Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124882 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hervina Waty
"ABSTRAK
Seiring dengan pertumbuhan angka penggunaan internet dan jual beli elektronik,
online review menjadi sumber informasi yang penting bagi konsumen dalam
melakukan pengambilan keputusan pembelian. Namun penelitian mengenai
pengaruh online review terhadap minat pesan kamar hotel pada situs pemesanan
hotel online masih terbatas. Penelitian ini mengambil sampel 150 orang pengguna
situs pemesanan hotel online pada 1 tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini adalah
kredibilitas sumber tidak berpengaruh positif terhadap minat pesan kamar hotel
pada situs pemesanan hotel online. Lebih lanjut lagi, persepsi akan kuantitas
review berpengaruh positif terhadap kualitas argumen pada online review dan
minat berperilaku. Kualitas argumen juga berpengaruh positif terhadap minat
berperilaku, dalam hal ini ialah minat memesan kamar hotel pada situs pemesanan hotel online.

ABSTRACT
Along with the growth of Internet and electronic commerce, online review has
become an important source of information for consumers in purchase decision
making. However, research about online review? influence towards booking
intention of hotel room on online booking website is still limited. This research
took sample of 15 hotel online booking website users on the past 1 year. Result of
this research is that source credibility doesn?t positively influence the booking
intention of hotel room on online booking website. Moreover, perceived quantity
of review has positive influence toward argument quality on online review and
consumer?s behavioral intention. Argument quality also has positive influence
toward behavioral intention, in this case is intention to book hotel room on online
booking website"
2016
S64013
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fittania Cendikia
"ABSTRAK
Adanya online reviews memungkinkan pelanggan dapat berbagi pengalaman berbelanja online kepada semua orang. Wisatawan biasanya menggunakan online rerviews untuk mencari informasi mengenai tujuan wisata dan untuk melakukan transaksi online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari online reviews pada online travel website terhadap online hotel booking intention serta mengetahui apakah faktor-faktor online reviews berbeda berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini menemukan bahwa faktor usefulness of online reviews, timeliness of online reviews, volume of online reviews memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap online hotel booking intention, sedangkan negative online reviews berpengaruh negatif secara signifikan terhadap online hotel booking intention. Faktor reviewer expertise, positive online reviews, dan comprehensiveness of online reviews tidak berpengaruh signifikan terhadap online hotel booking intention. Serta terdapat perbedaan antara pria dan wanita dalam hal reviewer expertise, timeliness of online reviews, volume of online reviews, positive online reviews dan negative online reviews.

ABSTRACT
Online Reviews allow customer to share their online shopping experience to everyone. Travelers usually use the online review to search for the information about destinations and to conduct online transactions. This thesis aims to determine the effect of online reviews on online travel websites to online hotel booking intention and to know whether the factors of online reviews is different based on gender differences. This study found that usefulness of online reviews, timeliness of online reviews, the volume of online reviews have a significant positive effect on online hotel booking intention, whereas negative online reviews a significant negative influence on the online hotel booking intention. The reviewer expertise, positive online reviews, and the comprehensiveness of online reviews are not significantly influence the online hotel booking intention. And there are differences between men and women in terms of reviewer expertise, timeliness of online reviews, the volume of online reviews, online positive reviews and negative online reviews."
2017
S66475
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puspitasari Surya Putri
"[ABSTRAK
Penelitian ini membahas pengaruh product related factor dan channel related factor terhadap seleksi website pemesanan hotel melalui internet dengan membandingkan Website Online Travel Agent (OTA) dan Website Hotel. Skripsi ini membahas pengaruh terhadap purchase intention yang ditimbulkan oleh product related factor, channel related factor dan information search intention. Penelitian menghasilkan kesimpulan pada kedua website, purchase intention tidak dipengaruhi secara signifikan oleh product related factor. Sedangkan pada product related factor dan channel related factor berpengaruh secara signifikan terhadap information search intention pada Website Hotel dan channel related factor berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention dan information search intention pada Website OTA. Pada penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran untuk penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
This study discusses the effect of product related factor and channel related factor towards selection of online hotel booking channel via Internet with comparing on Online Travel Agent (OTA) and Hotel Website. This study also includes two other variables, namely information search intention and affecting on purchase intention. This results of this research show that on both website, purchase intention did not significantly affected by product related factor. But channel related factors significantly influence information search intention for both Website and purchase intention on OTA Website. There are also managerial implications and advices for the next research.
, This study discusses the effect of product related factor and channel related factor towards selection of online hotel booking channel via Internet with comparing on Online Travel Agent (OTA) and Hotel Website. This study also includes two other variables, namely information search intention and affecting on purchase intention. This results of this research show that on both website, purchase intention did not significantly affected by product related factor. But channel related factors significantly influence information search intention for both Website and purchase intention on OTA Website. There are also managerial implications and advices for the next research.
]"
2015
S61288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Desy Ariandini
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh scarcity, popularity, dan consumer ratings terhadap online hotel booking intentions konsumen. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 94 responden, pria dan wanita berkewarganegaraan asli Republik Indonesia, dengan usia berkisar antara 18-35 tahun, dan pernah melakukan pemesanan hotel secara online dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan software SPSS 22, dengan metode independent sample t-test dan three way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari consumer ratings dan popularity terhadap online hotel booking intentions. Sedangkan scarcity tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

ABSTRACT
This study aims to analyze the influence of scarcity, popularity, and consumer ratings on consumers online hotel booking intentions Data were collected using questionnare which distributed to 94 respondents, aiming for man and woman from 20 to 35 years old and is having Indonesian citizenship, have ever booked a hotel online in the last 6 months. SPSS 22 is used to employe the data, independent sample t test and three way ANOVA. The result of this research shows that consumer ratings and popularity has significant effects on online hotel booking intention. Futhermore, scarcity is proven has no effect on online hotel booking intentions. "
2017
S69237
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Adisurya Nugraha
"Pemesanan tiket hotel melalui Online Travel Agent (OTA) mengalami penurunan secara signifikan di masa pandemi COVID-19. Melihat permasalahan tersebut, perlu adanya strategi yang diterapkan oleh suatu hotel untuk dapat kembali meningkatkan pendapatan mereka. Penerapan informasi mengenai protokol keamanan dan pemberian diskon kepada pengguna diharapkan dapat kembali meningkatkan pembelian tiket hotel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang dapat meningkatkan intensi pembelian tiket hotel dengan menganalisis pengaruh dari faktor safety information transparency dan economic benefits dengan pengaruh moderasi booking motivation terhadap intensi pembelian tiket hotel melalui OTA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental between subject 2 (safety information transparency: ada, tidak ada) x 2 (economic benefits: high, low) x 2 (booking motivation: business, leisure). Data responden dalam penelitian ini berjumlah 248 responden. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan metode ANOVA dan analisis mediasi. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pemberian safety information dan economic benefits meningkatkan perceived value dan attitude pengguna terhadap hotel. Namun terdapat perbedaan antara pengguna dengan booking motivation leisure dan business. Pada leisure traveler, safety information dan economic benefits memiliki pengaruh terhadap perceived value dan attitude, sedangkan untuk business traveler, safety information tidak berpengaruh terhadap perceived value dan attitude, sedangkan economic benefits hanya memiliki pengaruh terhadap attitude. Lebih lanjut, attitude dan perceived value juga terbukti dalam meningkatkan intensi pemesanan dan memediasi pengaruh safety information transparency dan economic benefits terhadap intensi pemesanan hotel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai strategi pemasaran kepada pelaku bisnis OTA dan menjadi acuan dalam pengembangan fitur pada halaman pemesanan hotel.

Hotel tickets booking through Online Travel Agents (OTA) significantly decreased during the COVID-19 pandemic. Seeing these problems, it is necessary to have a strategy implemented by a hotel to be able to increase their income. The application of information regarding security protocols and giving discounts to users is expected to increase the purchase of hotel tickets again. This study aims to analyze the factors that can increase the intention to purchase hotel tickets by analyzing the influence of safety information transparency and economic benefits factors with the moderating effect of booking motivation on the intention to purchase hotel tickets through OTA. This study uses an experimental method between subject 2 (safety information transparency: yes, no) x 2 (economic benefits: high, low) x 2 (booking motivation: business, leisure). Data respondents in this study amounted to 248 respondents. Hypothesis testing was done using ANOVA method and mediation analysis. This study succeeded in proving that the provision of safety information and economic benefits increases the perceived value and attitude of users towards the hotel. However, there are differences between users with motivational leisure and business bookings. For leisure travelers, safety information and economic benefits have an influence on perceived value and attitude, while for business travelers, safety information has no effect on perceived value and attitude, while economic benefits only has an effect on attitude. Furthermore, attitude and perceived value have also been shown to increase booking intentions and mediate the effect of safety information transparency and economic benefits on hotel booking intentions. This research is expected to provide insight into marketing strategies for OTA business people and become a reference in developing features on hotel booking pages."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ridha Muttaqien
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh kualitas jasa elektronik (E-quality) terhadap loyalitas, melalui nilai yang dirasakan (perceived value) dalam konteks pembelian tiket pesawat terbang secara online. Penelitian ini menjadikan situs pemesanan tiket pesawat Lion Air sebagai objek penelitian. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Structural Equation Model terhadap 136 data kuesioner yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Equality yang terdiri dari efficiency dan hedonic masing-masing terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas melalui nilai yang dirasakan (perceived value). Begitu pula dengan efficiency dan hedonic sebagai dimensi dari e-quality secara signifikan terbukti memiliki korelasi positif satu sama lain.
Oleh karena itu, sebagai implikasi dalam sudut pandang manajerial, penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bagi perusahaan Lion Air untuk mengembangkan ecommerce perusahaan, terkhusus situs pemesanan tiket, agar mendapatkan loyalitas dari pelanggan terhadap maskapai tersebut.

The focus of this study is about the impact of equality to customer Loyalty through Perceived Value in the contex of online airline ticket purchase. This study make the Lion Air?s flight booking website as the research object. This study use Stuctural Equation Model as the data processing through 136 questionnaire data were examined.
The result of this study show that E-quality that is divided by Efficiency and Hedonic are positive significant for Loyalty through Perceived Value. Similarly, efficiency and Hedonic as the dimensions of E-quality proven significantly have positive correlation each other.
Therefore, as the managerial implication, this study can be used as advice to the Lion Air as company to develop its e-commerce, especially flight ticket booking website, in order to obtain the costumer loyalty to the airline.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46820
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusma Dewi Yulianti
"

Review oline yang ditulis oleh pelanggan pada saat selesai melakukan pembayaran dan penginapan di hotel, meniliki nilai bisnis yang berpengaruh terhadap pelanggan berikutnya, manejemen hotel, dan OTA atau e-commerce. Ulasan tekstual online memiliki struktur yang sangat terbuka dan sangat luas. Atribut dari ulasan tekstual online berupa subjectivity, polarity, length, dan rating masih sangat sedikit terekplorasi, sedangkan manajemen hotel dan juga peneliti dapat menggunakan atribut teknis tersebut untuk lebih memahami perilaku pelanggan. Penelitian ini menggunakan 1000 sampel review online yang didapat dari salah satu web OTA yaitu Traveloka, sampel hotel yang dipilih adalah hotel yang bersifat popular di situs web tersebut yang berasal dari 5 kota terbesar di Indonesia. Penelitian ini memprediksi kepuasan pelanggan secara keseluruhan menggunakan atribut teknis ulasan tekstual online. Penelitian ini menemukan bahwa tingkat subjectivity yang tinggi akan menghasilkan rating yang rendah, dan tingkat polarity yang tinggi akan menghasilkan rating yang tinggi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pelanggan yang sedang merencanakan perjalanan membandingkan ulasan yang ada agar hotel yan dipilih sesuai dengan ekspektasi, serta bagi manajemen hotel untuk lebih memahami perilaku ulasan pelanggan online dan menerapkan tindakan manajemen ulasan online yang efisien untuk menggunakan kata-kata elektronik dari mulut ke mulut dan meningkatkan kinerja hotel.

 


Customer online review by customers have business value that affects future customer, hotel management, and OTA or e-commerce. Online textual reviews have an open-structured form. The attributes of online textual reviews in the form of subjectivity, polarity, length, and rating are still under-explored, while hotel management and researchers can use these technical attributes to better understand about customer behavior. This study using 1000 samples of online reviews from one of the OTA; Traveloka, the sample of this research using popular hotel on the website from the 5 largest cities in Indonesia. This study predicts overall customer satisfaction using the technical attributes of online textual reviews. This study found that a high level of subjectivity would give low rating, and a high level of polarity would give high rating. This research provides recommendations to future customers that comparing existing reviews are important to manage the expectations, and for hoteliers management to better understand customer online review behavior and implement efficient online review management actions to use electronic words-of-mouth to improve hotel performance.
"
2019
T53961
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Vandany
"Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana perilaku pembelian impulsif secara online terbentuk bila dipengaruhi browsing dan perceived value pada ulasan online dalam aplikasi atau situs marketplace. Data yang didapatkan berasal dari 159 responden. Model penelitian dengan enam hipotesis ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Studi ini menunjukkan  bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi nilai konsumen pada ulasan online, ulasan online terhadap browsing dan browsing terhadap impulse buying. Terakhir peneliti memberikan implikasi dan saran untuk penelitian kedepannya.

This study aims to investigate how impulsive buying when influenced by browsing and perceived value on online reviews in applications or marketplace websites. The data obtained came from 159 respondents. The research model with ten hypotheses was tested using Structural Equation Modeling (SEM). This study shows that there is a positive relationship between the perception of consumer value on online reviews, online reviews on browsing and browsing on impulse buying. Finally, researchers provide implications and suggestions for future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T55124
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Linda Nurul Oktavianty
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari keinformatifan, efektivitas, dan hiburan terhadap niat pembelian dan kepuasan yang dimediasi oleh kondisi flow pengunjung toko online Lazada Indonesia dengan konsep model stimulusorganism-response (SOR) yang diperkenalkan oleh Mehrabian dan Russel (1978). Responden penelitian ini berjumlah 160 orang yang telah mengunjungi situs tersebut. Model penelitian menggunakan 7 hipotesis dan diuji oleh metode analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menyatakan bahwa efektivitas dan hiburan (stimulus) mempunyai pengaruh langsung terhadap flow (organism), begitu pula pengaruh tidak langsung keduanya terhadap niat pembelian dan kepuasan (responses). Namun keinformatifan (stimulus) tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap flow maupun pengaruh tidak langsung terhadap niat pembelian dan kepuasan. Sedangkan pada jurnal penelitian, terdapat pengaruh langsung antara variabel-variabel stimulus terhadap flow dan pengaruh tidak langsung variabel-variabel stimulus kepada variabel-variabel responses.

This study aims to know the relationships between informativeness, effectiveness, and entertainment toward purchase intenton and satisfaction mediated by flow of consumers in Lazada Indonesia online store using the stimulus-organism-response (SOR) concept model introduced by Mehrabian and Russel (1978). This study using 160 respondents who has been visiting Lazada Indonesia website. The model has 7 hypotheses and had tested using path analysis method.
The results declare that effectiveness and entertainment (stimulus) have direct effect toward flow (organism) and indirect effect toward purchase intention and satisfaction (responses). But informativeness does not has any direct nor indirect effect towards them. Whereas, in main reference journal, the three stimulus variables have direct effect toward flow as organism variable and indirect effect toward two responses variables.
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57908
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Mifrohatun Fathiyah
"Meningkatnya penggunaan internet menjadi salah satu faktor yang membuat electronic word of mouth menjadi sumber informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri atas 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia yang berusia 18-25 tahun, pernah mengakses situs Zomato dan pernah membaca review tentang restoran yang ada di situs tersebut. Data penelitian didapatkan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisa regresi linear sederhana. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa ada pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dalam bentuk online review di situs Zomato terhadap minat beli konsumen.

The increasing of internet usage has become one of the reason why electronic word of mouth is used as information source nowadays. The objective of this research was to analyze the effect electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com towards consumer’s puchase intention. This research applied quantitative approach. The sample of this research were 100 students of Universitas Indonesia, with the age of 18-25 years old, who had ever accessed Zomato.com and read the restaurant review written on the site. The research's datas were collected using questionnaire and analyzed using simple regression analysis. The result of this research indicated that electronic word of mouth (e-WOM) in the form of online review in Zomato.com affects consumer’s purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>