Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177672 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Doni Dwi Anjasmara
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara family functioning dan self esteem pada mahasiswa dengan obesitas di Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan variabel family functioning yang memiliki enam dimensi, yaitu problem solving, communication, roles, affective responsiveness, affective involvement, dan behavioral control, dan variabel self esteem. Responden penelitian adalah Mahasiswa Universitas Indonesia sebanyak 108 orang berusia 17-19 tahun dan masuk dalam kategori obesitas. Kategori obesitas diukur menggunakan Body Mass Index BMI dan 80,5 tergolong tipe obesitas kelas I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi problem solving r = 0,376.

This research is conducted to examine the correlation between family functioning and self esteem among obese students in University of Indonesia UI . This research used family functioning variable and has 6 dimensions which are problem solving, communication, roles, affective responsiveness, affective involvement, and behavioral control, and also self esteem variable. Participants of this research are 108 students of UI in 17 19 year olds and included in category of obesity. Category of obesity measured by Body Mass Index and 80,5 percent included tipe of obesity class I. The results showed that problem solving r 0,376."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cynthianissa Amanda
"Perceraian di Indonesia sedang meningkat yang diantaranya disebabkan oleh hubungan yang sudah tidak harmonis dan kecemburuan. Hal itu disebabkan karena kurangnya intimacy di dalam sebuah hubungan. Lamanya sebuah hubungan membuat intimacy semakin tinggi. Intimacy yang tinggi akan membuat kepuasan hubungan juga semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran self-esteem dalam memediasi hubungan antara keberfungsian keluarga dan intimacy pada dewasa muda yang berpacaran. Responden pada penelitian ini adalah sebanyak 1024 orang. Laki-laki berjumlah 298 orang dan perempuan berjumlah 726 orang dengan karakteristik berusia 20-39 tahun, sedang berpacaran, dan belum menikah. Melalui program PROCESS by Andrew Hayes, diperoleh hasil bahwa self-esteem dapat memediasi penuh hubungan antara keberfungsian keluarga dan intimacy pada dewasa muda yang berpacaran b= 0.26, t 1021 = 2.29, p= 0,022 . Hal itu disebabkan oleh individu yang memiliki persepsi yang baik mengenai hubungan dengan orangtuanya saat kecil, ia akan memiliki gambaran baik pula mengenai diri sendiri yang mengakibatkan tingginya self-esteem. Self-esteem yang tinggi membuat individu percaya terhadap pasangannya dan membuat mereka lebih terbuka, nyaman, merasa aman karena dihargai, dekat, lebih menyayangi satu sama lain, serta saling memberikan dukungan. Hal itu yang akan membuat intimacy dalam hubungan mereka menjadi lebih tinggi.

The divorce rate in Indonesia has been rising, which is a result of inharmonic relationships and jealousy. This is caused by the lack of intimacy in relationships. The duration of a relationship can make the intimacy level higher. The higher the intimacy level, the higher the satisfaction of the relationship. The purpose of this research is to acknowledge self esteem role to mediate relationship of family functioning and intimacy among dating young adults. The total respondent in this research is 1024 respondents. Consist of 298 men and 726 women, with following characteristics aged 20 39 years old, in relationship, and not married yet. Using PROCESS program by Andrew Hayes, the result of this research pointed out that self esteem can fully mediate the relationship of family functioning and intimacy among dating young adults b 0.26, t 1021 2.29, p 0,022. It is caused by individuals who have a good perception about their relationship with their parents in their childhood, will have a good perception about themselves, and will raise their self esteem levels. High self esteem makes individuals trust their partner and make them more open, comfortable, secure, close, love, and support each other. This will cause intimacy levels higher."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Margareta Avenia Dinda Ardani
"Memasuki dunia perkuliahan bukanlah hal yang mudah yang harus dialami oleh remaja. Banyak perubahan dan tantangan yang harus dialami, seperti tantangan akan akademis, lingkungan sosial dan attachment terhadap pilihan jurusan. Untuk dapat bertahan dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan yang terjadi, mahasiswa baru perlu melakukan penyesuaian atau biasa disebut college adjustment. Salah satu adjustment yang penting di universitas adalah academic adjustment. Dari berbagai faktor yang dapat mempengaruhi academic adjustment, faktor keluarga dinilai sebagai faktor yang penting. Faktor keluarga yang akan diteliti adalah family functioning atau keberfungsian keluarga mengenai cara keluarga menjalankan fungsi-fungsinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat apakah terdapat hubungan antara family functioning dengan academic adjustment pada mahasiswa baru Universitas Indonesia. Partisipan penelitian ini terdiri dari 315 mahasiswa Universitas Indonesia yang tersebar dalam 13 fakultas dan program vokasi. Family functioning diukur dengan mengunakan Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES) yang dibuat oleh Olson, Bell, dan Joyce tahun 1978 dan Family Communication Scale (FCS) yang dibuat oleh Olson dan Barnes tahun 1982, sedangkan academic adjustment akan diukur dengan Student Adaptation to College Questionnaire oleh Baker dan Siryk.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara family functioning dan academic adjustment pada mahasiswa baru Universitas Indonesia. Hal ini dikarenakan ada faktor-faktor lain yang mungkin lebih memiliki hubungan dengan academic adjustment mahasiswa baru seperti motivasi internal dan peran peer.

Starting a new life in college is never an easy thing for adolescents. A lot of changes and challenges must be experienced, whether it is academic matter, social environment, or attachment to the chosen major. In order to survive, new college students need to do some adjustments which is usually called college adjustment. One of the important adjustments in college is academic adjustment. From various factors that might influence academic adjustment, family has an important role.
The purpose of this research is to identify relationships between family functioning and academic adjustment among the freshmen students in University of Indonesia. The participants are 315 freshmen from 13 faculties and Vokasi program. Family functioning is measured by Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES), made by Olson, Bell, and Joyce in 1978 and Family Communication Scale, made by Olson and Barnes in 1982. Academic adjustment is measured by Student Adaptation to College Questionnaire, made by Baker and Siryk.
The result of this research showed that there is no significant relationship between family functioning and academic adjustment among freshmen students in Universitas Indonesia. This is caused by other factors which might have stronger corelation and need further examination such as internal motivation and peer.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58001
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agita Caroline
"Penelitian kali ini bertujuan untuk melihat hubungan antara fungsi keluarga dan efikasi diri pada mahasiswa penerima bidikmisi di Jabodetabek. Mahasiswa penerima bidikmisi ini merupakan mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan tingkat sosial ekonomi rendah. Adapun teori fungsi keluarga yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori McMaster Model of Family Functioning (MMFF) sedangkan efikasi diri menggunakan teori yang dikemukakan oleh Bandura. Teori MMFF ini memiliki enam dimensi yaitu affective involvement, affective responsiveness, behavioral control, communication, problem solving, dan roles.Dalam penelitian ini, peneliti juga melihat dimensi-dimensi dari MMFF yang memberikan kontribusi terhadap efikasi diri. Partisipan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jabodetabek yang menerima beasiswa bidikmisi dengan rentang usia 18 sampai 25 tahun. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik statistika simple regression dan multiple regression. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa fungsi keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efikasi diri mahasiswa penerima bidikmisi di Jabodetabek dan dapat memprediksi sebesar 6.8%. Selain itu, terdapat satu dimensi dalam fungsi keluarga yang berkontribusi terhadap efikasi diri mahasiswa penerima bidikmisi di Jabodetabek yaitu problem solving.

The aim of this study was to examine the relationship between family functioning and self-efficacy among students of bidikmisi scholarship in Jabodetabek. Students of bidikmisi scholarship are students who come from family with low-socioeconomic status (SES). Family functioning theory which is used in this research is McMaster Model of Family Functioning(MMFF) theory, while self-efficacy used Bandura’s theory. The MMFF theory has six dimensions that is affective involvement, affective responsiveness, behavioural control, communication, problem solving, and roles. The researcher also wants to see which dimensions from MMFF theory that contribute to self-efficacy. The participants of this study is students of public universities who get bidikmisi scholarship with the range of the age between 18 to 25 years. The results of this study showed that the family functioning has significant relationship with self-efficacy among students of bidikmisi scholarship in Jabodetabek that can predict 6.8%. Furthermore, there is one dimension that contribute to self-efficacy among students of bidikmisi scholarship in Jabodetabek, that is problem solving"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Rahmawati
"[ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self-esteem dan adiksi cybersex pada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengukuran self-esteem menggunakan alat ukur Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) yang telah diadaptasi di Indonesia (Ariyani, 2004). Untuk pengukuran adiksi cybersex, peneliti menggunakan alat ukur Internet Sex Addiction Screening Test (ISST). Sampel penelitian ini adalah 860 mahasiswa yang berada pada tahap perkembangan emerging adulthood dengan usia 18-25 tahun yang terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara self-esteem dan adiksi cybersex.

ABSTRACT
The purpose of this research is to find out the relationship between self-esteem and cybersex addiction in college students. The method of this research is a quantitative. This research used Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) Indonesian version to measure self-esteem. To measure cybersex addiction, this research used Internet Sex Addiction Screening Test (ISST). The respondents of this research is 860 college students who is currently in emerging adulthood age range (18-25 years old). The result showed that there is a significant correlation between self-esteem and cybersex addiction., The purpose of this research is to find out the relationship between self-esteem and cybersex addiction in college students. The method of this research is a quantitative. This research used Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) Indonesian version to measure self-esteem. To measure cybersex addiction, this research used Internet Sex Addiction Screening Test (ISST). The respondents of this research is 860 college students who is currently in emerging adulthood age range (18-25 years old). The result showed that there is a significant correlation between self-esteem and cybersex addiction]"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59512
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Barkah Agung Sanyoto
"Skripsi ini membahas hubungan antara branded product meanings dan self-esteem pada mahasiswa. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional menggunakan teknik korelasi ganda. Responden diambil menggunakan teknik accidental sampling berjumlah 151 mahasiswa angkatan 2013 di Universitas Indonesia yang memiliki pengetahuan mengenai branded products di Indonesia. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Branded Product Meanings dari Strizhakova, Coulter, & Price (2008) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSE) dari Rosenberg (1965).
Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara branded product meanings dan self-esteem (r=0,356, p<0,05). Hasil tersebut didominasi oleh dimensi Nilai pada branded product meanings yang berhubungan signifikan dengan self-esteem (r=0,277, p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan semakin tinggi pemaknaan nilai pada branded products, maka semakin tinggi juga self-esteem pada mahasiswa. Penelitian ini dapat digunakan bagi produsen, universitas, dan pengamat bahwa branded products meanings dapat menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan self-esteem. Penelitian selanjutnya dapat menjadikan pemaknaan nilai sebagai mediator hubungan antara brand dengan self-esteem.

This study explored the relationship between branded product meanings and selfesteem among college student. This study was quantitative design which use multiple correlation technical statistics. The respondent were 151 college students batch 2013 in Universitas Indonesia who have knowledge about branded products in Indonesia with obtained by accidental sampling technique. Branded product meanings questionnaire from Strizhakova, Coulter, & Price (2008) and Rosenberg Self-Esteem Scale (RSE) were used to collect data.
The result indicates that positive significant correlation between branded product meanings and selfesteem (r=0,356, p<0,05). This result dominated by domain of value from branded product meanings which has significant correlation with self-esteem (r=0,277, p<0,05). That means higher meanings in Value domain of branded product meanings indicates higher self-esteem among college student. This Study can by used by company, university, and expertise to improve self-esteem of college student by increase his/her meanings to branded product. Future study can explore value meanings as mediator for correlation between branded products and selfesteem.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laila Ayu Karlina
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara parenting selfefficacy dan family functioning pada ibu dari toddler. Untuk mengukur parenting self-efficacy digunakan alat ukur Self-Efficacy Parenting for Tasks Index- Toddler Scale yang dikembangkan oleh Coleman (1998), sedangkan family functioning diukur melalui Family Assessment Devices version 3 yang dikembangkan oleh Epstein, dkk. (1983). Partisipan dalam penelitian ini adalah ibu dari toddler yang terikat dalam ikatan pernikahan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara parenting selfefficacy dan family functioning (r=-0.567, n=83, p< 0.01, two tail). Hal tersebut mengindikasikan bahwa semakin tinggi parenting self-efficacy pada ibu dari toddler, maka semakin tinggi pula family functioning yang ia miliki; begitu pula sebaliknya.

This study examined the relationship between parenting self-efficacy and family functioning among mothers of toddler. Parenting self efficacy was measured by Self-Efficacy Parenting for Tasks Index-Toddler Scale developed by Coleman (1998), whereas the family functioning was measured by Family Assessment Devices Version 3 developed by Epstein, Baldwin, and Bishop (1983). The participants of this study were 83 mothers of toddler who married.
The results of this study showed that there is a significant, negative relationship, between parenting self-efficacy and family functioning (r=-0.567, n=83, p< 0.01, two tail). It indicates that the higher parenting self-efficacy from mothers of toddler, the higher family functioning; and vice versa.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arum Kusalawicitra
"[ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran mengenai hubungan antara keberfungsian keluarga dan college self efficacy pada mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia. Keberfungsian keluarga didefinisikan sebagai cara masing-masing anggota keluarga untuk memenuhi peran yang dimiliki dan menjalankan tugas-tugas praktis yang dapat membantu keluarga untuk hidup bersama dan berkembang dari waktu ke waktu. College self efficacy didefinisikan sebagai derajat keyakinan bahwa individu mampu untuk sukses untuk melaksanakan tugas yang berkaitan dengan universitas. Pengukuran keberfungsian keluarga menggunakan alat ukur Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES) II yang disusun oleh Olson et al. (1982) dan Family Communication Scale (FCS). Pengukuran college self efficacy menggunakan alat ukur College Self Efficacy Inventory (CSEI) yang disusun oleh Solberg et al. (1993). Partisipan penelitian berjumlah 672 mahasiswa tahun pertama di Universitas Indonesia. Melalui teknik statistik Pearson Correlation, diketahui bahwa terdapat hubungan positif antara keberfungsian keluarga dan college self efficacy yang signifikan.

ABSTRACT
This research was conducted to find the correlation between family functioning and college self efficacy among first year student in Universitas Indonesia. Family functioning defined as the manner in which family members fulfill necessary roles and perform practical tasks that help the family live together and move ahead through time. College self efficacy defined as a student’s degree of confidence that they could successfully complete a given college-related tasks. Family functioning was measured using an instrument named Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES) II made by Olson et al. (1982) and Family Communication Scale (FCS). College self efficacy was measured using College Self Efficacy Inventory (CSEI) made by Solberg ei al. (1993). Participants of this research were 672 first year student in Universitas Indonesia. The Pearson Correlation indicates positive significant correlation between family functioning and college self efficacy., This research was conducted to find the correlation between family functioning and college self efficacy among first year student in Universitas Indonesia. Family functioning defined as the manner in which family members fulfill necessary roles and perform practical tasks that help the family live together and move ahead through time. College self efficacy defined as a student’s degree of confidence that they could successfully complete a given college-related tasks. Family functioning was measured using an instrument named Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale (FACES) II made by Olson et al. (1982) and Family Communication Scale (FCS). College self efficacy was measured using College Self Efficacy Inventory (CSEI) made by Solberg ei al. (1993). Participants of this research were 672 first year student in Universitas Indonesia. The Pearson Correlation indicates positive significant correlation between family functioning and college self efficacy]"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S58884
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Anggi Putra
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran self control sebagai mediator hubungan antara self esteem dengan kecenderungan adiksi cybersex pada mahasiswa. Cybersex merupakan fenomena yang banyak dijumpai belakangan ini khususnya pada mahasiswa. Cybersex merupakan penggunaan internet untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan seksual. Salah satu variabel yang menjadi prediktor terhadap adiksi cybersex adalah self esteem. Mahasiswa yang memiliki self esteem yang rendah akan membuat dirinya terus menerus melakukan kegiatan cybersex. Hal ini menandakan self-control yang rendah pada mahasiswa tersebut. Peneliti menduga bahwa self control menjadi mediator hubungan antara self esteem dan kecenderungan adiksi cybersex. Penelitian kali ini adalah penelitian kuantitatif. Terdapat 245 mahasiswa dengan rentang usia 18 – 23 tahun yang didapatkan melalui teknik accidental. Peneliti menggunakan alat ukur ISST (Internet sex screening Test), RSES (Rosenberg Self Esteem Scale), dan BSCS (Brief Self Control Scale) untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self control memediasi secara signifikan hubungan antara self esteem dengan kecenderungan adiksi cybersex pada mahasiswa. Peran dari self control dalam penelitian ini adalah mediasi penuh, artinya self esteem tidak berhubungan dengan kecenderungan adiksi cybersex pada mahasiswa tanpa melalui variabel self control.

The aim of the study is to examine self control as a mediator between self esteem and symptoms of cybersex addiction among college students. Cybersex becomes more likely to be found among college students recently. Cybersex describes as any activities using internet that related with sexual content. Self esteem has been seen as one of the predictor toward cybersex addiction. Low self esteem among college students will increase the possibility of their cybersex related behavior.  This also means that the self control among college students are low. This study assumes that self control have a role as mediator between the self esteem and symptoms of cybersex addiction. This study is a quantitative reseach. With accidental sampling method,  there are 245 college students with the range of age between 18 – 23 years old. Instruments used in this study are ISST (Internet sex screening Test), RSES (Rosenberg Self Esteem Scale), and BSCS (Brief Self Control Scale) for collecting datas. This study shows that self control has a role to mediate the relation between self esteem and symptoms of cybersex addiction among college students.The role of self control in this study known as full mediation, it means that self esteem will not be correlated directly with symptoms of cybersex addiction among college student without self control as a mediator."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T51679
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Natasha Sudja
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Hubungan antara Self-Disclosure dan Self-Esteem pada Mahasiswa Psikologi Program Sarjana. Pengukuran self-disclosure menggunakan alat ukur Jourard Self- Disclosure Questionnaire yang dikembangkan oleh Jourard pada tahun 1958 dan pengukuran self-esteem menggunakan alat ukur Rosenberg Self- Esteem Scale yang dikembangkan oleh Rosenberg pada tahun 1965. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 177 mahasiswa jenjang sarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia angkatan 2009, 2010, 2011, dan 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-disclosure dan self-esteem pada mahasiswa psikologi program sarjana [r= -0.015, p > 0.05, two-tailed].

This research is conducted to find the relationship between selfdisclosure and self-esteem among psychology undergraduate students. In this research, self-disclosure is measured using a modification instrument named Jourard Self-Disclosure Questionnaire that originally constructed by Jourard at 1958 and self-esteem is measured using a modification instrument named Rosenberg Self-Esteem that originally constructed by Rosenberg at 1965. The participants of this research are 177 psychology undergraduate students University of Indonesia from years 2009, 2010, 2011, dan 2012. The main results of this research show that no correlation significantly between self-disclosure and self-esteem among psychology undergraduate students [r= -0.015, p > 0.05, two-tailed]."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52937
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>