Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amrulloh Hakiem
Abstrak :
ABSTRAK
Garuda Indonosla adalah flag carrier BUMN dengan aset Rp 10 triliun dengan masalah keuangan yanq dlhadapi adalah kemampuan mempertahankan laba operasi dan arus kas Secara berkeIanjutan. Domestik memberi kontribusi yang signifikan pada keuangan, namun Penurunan kurs rupiah dan masuknya pesaing baru menjadi ancaman.

Kekuatan merek Garuda dibanding pesaing adalah skala ekonomi dan experience curve, sehlngga strategi harga adalah diferensiasi dan bukan mengikuti perang harga. Untuk meningkatkan nilai tambah, customization harga perlu dilakukan untuk menjaring pelanggan baik dari segmen yang kurang sensitif maupun sensitif harga. Customization mempunyal dampak strategis terhadap persaingan yaltu mengurangi intensitas persaingan harga pada pasar premium sekaigus menjaring segmen sensitif-harga dan mempertahankan dominasi. Rute Jakarta-Surabaya dipilih karena memberi kontribusi terbesar di domestik cian persaingan yang dinamis. Untuk merancang implementasi, customization didasari oleh pengendali-nilai (value driver) yaitu fleksibilitas, kenyamanan dan penghargaan. Inovasi diperlukan untuk membangun pagar pembatas antar kelompok pelanggan. Namun demikian overcustomization dihindari karena bíaya yang tidak sebanding dengan tambahan nilai yang diporoleh, dan menurunnya goodwill konsumen.

Tantangan Customization adalah rasa keadilan, arbitrase dan peraturan batas-atas harga. Komunikasi ke pelanggan melalui media dan agen perlu dilakukan untuk memberikan kejelasan bahwa perbedaan harga dan batasan tempat-duduk memenuhi rasa keadilan. Arbitrase dihinclari dengan pembuatan penyekat antar kelompok pelanggan secara efekiif, Garuda juga perlu mempengaruhi pemerintah untuk menghilangkan batas-batas dan membiarkan harga tersebuJt berdasar mekanisme pasar. Untuk menghindari penyalahgunaan kekuatan monopoli atau oligopoli secara berlebihan. pemerintah perlu memberi keleluasaan perijinan untuk mendirikan perusahaan penerbangan baru, bukan dengan pembatasan harga
2002
T2811
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sayyidan Fatchur Rochman
Abstrak :
Karena peningkatan yang luar biasa dari kemampuan produksi dan globalisasi ekonomi, lingkungan manufaktur saat ini semakin bergejolak dan tidak dapat ditebak. Lingkungan manufaktur memiliki dampak yang besar pada kinerja sistem manufaktur. Hal ini menimbulkan sebuah fenomena yang dikenal sebagai Mass Customization. Dengan adanya fenomena ini diperlukan sebuah sistem manufaktur yang dapat dengan cepat dan ekonomis menyesuaikan fungsi dan kapasitasnya dengan perubahan permintaan yang ada di pasar. Hal ini dapat dipenuhi oleh Reconfigurable Manufacturing System yang didukung oleh Reconfigurable Machine Tools yang memiliki enam karakteristik yaitu modularity, scalability, integrability, customization, convertibility, dan diagnosability. Sebagai tulang punggung dari RMS, RMT harus memiliki keenam karakteristik tersebut. Untuk memastikan desain RMT memiliki enam karakteristik tersebut pada penelitian ini dilakukan perancangan Framewrok untuk proses desain RMT.
The tremendous increase of the production capacity and economic globalization, the current manufacturing environment is increasingly volatile and cannot be guessed. The manufacturing environment has a major impact on the performance of the manufacturing system. This gives rise to a phenomenon known as Mass Customization. The existence of this phenomenon required a manufacturing system that can be quickly and economically adjusted in functions and capacity according to a change in the market. This can be met by a Reconfigurable Manufacturing System that is powered by Reconfigurable Machine Tools, which have six characteristics: modularity, integrability, customization, scalability, convertibility, and diagnosability. As the backbone of the RMS, the RMT must have such six characteristics. To ensure that the design of the RMT has six characteristics, this research is designing a Framewrok for RMT design process.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42641
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faisal Arief Kamil
Abstrak :
Studi ini menggali tanggapan dari pemilik/manajer UMKM yang merupakan pelanggan dari layanan jasa profesional point-of-sales (POS) berbasis awan di Indonesia. Analisis dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji apakah purchase engagement memediasi pengaruh customization, virtual community, dan loyalty to account manager terhadap dependence dan willingness to pay for price premium. Temuan menunjukkan bahwa purchase engagement sebagian memediasi pengaruh customization, virtual community, and loyalty to account manager terhadap dependence dan willingness to pay for price premium. ......The study recruited responses from SME owners and managers, current customers of a subscription-based point-of-sales (POS) service in Indonesia. The analysis used Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) to examine whether purchase engagement mediates the effect of customization, virtual community, and loyalty to account manager toward dependence and willingness to pay for price premiums. The findings showed that purchase engagement partially mediates the effect of customization, virtual community, and loyalty to account managers toward dependence and willingness to pay for price premiums.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shifa Nabila
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lima faktor pada iklan YouTube (entertainment, informativeness, customization, irritation dan credibility) yang mungkin berpengaruh pada ad value dan attitude toward YouTube ads yang berujung pada purchase intention konsumen. Hipotesis model konseptual penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara ad value dengan attitude toward YouTube ads, yang dapat mempengaruhi purchase intention konsumen. Pada penelitian ini, disertakan sebanyak 248 pengguna YouTube aktif di Indonesia sebagai responden, yang kemudian digunakan untuk pengumpulan dan analisis data. Sebagai kesimpulan, hasil penelitian ini menemukan bahwa entertainment, customization, dan credibility memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap advertising value on YouTube, dimana ad value ini memiliki pengaruh positif terhadap attitude toward YouTube ads, maupun purchase intention konsumen. Adapun berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel irritation memiliki pengaruh negatif terhadap advertising value on YouTube, serta informativeness tidak memiliki pengaruh terhadap advertising value on YouTube. ......This study aims to identify five factors in YouTube advertising (entertainment, informativeness, customization, irritation and credibility) which might effect on ad value, and attitude toward YouTube ads, leading to purchase intention of consumers. The study uses conceptual models where their hypothesis is that the ad value is positively correlated with respect to the attitude toward YouTube ads, which then affects consumers purchase intention. For this study, our respondents include 248 active YouTube users in Indonesia that will be used for data collection and analysis. In conclusion, this study found that entertainment, customization, and credibility is positively effected to advertising value on YouTube, where ad value has a positive effect on attitude toward YouTube ads and purchase intention of consumer. In addition, this study found that irritation is negatively effected to advertising advertising value on YouTube, and informativeness has no effect on advertising value on YouTube.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agung Dwi Saputra
Abstrak :
Penelitian ini berfokus pada penggunaan model Stimulus Organism Response (SOR) untuk menganalisis pengaruh karakteristik platform terhadap loyalitas perilaku konsumen pada food delivery applications. Ekspektasi yang tinggi dari pengguna platform food delivery applications kepada pedagang makanan di platform tersebut tidak berbanding lurus dengan kemampuan literasi digital para pelaku usaha mikro di bidang kuliner selama proses migrasi dari convenience store ke platform digital. Penelitian sebelumnya terkait pengaruh karakteristik platform terhadap loyalitas pelanggan menggunakan model SOR dalam konteks platform yang berbeda, disisi lain penelitian terkait aplikasi food delivery applications pada penelitian sebelumnya didominasi oleh penggunaan kerangka teori yang berbeda. Penelitian ini menggunakan perspektif Stimulus-Organism-Response (SOR) pada food delivery applications (Platform to Consumer) dengan pengembangan variabel organism menggunakan mediasi perceived value dan customer satisfaction. Unit analisis penelitian ini adalah individu berusia 14–35 tahun yang pernah membeli produk kuliner UMKM skala mikro melalui food delivery applications dengan 276 responden dan pengolahan data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa system quality dan customization berpengaruh pada perceived value dan customer satisfaction. Perceived value dan customer satisfaction mempengaruhi loyalitas perilaku konsumen. Pedagang UMKM golongan usaha mikro perlu memperhatikan kualitas makanan dan menyesuaikan produknya dengan keinginan pelanggan pada food delivery applications. ......This study focuses on using the Stimulus Organism Response (SOR) model to analyze the influence of platform characteristics on customer loyalty intention in food delivery applications. High expectations from food delivery application users to food merchants on the platform are not directly proportional to the digital literacy capabilities of micro business actors in the culinary field during the migration process from convenience stores to digital platforms. Previous studies related to the influence of platform characteristics on customer loyalty with the SOR model in the context of different platforms and studies related to food delivery applications in previous studies were dominated by the use of different theoretical frameworks. This research uses a Stimulus-Organism-Response (SOR) perspective on food delivery applications (Platform to Consumer) with the development of the organism variable using perceived value and satisfaction mediation. The unit analysis of this research is individuals aged 14–35 years who have purchased micro-scale SME culinary products through the food delivery applications with 276 respondents and data processing with Structural Equation Modeling (SEM). Results show that system quality and customization have an effect on perceived value and customer satisfaction. Perceived value and customer satisfaction affect customer loyalty intention. SME merchants need to pay attention for food quality and customize it to the customer's wishes on food delivery applications platform.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Halyda Anjani Dwijayanti
Abstrak :
Penelitian ini didasari oleh fenomena penerapan sistem customization pada dunia bisnis online. Sistem tersebut dianggap dapat menjadi kunci kesuksesan sebuah perusahaan dalam menarik minta konsumennya. Peneliti ingin mengetahui latar belakang dan motivasi konsumen dalam membeli produk customized secara online. Ternyata, dikemukakan oleh penelitian Tian dkk. (2001) bahwa terdapat kebutuhan akan keunikan pada setiap diri konsumen, atau disebut dengan consumers' need for uniqueness. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara consumers? need for uniqueness dan intensi membeli konsumen pada produk yang bersifat customized secara online. Penelitian ini dilakukan kepada 529 partisipan yang seluruhnya sudah pernah berbelanja online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara consumers' need for uniqueness dan intensi membeli pada produk customized secara online. ...... This study is based on the phenomena of applying customization in the business world. The system is believed to be the key of a successful way for a company to sell their products to the consumers. Researcher wants to figure out the motivation behind consumer decisions to buy an online customized product. Apparently, a research from Tian et al. (2001) shows that there are needs for each consumes to be unique, or later to be called as consumers need for uniqueness. The purpose of this study is to find out if there is a significant correlation between consumers’ need for uniqueness and purchase intention in an online customized products. This study conducted to 529 participants which all of them have the experienced of online shopping. Result of the study shows that there is a significant correlation between consumers need for uniqueness and purchase intention in online customized product.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asfiolitha Wilmarani
Abstrak :
Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan paradigma untuk memproduksi perangkat lunak dengan waktu, usaha, dan biaya yang minimal. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) adalah perangkat yang dikembangkan dengan pendekatan SPLE untuk menghasilkan aplikasi web bagi organisasi sosial. Proses memproduksi aplikasi melibatkan sebuah kerangka pengembangan yang bernama Prices-IDE, yaitu sebuah development framework yang mendukung SPLE. Penelitian terdahulu telah mengembangkan UI Generator yang dapat mentransformasikan diagram IFML (Interaction Flow Modeling Language) menjadi source code sebuah aplikasi React. Akan tetapi, antarmuka yang dihasilkan masih sangat sederhana, belum menimbang prinsip desain antarmuka pengguna, dan belum menggunakan pendekatan SPLE. Terlebih, fitur kustomisasi antarmuka yang sudah ada belum terintegrasi dengan Prices-IDE. Penelitian ini mengusulkan variasi komponen antarmuka yang telah diperbarui, serta metode untuk melakukan kustomisasi antarmuka saat runtime. Proses pengembangan melibatkan pembuatan prototipe dan penyesuaian terhadap UI Generator berdasarkan rancangan yang diusulkan. Aplikasi yang dihasilkan kemudian dianalisis dan dites dengan functional testing secara manual oleh penulis menggunakan 16 skenario tes. Audit performa menggunakan Lighthouse juga dilakukan terhadap aplikasi dari UI Generator versi sebelum dan setelah diperbarui. Berdasarkan tes dan analisis tersebut, disimpulkan bahwa UI Generator yang diperbarui dapat menghasilkan aplikasi React yang mempertahankan fungsionalitas yang sudah ada, mengalami peningkatan dalam performa sebanyak 14%, dan kini memiliki tambahan fitur kustomisasi UI. ...... Software Product Line Engineering (SPLE) is the paradigm for producing a diverse set of similar software products with lower cost, time, and effort. Adaptive Information System for Charity Organization (AISCO) is a tool to generate web applications for charity organizations developed with an SPLE framework. The process of generating web applications is assisted by Prices-IDE, a development framework that supports SPLE. Previous studies have succeeded in developing a UI Generator that transforms an IFML (Interaction Flow Modeling Language) Diagram into the source code of a React application. However, the generated UI display is barebones, does not consider UI design principles, and was not developed with the SPLE approach. Moreover, the existing UI customization feature is entirely separate from Prices-IDE. This study proposes a revamped UI design, interface variations of the generated application, and a way to customize said interface during runtime. The development process involves creating a prototype based on the proposed design, then applying necessary adjustments to the UI Generator. Applications generated by the renewed UI Generator are then analyzed and tested using functional testing with 16 scenarios and performance audits with Lighthouse. Based on these analyses and test results, it is concluded that the updated UI Generator can generate React applications that maintain previous functionalities, with the addition of a UI customization feature and an increase by 14% in performance.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astri Madhyaratri
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang berhubungan dengan keberhasilan sistem biaya berbasis aktivitas/activity-based costing (ABC) menurut perspektif pembangun sistem, serta untuk mengidentifikasi indikator keberhasilan sistem ABC menurut perspektif pengguna sistem. Penelitian untuk para pembangun sistem menggunakan populasi, sedangkan sampel digunakan pada penelitian terhadap persepsi para pengguna sistem. Responden adalah para pembangun dan pengguna sistem pada suatu kelompok perusahaan forestry. Karena keterbatasan data, metode analisis untuk 20 responden pembangun sistem menggunakan model Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi Statistics 21. Sedangkan pengujian untuk 52 responden pengguna sistem menggunakan Linear Structural Relationships (LISREL) 8.8 versi Student. Hasil penelitian untuk pembangun sistem menunjukkan tidak ada hubungan antara dukungan manajemen tertinggi, pelatihan bagi pengguna, tekanan persaingan dan kustomisasi terhadap keberhasilan sistem ABC. Sedangkan hasil penelitian untuk pengguna sistem menunjukkan bahwa manfaat perhitungan ABC dan pengambilan keputusan menjadi indikator yang berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan sistem ABC. Indikator akurasi biaya dan penggunaan informasi tidak terbukti mempengaruhi keberhasilan sistem dilihat dari sisi pengguna sistem ABC. ......The purpose of this study is to identify key factors influencing activity-based costing (ABC) system according to system developer, and to identify indicators influencing ABC system according to users. Population method is used for developers, while users using sampling method. Respondents are developers and users of the system in a fosrestry companies group. Due to data limitations, the method of analysis for 20 respondents using software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) version Statistics 21. While testing for the 52 respondents using software Linear Structural Relationships (LISREL) 8.8 Student Version. Results for system developers suggest that top management support, user training, competitive pressure and customization are not shown to be associated with the success of the system. While the results for system users show that ABC cost calculation and decisions making has positive and significant indicator of the ABC system success. Cost accuracy and the use of information indicators are not shown to impact  ABC system success.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief Maulana Suwarna
Abstrak :
ABSTRACT
As services are increasingly becoming driving forces of economies, the introduction of new services to satisfy customer needs is becoming a critical issue for telecommunication company. Telkomsel as a telecommunication company that holding the biggest market share in Indonesia, still struggle with its competitors, especially in its post paid services namely Kartu Halo. This research attempts to address the consumer issue and impact of service innovation on consumer loyalty. The study observes service innovation loyalty from the consumer perspective specifically, technology leadership, service leadership, switching cost, brand equity, and customization. The conceptual model examines the relevant relationships among the constructs by using structural equation modeling SEM with the help of LISREL 8.51 software. Findings from the research sample support the argument that service leadership, brand equity, and customization are the key determinants of loyalty, but not with the technology leadership. The further explanation, and suggestion based on the conducted research and questionnaires that spread in Jabodetabek area will be shown in this research.
ABSTRAK
Karena layanan semakin mendorong pertumbuhan ekonomi, pengenalan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan menjadi isu penting bagi perusahaan telekomunikasi. Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi yang memegang pangsa pasar terbesar di Indonesia, masih berjuang dengan pesaingnya, terutama dalam layanan pasca bayar yaitu Kartu Halo. Penelitian ini mencoba untuk menjawab permasalahan konsumen dan dampak inovasi layanan terhadap loyalitas konsumen. Studi ini mengamati loyalitas inovasi layanan dari perspektif konsumen; khususnya, technology leadership, service leadership, switching cost, brand equity, dan customization. Model konseptual menguji hubungan yang relevan antara konstruksi dengan menggunakan structural equation modeling SEM dengan bantuan software LISREL 8.51. Temuan dari sampel penelitian mendukung argumen bahwa switching cost, service leadership, brand equity, dan customization merupakan faktor penentu utama loyalitas, namun tidak dengan technology leadership. Penjelasan lebih lanjut, dan saran berdasarkan penelitian yang dilakukan dan kuesioner yang tersebar di wilayah Jabodetabek akan ditunjukkan dalam penelitian ini.
2017
S68299
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Perkasa Rosari
Abstrak :
Melanoma malignum (MM) kulit merupakan tumor ganas dengan mortalitas tinggi. Karakteristik histopatologik merupakan faktor prediktif prognostik MM kulit, tebal tumor >2 mm dan jumlah mitosis ≥5/mm2 berkorelasi dengan angka kesintasan yang lebih buruk. Mutasi pada MM antara lain terjadi pada promoter telomerase reverse transcriptase (TERT), sehingga proliferasi sel menjadi tidak terbatas. Telomerase juga meningkatkan risiko metastasis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik histopatologik dan imunoekspresi TERT dengan angka kejadian metastasis pada MM kulit. Sampel penelitian adalah 30 kasus MM kulit dengan metastasis dan 30 kasus tanpa metastasis di Departemen Patologi Anatomik FKUI/RSCM, periode Januari 2011 sampai Juli 2023. Dilakukan penilaian karakteristik histopatologik (tebal tumor, indeks mitosis, invasi limfovaskular, invasi perineural) dan pulasan imunohistokimia TERT menggunakan antibodi TERT. Data karakteristik histopatologik dan imunoekspresi TERT dianalisis untuk mengetahui hubungannya dengan angka kejadian metastasis. Karakteristik histopatologik yang berhubungan secara signifikan dengan kejadian metastasis adalah tebal tumor >2 mm (p=0,006) dan indeks mitosis ≥5/mm2 (p=0,008). Hasil analisis multivariat mendapatkan hubungan antara imunoekspresi TERT tinggi dengan metastasis yang bermakna secara statistik (p<0,001, aOR=56,1). Kesimpulan penelitian ini adalah imunoekspresi TERT tinggi meningkatkan angka kejadian metastasis pada MM kulit. Terdapat hubungan antara tebal tumor dan indeks mitosis dengan angka kejadian metastasis pada MM kulit. ......Cutaneous malignant melanoma (MM) is a malignant tumor with high mortality rate. Histopathological characteristics are prognostic predictive factors of cutaneous MM, tumor thickness >2 mm and mitotic rate ≥5/mm2 correlate with worse survival rate. Mutation in MM can occur at telomerase reverse transcriptase (TERT) promoter, which lead to unlimited cell proliferation. Telomerase also increases metastatic risk. This study aims to determine the association between histopathological characteristics and TERT immunoexpression with metastasis in cutaneous MM. The study samples are 30 metastatic and 30 non-metastatic cutaneous MM in Anatomical Pathology Department FKUI/RSCM, from January 2011 to Juli 2023. Histopathological characteristics (tumor thickness, mitotic index, limfovaskular invasion, perineural invasion) were assessed and anti-TERT antibodies were used for immunohistochemistry staining. Histopathological characteristics and TERT immunoexpression data were analyzed to determine their association with metastasis. Histopathological features that correlate significantly with metastasis are tumor thickness >2 mm (p=0,006) and mitotic index ≥5 mitosis/mm2 (p=0,008). Multivariate analysis showed significant association between high TERT immunoexpression and metastasis in cutaneous MM (p<0,001, aOR=56,1). This study concludes that high TERT immunoexpression increases metastatic rate in cutaneous MM. Tumor thickness and mitotic index are associated with metastasis in cutaneous MM.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>