research is to know the effectiveness of Static In-Game Advertising on Sport Game using Eye Tracking Methodology. This research is conducted using EyeLink II, which is a device created by SR Research to track eye movements. Result of this research taken from four Sport Games shows that Static In-Game Advertising is not effective."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1028
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Angga kusuma
"ABSTRAK
Billboard adalah salah satu outdoor advertising media yang dapat menjadi pilihan
bagi sponsor. Target pasar dari billboard adalah para pengguna jalan raya
termasuk pengendara mobil. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui efektifitas
penggunaan billboard serta pengaruh faktor posisi terhadap atensi pengguna jalan
terhadap billboard yang diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
metode eye-tracking, EyeLink II, untuk mengetahui pergerakan mata dari sampel
yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari uji statistik menunjukkan bahwa
faktor posisi tidak berpengaruh signifikan pada peluang terlihatnya billboard.

ABSTRACT
Billboard is one of the outdoor advertising media that could be one of many
choices given to sponsors. The target market is all of the road users including
driver. This study focused on determining the effectiveness of billboards used as
well as the effect of position factor on road users attention at billboard. The
research was using eye tracking method, EyeLink II, to get eye-movements of
samples used. The results of statistical test showed that position factor has no
effect on billboard sighting opportunities."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42555
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>