Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183548 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andini Ayuningtyas
"Salah satu konten media visual Korea Selatan, yaitu drama, memiliki kepopuleran yang tinggi di di Indonesia. Melalui penelitian ini, peneliti menguji atribut apa sajakah yang melekat pada drama Korea Selatan yang dapat mempengaruhi sikap konsumen, citra negara asing, dan niat perilaku konsumen diantaranya acceptance intention towards Korean visual media contents, intention to purchase drama-related products, dan intention to visit drama destinations. Hasilnya ditemukan bahwa hanya atribut affection dan affinity memiliki pengaruh yang positif terhadap sikap dan perilaku konsumen serta citra negara Korea Selatan yang positif. Namun, atribut familism tidak ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan di dalam penelitian ini.

South Korea's visual media content, namely drama, has high popularity in Indonesia. Through this study, researchers examine what attributes of South Korean dramas that can affect consumer attitudes, perceived national image, and consumer behavioral intention such as acceptance of intentions towards Korean visual media contents, intention to purchase drama-related products, and intention to visit drama destinations. destinations. This study found that affection and affinity have a positive influence towards consumer attitudes and behavioral intention as well as a positive image of South Korea. However, the familism attribute was not found to have a significant effect in this study."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Rizka Destiana
"Sertifikasi halal memberikan jaminan kepada konsumen, baik Muslim maupun non-Muslim, bahwa bahan yang digunakan dan proses produksinya sesuai dengan syairah. Sertifikasi halal juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk sehingga mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Akan tetapi, sertifikasi halal bukan menjadi satu-satunya determinan yang mempengaruhi keputusan pembelian bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut intrinsik (product ingredient dan sensory attribute) dan atribut ekstrinsik (packaging, labelling, brand name, dan country of origin) dengan purchase intention melalui attitude terhadap makanan bersertifikat halal. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh Bukhari et al. (2021) dengan menggunakan Theory Reasoned Action (TRA) dan penambahan variabel country of origin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan program yang digunakan adalah SmartPLS. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan metode non-probability purposive sampling. Responden penelitian ini merupakan 192 generasi milenial muslim yang tidak memperhatikan sertifikat halal ketika melakukan pembelian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa product ingredient dan sensory attribute berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Sedangkan, labelling dan brand name tidak berpengaruh secara langsung terhadap purchase intention, tetapi berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui variabel attitude. Packaging hanya berpengaruh signifikan terhadap attitude, tetapi tidak signifikan terhadap purchase intention. Sementara itu, country of origin tidak signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap purchase intention.

Halal certification provides assurance to consumers, both Muslim and non-Muslim, that the ingredient used and the production process are in accordance with the Shari'ah. Halal certification can also increase consumer confidence in the product so that it affects consumer decisions in buying a product. However, halal certification is not the only determinant that influences purchasing decisions for consumers. This study aims to determine the effect of intrinsic attributes (product ingredient and sensory attribute) and extrinsic attributes (packaging, labelling, brand name, and country of origin) on purchase intention through attitude towards halal-certified food. This research is a development of the previous research conducted by Bukhari et al. (2021) by using Theory Reasoned Action (TRA) and adding country of origin as variable. This research uses a quantitative descriptive method with Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) analysis technique and the program used is SmartPLS. The data collection method was carried out by distributing online questionnaires with a non-probability purposive sampling method. The respondents are 192 Muslim millennial generations who don’t pay attention to halal certificates when making purchases. The findings of this study indicate that product ingredients and sensory attributes have a positive and significant effect on purchase intention, either directly or indirectly. Meanwhile, labelling and brand name do not have a direct effect on purchase intention, but have a significant indirect effect through the attitude variable. Packaging only has a significant effect on attitude, but is not significant on purchase intention. Meanwhile, country of origin is not significant either directly or indirectly on purchase intention."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik Dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elszuary Abrar Uzi Zulkarnain S.P.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah afinitas konsumen dan etnosentrisme serta citra negara asing mampu mempengaruhi perilaku konsumen di Indonesia terkait persepsi resiko dan keinginan membeli produk asing negara afinitas. Model acuan merujuk kepada studi Oberecker dan Diamantapoulos (2011). Negara afinitas yang dijadikan objek penelitian adalah Negara Jepang. Jumlah sampel responden penelitian berjumlah 164 responden. Desain penelitian menggunakan model SEM dengan pendekatan CFA (confirmatory factor analysis). Hasil analisis menunjukkan jika pada sisi afeksi, pengaruh etnosentrisme berperan lebih dominan daripada afinitas dalam mempengaruhi perilaku konsumen. Sementara pada sisi kognisi, citra produk suatu negara mampu membangkitkan hasrat konsumen untuk mengkonsumsi produk asing.

This research aims to determine whether the consumer affinity and ethnocentrism as well as the image of a foreign country are able to influence consumer behavior in Indonesia related to the perceived risk and willingness to buy foreign products from the affinity country. Our model refers to the study of Oberecker & Diamantapoulos (2011). Japan would be the object of affinity country. Total sample of respondents were 164 respondents. The study design uses SEM Model with CFA approach (confirmatory factor analysis). The results show us that the ethnocentrism has dominant affection role compared to affinity in order to influence consumer behavior meanwhile, the product country image has cognition role to evoke consumer desire to consume foreign products.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T42542
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabina Najwa Gahara
"Penelitian ilmiah makin banyak dilakukan terhadap user-generated content (UGC), khususnya terhadap platform media sosial TikTok. Salah satu kategori konten populer di TikTok merupakan konten ulasan makanan. Konsumen makin bergantung pada opini dan pengalaman nyata konsumen lain sebelum memutuskan suatu pembelian. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh user-generated content ulasan makanan di TikTok terhadap niat pembelian konsumen. Jurnal makalah ini berbasis tinjauan literatur yang didasarkan pada Social Proof theory dan perceived credibility. Peneliti menemukan beberapa faktor UGC yang dapat memengaruhi niat pembelian, seperti tiga karakteristik UGC ulasan makanan di TikTok (visual appeal, autentisitas, engagement), persepsi kredibilitas dari UGC terhadap niat pembelian, peran visual dan interaktivitas dalam kredibilitas ulasan makanan, serta aktivitas dan interaksi pengguna terhadap UGC yang secara kolektif memperkuat social proof, hingga akhirnya meningkatkan niat pembelian konsumen. Temuan menunjukkan bahwa karakteristik UGC ulasan makanan di TikTok menjadi bukti sosial dan memengaruhi persepsi kredibilitas yang berpengaruh secara positif terhadap niat pembelian konsumen. Studi selanjutnya disarankan untuk mendalami perspektif, konsep-teori, dan fokus lain dalam mengkaji user-generated content terhadap variabel lain.

Scientific research is increasingly being conducted on user-generated content (UGC), especially on the TikTok social media platform. One of TikTok's popular content categories is food review content. Consumers increasingly rely on the opinions and real experiences of other consumers before deciding on a purchase. This study aims to identify the influence of user-generated food review content on TikTok on consumer purchase intentions. This paper journal is based on a literature review that is based on Social Proof theory and perceived credibility. Researchers found several UGC factors that can influence purchase intentions, such as three characteristics of UGC food reviews on TikTok (visual appeal, authenticity, engagement), perceived credibility of UGC on purchase intentions, the role of visuals and interactivity in the credibility of food reviews, and user activity and interaction with UGC that collectively strengthen social proof, ultimately increasing consumer purchase intentions. The findings show that the characteristics of UGC food reviews on TikTok serve as social proof and influence perceived credibility which has a positive effect on consumer purchase intentions. Further studies are suggested to explore other perspectives, concepts-theories, and focus on examining user-generated content against other variables."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Soly Deo Glory
"

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah atribut kualitas layanan elektronik pada situs website mobil mewah resmi akan mempengaruhi kepuasan pelanggan (e-satisfaction), dan apakah kepuasan pelanggan pada situs website resmi mobil mewah (e-satisfaction) akan mempengaruhi loyalitas pelanggan (e-loyalty), dan apakah loyalitas pelanggan pada website resmi (e-loyalty) akan membentuk pengaruh positif terhadap brand attitude pada merek mobil mewah. Studi ini berfokus pada konsumen mobil mewah aktual yang memiliki mobil mewah atau pernah membeli mobil mewah dengan kriteria mobil mewah memiliki kapasitas mesin sama dengan atau lebih dari 3000cc dengan harga sama dengan atau lebih dari 1 Milyar Rupiah, dan dengan kriteria lainnya yaitu konsumen harus telah mengunjungi situs web resmi mobil mewah dalam enam bulan terakhir. Melalui survei online, penulis meminta responden untuk mengevaluasi persepsi mereka tentang atribut layanan elektronik yang tersedia pada situs web resmi merek mobil mewah berdasarkan pengalaman mereka dengan situs tersebut. Sebanyak 423 responden diperoleh. Dari sembilan dimensi kualitas layanan elektronik yang diidentifikasi, deskripsi produk, presentasi produk, efisiensi, dan customer service pada website adalah dimensi signifikan yang mempengaruhi keseluruhan konsumen mobil mewah dalam kepuasan elektronik. E-satisfaction mempengaruhi e-loyalty, tetapi e-loyalty tidak signifikan mempengaruhi brand attitude. Meskipun pertumbuhan penggunaan internet meningkat dan minat pada mobil premium dari berbagai kalangan masayrakat meningkat, hanya sedikit penelitian yang berfokus pada bagaimana konsumen mobil mewah memandang situs website resmi perusahaan mobil mewah tersebut. Temuan penelitian ini memberikan implikasi praktis yang dapat dipertimbangkan bagi perusahaan merek mobil mewah dengan membuktikan bahwa dalam pertumbuhan teknologi dan penggunaan internet, strategi pemasaran dengan situs web resmi dapat berpengaruh pada kepuasaan dan loyalitas konsumen pada situs perusahaan.

Kata kunci: mobil mewah, website resmi, e-service quality, e-satisfaction, e-loyalty.


 

The purpose of this paper is to examine whether e-service quality attributes on the official luxury car website will affect customer satisfaction (e-satisfaction), and whether customer satisfaction on the official website of luxury cars (e-satisfaction) will affect customer loyalty (e-loyalty), and examine whether customer loyalty (e-loyalty) will form a positive affect to brand attitude on luxury car brands. This study focused on actual luxury consumers who have or have purchased luxury cars and have visited the luxury car official website in the past six month. An online survey asked participants to evaluate their perceptions of e- service quality attributes that is available on luxury car brands official sites based on their experience with the sites. Total 423 respondents obtained. Data processing is performed by using methods of Partial Least-Squares. First, measurement/ outer model to test the validity and reliability of the observed variables whether the observed variables can measure latent variables and to test the feasibility of indicators. The next method is inner model analysis to find out the relationship between variables and how the direct & indirect effects between variables. Of the nine e-service quality dimensions identified, product describe, product present, effectivity, and customer service were significant dimensions affecting luxury car consumers overall in e-satisfaction. E- satisfaction affecting e-loyalty, but e-loyalty were not significant affected brand attitude. Despite the growth of internet usage and the increasing interest in luxury consumption by consumers from a variety of demographic groups, little research has focused on how luxury consumers perceive luxury brands own official website and how luxury car brands develop their own official website sites to meet demographically dissimilar customers necessities and how luxury car brands build and establish luxury atmosphere inside the internet media. The findings of the study provide valuable practical implications to luxury car companies by proving that in the growth of technology and internet usage, the marketing strategy by website official is applicable to engage luxury consumers by noticed the e-service quality attributes to find out the e-service quality attributes that affected luxury customers satisfaction (e-satisfaction) and loyalty (e- loyalty).

 

 

Keywords luxury car, official website, e-service quality, e-satisfaction, e-loyalty.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransisca Erine Rahmanita
"[ABSTRAKbr
Skripsi ini membahas tentang pengaruh citra perusahaan induk, citra perusahaan
cabang di negara lain, dan perceived consumer image dari majalah Cosmopolitan
terhadap pemilihan produk yang dilakukan oleh konsumen. Di dalam variabel
citra perusahaan induk, citra perusahaan cabang di negara lain, dan perceived
consumer image terdapat indikator-indikator yang berujung pada pemilihan
produk majalah Cosmopolitan oleh konsumen. Penelitian ini menghasilkan
kesimpulan bahwa citra perusahaan induk dan citra perusahaan cabang di negara
lain tidak berpengaruh secara langsung dalam pemilihan produk yang dilakukan
oleh konsumen, namun perceived consumer image merupakan faktor yang
berpengaruh secara signifikan pada pemilihan produk oleh konsumen. Pada
penelitian ini juga terdapat implikasi manajerial serta saran bagi penelitian
selanjutnya.;This study discusses the influence of firm?s home business unit image, firm?s
foreign business unit image, and perceived consumer image of Cosmopolitan
magazine for consumer?s product choices. In the firm?s home business unit image,
firm?s foreign business unit image, and perceived consumer image variables,
there are indicators that led to the consumer?s product choices on Cosmopolitan
magazine. This research resulted in the conclusion that the firm?s home business
unit image and firm?s foreign business unit image have no direct influence in the
consumer?s product choices, but perceived consumer image is a factor which
significantly influence the consumer?s product choices. In this study, there are
also managerial implications and suggestions for further research.;This study discusses the influence of firm?s home business unit image, firm?s
foreign business unit image, and perceived consumer image of Cosmopolitan
magazine for consumer?s product choices. In the firm?s home business unit image,
firm?s foreign business unit image, and perceived consumer image variables,
there are indicators that led to the consumer?s product choices on Cosmopolitan
magazine. This research resulted in the conclusion that the firm?s home business
unit image and firm?s foreign business unit image have no direct influence in the
consumer?s product choices, but perceived consumer image is a factor which
significantly influence the consumer?s product choices. In this study, there are
also managerial implications and suggestions for further research., This study discusses the influence of firm’s home business unit image, firm’s
foreign business unit image, and perceived consumer image of Cosmopolitan
magazine for consumer’s product choices. In the firm’s home business unit image,
firm’s foreign business unit image, and perceived consumer image variables,
there are indicators that led to the consumer’s product choices on Cosmopolitan
magazine. This research resulted in the conclusion that the firm’s home business
unit image and firm’s foreign business unit image have no direct influence in the
consumer’s product choices, but perceived consumer image is a factor which
significantly influence the consumer’s product choices. In this study, there are
also managerial implications and suggestions for further research.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59179
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafsha Pia Sheridan
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh motif konsumen, yang mencakup motif tempat spesifik dan tanpa tempat spesifik, terhadap sikap konsumen dalam menggunakan online food delivery berbasis platform-to-consumer delivery serta bagaimana kelompok generasi usia dan gender memoderasi sikap konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menganalis data yang terkumpul dari 224 responden melalui survei. Responden pada penelitian ini merupakan individu yang termasuk dalam kelompok generasi Y (milenial) dan Z, pernah menggunakan aplikasi online food delivery, dan bertempat tinggal di area Jabodetabek. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structrual Equation Modelling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan terdapat adanya pengaruh dari motif konsumen tanpa lokasi spesifik, yaitu aspek kemudahan, hiburan, dan insentif, pada intensi pembelian online dan offline. Namun, tidak ditemukan adanya pengaruh dari motif konsumen dengan lokasi spesifik, yaitu etika dalam berbelanja dan keterikatan dengan lokasi, intenti pembelian online dan offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok generasi usia dan gender memoderasi motif konsumen tanpa lokasi spesifik terhadap sikap konsumen dalam menggunakan online food delivery.

This study was conducted with the aim of examining the influence of consumer motives, including both place-specific and non-place-specific motives, on consumer attitudes towards using online food delivery services withn a platform-to-consumer delivery base, as well as how generational age groups and gender moderate consumer attitudes. This study is a quantitative research by analyzing the data collected from 224 respondents through an online survey. The respondents including individuals from Generation Y (millennial) and Generation Z cohorts who have used online food delivery and reside in the Jabodetabek area. The data in this study were analyzed using Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). The results of this study indicate that non-place-specific consumer motives, namely convinience- seeking, entertainment seeking, and Reward- seeking, have a significant influence on on both online and offline purchase intentions. However, there was no direct effect on place-specific consumer motives, namely ethical shopping and Place attachment, towards online and offline purchase intentions. In addition, the results of this study indicate that generational age groups and gender moderate the influence of non-place-specific consumer motives on consumer attitudes in using online food delivery services."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arvin Mahardika Maulana
"Strategi pemasaran melalui media iklan terus berkembang seiring dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Iklan dinilai akan semakin efektif dan menguntungkan ketika menggunakan pendekatan psikologis, salah satunya melalui pendekatan keyakinan agama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pesan iklan dan tingkat religiositas seseorang memiliki pengaruh terhadap cara konsumen dalam menyikapi sebuah iklan, sehingga akan memengaruhi minat pembelian produk yang diiklankan. Dengan menggunakan metode eksperimen, sumber data primer diolah dengan teknik analisis SEM menggunakan aplikasi SmartPLS dan Stata. Sebanyak 250 Warga Negara Indonesia menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan iklan dan tingkat religiositas berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen yang kemudian juga berpengaruh pada minat pembelian. Pada tingkat religius yang sama, responden akan menunjukkan sikap dan minat pembelian yang lebih tinggi pada produk yang diiklankan dengan pesan religius. Variabel sikap konsumen juga ditemukan memiliki pengaruh mediasi secara penuh. Dengan hasil penelitian tersebut, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha dalam mengembangkan metode iklan yang efektif.

Marketing strategies through advertising media continue to develop along with advances in technology and science. Advertising is considered to be more effective and profitable when using a psychological approach, one of which is through the approach of religious beliefs. This study was conducted to determine whether the advertising message and the level of religiosity have an influence on the way consumers respond to an advertisement, so that it will affect their interest in buying the advertised product. By using the experimental method, the primary data source is processed with SEM analysis techniques using SmartPLS and Stata applications. A total of 250 Indonesian became respondents in this study. The results of this study indicate that advertising messages and the level of religiosity have a significant effect on consumer attitudes which then also affect purchase intention. At the same religious level, respondents will show higher attitudes and purchase intention in products advertised with religious messages. The consumer attitude variable was also found to have a fully mediating effect. With the results of these studies, this research can be a reference for business actors in developing effective advertising methods."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saggaf Salim Saleh Alatas
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen yang dilihat dari segi kognitif, afektif, dan konatif terhadap pakaian jadi lokal dan impor dan melihat produk mana yang lebih unggul. Penelitian ini juga melihat tingkat nasionalisme responden. Penelitian ini menggunakan metode statistik paired sample t-test dan one sample t-test. Penelitian ini menemukan bahwa pakaian jadi lokal memiliki rata-rata yang lebih rendah dari segi kognitif dan afektif dibandingkan dengan pakaian impor dan tidak memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan pada segi konatif.

The aim of this research is to analyze the attitude of consumers in terms of cognitive, affective, and conative against local and imported apparel products and to identify which one more is superior. This study also further identify respondent nationalism. This study applied statistical methods; paired sample t-test and one-sample t-test. This study found that the local apparel has an average score in terms of cognitive and affective compared imported clothes, it also does not have a distinction on score in terms of conative significantly.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Apriliani
"Skripsi ini membahas tentang atribut-atribut yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan serta post dining behavioral intentions pelanggan restoran etnis Sunda di wilayah Jakarta, serta melihat apakah kepuasan pelanggan juga berpengaruh terhadap post dining behavioral intentions pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyarankan untuk manajemen restoran etnis Sunda yang ada di wilayah Jakarta, apabila mereka ingin meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga post dining behavioral intentions pelanggan, maka atribut terkait masakan dan atmosfer perlu ditingkatkan (food related attributes dan atmospheric related attributes). Dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa kepuasan pelanggan memiliki pengaruh terhadap post dining behavioral intentions pelanggan.

The focus of this study is to examine about the attributes that influencing customer satisfactions and post dining behavioral intentions of Sundanesse ethnic restaurants customers in Jakarta, also to find the relationship between customer satisfaction towards post dining behavioral intention. This research is quantitative descriptive interpretive. The researcher suggests that if Sundanesse ethnic restaurants wants to increasing customers satisfaction and customers post dining behavioral intention, they have to increasing those attributes related to food anf atmospheric. This study also find that customer satisfaction influencing post dining behavioral intention of customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46139
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>