Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 43502 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nursifaa Miranti Azzahra
"Globalisasi merek prestise yang berkembang menciptakan minat yang meningkat bagi pemasar dalam menanggapi rangsangan pemasaran oleh pengaruh dan nilai anteseden yang berbeda. Selain itu, tidak adanya definisi yang jelas tentang apa yang membuat nilai prestise dan kurangnya langkah fungsional prestise yang akurat dan tervalidasi telah menghambat perluasan studi dalam penelitian manajemen merek dan dengan demikian, implementasi pemasaran praktis. Studi ini memberikan kontribusi dalam menganalisis dan mengidentifikasi nilai-nilai yang dipersepsikan utama yang mendefinisikan konsep prestise ke literatur terkini tentang konsumsi prestise dan menyajikan perspektif tentang mengapa orang tergoda oleh produk prestise dan nilai tambahan apa yang mereka berikan.

The growing globalization of prestige brands creates an increasing interest for marketers in responding to marketing stimuli by different antecedent influences and value. Subsequently, the absence of a perspicuous definition of what makes a prestige value and the lack of accurate and validated prestige functional steps have hindered the expansion of study in brand management research and thereby the practical marketing implementation. This study provides a contribution in analyzing and identifying the key perceived values that define the concept of prestige to current literature on prestige consumption and presents perspectives on why people are seduced by prestige products and what additional values do they deliver."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Irdina Tiara Putri
"Kehadiran media sosial meningkatkan kesempatan pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara lebih kreatif dan inovatif. Peningkatan media sosial juga menghadirkan definisi baru terhadap kemunculan artis di media sosial yang dikenal sebagai Youtuber dan juga Celebgram dalam platform Youtube dan Instagram. Fenomena ini mendorong pemasar untuk melakukan endorsement terhadap influencer di media sosial. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh Youtuber dan Celebgram dalam bentuk interaksi parasosial parasocial interaction yang terjadi antara influencer terhadap followersnya dalam membentuk persepsi dan niat beli konsumen terhadap produk yang di endorse para influencer. Untuk itu, penelitian ini mengembangkan model penelitian yang melihat pengaruh parasocial interaction terhadap brand perception. Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structual Equation Modelling SEM , data penelitian didapat dari hasil survey dengan menyebarkan kuesioner kepada wanita berusia 18 hingga 34 tahun. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa atribut dari PSI yaitu ketertarikan fisik, sosial, dan sikap homofili dapat mempengaruhi persepsi merek dan pada akhirnya mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Social media presence increases the chances businesses to market their products in a more creative and innovative way. Increased social media also presents a new definition to the emergence of artists in social media known as YouTuber and also Celebgram in Youtube and Instagram. This phenomenon encourages marketers to make endorsement to Youtuber and Celebgram. This study aimed to determine the effect YouTuber and Celebgram in the form of interaction parasosial parasocial interaction that occurs between the influencer to their followers in shaping consumer perceptions and purchase intentions for the product that was endorsed by the influencers. Therefore, this study developed a research model that saw parasocial interaction effect on brand perception. The models were developed and then validated using structual Equation Modeling SEM , the research data obtained from the survey by distributing questionnaires to women aged 18 to 34 years. The results of this study confirm that the attributes of the PSI that is, physical attractiveness, social and homophile attitude can affect brand perception and in turn encourage consumers to make purchases."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adeline
"Restoran menjadi salah satu sektor bisnis yang sangat terdampak oleh Pandemi COVID-19. Restoran all you can eat termasuk jenis restoran yang mengalami penurunan jumlah pengunjung yang drastis akibat pandemi. Dibutuhkannya strategi bisnis yang disesuaikan pada perilaku konsumen selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perceived safety & brand trust, fair price, perceived risk, government trust, dan solidarity with restaurant sector terhadap intention to visit restoran all you can eat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner terhadap 150 responden secara online untuk mengumpulkan data. Data diolah menggunakan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukan perceived safety & brand trust, fair price, government trust, dan solidarity with restaurant sector secara parsial berpengaruh positif terhadap intention to visit restaurant. Selanjutnya perceived risk berpengaruh negatif terhadap intention to visit restaurant. Perceived safety & brand trust, fair price, perceived risk, government trust, dan solidarity with restaurant sector berpengaruh signifikan secara simultan terhadap intention to visit restaurant. Faktor-faktor tersebut selanjutnya harus diperhatikan oleh restoran all you can eat dalam menarik minat konsumen untuk berkunjung.

Restaurant is one of the most business sector that affected by COVID-19 pandemic. All You Can Eat is one of restaurant type that has a drastic decrease in the number of visitors due to the pandemic. Therefore, an adapted strategy is needed based on consumer’s behaviour during the pandemic. This study aims to examine the effect of perceived safety and brand trust, fair price, perceived risk, government trust, and solidarity with restaurant sector toward consumer’s intention to visit all you can eat restaurant. This study uses a quantitative approach by conducting online survey through distributing questionnaires in order to collect the data from 150 respondents. The data was processed using SPSS software version 26.0. The results showed that perceived safety and brand trust, fair price, government trust, and solidarity with restaurant sector partially had a positive effect toward consumer’s intention to visit all you can eat restaurant. Furthermore, perceived risk had a negative effect toward consumer’s intention to visit all you can eat restaurant. Perceived safety and brand trust, fair price, perceived risk, government trust, and solidarity with restaurant sector had a significant simultaneous effect toward consumer’s intention to visit all you can eat restaurant. These factors must be considered by all you can eat restaurant for attracting consumers to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariesa Putri Andini
"Industri fesyen adalah salah satu kontributor utama pada sektor ekonomi kreatif di Indonesia. Produk domestik bruto (PDB) industri tekstil dan pakaian jadi mencapai Rp35,17 triliun pada kuartal II tahun 2022. Tren fesyen di Indonesia pada mulanya banyak mengadaptasi gaya busana masyarakat luar negeri. Namun tren ini mulai bergeser dengan munculnya banyak merek lokal yang mulai dikenal oleh masyarakat. Co-branding merupakan strategi pemasaran yang populer digunakan oleh para pemasar untuk mengenalkan produknya. Terdapat banyak merek fesyen lokal di Indonesia yang berkolaborasi dengan influencers media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor co-branding apa saja yang dapat memengaruhi pembelian konsumen terhadap produk kolaborasi merek fesyen lokal dengan social media influencers (SMI). Model penelitian dibangun menggunakan teori reasoned action dan teori co-branding untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Analisis sebanyak 206 data responden dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor SMI expertise mempengaruhi perceived fit yang lebih lanjut memengaruhi attitude towards co-brand dan purchase intention. Sedangkan faktor brand coolness, self-brand connection with influencers dan product involvement tidak ditemukan mempengaruhi perceived fit.

The fashion industry is one of the main top contributors to the creative economy sector in Indonesia. The gross domestic product (GDP) of the textile and apparel industry reached IDR 35.17 trillion in the second quarter of 2022. At the beginning of its development, Indonesian fashion trends still adapted many foreign fashion styles. However, this trend began to shift with the emergence of many local brands that began to be recognized by the public. Co-branding is a popular marketing strategy used by marketers to introduce their products. There are many local fashion brands in Indonesia that collaborate with social media influencers to reach more consumers. This research was conducted to find out what co-branding factors can influence consumer purchases of local fashion brand collaboration products with social media influencers (SMI). The research model was built using reasoned action theory and co-branding theory to understand the factors that influence purchase intention. The research was conducted quantitatively by distributing questionnaires online. Analysis of 206 respondent data was carried out using the Partial Least Square (PLS-SEM) method. The results showed that the SMI expertise factor affects perceived fit which further affects attitude towards co-brand and purchase intention. While the factors of brand coolness, self-brand connection with influencers and product involvement were not found to affect perceived fit."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andriati Suryadewi Soejanto
"Perkembangan industri luxury fashion menunjukan peningkatan ditandai dengan banyaknya gerai luxury fashion yang masuk dan berkembang di pasar Indonesia. Masyarakat Indonesia dikenal dengan gaya konsumerisme khususnya pada kelas menengah sebagai penggerak ekonomi. Hal tersebut menjadikan Indonesia target bagi merek-merek luxury fashion untuk mengembangkan pasar Indonesia. Untuk meningkatkan penjualan, pelaku bisnis luxury fashion harus mengetahui faktor-faktor pendorong pembelian sehingga dapat membuat strategi untuk meningkatkan penjualan. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui faktor yang mendorong sikap terhadap barang luxury fashion pada kelas menengah yaitu: brand consciousness, materialism, social comparison, fashion innovativeness, fashon involvement, dan need for uniqueness. Hasilnya adalah brand consciousness, materialism, fashion involvement dan need for uniqueness terbukti signifikan sebagai faktor yang dapat mendorong sikap kelas menengah terhadap barang luxury fashion sedangkan social comparison dan fashion innovativeness tidak mempengaruhi terhadap sikap terhadap barang luxury fashion.

The development of luxury fashion industry showed an increase in the number of luxury fashion brands that expand in Indonesian market. Indonesian people are famous of their consumerism behaviors especially in the middle class as an economic driver. It makes Indonesia as a target for luxury fashion brands to develop their brand in the Indonesian market. To increase sales, business people in luxury fashion should know the factors driving the purchase so they can make strategies to increase their sales. Therefore, this study was conducted in order to determine the factors that encourage attitude towards luxury fashion goods in the middle class. Factors to be tested are brand consciousness, materialism, social comparison, fashion innovativeness, fashon involvement, and need for uniqueness. The result is brand consciousness, materialism, fashion involvement and need for uniqueness proved as significant factors that can encourage attitudes towards luxury fashion goods in the middle class while social comparison and fashion innovativeness does not affect the attitude towards luxury fashion good. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Katarina Bondan Amikatsih Kusuma
"Seiring perkembangannya, industri film di Indonesia mulai menunjukkan potensi dan kualitasnya. Antusiasme para penonton juga menyemarakkan proses pertumbuhan industri ini. Meskipun banyak film dikembangkan oleh pembuat film sebagai brand melalui kombinasi formula berbagai elemen brand yang menarik menurut konsumen, sebagian besar film hanya dikonsumsi sebagai film oleh penontonnya, dan gagal diidentifikasi atau dilibatkan oleh konsumen sebagai suatu brand. Identifikasi brand film mengacu pada kondisi dimana konsumen menganggap film sebagai brand. Kondisi ini ditandai dengan pengakuan konsumen terhadap makna simbolis brand serta kemampuan brand untuk mengekspresikan dan meningkatkan identitas konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini akan menganalisis lebih lanjut salah satu film Indonesia berjudul “Filosofi Kopi” yang berhasil hadir secara nyata sebagai brand dalam wujud kedai kopi di daerah Melawai, Jakarta. Dengan kajian literatur dari penelitian sebelumnya, hasil penelitian ini menemukan bahwa consumer engagement memainkan peranan krusial dalam proses pembangunan film branding pada sebuah brand film.

With the development of the Indonesian film industry, it began to show its potential and quality. The enthusiasm of the audience also brightened the process of this industry's growth. Although many films are developed by filmmakers as brands through the combination of various brand elements that appeal to consumers, most films are only consumed as films by their audiences, and fail to be identified or engaged by consumers as a brand. Film brand identification refers to the condition in which consumers perceive film as a brand. This condition is characterized by consumer recognition of the brand's symbolic meaning and the brand's ability to express and enhance consumer identity. Therefore, this study will further analyze one of the Indonesian films entitled “Filosofi Kopi” which was successfully identified as a brand in the form of a coffee shop in the Melawai area, Jakarta. By reviewing the literature from previous studies, the results of this study found that consumer engagement plays an important role in the process of developing film branding on a film brand."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Kurnia Widyasari
"Penelitian ini membahas sikap konsumen milenial terhadap heritage luxury brand dan motivasi pembelian konsumen terhadap heritage luxury brand, dengan melakukan studi pada merek Louis Vuitton. Melalui pendekatan kualitatif dan wawancara mendalam dengan informan yang merupakan milenial sekaligus konsumen dari merek Louis Vuitton, peneliti ingin mengeksplorasi bagaimana sikap milenial terhadap heritage luxury brand dan bagaimana motivasi pembelian yang dimiliki milenial dalam mengonsumsi produk Louis Vuitton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, motivasi pembelian milenial terhadap produk heritage luxury brand didasari oleh karakteristik dari produk atau merek, terutama dari segi kualitas, ketahanan, dan value yang dimiliki produk, yang dinilai klasik serta timeless. Selain itu, kelompok sosial juga menjadi salah satu elemen yang mendorong adanya motivasi pada milenial dalam mengonsumsi heritage luxury brand. Secara umum, motivasi pembelian milenial terhadap heritage luxury brand sebagian besar didorong oleh karakteristik produk itu sendiri.

This research discusses millennials’ consumer attitudes and purchase motivation towards heritage luxury brands by conducting a study on Louis Vuitton. Through a qualitative approach and in-depth interviews with informants who are, as well, consumers of Louis Vuitton, this study explores millennials’ behavior towards heritage luxury brands and the motivation behind their purchase of Louis Vuitton products. The result shows that mostly, the purchase motivation is driven by the product value, especially in terms of quality, durability, and the inheritance value, which describes the sustainability and timelessness of the products. In addition, social group is also one of the elements that motivates millennials to consume heritage luxury brand. In general, millennials take hold of motivation towards heritage luxury brand heritage that mostly relies on the characteristics of the product.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadira Salsabila Zulhambri
"Meningkatnya kolaborasi antara perusahaan dan organisasi amal telah menjadi tren global di mana istilah Cause-Related Marketing (CRM) digunakan untuk menjelaskan fenomena ini. Karena strategi ini menjadi tren di seluruh dunia, pemasar perlu memahami apakah peranbudaya (misalnya self-construal) pada perilaku pembelian dan perspektif kegiatan CRM mereka akan berbeda di seluruh pasar. Untuk menjawab masalah ini, studi ini menyelidiki efek dari self-construals pada niat mereka untuk membeli produk CRM dan sikap merek terhadap CRM dengan mengoperasionalkan self-construals menggunakan data lintas negara. Selain itu, peran emosi (misalnya empati) diperhitungkan dalam menengahi hubungan ini. Dengan melakukan survey dengan partisipan dari Indonesia (saling bergantung) dan Belanda (independen), penelitian ini mengungkapkan dukungan dari literatur sebelumnya bahwa self-construals yang saling bergantung (Interdependent Self-construal) memiliki niat yang lebih tinggi untuk membeli produk CRM dari pada self-construals independen dan hubungan diberikan melalui peran mediasi empati. Meskipun self-construals tidak berbeda secara signifikan pada sikap mereka terhadap merek yang mempraktikan CRM, empati ditemukan menjadi faktor yang menengahi interpretasi diri yang saling bergantung untuk memiliki sikap yang lebih menguntungkan terhadap merek yang mempraktikkan CRM dari pada interpretasi diri independen. Praktis, pemasar disarankan untuk fokus pada penerapan strategi CRM di negara di mana strategi CRM dipandang lebih menguntungkan dan menguntungkan.

The rise of collaboration between companies and charitable organizations has become a global trend where the term Cause-Related Marketing (CRM) is used to explain this phenomenon. As this strategy becomes a worldwide trend, the marketers need to understand whether the role of culture (e.g. self-construal) on their buying behavior and perspectives of CRM activities will differ across markets. To answer the problem, the current study investigates the effect of self-construals on their intention to purchase CRM products and brand attitudes towards CRM by operationalizing the self-construals using cross-country data. Besides, the role of emotion (e.g. empathy) was taken into account in mediating these relationships. By conducting surveys with Indonesian (interdependent) and the Netherlands (independent) participants, the present study reveals support from previous literature that the interdependent self-construals have higher intention to purchase CRM products than the independent self-construals and the relationship is exerted through the mediating role of empathy. Although self-construals do not differ significantly on their attitudes towards brand practicing CRM, empathy was found to be the factor mediating the interdependent self-construals to have more favorable attitudes towards brand practicing CRM than the independent self-construals. Practically, marketers are recommended to focus on implementing the CRM strategy in a country where the CRM strategy is viewed as more favorable and profitable."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Radityo Bagus
"Aaker (1997) menemukan sebuah fenomena dimana merek seringkali dianggap sebagai makhluk hidup dan memiliki kepribadian layaknya manusia. Fenomena ini diberi nama Brand Personality. Pada studi ini, diajukan cara baru dalam menentukan Brand Personality dari sebuah merek produk, yaitu melalui persepsi terhadap individu pemilik produk tersebut. Studi ini dilakukan pada satpam yang bertugas di area parkir mobil atau bertugas di dalam gedung dan bisa melihat mobil (n=77). Responden diminta untuk mengisi kuesioner yang terdiri atas dua bagian besar, dibedakan berdasarkan urutan gambar mobil (Mercy - Kijang atau Kijang - Mercy). Setiap gambar mobil disertai dengan tiga alat ukur, yaitu BFI-10 (Big Five Inventory-10), closed ended questions, dan alat ukur Brand Personality. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa persepsi sosial yang diduga muncul terbukti, antara lain persepsi etnis, agama, serta pada Brand Personality merek Mercedes-Benz dan Toyota Kijang.

Aaker (1997) discovered a phenomena when brands are sometimes perceived as a human being and has personality just like humans do. This phenomena is called Brand Personality. In this study, we propose a new way in defining the personality of a brand, based on people perception of the car owner. This study was done to security guards whose area of work vary from parking lot to those whose area of work is inside the building but still able to see the cars parked outside (n=77). Respondents were asked to fill the questionnaires which consists of two big parts, differed by the sequence of the car pictures, whether it's Mercedes-Benz - Toyota Kijang, or Toyota Kijang - Mercedes-Benz. Each picture of the car is followed by three inventories. Big Five Invemtory-10, some closed-ended questions, and Brand Personality inventory. This study found that from social perceptions we hypothesized, only three are proved to be true, such as etnic perception, religion perception, and the brand personality of Mercedes-Benz and Toyota Kijang."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S42483
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Amirah Hana Mufidahtulhaq
"Selama beberapa tahun terakhir perkembangan hubungan konsumen-merek (consumer–brand relationship) telah menjadi fokus teori branding dalam literatur pemasaran dalam rangka mengatasi lingkungan usaha yang semakin kompetitif. Ekuitas merek disebut sebagai alat terbaik yang bertindak sebagai pembeda yang menguntungkan (Aggarwal Sharma et al., 2013) dan kuat untuk menjaga hubungan konsumen-merek (consumer-brand relationship). Selain itu disebutkan pula bahwa pengalaman merek (brand experience) dan ekuitas merek berbasis konsumen (consumer-based brand equity) memiliki kepentingan yang sama untuk menjaga hubungan konsumen-merek (Altaf et al., 2017). Penelitian ini mencoba menyelidiki peran pengalaman merek dalam ekuitas merek berbasis konsumen (CBBE) pada produk perawatan diri halal khusus pria dalam rangka mengidentifikasi komponen penting dari ekuitas merek yang disarankan oleh Aaker (1991) dan Keller (1993) yang mengkombinasikan pengaruh dari loyalitas merek untuk mengelola ekuitas merek secara keseluruhan pada produk perawatan diri khusus pria. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan survei hasil olahan 251 responden pengguna produk Kahf di Indonesia yang dipertimbangkan untuk analisis data. Metode analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) untuk melihat hubungan antar variabel dan moderasi dengan menggunakan aplikasi IBM AMOS 26 dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas, citra merek, pengalaman merek, loyalitas merek dan kesadaran merek berhubungan positif dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek secara keseluruhan. Disimpulkan bahwa bahwa persepsi kualitas merupakan variabel penting dalam pengelolaan CBBE pada produk perawatan diri Halal khusus Pria untuk meningkatkan ekuitas merek secara keseluruhan.

Over the last few years the evolution of consumer-brand relationships has become the focus of branding theory in the marketing literature in order to tackle an increasingly competitive business environment. Brand equity is claimed as the best tool that acts as a profitable differentiator (Aggarwal Sharma et al., 2013) and strong for maintaining consumer-brand relationships. In addition, brand experience and consumer-based brand equity were declared have the same importance in maintaining consumer-brand relationships (Altaf et al., 2017). This study tries to find the role of brand experience on consumer-based brand equity (CBBE) in Halal Personal Care for Men Product to identify the importants elements of brand equity suggested by Aaker (1991) and Keller (1993), which combined the effect of brand loyalty on managing overall brand equity in men's personal care products. Researchers conducted a quantitative study with a survey of the results of 251 respondents Kahf products user in Indonesia. The analytical method used in this research is the Structural Equation Model (SEM) to see the relationship between variables and moderation using IBM AMOS 26 and SPSS applications. The results revealed that perceived quality, brand image, brand experience, brand loyalty, and brand awareness; were positively related and had a significant effect on overall brand equity. Perceived quality is claimed an important variable in the management of CBBE on male-specific Halal personal care products to increase overall brand equity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>