Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118514 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mia Silvia
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dari sikap terhadap review yang berada di media sosial dalam niat kunjungan pelanggan ke restoran melalui review yang diberikan oleh Ria SW melalui Youtube channel-nya. Peningkatan media sosial memengaruhi electronic word of mouth (e-WOM) dan adanya e-WOM memengaruhi niat seseorang dalam menentukan keputusannya. Ria SW merupakan salah satu youtuber dengan kategori food vlogger. Sampel dari penelitian ini merupakan subscribers dari Ria SW. Terdapat sebanyak 259 responden dengan menggunakan purposive sampling. Data yang didapat diolah dan dianalisis menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perceived usefulness, perceived ease of use, trustworthiness, dan information quality secara signifikan memengaruhi sikap konsumen terhadap review media sosial. Kemudian, sikap konsumen tersebut memengaruhi intensi konsumen dalam mengunjungi restoran.

This study aims to explain the role of attitude toward social media reviews in customers’ restaurant visit intention through reviews provided by Ria SW through her Youtube channel. The sample of this research is a subscriber from Ria SW. The increase in social media affects electronic word of mouth (e-WOM) and the existence of e-WOM affects a person's intention in making a decision. Ria SW is a YouTuber in the food vlogger category. There were 259 respondents using purposive sampling. The data obtained was processed and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). The results of this study reveal that perceived usefulness, perceived ease of use, trustworthiness, and quality of information significantly influence consumer attitudes toward social media reviews. Furthermore, attitude toward social media reviews directly contributes to the intention to visit restaurants."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ridzki Adiputro
"Saat ini, perkembangan teknologi telah menciptakan cara baru bagi perusahaan untuk berinteraksi dan terus-menerus melibatkan konsumennya. Pemasaran Media Sosial adalah salah satu bentuk Pemasaran Digital di mana perusahaan dapat menerapkan dan melibatkan konsumennya melalui pendekatan yang didorong oleh perusahaan. Mengingat hal ini, masih ada kekurangan penelitian untuk meneliti peran yang dimainkan Media Sosial dalam membangkitkan tanggapan konsumen tertentu khususnya niat pilihan merek dalam Industri Smartphone. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan lebih lanjut dan pengembangan konteks umum tentang bagaimana Pemasaran Media Sosial (Twitter, Facebook, Instagram, Youtube) dapat mempengaruhi niat pilihan merek seseorang yang dimediasi oleh tingkat nilai konsumen dalam merek atau Ekuitas Merek Samsung dan Apple pengguna karena mereka adalah merek serupa yang menjual smartphone dengan harga yang relatif premium dibandingkan dengan para pesaingnya. Untuk melakukannya, model penelitian dirancang dari kombinasi dua jurnal di mana dimensi tambahan ekuitas merek dimasukkan dalam penelitian dan minat spesifik dari variabel laten Loyalitas Merek (Bentuk Respons Konsumen) diperiksa dan hasilnya yaitu Niat Pilihan Merek. Penelitian ini mengumpulkan 160 responden untuk masing-masing merek Samsung dan Apple, dimana penulis hanya bertujuan untuk memberikan gambaran umum apakah model tersebut dapat diterapkan pada konteks tersebut dan setiap merek secara individual. Oleh karena itu, setelah mengolah data melalui pendekatan Model Persamaan Struktural menggunakan SmartPLS penulis telah menemukan bahwa untuk kedua merek ada dampak positif yang signifikan dari Upaya Pemasaran Media Sosial dalam membangkitkan loyalitas merek dan niat pilihan merek hasilnya; dengan efek tidak langsung yang lebih tinggi ketika mempertimbangkan peran Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Merek

Nowadays, developments in technology has created new ways for firms to interact and constantly engage its consumers. Social Media Marketing are notably one of the forms of Digital Marketing to which firms may implement and engage its consumers through a firm driven approach. In light of this, there is still a lack of research to examine the role that Social Media plays in evoking certain consumer responses specifically brand choice intention within the Smartphone Industry. Therefore, this study aims to provide further insight and general context development into how Social Media Marketing (Twitter, Facebook, Instagram, Youtube) may affect ones brand choice intention mediated by the level of consumer value in the brand or Brand Equity of Samsung and Apple users as they are notably similar brands which sell smartphones at a relatively premium price compared to its rivals. To do so, a research model was devised from the combination of two journals wherein ad additional dimension of brand equity is incorporated in the study and that specific interest of the latent variable Brand Loyalty(Form of Consumer Response) is examined and its outcome that is Brand Choice Intention. This research compiled 160 respondents for each brands Samsung and Apple, wherein the writer had simply aimed to provide a general overview of whether the model may be applied to such context and each brand individually. Hence, having processed the data through a Structural Equation Model approach using SmartPLS the writer had found that for both brands there is a significant positive impact of Social Media Marketing Efforts on evoking ones brand loyalty and its outcome brand choice intention; with a higher indirect effect when considering the role Brand Equity has on Brand Loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Emily Assadiyah
"ABSTRAK
CGV Cinemas Indonesia merupakan merek yang bergerak di industri jasa pertunjukkan film yang sebelumnya dikenal sebagai BlitzMegaplex. Penelitian ini menjelaskan pengaruh social media marketing efforts terhadap ekuitas merek dengan melakukan studi pada khalayak media sosial CGV Cinemas Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei dengan penyebaran kuesioner secara online yang berdasarkan teknik convenience sampling terhadap 100 orang sampel. Analisis regresi linier memperlihatkan bahwa social media marketing efforts dapat memprediksi ekuitas merek secara signifikan. Dimensi yang berpengaruh secara signifikan terhadap ekuitas merek adalah trendiness dan customization. Sementara, dimensi entertainment, interaction dan word of mouth disisihkan karena terbukti tidak berpengaruh secara signifikan.

ABSTRACT
CGV Cinemas Indonesia, formerly known as BlitzMegaplex, is a brand that rsquo s involved in the exhibition or cinema business. This research focuses on finding the influence of social media marketing efforts on brand equity within the social media target audience of CGV Cinemas Indonesia. This quantitative research uses survey by distributing online questionnaire to 100 samples using convenience sampling technique. A linear regression analysis shows that social media marketing efforts can predict brand equity significantly. There are two dimensions that have significant impact on brand equity which are trendiness and customization. Entertainment, interaction and word of mouth are excluded, as the three dimensions are proven to not having significant impact on brand equity."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini membahas mengenai faktor penentu dari perilaku posting pembelian di media sosial serta bagaimana pengaruh perilaku tersebut mempengaruhi kebahagian konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain casual. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survey online terhadap 259 responden yang pernah melakukan posting pembelian di media sosial. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis SEM. Hasil dari penelitian menunjukka bahwa materialisme seseorang sangat berpengaruh dengan kecenderungan posting pembelian di media sosial. Namun ternyata kecenderungan posting pembelian di media sosial tidak berpengaruh secara signifikan pada kebahagiaan konsumen atas pembelian tersebut.

This research describe about the determinants of posting purchase on social media behavior also how this behavior can affect to consumer happiness. The research is quantitative research with casual design. The method of this research is based on online survey to 259 respondents with criteria have posted their purchases on social media in the last 30 days. The result of this research showed that materialism significantly affected to the tendency posting purchases behavior. On the contrary, the types of purchases aren't significantly affected to this behavior. Then based on the research, the posting purchases behavior isn't significantly affected to happiness of purchase."
[Jakarta;Jakarta, Jakarta]: [Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia;Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia], 2018
T-pdf;T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Yusuf Bryan
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepuasan konsumen, intensi berperilaku dan komunikasi mulut ke mulut (WOM) pada konsumen Starbucks Coffee di Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner penelitian disebarkan secara online kepada 100 responden yang merupakan konsumen Starbucks Coffee berusia 18-34 tahun, pernah mengunjungi kedai dan mengonsumsi produk Starbucks Coffee di Jakarta minimal sekali dalam enam bulan terakhir dan menjadi pengikut dari Instagram/Twitter Starbucks Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan uji hipotesis (z) dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kuat antara aktivitas pemasaran media sosial terhadap intensi berperilaku dan komunikasi mulut ke mulut (WOM) serta kepuasan konsumen terhadap intensi berperilaku dan komunikasi mulut ke mulut (WOM). Namun terdapat pengaruh sangat kuat antara aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepuasan konsumen dan intensi berperilaku terhadap komunikasi mulut ke mulut (WOM).

This study aims to analyze the effect of social media marketing activities towards consumer satisfaction, behavior intention and word-of-mouth (WOM) on Starbucks Coffee’s consumers in Jakarta. This study uses a quantitative approach. The research questionnaires were distributed online to 100 respondents who were Starbucks Coffee’s consumers aged 18-34 years, had visited the shop and consumed Starbucks Coffee products in Jakarta at least once in the past six months and became a follower of Starbucks Indonesia Instagram/Twitter. The analysis technique used is simple linear analysis and hypothesis testing (z) using SPSS 26. The results show that there are strong influences between social media marketing activities towards behavior intention and word-of mouth (WOM) and consumer satisfaction towards behavior intention and wordof-mouth (WOM). However, there are very strong influences between social media marketing activities towards consumer satisfaction and behavior intention towards wordof-mouth (WOM)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handayani Dwirianti
"Tingginya jumlah pengguna internet kini menjadikan media sosial menjadi salah satu media yang digunakan berkomunikasi. Instagram merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak ketujuh di dunia dan memiliki peningkatan yang signifikan selama 12 bulan terakhir. Beberapa pengusaha menggunakan social sebagai media untuk menjual produk yang mereka tawarkan. Dalam marketing dikenal beberapa cara promosi yang disebut dengan promotional mix yang mencakup iklan, promosi penjualan, direct selling, dan public relation. Saat ini penelitian mengenai promotional mix menggunakan media sosial sangat terbatas.
Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui promotional mix yang dilakukan online shop menggunakan media sosial Instagram menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif yaitu melalui etnografi di komunitas online shop muslimah dan Focus Group Discussion yang dilakukan dengan sebanyak 8 pemilik online shop yang menjual produk fashion muslimah di Instagram dan metode kuantitatif dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner kepada sebanyak 212 responden yang mengikuti akun Instagram online shop yang menjual produk fashion Muslimah. Data metode kuantitatif dianalisis dengan Structural Equation Modeling SEM dan regresi linear sederhana.
Hasil Focus Group Discussion menunjukkan beberapa promosi yang dilakukan oleh online shop fashion muslimah melalui Instagram, yaitu Instagram Advertising, Shout out For Shout out, Paid Promote, Paid Keroyok, Spam Like, Spam Comment, Spam Follow, dan endorsement. Hasil kuantitatif menunjukkan endorsement memiliki pengaruh paling besar terhadap sikap konsumen dan juga terhadap minat beli konsumen.

The high number of internet users are now making media sosial as a way to communicate. Instagram is a media sosial with the seventh largest users in the world and has a significant growth in the past 12 months. Some of sellers also use media sosial as a medium for selling their product. Unfortunately to date, there is only a dearth of research which discuss the promotional mix using media sosial.
The study aims to examine types of promotional mix used by media sosial online stores through Instagram by using qualitative research and quantitative research. Qualitative method is using ethnography in muslimah online shop community and Focus Group Discussion was done by 8 online store owners who sell muslimah fashion products in Instagram and quantitative method data is collected through questionnaire to 212 respondents that are following muslimah fashion online store on Instagram. The data from quantitative method is analyzed with Structural Equation Modeling SEM and simple linear regression.
Focus Group Discussion result shows some promotion done by muslimah fashion online store in Instagram are Instagram advertising, Shout out For Shout out, Paid Promote, Paid ldquo Keroyok rdquo , Spam Like, Spam Comment, Spam Follow, and endorsement. The qunatitative results show that endorsement has the greatest influence on consumers attitude and also on purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50524
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Nurizki
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh eWOM di media sosial terhadap purchase intention pada layanan YesBoss Indonesia. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah terpapar informasi mengenai YesBoss dan belum pernah menggunakan YesBoss. Data dianalisis dengan regresi sederhana SPSS 23.0, dari uji data yang dilakukan menunjukan terdapat pengaruh eWOM sebesar 53,3 %, yang menunjukan bahwa electronic word of mouth di media sosial memiliki pengaruh yang kuat terhadap purchase intention.

The purpose of this study was to determine the influence of eWOM in social media on purchase intention in YesBoss Indonesia service. Data were obtained through questionnaires spread to 100 respondents exposed about YesBoss service via social media and have not try in YesBoss. Data were analyzed with SPSS version 23.0 simple regression, and the final results showed that eWOM significantly affect with a power of 53,3 % indicate that electronic word (eWOM) in social media have a strong effect toward purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S63842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Fiki Maulana
"Fenomena Korean Wave membuat berbagai macam produk Korea lebih dikenal terutama melalui drama Korea dan musik pop Korea. Fenomena ini membuat konsumen tertarik untuk mempelajari kebudayaan Korea secara lebih luas mulai dari tradisi, bahasa, gaya berpakaian dan makanan khas Korea. Fenomena ini menghasilkan peluang yang coba dimanfaatkan oleh PT. XYZ untuk bekerjasama dengan salah satu restoran makanan Korea terkenal di Indonesia yaitu Mujigae untuk memproduksi dan meluncurkan makanan ready to eat khas Korea dengan merek dagang Mujigae. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui target pasar perusahaan menggunakan strategi segmentation, targeting dan positioning terkait dengan produk makanan ready to eat khas Korea. Kemudian penulis juga menganalisis implementasi social media marketing yang diterapkan oleh perusahaan pada divisi makanan khas Korea PT. XYZ. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods yang datanya berasal dari interview kepada manajer dan konsumen serta data internal perusahaan. Penelitian ini menghasilkan informasi bahwa strategi target pasar yang digunakan oleh perusahaan adalah mass market, perusahaan masih berfokus untuk mengenalkan produk dan implementasi social media marketing sangat dominan menggunakan influencers untuk menyampaikan opini kepada konsumen melalui media sosial serta menggunakan official akun media sosial yang masih membutuhkan banyak peningkatan dan cara yang saat ini dilakukan adalah mempelajari referensi media sosial brand lain.

The Korean Wave phenomenon has made various kinds of Korean products become wellknown, especially through Korean dramas and Korean Pop music. This phenomenon drives consumers interested in learning more about Korean culture, starting from the traditions, language, style of dress and Korean food. These opportunities resulted from the Korean Wave phenomenon, has brought PT. XYZ to cooperate with one of the famous Korean food restaurants in Indonesia, called Mujigae to produce and launch Korean ready-to-eat food with the Mujigae trademark. This research aims to determine PT. XYZ target market using segmentation, targeting and positioning strategies related to Korean ready-to-eat food products. Then the author also analyzes the implementation of social media marketing conducted by the company in the Korean food division of PT. XYZ. The method used in this research is mixed methods which data comes from interviews with the managers and consumers as well as internal company data. Based on the research conducted, some information was obtained including the target market strategy used by the company is the mass market, how the company is still focused on introducing products and implementing social media marketing predominantly using influencers. This is carried out to deliver opinions to consumers through social media and official social media accounts which are still need improvements and the way that’s being used currently is to study the reference of other brands’s social media."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Oktaviana
"ABSTRAK
Media sosial merupakan digital marketing media yang berpengaruh pada tahap pertemuan layanan dan tahap pasca pertemuan layanan, serta berpengaruh pada tahap pra-pembelian yang memberikan beberapa manfaat kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media sosial yang terdiri dari manfaat fungsional, manfaat moneter, manfaat hedonik, dan manfaat sosio-psikologis selama tahap pra-pembelian dalam industri restoran. Media sosial digunakan untuk mengetahui kebiasaan dan perilaku konsumen yang pada akhirnya digunakan untuk mendapatkan konsumen. Dalam penelitian ini, empat hipotesis dikembangkan dan diuji dengan data primer dari hasil survei 130 responden. Data dikumpulkan menggunakan judgemental sampling dari responden yang pernah mengunjungi restoran setelah mengunjungi situs media sosial restoran tersebut dengan usia 17 tahun ke atas. Teknik statistik yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Dari empat hipotesis yang dikembangkan, hanya ditemukan dua hipotesis yang diterima yaitu manfaat fungsional dan manfaat moneter berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memperkaya pemahaman mengenai peran media sosial selama tahap pra-pembelian dalam industri restoran maupun bahan perbandingan untuk membuat penelitian selanjutnya, serta sebagai bahan pertimbangan restoran untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran selama tahap pra-pembelian.

ABSTRACT
Social media is a digital marketing media that influences the service encounter stage and post encounter stage, also influences the pre purchase stage that gives some benefits to the consumer. The purpose of this study is to examine the role of social media which consists of functional benefits, monetary benefits, hedonic benefits, and socio psychological benefits during the pre purchasing stage in the restaurant industry. Social media is used to find out the habits and behavior of consumers that ultimately used to get consumers. In this study, four hypotheses were developed and tested with primary data from a survey of 130 respondents. Data were collected using judgmental sampling from respondents who had visited the restaurant after visiting the social media site of the restaurant with the age of 17 years and above. The statistical technique used is Multiple Linear Regression. Out of the four hypotheses, only two hypotheses were supported which were functional benefits and moneter benefits influenced the purchasing decision.The results of this study can be used to enrich understanding about the role of social media during the pre purchasing stage in the restaurant industry and as comparative material to conduct further research, also as a consideration of restaurants to utilize social media as a marketing tool during the pre purchasing stage."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Arsedean Mikha Imanuel
"Berkembangnya strategi pemasaran di Indonesia dan seluruh dunia telah membawa dampak signifikan terhadap teknik dan bidang baru dalam mengoptimalkan potensi pasar yang semakin luas. Pemasaran melalui media sosial menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki dan menganalisis dampak positif dari social media marketing terhadap minat berkunjung Generasi Z ke Gedung Perpustakaan dan Teater Taman Ismail Marzuki. Metode kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling diterapkan pada 135 responden yang mengisi kuesioner secara daring melalui Google Form. Hasil pengukuran dan analisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa social media marketing memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat berkunjung Generasi Z ke dua fasilitas tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman lebih mendalam tentang peran strategi social media marketing dalam menarik perhatian dan partisipasi dari Generasi Z ke gedung perpustakaan dan theater di Taman Ismail Marzuki, serta mendukung pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif.

The evolution of marketing strategies in Indonesia and globally has had a significant impact on new techniques and fields, optimizing the potential of an ever-expanding market. Social media marketing stands out as a key pillar in digital marketing strategies. This research aims to investigate and analyze the positive impact of social media marketing on the interest of Generation Z in visiting the Library and Theater buildings at Taman Ismail Marzuki. A quantitative method with a purposive sampling approach was applied to 135 respondents who filled out an online questionnaire through Google Form. Measurement and analysis of the data were conducted using the SPSS software. The research findings indicate that social media marketing has a significant positive influence on the visitation intention of Generation Z to these two facilities. This study makes a substantial contribution to a deeper understanding of the role of social media marketing strategies in capturing the attention and participation of Generation Z in the cultural and artistic context of Taman Ismail Marzuki, supporting the development of more effective marketing strategies."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>