Ditemukan 225627 dokumen yang sesuai dengan query
Lindry Eka Primastuti
"Penelitian ini menganalisis tentang persepsi mahasiswa Strata 1 bidang Sosial dan Humaniora Universitas Indonesia mengenai kriteria perusahaan yang ideal untuk bekerja. Analisis dilakukan dengan menggunakan variabel Employer Attractiveness (Berthon, 2005) dengan lima dimensi yang terdiri dari 25 indikator. Penelitian bersifat univariat dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey melalui kuesioner skala likert dan didukung oleh wawancara mendalam. Responden penelitian merupakan 150 mahasiswa, dimana diambil 30 mahasiswa dari setiap fakultas Sosial dan Humaniora, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Fakultas Psikologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi yang paling mempengaruhi ketertarikan mereka pada sebuah perusahaan ialah Interest Value dan Social Value. Indikator yang paling diminati oleh para mahasiswa meliputi produk yang inovatif dan lingkungan kerja yang menyenangkan.
This study analyzes the perceptions of undergraduate students from Social and Humanities fields in University of Indonesia on ideal company to work. The analysis was conducted based on the variable of Employer Attractiveness (Berthon, 2005) with five dimensions consisting of 25 indicators. This research is univariate and used a quantitative approach. Data collected by survey method through a Likert scale questionnaire and supported by in-depth interviews. The respondents are 150 students, which is taken by 30 students from each faculty of Social and Humanities, namely Faculty of Law, Faculty of Economics, Faculty of Social and Political Sciences, Faculty of Humanities and the Faculty of Psychology. The results showed that the most affecting dimensions are the Interest Value and Social Value. The most in demand indicators by students are innovative products and a pleasant working environment."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S57220
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Anisa Fazri Ayuningtyas
"War of talents, saat ini merupakan isu hangat dalam manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap minat melamar pekerjaan pada mahasiswa strata 1 rumpun sosial humaniora Universitas Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah employer attractiveness yang diukur dengan menggunakan teori Berthon. Sedangkan variabel dependen dari penelitian ini adalah minat melamar pekerjaan yang diukur dengan menggunakan teori Taylor dan Bregman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Responden penelitian merupakan 150 mahasiswa dimana diambil 30 mahasiswa dari setiap fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Hukum. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara employer attractiveness dengan minat melamar.
War of talents, currently is a hot issue in human resources management area. The purpose of this study is to analyze the influence of employer attractiveness on intentions to apply from undergraduate students from Social and Humanities fields in University of Indonesia. The independent variable in this study is employer attractiveness which was measured by using Berthon theory. The dependent variable in this study is intentions to apply which was measured by using Taylor and Bregman theory. This research used quantitative methods with questionnaire as a research instrument. The respondent are 150 students which is taken by 30 students from each Faculty of Economics, Faculty of Humanities, Faculty of Social and Political Sciences, Faculty of Psychology, and Faculty of Law. The data in this study were analyzed by using descriptive analysis. Results showed that there is an influence between employer attractiveness and intentions to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S65881
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amira Latifah
"Perusahaan memiliki tantangan “war for talent”, yaitu persaingan dengan perusahaan lain dalam mendapatkan SDM yang unggul. Untuk menarik calon karyawan, perusahaan harus memiliki daya tarik yang dapat meningkatkan minat pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Selain itu, reputasi perusahaan juga dipertimbangkan oleh pencari kerja ketika ingin melamar pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap intention to apply for a job dengan corporate reputation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Jumlah sampel yang terkumpul pada penelitian ini adalah 264 sampel, yaitu mahasiswa/i S1 tingkat akhir perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mencari tempat magang atau tempat pekerjaan. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, dan analisis sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employer attractiveness berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job dan corporate reputation. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa corporate reputation berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job. Kemudian, hasil sobel test menunjukan bahwa corporate reputation memediasi pengaruh antara employer attractiveness terhadap intention to apply for a job.
Corporates face the challenge of "war for talent", which is a competition with other corporates in obtaining superior human resources. To attract the job applicants, the corporate must have an appeal that can increase the interest of job seekers in applying for jobs. In addition, the corporate reputation also comes to consideration when they want to apply for a job. This study aims to analyze the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job with corporate reputation as a mediating variable. This study used quantitative approach with a survey method using a questionnaire distributed online via google form. The number of samples collected in this study were 264 samples, who are undergraduate students at the final year of college in Indonesia looking for internship programs or job vacancies. The analysis methods used in this study were descriptive statistical analysis, simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, and sobel test analysis. The results of this study indicate that employer attractiveness has a significant effect on intention to apply for a job and corporate reputation. Other than those, corporate reputation also has a significant effect on intention to apply for a job. Furthermore, the result of the sobel test shows that corporate reputation mediates the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ignacia Gianina
"Perusahaan pada masa kini memiliki tantangan menghadapi persaingan yang ketat. Disisi lain,langkah untuk mencapai keunggulan kompetitif semakin berat. Era perekonomian yang semakin terintegrasi secara global membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk menghadapi kompetisi global. Untuk meningkatkan minat pencari kerja dalam melamar, perusahaan harus memiliki daya tarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap intention to apply for a job Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Jumlah sampel yang terkumpul pada penelitian ini adalah 138 sampel, yaitu mahasiswa S1 tingkat akhir jenjang sarjana perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mencari tempat magang atau tempat pekerjaan. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, dan analisis sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employer attractiveness berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job.
Today's companies have challenges facing intense competition. On the other hand, steps to achieve competitive advantage are getting tougher. The era of an increasingly globally integrated economy requires superior human resources to face global competition. To increase the interest of job seekers in applying, companies must have attractiveness. This study aims to analyze the influence of employer attractiveness on the intention to apply for a job. This research is a quantitative study using a survey method using a questionnaire distributed online via the Google form. The number of samples collected in this study were 138 samples, namely final year of undergraduate students of tertiary institutions in Indonesia who were looking for internships or jobs. The research analysis used descriptive statistical analysis, simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, and sobel test analysis. The results of this study indicate that employer attractiveness has a significant effect on the intention to apply for a job."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yasmin Naila Rachmat
"Employer attractiveness berarti daya tarik tempat pemberi kerja yang mana menjadi salah satu kekuatan agar tempat kerja tersebut dapat bersaing di tengah talent war utamanya di era pasca pandemi. Penelitian ini membahas mengenai analisis studi komparatif dari employer attractiveness dari tech startup, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan instansi pemerintah pusat sebagai tiga jenis perusahaan yang telah mengalami transformasi hingga kini di era pasca pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode quota sampling atas dua kelompok sampel yang terkumpul 136 responden mahasiswa Universitas Indonesia dan 131 responden mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji Kruskal-Wallis, dan uji Mann-Whitney. Data penelitian diolah menggunakan menggunakan software IBM SPSS Statistics 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat employer attractiveness atas ketiga objek penelitian dengan yang tertinggi hingga terendah adalah tech startup, BUMN, dan instansi pemerintahan pusat. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat employer attractiveness pada ketiga objek penelitian. Selain itu, perbandingan employer attractiveness tiap objek penelitian pada dua kelompok responden menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada employer attractiveness tech startup dan terdapat perbedaan signifikan pada employer attractiveness BUMN dan employer attractiveness instansi pemerintahan pusat.
Employer attractiveness means the attractiveness of the place of employment which is one of the strengths so that the workplace can compete in the midst of talent wars, especially in the post-pandemic era. This research discusses a comparative study analysis of the employer attractiveness of tech startups, State-Owned Enterprises (BUMN), and central government agencies as three types of companies that have undergone transformation until now in the post-pandemic era. The approach used in this research is quantitative research with data collection using a questionnaire. Sampling using the quota sampling method for two sample groups collected 136 respondents of University of Indonesia students and 131 respondents of Bina Nusantara University students. Data analysis in this study includes descriptive statistical analysis, Kruskal-Wallis test, and Mann-Whitney test. The results of this study indicate that there are differences in the level of employer attractiveness of the three research objects with the highest to the lowest being tech startups, BUMN, and central government agencies. The research data was processed using IBM SPSS Statistics 22 software. The comparison results show that there are differences in the level of employer attractiveness in the three research objects. In addition, the comparison of employer attractiveness of each research object in two groups of respondents shows that there is an insignificant difference in the employer attractiveness of tech startups and there is a significant difference in the employer attractiveness of SOEs and the employer attractiveness of central government agencies."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fadhilah Adiati Heryani
"Peristiwa war for talent menyebabkan meningkatnya persaingan dalam memperoleh kandidat karyawan yang berpotensial. Meningkatnya persaingan, membuat perusahaan untuk memaksimalkan upayanya dalam menarik minat melamar para pencari kerja sehingga perusahaan dapat memperoleh karyawan yang berpotensial. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh corporate image PT Telekomunikasi Selular terhadap intention to apply pada mahasiswa tingkat akhir Perguruan Tinggi di Indonesia dengan employer attractiveness sebagai variabel mediasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 195 responden yang merupakan mahasiswa tingkat akhir menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis jalur untuk melihat pengaruh antar variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa corporate image memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap intention to apply melalui employer attractiveness. Namun, pengaruh corporate image terhadap intention to apply melalui employer attractiveness memiliki nilai pengaruh yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai pengaruh corporate image terhadap intention to apply secara langsung
The war for talent phenomenon leads to increased competition for finding potential candidates. Increased competition made companies maximize their efforts to attract job seekers so that companies can get the potential candidates. The purpose of this study was to analyze the effect of corporate image PT Telekomunikasi Selular on intention to apply to final year students with employer attractiveness as a mediating variabel. This research used a quantitative approach by distributing questionnaires to 195 respondents who were final year students using non-probability sampling techniques. The data analysis technique used is path analysis to see the influence between variables, either directly or indirectly. The results showed that company image has a direct and indirect influence on the intention to be implemented through the attractiveness of the employer. However, the effect of corporate image on the intention to apply through the attractiveness of the employer has a smaller effect value than the effect value of the corporate image on the intention to apply directly"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yaya Ofia Mabruri
"Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola berbagi pengetahuan di kalangan mahasiswa S1 Universitas Indonesia, di mana akan mengidentifikasi perbadaan pola berbagi pengetahuan antara mahasiswa S1 kelompok Ilmu Sains Teknologi dan kelompok Ilmu Sosial Humaniora. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Responden berjumlah 200 mahasiswa, 100 mahasiswa kelompok Ilmu Sains Teknologi dan 100 mahasiswa kelompok Ilmu Sosial Humaniora. Kuesioner disebarkan dengan teknik aksidental, secara online melalui WhatsApp dan Line groups selama sepuluh hari terhitung dari tanggal 26 Februari sampai tanggal 4 Maret 2018. Untuk mengetahui signifikansi perbedaan (nilai p-value), teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Hasil menunjukkan bahwa dari tujuh dimensi berbagi pengetahuan yang dibandingkan (persepsi umum, pemilihan sumber, frekuensi, jenis informasi, pemilihan saluran, faktor penghambat, dan motivasi), mahasiswa dari kedua kelompok ilmu memperlihatkan pola berbagi pengetahuan yang sama kecuali dalam dua hal yaitu pemilihan perpustakaan sebagai sumber informasi dan frekuensi berbagi pengetahuan saat tutorial/laboratorium. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi pijakan dalam melakukan kegiatan collaborative learning sehingga proses belajar di Universitas Indonesia akan menjadi lebih efektif. Bagi pengajar dan pemegang kebijakan di Universitas Indonesia temuan ini bermanfaat dalam pengembangan kurikulum yang dapat memaksimalkan proses pengelolaan pengetahuan demi mewujudkan universitas yang unggul dan kompetitif.
The purposes of this research are to identify knowledge sharing patterns among undergraduate students at Universitas Indonesia, where the differences of knowledge sharing patterns between undergraduate students of Science Technology cluster and Social Humanities cluster will be identified. This research is a quantitative research using survey method. The 200 respondents, 100 students from Science Technology cluster and 100 students from Social Humanities cluster. The questionnaires were distributed online through WhatsApp and Line groups for ten days counted from February 26 until March 4, 2018. To find out the significance of different, data analysis technique used was Mann-Whitney test. The results showed that from seven dimensions of knowledge sharing compared (general attitude, preferred source, frequency, types of information, preferred channel, factors limiting, and motivation), students showed same knowledge sharing patterns except in two things, they were in choosing library as the source of information and the frequency of knowledge sharing in tutorial/laboratory. The results are expected to be footholds in conducting collaborative learning so that learning process at Universitas Indonesia will become more effective. For policy holders at Universitas Indonesia, these findings are beneficial in curriculum development which can maximize learning management process for the sake of creating a competitive university"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alga Rosetta
"Disrupsi teknologi secara global berdampak dalam banyak bidang, salah satunya pada Pendidikan. Hal tersebut menuntut sistem pembelajaran yang lebih inovatif guna mempersiapkan tenaga kerja yang dapat bersaing pada era revolusi industri. Munculnya sistem e-learning sebagai media pendukung pembelajaran dapat menjadi katalisator peningkatan pengetahuan dan manfaat lain bagi mahasiswa sehingga pemanfaatannya sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan penggunaan sistem e-learning Universitas Indonesia berdasarkan perspektif mahasiswa dengan model komprehensif yang mencakup model Information System Success, Technology Acceptance Model dan kepuasan pengguna. Model penelitian telah divalidasi secara empiris dari 394 mahasiswa rumpun ilmu sosial dan humaniora dengan metode Partial Least Square-(PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71,6% dari varian manfaat e-learning dijelaskan oleh variabel kepuasan, kegunaan yang dirasakan, dan penggunaan sistem yang masing-masing variabel tersebut menjelaskan 72,3%, 58,3% dan 30,4% varians dimensi kualitas yang membentuknya. Sebagai implikasi praktis penelitian, strategi dirancang berdasarkan faktor yang memiliki pengaruh positif secara signifikan pada keberhasilan sistem e-learning dengan menyesuaikan karakteristik mahasiswa khususnya pada generasi Z dan rumpun ilmu tersebut. Akhirnya, keputusan rekomendasi strategi ditetapkan berdasarkan prioritas tinggi dari penilaian oleh praktisi dengan menggunakan relationship matrix. Strategi berupa penyediaan kebutuhan informasi, penyediaan konten yang sesuai serta perancangan user interface merupakan tiga rancangan yang harus diprioritaskan.
The disruption of technology globally impacts in many fields, including education. It requires a more innovative learning system to prepare a workforce that can compete in the era of the industrial revolution. The emergence of e-learning system as a powerful learning support media is a catalyst to enhance knowledge, skills, and other benefits for learners, so that its utilization is very important. This study aims to evaluate the successful use of the Universitas Indonesia's e-learning system based on the perspective of students with a comprehensive model that includes Information System Success model, Technology Acceptance Model and user satisfaction. The research model was validated empirically from 394 students of the social sciences and humanities studies using the Partial Least Square (PLS) method. The results showed that 71.6% of the e-learning benefit variants were explained by the satisfaction, perceived usefulness, and system usage variables, each of variable respectively explained 72.3%, 58.3% and 30.4% quality dimension variance who formed it. The strategies are designed based on factors that have a significant positive effect on the success of the e-learning system by analyzing the characteristics of students, especially in the generation Z with study background. Finally, the decision on strategy recommendations is set based on the high priority of evaluation by practitioners using the relationship matrix. Three designs that must be prioritized are in the form of providing information needs, appropriate content and re-designing user interfaces."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Josephine Pinta Ruth Nevelyn
"Skripsi ini membahas persepsi mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengenai kesiapannya menghadapi dunia kerja dengan melihat employability skills yang dimiliki. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan FGD dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya mahasiswa memahami kemampuan apa saja yang dibutuhkan dalam bekerja, meskipun tidak semua kemampuan dikuasai. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kemampuan yang dibutuhkan oleh employer dengan apa yang dimiliki oleh mahasiswa. Untuk mengatasinya, disarankan adanya evaluasi oleh universitas dan mahasiswa itu sendiri tentang pengembangan kemampuan. Selain itu, ditemukan juga bahwa magang merupakan sumber informasi yang paling baik untuk memberikan pemahaman tentang employability skills.
The focus of this study is the perception of final year accounting student at Universitas Indonesia about their work readiness regarding the employability skills. This study uses qualitative approach with focus group discussion and interview as the data collection method. The result of this study shows that students have a good understanding about the skills needed at work (employability skills). In spite of their understanding, the students have no confidence about their work readiness regarding those skills, except for the teamwork skill. This fact indicates that there is a gap between the competencies needed by employer with what will be offered by the students when they enter the workfield. To overcome this gap, the researcher suggests that the university and the student need to do an evaluation about the skills improvement. Moreover, the study also shows that internship is the best way to gain understanding about the employability skills."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64565
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gusti Anggita Chairuni Sekarjati Ningrum
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Employer Attractiveness yang diterapkan oleh PT. Indonesia Power sehingga dapat menjadi nilai yang atraktif bagi calon karyawan untuk melamar pekerjaan. Nilai atraktif tersebut dapat menjadi strategi bagi perusahaan untuk membangun employee value proposition nya sebagai pembanding dari nilai dari perusahaan lainnya. Penelitian ini menggunakan konsep Employer Attractiveness dari Berthon et al 2005 dan konsep konsep tambahan lainnya yaitu Employer Brand dari Barry Maslow 2005. Penelitian ini mengumpulkan data berupa kuantitatif menggunakan kuesioner dengan 74 sampel berupa calon karyawan yang sedang masa On The Job Training pada perusahaan PT. Indonesia Power dan mahasiswa tingkat akhir yang sednag dalam semester 7 dan 8 terutama Sekolah Tinggi Teknik PLN dan Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta. Analisis yag digunakan merupakan analisis deskriptif dengan menggunakan validitas dan reliabitas melalui nilai-nilai Kayer Mayer Olkins KMO, Bertletts Phisitiry Test, Total Variance Explained, dan Cronbcah's Alpha. Analisis Deksriptif tersebut menggunakan perangkat lunak SPSS 19.0 Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa employer attractiveness yang dimiliki PT. Indonesia Power tergolong tinggi.
This study aims to analyze Employer Attractiveness applied by PT. Indonesia Power so it can be an attractive value for prospective employees to apply for a job. Such attractive value can be a strategy for a company to build its employee value proposition as a benchmark of the value of other companies. This study uses the concept of Employer Attractiveness from Berthon et al 2005 and other additional concepts of Employer Brand from Barry Maslow 2005. This study collected data in the form of quantitative use of questionnaires with 74 samples of prospective employees who are On On Job Training at the company PT. Indonesia Power and final graduate students in semesters 7th and 8th, especially PLN Technical High School and Vocational School UGM Yogyakarta. The analysis used is descriptive analysis by using validity and reliability through Kayer Mayer Olkins KMO values, Bertletts 39 Phisitiry Test, Total Variance Explained, and Cronbcah 39 s Alpha. The Dexcriptive Analysis uses SPSS 19.0 software. The result of this research proves that employer attractiveness owned by PT. Indonesia Power is high."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69256
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library