Ditemukan 229934 dokumen yang sesuai dengan query
Marcel Aria Santoso
"Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh kualitas layanan elektronik (e-SQ) terhadap inspirasi pelanggan (CI) dan kepuasan pelanggan (CS), dan dampak dari inspirasi pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (CL) pada platform pesan-antar makanan online, spesifiknya pada layanan GoFood. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan desain konklusif deskriptif dan jenis penelitian cross-sectional melalui penyebaran survei terhadap 100 responden yang merupakan penduduk Pulau Jawa, berusia di antara 20-40 tahun, serta pernah melakukan pemesanan melalui layanan GoFood setidaknya lebih dari satu kali selama 6 bulan terakhir. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software IBM SPSS edisi 29 dan SmartPLS. Hasil menunjukkan CI sebagai hasil utama dari e-SQ dan sebagai perantara yang memengaruhi CL secara signifikan. CI memengaruhi CL dengan CS sebagai mediasi. Pemasar dapat menawarkan informasi yang relevan terkait beragam produk baru, ide, serta kelezatan makanan pada situs web dengan pesan yang terpersonalisasi dan iklan yang menciptakan CI. Pelanggan yang terinspirasi dan terpuaskan mungkin akan menggunakan kembali situs web tersebut dan menyediakan rekomendasi positif pada pelanggan lain, menciptakan loyalitas.
This study aims to assess the influence of e-Service Quality (e-SQ) on Customer Inspiration (CI) and Customer Satisfaction (CS), and the impact of Customer Inspiration on Customer Loyalty (CL) on an online food delivery platform, specifically the GoFood service. The research method uses a quantitative approach by applying a conclusive descriptive design and a cross-sectional type of study by distributing surveys to 100 respondents who are residents of Java Island, aged between 20-40 years, and have ordered through the GoFood service at least more than once in the last 6 months. Data processing is done using IBM SPSS version 29 and SmartPLS software. The results indicate that CI is a primary outcome of e-SQ and acts as a mediator that significantly influences CL. CI affects CL with CS as the mediator. Marketers can offer relevant information about various new products, ideas, and the tastiness of food on the website with personalized messages and advertisements that create CI. Inspired and satisfied customers are likely to reuse the website and provide positive recommendations to other customers, thereby creating loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nasution, Syahreza Prakasa
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh user experience dan e-service quality terhadap customer loyalty dengan mediasi customer satisfaction pada aplikasi mobile coffee shop di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metodologi survei dengan analisis SEM-PLS dan melibatkan 270 responden yang merupakan pengguna aktif dari berbagai aplikasi mobile coffee shop. Hasil menunjukkan bahwa user experience memiliki pengaruh signifikan terhadap e-service quality dan secara langsung terhadap customer satisfaction. E-service quality tidak memiliki efek positif pada customer loyalty, penelitian ini tidak menemukan bukti yang signifikan bahwa e-service quality berdampak langsung pada customer satisfaction. Namun, customer satisfaction terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara user experience dan customer loyalty,. Generasi juga berperan sebagai variabel moderating dalam hubungan antara customer satisfaction dan customer loyalty. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan user experience dan menyarankan bahwa meningkatkan kualitas layanan elektronik mungkin tidak cukup tanpa secara langsung meningkatkan kepuasan pelanggan untuk membangun loyalitas pelanggan.
This study aims to examine the influence of user experience and e-service quality on customer loyalty with customer satisfaction as a mediator in mobile coffee shop applications in Indonesia. This research is a quantitative research which utilizing a survey methodology with SEM-PLS analysis. This study involved 270 respondents who are active users of various mobile coffee shop applications. The results indicated that user experience significantly affects e-service quality and directly impacts customer satisfaction. Although e-service quality did not show a positive effect on customer loyalty, the study found no significant evidence that e-service quality directly impacts customer satisfaction. However, customer satisfaction significantly mediates the relationship between user experience and customer loyalty. Additionally, generation serves as a moderating variable in the relationship between customer satisfaction and customer loyalty. These findings underscore the importance of enhancing user experience and suggest that improving electronic service quality may not be sufficient without directly increasing customer satisfaction to build customer loyalty."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dhaifina Fajryn
"Perkembangan teknologi digital telah meningkatkan jumlah e-commerce, serta meningkatkan persaingan untuk menarik pelanggan. Kualitas layanan telah ditelusuri sebagai faktor penting yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan elektronik terhadap loyalitas pelanggan melalui efek mediasi dari kepuasan pelanggan pada pelanggan Lazada di DKI Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada 180 responden yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis regresi linear dan uji sobel, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kualitas layanan elektronik berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan Lazada di DKI Jakarta; (2) Kualitas layanan elektronik berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan pada pelanggan Lazada di DKI Jakarta; (3) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan Lazada di DKI Jakarta; (4) Terdapat pengaruh mediasi dari kepuasan pelanggan terhadap hubungan kualitas layanan elektronik dan loyalitas pelanggan pada pelanggan Lazada di DKI Jakarta.
The development of digital technology has increased the amount of e-commerce, as well as the competition to attract customers. Service quality has been traced as an important factor influencing customer satisfaction and customer loyalty. This study aims to examine the effect of electronic service quality towards customer loyalty through the mediating effect of customer satisfaction on Lazada customers in DKI Jakarta. The research used a quantitative approach with a purposive sampling technique on 180 respondents who were obtained through online questionnaires. The data collected were analyzed using linear regression analysis and the Sobel test, with the help of SPSS software. The results of this study indicate that: (1) The quality of electronic services has a positive effect towards customer loyalty on Lazada customers in DKI Jakarta; (2) The quality of electronic services has a positive effect towards customer satisfaction on Lazada customers in DKI Jakarta; (3) Customer satisfaction has a positive effect towards customer loyalty on Lazada customers in DKI Jakarta; (4) Customer satisfaction acts as a mediator between electronic service quality and customer loyalty on Lazada customers in DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library