Ditemukan 62276 dokumen yang sesuai dengan query
Fafa Wibhiyadi
"Keterlibatan merupakan faktor penting dalam mempertahankan loyalitas dan partisipasi anggota pada komunitas merek online. Kemampuan lingkungan situs web untuk memengaruhi keterlibatan anggota bersama-sama dengan bagaimana setiap jenis komunitas merek online, dimulai oleh pengguna, dan dimulai oleh organisasi dapat memaksimalkan lingkungan mereka dieksplorasi. Artikel dari berbagai disiplin digunakan sebagai dasar untuk model konseptual dan proposisi. Oleh karena itu, tipologi yang disarankan oleh penulis dapat digunakan oleh pemasar untuk mengembangkan komunitas merek online mereka.
Engagement is an essential factor in maintaining members rsquo; loyalty and participation on an online brand community. The capability of a website environment to influence members engagement together with how each type of online brand community, users-initiated and organisation-initiated can maximise their environment is explored. Articles from various disciplines are used as the base for the conceptual model and propositions. Therefore, the typology suggested by the author can be used by marketers to develop their online brand community."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dian Sophia Ulfa
"Komunitas merek mengalami perkembangan, yang kemudian melahirkan komunitas merek online, dicirikan dengan penggunaan internet sebagai platformnya. Perkembangan ini tidak hanya bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi siapa saja yang aktif di pasar, salah satunya adalah meningkatnya loyalitas pelanggan. Tak hanya itu, keterlibatan pelanggan juga merupakan diskusi utama dalam komunitas merek online yang menggambarkan pengalaman interaktif konsumen, memiliki sifat iteratif yang dapat bertindak sebagai penyebab antecedent maupun akibat consequence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh komunitas merek online terhadap keterlibatan pelanggan, pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek, serta pengaruh mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengaplikasikan SEM melalui AMOS. Hasilnya adalah komunitas merek online terbukti secara positif mempengaruhi keterlibatan pelanggan, keterlibatan pelanggan terbukti secara positif mempengaruhi loyalitas merek, dan adanya peran mediasi loyalitas komunitas dalam pengaruh keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas merek pada komunitas Mi Fans Indonesia.
Brand community is experiencing growth, which then develops into online brand community, characterized by the use of the Internet as its platform. This development is not only beneficial for consumers, but also for anyone who is active in the market, one of which is increasing customer loyalty. More than that, customer engagement is also a major discussion in the online brand community that describes the interactive experience of the consumer, that has iterative nature act as an antecedent or consequence. Therefore, this study aims to prove the influence of the online brand community on customer engagement, the influence of customer engagement on brand loyalty, and the role of community loyalty as mediation in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community. This thesis is conducted using quantitative analysis by applying SEM through AMOS. The result is online brand community is proved to affect customer engagement positively, customer engagement is proved to affect brand loyalty positively, and there is mediation role of community loyalty in the influence of customer engagement on brand loyalty in Mi Fans Indonesia community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51533
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Munif Ariyanto
"
ABSTRAKPerkembangan teknologi dan informasi di Indonesia berdampak pada lingkungan bisnis yang menjadi semakin kompetitif. Salah satu sektor bisnis di Indonesia yang terkena dampak tersebut adalah sektor industri smartphone. Brand loyalty menjadi faktor penting dalam bertahan dalam berkompetisi dalam lingkungan bisnis tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari customer engagement di dalam komunitas merek online untuk brand Xiaomi terhadap brand loyalty. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang aktif di komunitas merek online Mi Community yang berusia minimal 18 tahun yang pernah membeli produk brand Xiaomi setidaknya dua kali dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling yang dilakukan secara online. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer engagement berpengaruh terhadap brand loyalty sebesar 0,519.
ABSTRACTIn Indonesia, the growth of information and technology has an impact on the increasingly competitive business environment. One of the affected business sectors in Indonesia is the smartphone industry sector. Brand loyalty is an important factor in staying competitive in this business environment. This research was conducted to see the influence of customer engagement in the online brand community for the Xiaomi brand on brand loyalty. In this study, researcher used quantitative methods. The sample in this study was 100 respondents who were active in the Mi Community online brand community who were at least 18 years old who had bought Xiaomi brand products at least twice, using non-probability sampling methods and purposive sampling techniques conducted online. This research instrument used a questionnaire and analyzed using linear regression. The results of this study indicate that customer engagement has an impact about 0,519 on brand loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Asri Ariani Fauziah
"IndonesiaX adalah website pionir MOOC Massive Open Online Course yang berdiri sejak tahun 2015. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Web Quality terhadap Customer Satisfaction dan Revisit Intention dengan responden pengguna website IndonesiaX. Penelitian ini menggunakan model WebQual 4.0 untuk melakukan pengukuran kualitas website, dengan pendekatan teori kepuasan konsumen dan niat berperilaku niat untuk berkunjung kembali . Penelitian ini merupakan studi deskriptif, menggunakan metode online survey dan teknik convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh dari Web Quality terhadap Customer Satisfaction dan Revisit Intention pengguna website Indonesia. Sebagai pionir MOOC lokal, IndonesiaX memiliki potensi untuk berkembang dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dengan meningkatkan kualitas website.
IndonesiaX is a pioneer website of MOOC Massive Open Online Course which has been established since 2015. The focus of this research is to see the influence of Web Quality on Customer Satisfaction and Revisit Intention, with IndonesiaX website user as respondents. This research uses WebQual 4.0 model to measure website quality, using theories of consumer satisfaction and behavioral intention revisit intention . This research is a descriptive study, using online survey method and convenience sampling technique. The results of this study indicate that there is influence of Web Quality on Customer Satisfaction and Revisit Intention of IndonesiaX website users. As a local MOOC pioneer, IndonesiaX has the potential to grow and be well received by the people of Indonesia, by improving its website quality."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51228
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Puspita Pratama Novianti
"Meningkatnya intensitas kompetisi dalam industri otomotif di Indonesia mendorong perusahaan untuk mencari strategi supaya dapat menjangkau pelanggan dan mempertahankan hubungan perusahaan dengan konsumennya. Pembentukan komunitas dapat memudahkan perusahaan untuk memperoleh hal tersebut. Walaupun demikian, masih belum diketahui bagaimana kesetiaan konsumen dapat terbentuk melalui interaktivitas yang terjadi dalam ruang lingkup komunitas merek otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari faktor-faktor interaktivitas yang dapat memengaruhi kesetiaan konsumen merek otomotif. Penelitian ini menggunakan teori relational benefit dan brand loyalty sebagai landasan, yang kemudian ditambahkan dengan empat buah variabel lain yaitu nilai manfaat komunitas, kepuasan komunitas, kepercayaan terhadap komunitas merek, dan kepercayaan terhadap merek. Secara keseluruhan penelitian ini memiliki enam buah hipotesis untuk menjelaskan efek interaktivitas terhadap kesetiaan pelanggan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan cara purposive sampling kepada anggota komunitas merek otomotif di media sosial di Indonesia. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh dari 332 responden dengan metode SEM PLS, didapatkan bahwa perceived interactivity memiliki efek positif yang terhadap seluruh dimensi nilai manfaat komunitas dan secara tidak langsung memengaruhi brand loyalty dengan positif. Temuan lain dalam penelitian ini, didapatkan bahwa nilai manfaat social influence memiliki efek yang tidak signifikan terhadap kepuasan komunitas. Studi ini memiliki implikasi baik dalam aspek teoritis maupun praktikal terkait pengelolaan komunitas merek di media sosial dalam industri otomotif di Indonesia.
Increasing competitive intensity in the automotive industry in Indonesia, motivates brands to look for a strategy to reach and maintain their relationships with customers. The formation of community can helps brand to achieve their goal. However, the process of loyalty formation through interactivity in the context of automotive online brand community is still unknown. The objective of this study is to understands the relationship of the factors of interactivity which able to influence consumers brand loyalty towards an automotive brand. Using relational benefits and brand loyalty theory as the base of this study, and adding other four other variables including community benefits, community satisfaction, trust in online brand community, and trust in brand. In total there are six hypothesis in this study to further explains the influence of interactivity towards brand loyalty. This study use primary data which obtained by spreading online questionnaire using purposive approach to the members of automotive online brand community in social media. The result obtained from 332 respondents which analysed using SEM PLS method, shows that perceived interactivity has positive effects on all dimensions of community benefits and has positive indirect effect on brand loyalty. Additionally, the data also shows that social influence has insignificant effect to community satisfaction. The result of this study has both theoretical and practical implication on online brand community management in social media in automotive industry in Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Aprillia Retnoningtyas
"Skripsi ini membahas bagaimana pengaruh manfaat sosial dan informasional situs komunitas online terhadap minat kunjungan ulang situs dan kepercayaan merek. Objek dalam penelitia ini adalah Situs Komunitas Online Hijab ZOYA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian semi eksperimen dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS dengan analisis regresi linier. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 orang wanita dewasa berhijab yang berdomisili di Jakarta atau Depok, mengetahui keberadaan merek ZOYA dan pernah mengakses situs komunitas online. Hasil penelitian menyatakan bahwa baik manfaat sosial maupun manfaat informasional berpengaruh terhadap sikap konsumen pada situs komunitas online hijab ZOYA. Sikap konsumen pada situs komunitas online hijab ZOYA berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang situs dan juga terhadap kepercayaan merek ZOYA. Tipe komunitas online dapat memoderasi pengaruh sikap konsumen pada situs komunitas online hijab ZOYA terhadap minat kunjungan ulang situs dan juga terhadap kepercayaan merek ZOYA. Oleh karena itu, penulis menyarankan pihak manajemen seharusnya lebih gencar lagi mengembangkan situs resmi komunitas online ZOYA (www.zoyalovers.zoya.co.id). Hal tersebut guna meningkatkan pengaruh positif pada sikap konsumen hijab ZOYA.
This thesis discusses how the influence of social and informational benefits online community site to re-visit sites of interest and confidence in the brand. Objects in this empirically is Online Hijab Community Site Zoya. This study was a sub experimental study with data collection method using a questionnaire. Data processing techniques performed using SPSS by linear regression analysis. Respondents in this study amounted to 150 adult women hijab domiciled in Jakarta or Depok, knowing where Zoya brand and never access the site online community. The study states that both social benefit and the benefit of informational influence on consumer attitudes on an online community site Zoya hijab. Consumer attitudes on an online community site Zoya veil affect the interest of repeat visits to the site and also Zoya brand trust. Type of online communities can moderate the influence of consumer attitudes on an online community site Zoya hijab to re-visit interest sites and also to trust the brand Zoya. Therefore, the authors suggest the management should have more incentive to further develop the official website of the online community Zoya (www.zoyalovers.zoya.co.id). This encourages a positive influence on consumer attitudes hijab Zoya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S57789
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Diandra Karina
"
ABSTRAKPerkembangan penelitian komposit diperkuat serat alam telah menunjukkan hasil yang signifikan. Komposit diperkuat serat daun nanas Subang (SDNS) untuk aplikasi non-struktural memberikan nilai tambah untuk limbah serat daun nanas Subang. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati kekuatan lentur, absorpsi dan desorpsi air komposit yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI). Perlakuan alkali pada SDNS dilakukan dengan merendam SDNS dalam larutan NaOH 5%. SDNS setelah perlakuan alkali dan lembaran PP dibuat menggunakan teknik
compression molding dengan variasi fraksi berat serat untuk PP adalah 20wt%, 30wt% dan 40wt%. Pengukuran sifat lentur, desorpsi dan absorpsi air dilakukan pada komposit PP dan PP/SDN. Hasil pengukuran densitas, bahan komposit dikelompokkan dalam papan serat kerapatan tinggi (PSKT) berdasarkan SNI 01-4449-2006. Dari variasi fraksi berat serat pada penelitian ini, kekuatan lentur tertinggi dimiliki oleh komposit PP/SDN40% dengan nilai (4,89 ± 0,37) MPa, meningkat sebesar 153,37% dibandingkan dengan PP murni. Nilai desorpsi dan absorpsi air masing-masing (1,08 ± 0,12) % dan (8,83 ± 3,35) %. Hasil pengamatan mikroskop optik menunjukkan bahwa komposit mengalami kegagalan matriks pada permukaan sampel sesudah uji lentur.
ABSTRACTThe development of natural fiber reinforced composite research has shown significant results. Pineapple leaf fiber reinforced composites for non-structural application provide added value for Subang pineapple leaf fiber (PALF) waste. This study aimed to observe flexural strength, water absorption and desorption of composites which referred to the Indonesian National Standard (SNI). Alkali treatment on Subang PALF was performed to improve the interface bonding between PALF with polypropylene (PP), in which the PALF was soaked in 5% NaOH solution for 24 hours. Treated PALF and PP sheets were fabricated using compression molding (hot press) technique with the variation of fiber fraction to PP were 20 wt%, 30 wt% and 40 wt%. Flexural property, desorption and absorption water tests were conducted on PP and PP/PALF composites, and optical microscope (OM) observation was performed on the surfaces after the flexural test was conducted. The highest flexural strength was (4.89 ± 0.37) MPa, these values shown an increased respectively by (153,37) % compared to the pure PP. Then the desorption and the absorption water tests were (1,08 ± 0,12) % and (8,83 ± 3,35) % respectively. The morphology composites indicated that matrix failure it caused by there was a strong enough interface bond between the fiber and matrix."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T52150
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ayunda Nurvitasari
"Sosial media tidak hanya menjadi sarana informasi efisien yang menghubungan satu dengan yang lain tetapi juga sebuah medium representasi diri. Penelitian ini merupakan upaya untuk menganalisis konstruksi identitas online di sosial media, khususunya pengguna Twitter, sebagai implikasi penggunaan sosial media. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian diri (self-assessment) untuk mengidentifikasi tujuan penggunaan dan aktivitas pengguna Twitter, diikuti dengan penjelasan lebih lanjut dan interpretasi terkait dengan permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Twitter memfasilitasi penggunanya untuk mengeksplor representasi diri online mereka secara bebas. Di samping itu, konstruksi identitas di Twitter mencakup karakteristik-karakteristik selektif representasi diri, yakni asynchronous dan reduced cues. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa konstruksi identitas adalah sebuah upaya memperoleh pengakuan dari orang lain sebab sangat terpengaruh oleh kehadiran sosial (social presence). Walaupun demikian, penting untuk mempertimbangkan representasi diri online sebagai sebuah dimensi baru dari identitas seseorang yang tidak kalah nyata dari identitas offline berdasarkan fakta bahwa keberadaan dunia online dan offline akan cenderung saling terkait dan terhubung satu sama lain.
Social media has not only become an efficient communication tool that connects people but also a medium of self-representation. This paper attempts to examine the construction of online identity on social media, specifically Twitter users, as the implication of social media use. This research uses self-assessment approach to identify Twitter users? purposes and activities while using the particular social media platform, followed by further explanation and interpretation in relation to the matter. The findings suggest that Twitter platform enables its? users explore their online self-representation more freely. In addition, the identity construction on Twitter involves both characteristics of selective self-representation, namely asynchronous and reduced cues. The result also considers online identity construction as an attempt to attain acceptance from others since it is highly influenced by social presence. However, it?s important to think of online self-representation as a new dimension of one?s identity which is as real as the offline identity based on the fact that the nature of online and offline world are likely to intertwine and overlap one another."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Angga Allensyah Putra
"[
ABSTRAKPentingnya sebuah karya film memang tidak dapat dipungkiri lagi. Film telah menjadi media dalam pembentukan nilai yang tercermin dari budaya-budaya yang ada di dunia sehingga menghasilkan genre film yang sangat luas, menarik minat beberapa kalangan orang yang memandang film lebih dari yang semestinya, lebih dari fungsinya sebagai hiburan dan lebih kepada fungsi edukasi yang terkait di dalamnya. Dari pengamat, pelajar dan pembuat film berkumpul untuk merayakannya sampai Industri Kapitalis Hollywood beserta politik yang terkait di banyak Negara terhadap industri film menutup akses terhadap sinema dunia dan membuat kalangan ini mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap film. Criterion Collection sebuah perusahaan distribusi film muncul sebagai juru selamat bagi kalangan tadi dan menjadikan mereka Komunitas Merek dimana terdapat fungsi dari Komunitas Virtual karena Criterion Collection ikut menyediakan banyak online channel yang dibutuhkan para fans untuk berbagi. Dengan menggunakan 2 teori dari Komunitas Merek dan Komunitas Virtual, kamu mencoba untuk mengukur pengaruh Komunitas Virtual terhadap perkembangan Komunitas Merek yang dimiliki oleh Criterion Collection
ABSTRACTThe Importance of Film in today’s world is inevitable. Film has become a media in the creation of value reflected by cultures all over the world offering vast array of film genre, gaining interests of certain people who view film more than it should be, more than just an entertainment, and more to educational sense. All these film enthusiasts, scholar and filmmakers gather to cherish it all before the Hollywood capitalist industry integrated with politics in every country shutted the access of world cinema leading its fans to search for alternative to fulfill their needs. Criterion Collection arise as the savior of film enthusiasts gaining cult-following known as Brand Community and shortly become Virtual Community for Criterion Collection provide online media the fans needed. Using 2 theories of Brand Community and Virtual Community, we try to measure the Virtual Community effect in the establishment of Criterion Collection Brand Community., The Importance of Film in today’s world is inevitable. Film has become a media in the creation of value reflected by cultures all over the world offering vast array of film genre, gaining interests of certain people who view film more than it should be, more than just an entertainment, and more to educational sense. All these film enthusiasts, scholar and filmmakers gather to cherish it all before the Hollywood capitalist industry integrated with politics in every country shutted the access of world cinema leading its fans to search for alternative to fulfill their needs. Criterion Collection arise as the savior of film enthusiasts gaining cult-following known as Brand Community and shortly become Virtual Community for Criterion Collection provide online media the fans needed. Using 2 theories of Brand Community and Virtual Community, we try to measure the Virtual Community effect in the establishment of Criterion Collection Brand Community.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Purwadi
"Kinerja (performance) suatu situs web adalah pengalaman pengguna yang menarik untuk diteliti karena menjadi salah satu pengukuran penting dari perspektif pengguna. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini pun bertujuan untuk meneliti pengalaman pengguna situs web dari sisi analisis faktor dan pengaruh pengalaman pengguna mengakses situs web. Penelitian ini menguji empat skema, yaitu: (a) faktor-faktor bagian dari pengalaman pengguna situs web, (b) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kepercayaan kepada brand, (c) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap kembali ke situs web, dan (d) pengaruh pengalaman pengguna situs web terhadap membagikan situs web ke pengguna lain. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Kuesioner penelitian bertipe daring dengan skala Likert tujuh kategori respons. Populasi penelitian ini berjumlah 300 jurnalis dengan sampel penelitian adalah sensus. Pengolahan data penelitian memanfaatkan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.0. Uji hipotesis penelitian menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini, pertama adalah ada delapan faktor yang menjadi bagian signifikan dari pengalaman pengguna situs web, yaitu emosi pengguna, hedonis, desain, nilai pengguna, usability, kecepatan akses, nilai publik, dan budaya. Kedua, pengalaman pengguna situs web terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada brand, kembali ke situs web, dan membagikan situs web ke pengguna lain. Ketiga, terbentuknya empat skema yang dapat menjadi cikal-bakal model pengalaman pengguna situs web.
The performance of a website is an interesting user experience to be investigated because it becomes one of the important measurements from the user's perspective. Based on this, this study aims to examine the user experience of the website in terms of factor analysis and the influence of user experience accessing the website. This study examines four schemes, namely: (a) the factors part of the website user experience, (b) the influence of the website user experience on brand trust, (c) the influence of the website user experience on returning to the website, and (d) the influence of the website user experience on sharing the website with other users. This research approach is quantitative with survey methods. This type of research is explanatory research. The research questionnaire is online type with a Likert scale of seven response categories. The population of this research is 300 journalists with the census sample as the research sample. The research data processing uses Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version 25.0. The research hypotheses test use confirmatory factor analysis (CFA) and simple linear regression test. The results of this study, first, there are eight factors that are a significant part of the website user experience, namely user emotions, hedonic, design, user values, usability, speed of access, public values, and culture. Second, the website user experience has proven to have a significant effect on brand trust, returning to the website, and sharing the website with other users. Third, the formation of four schemes that can be the forerunner of the website user experience model. "
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library