Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wiwit Ayu Wulandari
"Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi mendalam tentang persepsi pasangan usia subur terhadap nilai anak yang dikaitkan dengan preferensi fertilitas, khususnya di wilayah pemukiman kumuh perkotaan Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan persepsi pasangan usia subur terhadap nilai anak di wilayah kumuh perkotaan yang menonjol adalah nilai anak secara ekonomis dibandingkan dengan nilai anak secara sosial ataupun psikologis. Tingginya nilai anak secara ekonomis menyebabkan masih tingginya preferensi fertilitas (keinginan akan anak) di wilayah kumuh. Pemberian informasi tentang nilai anak dan sosialisasi tentang perencanaan keluarga masih sangat perlu dilakukan. Program Keluarga Berencana (KB) "2 anak cukup" di wilayah kumuh sangat penting dioptimalkan dan disertai dengan peningkatan pemberdayaan ekonomi keluarga.

The purpose of this study to obtain in-depth information about perception of the productive-age couple against child value that associated with fertility preferences at the slums area, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur. This study used a qualitative approach. The results showed that the productive-age couple's perception which stands out the most is the economic value of child compared to the social value and psychological value. The high economic value of the child causes fertility preferences (desire for a child) is high at slum area. Provision of information about the value of children and the dissemination of family planning still needs to be done. Government's family planning program "2 anak cukup" in slums area is very important to be optimized and accompanied by increases economic empowerment of the family.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T45314
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zuhud Fattah
"Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menganalisis pengaruh keterampilan kewiraswastaan dan persepsi nilai terhadap intensi berwiraswasta. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 130 responden mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dan melalui e-mail selama bulan Oktober-Desember 2013. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 2.0 yang telah banyak digunakan dalam penelitian terkait kewiraswastaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kewiraswastaan dan persepsi nilai berpengaruh positif signifikan terhadap intensi berwiraswasta.

The purpose of this paper is to analyze the influence of Entrepreneurial Skills and Value Perception toward Entrepreneurial Intentions. The study was conducted with a sample of 130 respondents of Economic Faculty Extension Program of University of Indonesia students. The survey was conducted during the month of October-December 2013. Data analysis and hyphotesis testing using the Partial Least Square technique with SmartPLS 2.0 that has been satisfactorily applied on entrepreneurship studies. Analytical results obtained results that Entrepreneurial Skills and Value Perception has a positive significant effect on Entrepreneurial Intentions.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53652
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khoirun Nisa
"ABSTRAK
Tesis ini membahas peran sinkronisitas media pada hubungan antara nilai
utilitarian, nilai hedonik, nilai sosial dan kepuasan terhadap loyalitas dalam
konteks media sosial dan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Peran sinkronisitas media ini menjadi variabel perantara dalam hubungan kausal dari kognisi, afeksi dan konasi berdasarkan Theory of Reasoned Action. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan nilai sosial terhadap kepuasan, menjelaskan pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan nilai sosial terhadap kepuasan melalui sinkronisitas media dan menjelaskan pengaruh kepuasan terhadap intensi loyalitas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei kepada 195 pengikut akun media sosial IndonesiaBaik.id yang menjadi peserta pelatihan grafis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai utilitarian dan nilai hedonik memiliki pengaruh terhadap kepuasan, sinkronisitas media menjadi variabel perantara yang mendorong pengaruh nilai utilitarian, nilai hedonik dan nilai sosial terhadap kepuasan, dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap intensi loyalitas. Secara keseluruhan, sinkronisitas media memiliki peran penting dalam keberhasilan komunikasi yang diindikasi dari intensi loyalitas. Selain itu, nilai hedonik menjadi prediktor tertinggi dari intensi loyalitas. Hasil penelitian menyarankan bahwa nilai hedonik perlu diperhatikan untuk menjaga loyalitas pengikut akun media sosial pemerintah dalam hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. Selain itu, nilai sosial menjadi isu penting yang diperhatikan dalam pengembangan strategi kehumasan pemerintah. Pemanfaatan sinkronisitas media perlu ditingkatkan untuk keberlangsungan hubungan antara pemerintah dan masyarakat dengan pelibatan pengikut akun media sosial IndonesiaBaik.id secara aktif.

ABSTRACT
This thesis discusses the role of media synchronicity in the relationship between
utilitarian value, hedonic value, social value and satisfaction to loyalty in the
context of social media and the relationship between government and society. The role of media synchronicity becomes an intervening variable in the causal
relationships of cognition, affection and conation based on the Theory of
Reasoned Action. This study aims to explain the effect of utilitarian value,
hedonic value and social value on satisfaction, to explain the influence of
utilitarian value, hedonic value and social value to satisfaction through media
synchronicity and to explain the influence of satisfaction on loyalty intention. This research is a quantitative study by using survey to 195 followers of
IndonesiaBaik.id social media account who become participants of graphic
training. The results showed that utilitarian value and hedonic value have
influence to satisfaction, media synchronicity becomes intermediate variable that encourage influence of utilitarian value, hedonic value and social value to
satisfaction, and satisfaction has influence to loyalty intention. Overall, media
synchronicity has an important role in communication successfulness indicated by loyalty intentions. In addition, the hedonic value becomes the highest predictor of loyalty intention. The results suggest that hedonic value should be considered to maintain loyalty of government social media follower in the relationship between government and citizen. In addition, social values become an important issue in the development of public relations strategy. Media synchronicity utilization needs to be improved for sustainability of relationship between government and citizen with active involvement of social media followers of IndonesiaBaik.id."
2018
T50075
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bilal Reginald Putra Suryawan Tawakal
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh dari perceived authenticity terhadap perceived quality (food, environment, service), perceived value, dan behavioral intention pada konsumen jaringan restoran Padang. Penelitian ini menggunakan metode survei daring untuk pengumpulan data dan behasil memperoleh 270 responden. Data dianalisis menggunakan PLS-SEM pada perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived authenticity signifikan mempengaruhi perceived quality, perceived value, dan behavioral intention konsumen jaringan restoran Padang. Namun, tidak ditemukan pengaruh langsung food quality dan environment quality pada behavioral intention.

The purpose of this study was to understand the influence of perceived authenticity on perceived quality (food, environment, service), perceived value, and behavioral intention among consumers of the Padang restaurant chain. This research utilized an online survey method for data collection and successfully obtained 270 respondents. The data was analyzed using PLS-SEM on the SmartPLS 4 software. The results of the study indicate that perceived authenticity significantly influences perceived quality, perceived value, and the behavioral intention of consumers of the Padang restaurant chain. However, no direct influence was found between food quality and environment quality on behavioral intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jenny Delly
"Kegiatan pelabuhan pertambangan dan industri nikel di Propinsi Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah telah mengeksploitasi sumberdaya alam yang ada, sehingga menyebabkan perubahan kualitas lingkungan serta masalah sosial dan ekonomi pada masyarakat. Tujuan penelitian adalah membuat model pencemaran air laut pada daerah sekitar pelabuhan tambang dan industri nikel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode Storet digunakan untuk menentukan status mutu air laut. Metode regresi linear untuk mengetahui persepsi masyarakat dan kondisi ekonomi, serta keterkaitannya dengan faktor penduduk, ekonomi, dan kesehatan. Hasilnya menujukkan bahwa status mutu air laut pada tahun 2019 untuk Pelabuhan pertambangan PT. Aneka Tambang, Tbk, Pomalaa tercemar ringan (nilai storet -10) dan pada Pelabuhan PT. IMIP, Morowali tercemar sedang (nilai storet -30). Persepsi masyarakat terhadap keberadaan pelabuhan dan dampaknya di pengaruhi oleh lokasi dimana pelabuhan itu berada namun demografi masyarakat tidak mempengaruhi persepsi. Peningkatan pendapatan masyarakat dirasakan oleh 61,1% masyarakat Pomala dan 63% masyarakat Bahudopi, Morowali. Model pencemaran air laut dengan menggunakan pendekatan System Dynamics memperlihatkan perubahan mutu air laut, nilai ekonomi dan indeks kesehatan masyarakat jika intervensi teknologi dilakukan maka ada peningkatan rata-rata pada status mutu air laut sebesar 46,87%, nilai ekonomi (profit) 101,15% dan indeks kesehatan masyarakat 58,97%.

Nickel mining and industrial port activities in the Provinces of Southeast Sulawesi and Central Sulawesi have exploited existing natural resources, causing changes in environmental quality as well as social and economic problems in the community. The aim of this research is to create a model of seawater pollution that is affected by activities at these mining ports. This study uses a quantitative approach. The Storet method is used to determine the status of seawater quality. Linear regression was used to find out people's perceptions and economic conditions, as well as their relationship to population, economic, and health factors. The results show that seawater quality status in 2019 for the mining port of PT. Aneka Tambang, Tbk, Pomalaa was lightly polluted (storet value -10) and at PT. IMIP, Morowali was moderately polluted (storet value -30). Community perceptions of the existence of ports and their impacts were influenced by location, but community demographics did not affect perceptions. The increase in community income was felt by 61.1% of the Pomala community and 63% of the Bahudopi community, Morowali. The seawater pollution model using the System Dynamics approach shows changes in seawater quality, economic value and public health index if technological intervention is carried out. There is an average increase in seawater quality status of 46.87%, economic value (profit) 101.15 % and public health index 58.97%."
Depok: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shaquille Dhya Nadhif Viyanditaputra
"Solo dining, aktivitas makan sendirian di restoran masih sering diabaikan, terutama dalam konteks Indonesia. Salah satu aspek yang belum banyak dibahas adalah bagaimana value perception solo diners. Dalam memahami hal ini, perlu diketahui motivasi individu dalam melakukannya. Dengan menggunakan self-determination theory, terdapat dua motivasi yang mendorong individu untuk melakukan solo dining, yaitu self-determined solitude yang menghasilkan voluntary solo dining dan non-self- determined solitude yang menghasilkan involuntary solo dining. Kedua motivasi ini diekspektasikan dapat mempengaruhi 3 jenis value yang penting dalam dining, yaitu utility, hedonic, dan conspicuous dan juga dapat mempengaruhi happiness solo diners secara berbeda. Untuk menguji hipotesis tersebut, penelitian ini mengolah data dari 324 responden Gen Z dengan menggunakan metode PLS-SEM. Temuannya membuktikan bahwa self-determined solitude memiliki pengaruh positif terhadap utility value, hedonic value, conspicuous value, dan happiness. Ketiga jenis value tersebut juga ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap happiness. Selain itu, utility value dan hedonic value juga ditemukan memediasi hubungan antara self-determined solitude yang dan happiness. Terakhir, non-self-determined solitude menghasilkan temuan yang tidak signifikan pada ketiga jenis value dan happiness.

Solo dining, the activity of eating alone in a restaurant is still being overlooked, especially in Indonesia context. One aspect that has not been widely discussed is how solo diners perceive value. In understanding this, it is necessary to know the individual's motivation in performing it. Using self-determination theory, there are two motivations that drive individuals to do solo dining, namely self-determined solitude that results in voluntary solo dining and non-self-determined solitude that results in involuntary solo dining. These two motivations are expected to affect 3 types of values that are important for dining, namely utility, hedonic, and conspicuous and can also affect the happiness of solo diners differently. To test the hypothesis, this study processed data from 324 Gen Z respondents using the PLS-SEM method. The findings prove that self-determined solitude has a positive influence on utility value, hedonic value, conspicuous value, and happiness. The three types of value were also found to have a positive influence on happiness. Aside from that, both utility and hedonic value were also found to mediate the relationship between self-determined solitude and customer happiness. Lastly, non-self- determined solitude produced non-significant findings on all three types of value and happiness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisha Ardelia Putri
"Lanskap ritel terus mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya inovasi digital dan pergeseran perilaku konsumen, yang mendorong kemunculan TikTok Shop sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di kalangan generasi muda Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen selama flash sale produk kecantikan di TikTok Shop. Fokus utama penelitian adalah untuk mengkaji bagaimana persepsi nilai yang terdiri dari nilai harga, fungsional, emosional, dan sosial, mempengaruhi niat beli dan pembelian aktual. Penelitian ini juga mengeksplorasi bagaimana tekanan waktu dan keterlibatan produk membentuk hubungan tersebut. Data dikumpulkan melalui eksperimen daring yang melibatkan 126 partisipan yang telah membeli produk kecantikan di TikTok Shop dalam tiga bulan terakhir, berusia 18 hingga 34 tahun, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen 2x2 serta analisis regresi moderasi dengan bantuan SPSS untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai emosional menjadi prediktor yang kuat terhadap niat beli ketika konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk dan tidak berada dalam tekanan waktu. Sebaliknya, nilai harga, fungsional, dan sosial tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap niat beli. Tekanan waktu terbukti mengurangi pengaruh nilai emosional, sehingga memperlemah keputusan yang didorong oleh emosi. Meskipun efek moderasi ini tidak signifikan di tiap kelompok, hasilnya signifikan pada model keseluruhan. Ketika konsumen berada dalam tekanan waktu dan memiliki keterlibatan rendah terhadap produk, nilai harga dan emosional justru berpengaruh signifikan terhadap niat beli, yang bertentangan dengan hipotesis awal yang memprediksi pengaruh lebih kuat pada keterlibatan tinggi. Terakhir, niat beli terbukti secara signifikan memengaruhi pembelian aktual, terutama pada konsumen yang mengalami tekanan waktu tinggi dan keterlibatan produk yang tinggi.

The retail landscape is constantly evolving, with digital innovation and shifting consumer behavior accelerating the rise of TikTok Shop as one of the leading e-commerce platforms for young Indonesians. This study investigates the factors that influence consumers’ purchase behavior during beauty flash sales on TikTok Shop. It focuses on how perceived value, consisting of price, functional, emotional, and social value, affects purchase intention and actual purchase. The study also explores how time pressure and product involvement shape these relationships. Data were collected through an online experiment involving 126 participants aged 18 to 34, living in the Greater Jakarta area (Jabodetabek), who had purchased beauty products on TikTok Shop within the past three months. A 2x2 experimental design and moderated regression analysis using SPSS were employed to test the hypotheses. The results show that emotional value became a strong predictor of purchase intention when consumers were highly involved and not under time pressure. In contrast, price, functional, and social value did not significantly influence purchase intention in any condition. Time pressure was found to reduce the influence of emotional value, weakening emotionally driven decisions. While this moderating effect was not significant within individual groups, it was significant in the overall model. When consumers were under time pressure and had low involvement with the product, both price and emotional value significantly influenced purchase intention, contradicting the original hypotheses that expected stronger effects under high involvement. Finally, purchase intention significantly predicted actual purchase, particularly among consumers experiencing both high time pressure and high product involvement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bela Larasati
"Skripsi ini menginvestigasi bagaimana gaya hidup dan faktor demografis masyarakat Jakarta mempengaruhi persepsi nilai terhadap merek serta melihat bagaimana persepsi ini mempengaruhi dorongan atau keinginan untuk membeli produk Old dan New Luxury kategori pakaian dan alas kaki khususnya pada kelompok umur 14 hingga 30 tahun atau yang biasa disebut dengan Generasi Y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design deskriptif. Hasil penelitian memberi masukan kepada pengusaha produksi atau retail produk luxury untuk menggali potensi pasar laki-laki , pasar Jakarta Selatan serta kelas menengah.

The focus of this study is to investigates how lifestyle and demographic factors influence brand perception value of the people of Jakarta and to see how this perception affects purchase intention of Old and New Luxury in Apparek and Footwear category, particularly in the age group 14 to 30 years or commonly referred to as Y Generation. This research is a quantitative and descriptive with design. The results provide inputs to production or retail entrepreneurs to explore the potential of luxury men market, South Jakarta market as well as the middle class market."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilma Khairani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas pelayanan elektronik dari moda transportasi roda empat terhadap kepuasan pelanggan dan intensi perilaku, dalam penelitian ini intensi perilaku tersebut adalah loyalitas pelanggan dan word of mouth pada moda transportasi roda empat berbasis aplikasi. Model penelitian dengan enam hipotesis diuji dengan menggunakan Structural Equation Modeling SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kualitas pelayanan elektronik dan persepsi nilai terhadap uang berpengaruh secara positif terhadap kepuasan pelanggan. selain itu, kepuasan pelanggan juga berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan dan word of mouth. Akan tetapi loyalitas pelanggan tidak mempunyai pengaruh terhadap word of mouth.

This study aim to determine the effect of service quality and e service quality in application based transportation towards customer satisfaction and behavioral intentions. In this study, the behavioral intentions are customer loyalty and word of mouth. The six hypotheses research model in this study are tested with Structural Equation Modeling SEM. The results found out that perceived value for money, service quality and e service quality have a positive and significant impact towards customer satisfaction. Also, it found out that customer satisfaction has a positive and significant impact towards customer loyalty and word of mouth. However, customer loyalty doesn rsquo t have significant impact towards word of mouth. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T48047
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Earlene Vinsensia
"Persepsi nilai produk merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi intensi membeli konsumen. Salah satu cara untuk memunculkan persepsi nilai produk yang baik di mata konsumen adalah melalui influencer yang kredibel. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran persepsi nilai produk sebagai mediator dalam hubungan antara kredibilitas influencer dan intensi membeli pada pengguna Instagram. Partisipan penelitian ini merupakan 311 pengguna Instagram berjenis kelamin perempuan dan berusia 18-24 tahun. Hasil analisis mediasi menunjukan bahwa terdapat hubungan tidak langsung antara kredibilitas influencer dan intensi membeli melalui persepsi nilai produk (ab = 0,236, p < 0,05). Selain itu, terdapat pula efek langsung antara kredibilitas influencer dan intensi membeli (c’ = 0,146, p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa persepsi nilai produk memediasi secara parsial hubungan antara kredibilitas influencer dan intensi membeli pada pengguna Instagram. Dengan demikian, penelitian ini dapat bermanfaat bagi pelaku bisnis dalam memilih influencer yang ingin diajak bekerja sama, yaitu dengan memperhatikan kredibilitas influencer.

Product perceived value is an important factor that can influence consumer purchase intention. One way to bring up a good consumer's product perceived value is through a credible influencer. This study aimed to look at the role of product perceived value as a mediator in the relationship between influencer's credibility and purchase intentions on Instagram users. The participants of this study were 311 Instagram users who were female and aged around 18-24 years. The results of mediation analysis showed that there was an indirect relationship between influencer credibility and purchase intention through product perceived value (ab = 0,236, p <0,05). In addition, there was also a direct effect between influencer's credibility and purchase intention (c‘= 0,146, p <0,05). This shows that product perceived value partially mediates the relationship between influencer credibility and purchase intention on Instagram users. Thus, this research can be useful for businessmen in choosing influencers who they want to work with, by paying attention to influencer’s credibility."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>