Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Al-Husna An-Nadhiroh
Abstrak :
Tulisan ini membahas mengenai analisis strategi green marketing communication dalam kampanye #BijakBerplastik Danone-Aqua di Instagram. Penelitian ini disusun menggunakan metode studi literatur dan analisis konten kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan karakteristik dan membahas secara mendalam strategi green marketing communication yang dilakukan oleh Danone-Aqua dalam kampanye #BijakBerplastik di Instagram. Hasil analisis menemukan bahwa akun instagram @aqualestaari menjadi medium amplifikasi kampanye #Bijakberplastik melalui berbagai jenis konten seperti infografis, poster, event report, kuis, dan video. Strategi ini berhasil menarik perhatian dan mendapat dukungan positif dari audiens tercermin dari jumlah interaksi dan respons yang diterima, baik melalui likes, comments, maupun impression pada konten yang diunggah di Instagram. ...... This paper discusses the analysis of the green marketing communication strategy in Danone-Aqua's #BijakBerplastik campaign on Instagram. The paper is structured using a combination of literature review and qualitative and quantitative content analysis to depict and thoroughly discuss the characteristics of the green marketing communication strategy implemented by Danone-Aqua in the #BijakBerplastik campaign on Instagram. The analysis findings indicate that the Instagram account @aqualestaari serves as an amplification medium for the #Bijakberplastik campaign through various types of content, such as infographics, posters, event reports, quizzes, and videos. This strategy successfully captures attention and receives positive support from the audience, as reflected in the number of interactions and responses received, including likes, comments, and impressions on the uploaded content on Instagram.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Setyaningrum
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing yang terdiri dari ecolabel, ecobrand, environmental advertising awareness, green product, green price, green promotion dan demographic terhadap brand image produk lampu LED Philips di kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif dan kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari pengguna produk lampu Philips LED di kota Bandung yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Teknik pengolahan dan analisis daya yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, da analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat empat variabel yang memiliki pengaruh terhadap brand image diantaranya adalah environmental advertising (1,787), environmental awareness (3,508), green product (1,808) dan green price (2,211). Besarnya pengaruh green marketing terhadap brand image adalah sebesar 67,4%
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2017
330 AGREGAT
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Khansa Nabila
Abstrak :
Kerusakan lingkungan terutama yang disebabkan oleh sampah dan limbah memang telah menjadi permasalahan klasik di Indonesia. Hal ini membuat isu sampah maupun limbah menjadi perhatian tidak hanya bagi komunitas, melainkan juga pelaku bisnis dan menciptakan permintaan baru di pasar. Permintaan terhadap produk ramah lingkungan mendorong perusahaan untuk menyusun strategi guna memasuki pasar ramah lingkungan melalui rencana green marketing mix. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green marketing terhadap minat beli produk-produk ramah lingkungan pada konsumen Zero Waste Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer melalui penyebaran kuesioner dengan teknik pemilihan sampel purposive. Kuesioner penelitian ini disebarkan kepada responden melalui daring. Data kemudian dianalisis dan diinterpretasikan dengan melalui teknik regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh signifikan positif antara strategi green marketing dengan minat beli konsumen khususnya pada dimensi green promotion dan green place. Penelitian ini merekomendasikan perusahaan untuk memaksimalkan strategi green promotion secara optimal dan sederhana agar informasi dapat mendorong minat beli konsumen pada produk ramah lingkungan. ......Environmental damage, especially caused by rubbish and waste, has become a classic problem in Indonesia. This makes the problem of waste a concern not only for the community but also for businesses and creates new demand in the market. The demand for environmentally friendly products encourages companies to develop strategies to enter a "green" market through a green marketing mix strategies. This study aims to analyze the effect of green marketing on purchasing intention in environmentally friendly products for Zero Waste Indonesia's consumers. This study uses a quantitative approach by collecting primary data through the distribution of questionnaires with a purposive sample selection technique. The questionnaire was distributed to respondents through digital media. The data were analyzed and interpreted using multiple linear regression techniques. This study found a significant effect between green marketing strategies and consumer purchasing intention, especially in the dimensions of green promotion and green place. This study recommends the company maximize its green promotion strategy and make it easy for consumers to understand so that information can encourage consumers' purchasing intention in environmentally friendly products.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasir Asromi
Abstrak :
Tesis ini mengangkat permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pemasaran lada dan kopi yang diusahalan oleh kalangan pedagang pengumpul hasii bumi (cingkau) sebagai suatu tinjauan pembangunan ekonomi daerah. Cingkau mempunyai peran penting dalam membantu petani dalam memasarkan hasii perkebunannya. Secara umum, peran positif para cingkau tersebut adalah sebagai penghubung (middle man) antara petani dan pasar. Kegiatan tersebut juga membuka kesempatan lapangan kerja (employment) bagi masyarakat setempat dan keberadaan cingkau juga merupakan penggerak roda ekonomi dan pelayanan masyarakat. Permasalahan yang terlihat adalah selain peran positif yang dilakukan oleh para cingkau tersebut, ternyata sebagian besar cingkau melaksanakan beberapa peran negatif antara lain sebagian besar cingkau melakukan praktek ijon kepada petani yang membutuhkan, adanya praktek oligopoli yang tidak memberikan kesempatan cingkau lainnya untuk berkembang (unfair competition) dan beberapa praktek manipulasi dagang seperti kegiatan mencampur lada atau kopi dari berbagai tingkatan mutu maupun memanipulasi berat timbangan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Berdasarkan permasalahan tersebut selanjutnya dilakukan penelaahan secara mendalam untuk merumuskan beberapa aspek yang berpengaruh terhadap peran cingkau dalam pemasaran lada dan kopi tersebut sebagai langkah untuk mengatasi dampak peran negatif yang mereka lakukan selama ini yang antara lain adalah aspek kepastian hukum, peran pemerintah daerah, proses kelembagaan, informasi pasar, fasilitas permodalan dan kemampuan wirausaha. Keenam aspek tersebut dirumuskan berdasarkan beberapa teori dan pendapat pakar yang relevan yang selanjutnya dikembangkan dalam penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berkaitan dengan efektifitas pengumpulan data yang diperlukan agar lebih akurat, dirasa perlu untuk menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam mengumpulkan data digunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview) dengan para informan, kuesioner yang disebarkan kepada responden, studi pustaka dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan melalui tehnik snowball sampling dan purposive sampling. Sedangkan pemilihan responden melalui tehnik cluster sampling. Penelitian dilakukan pada bulan November 2002 sampai dengan penyelesaian tesis ini pada bulan Januari 2003.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T505
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julius Andre Candra
Abstrak :
Tesis ini akan menguji tujuh hipotesis yang akan menunjukkan pengaruh environmental attitude, environmental concern, perceived seriousness of environmental problem, perceived environmental responsibility, peer influence, self-identity in environmental protection dan perceived qualityterhadap green purchasing behaviorproduk ramah lingkungan The Body Shop di Jakarta. Berdasarkan 200 responden dapat diketahui bahwa dari tujuh variabel independen yang diujikan, hanya tiga variabel saja yang terbukti memiliki pengaruh signifikan, variabel tersebut yaitu peer influence, self-identity in environmental protection dan perceived qualityyang memilikipengaruh terhadap green purchase behavior.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
S9303
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elsa Devita
Abstrak :
Strategi komunikasi suatu perusahaan dapat terlihat dari fungsi strategi bauran pemasaran dan citra perusahaan. Pada skripsi ini, fungsi strategi bauran pemasaran ramah lingkungan dan citra perusahaan dari The Body Shop akan diteliti untuk mengetahui hubungannya pada konsumen untuk mendapatkan intensi pembelian produk The Body Shop. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner daring dengan metode convenience sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 288 individu yang mengetahui perusahaan The Body Shop. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi non parametrik . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan fungsi strategi bauran pemasaran ramah lingkungan dan citra perusahaan terhadap intensi pembelian. ......The communication strategy of a company can be seen from the function of the marketing mix strategy and corporate image. In this thesis, the functions of the environmentally friendly marketing mix strategy and the corporate image of The Body Shop will be investigated to determine the effect on consumers in obtaining purchase intentions of The Body Shop’s products. This thesis is using a quantitative approach. Data were collected by distributing online questionnaires using convenience sampling method. Respondents in this study were 299 inviduals who have an awareness about The Body Shop company. The data analysis that used were non-parametric correlation analysis. The results showed that there was a correlation on the function of an environmentally friendly marketing mix strategy and corporate image on purchase intention
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cita Hapsari Pratita
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5147
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mamey Saphota A.
Abstrak :
Konsep Green Marketing tumbuh seiring dengan tuntutan masyarakat yang makin sadar akan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Hal ini diperkuat dengan adanya gejala green consumer yang menuntut adanya suatu produk yang mempunyai dampak seminim mungkin terhadap lingkungan. Green consumer dalam melakukan keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor ransangan yang terdapat pada lingkungan dan ransangan yang terdapat pada kegiatan pemasaran. Oleh karena itu peran green communications juga memacu timbulnya keputusan pembelian green consumer tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu perilaku green consumer di kalangan mahasiswa dan green communications yang dilakukan The Body Shop, dan satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk The Body Shop. Dari hasil penelitian didapat bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara perilaku green consumer dengan keputusan pembelian produk The Body Shop. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan positif antara green communications yang dilakukan The Body Shop dengan keputusan pembelian produk tersebut. Kedua hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ternyata green communications yang dilakukan The Body Shop memiliki pengaruh yang lebih besar dibanding perilaku green consumer di kalangan mahasiswa dalam kaitannya dengan keputusan pembelian produk The Body Shop.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2002
T11465
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isyono Broto Wardjuno
Abstrak :
ABSTRAK
Kebijakan Pemerintah di bidang Perbankan berhasil menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif terhadap perubahan iklim usaha nasional, sehingga perkembangan pasar terjadi sangat dramatis dan semakin kompetitif. Dilain pihak gerak usaha bank dibatasi oleh rambu-rambu yang harus ditaati untuk mencapai tingkat kesehatan yang disyaratkan oleh Pemerintah melalui Bank Indonesia. Kondisi ini menyebabkan semakin berlombanya bank-bank dalam menarik dan memikat masyarakat dan nasabahnya dengan berbagai macam kreasi penarik dilekatkan pada produk dan jasa yang ditawarkan. Segala upaya dan strategi usaha menjadi sangat penting untuk dipilih dan ditetapkan guna mencirikan satu bank dengan lainnya.

Tertarik akan apa yang dilakukan oleh Bank P dengan penerapan konsep bank yang berwawasan lingkungan (Green Marketing) yang pada Bank P dipopulerkan dengan Green Banking sebagai strategi usaha, maka penulis meneliti sejauhmana bank ini telah berhasil menanamkan pengetahuan atas konsep tersebut dan membentuk sikap karyawannya.

Dari apa yang berhasil diungkapkan dalam penelitian ini, temyata Green Marketing merupakan strategi usaha yang berdimensi ganda sebagai pertumbuhan pe/uang usaha dan pertanggung jawaban usaha, diterapkan dalam mencirikan dan memposisikan Bank P beda dari bank lainnya. Perbedaan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan ini menjadi satu tekad untuk mempertemukan kesamaan persepsi dengan rnasyarakat segmennya yang diyakini akan terus berkembang, dan oleh karenannya tetap akan membuka peluang bagi penerapannya.

Secara signifikan Bank P telah berhasil meningkatkan pemahaman pengetahuan akan Green Banking dan telah pula berhasil merubah sikap karyawannya menjadi lebih baik, walaupun kemudian masih terungkap beberapa kekurangan dalam implementasi stategi ini, seperti cara yang ditempuh untuk meningkatkan kemampuan karyawan, belum adanya manual yang dapat dipergunakan sebagai pedoman operasional, dan sebagainya.

Hal lain yang juga diperlukan adalah dukungan pemerintah melalui perlakuan terhadap Undang-undang yang ada, yang tarnpaknya keberlakuannya masih perlu ditegakkan secara konsekwen jika pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan tetap menjadi sasaran yang harus dicapai. Penelitian ini merupakan tahap awal dari proses evaluasi strategi usaha sehingga masih harus dilakukan penelitian lanjutan dan diperluas lagi agar lebih jauh dapat menilai dan menterjemahkan keberhasilan penggunaan strategi ini terhadap performansi usaha dan mengukumya dengan dua dimensi diatas yaitu menangkap peluang yang diolah dalam usaha yang dapat dipertanggungjawabkan, dengan tetap mengacu kepada kelestarian lingkungan.

1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>