Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sopiyatul Marwa
Abstrak :
Kesehatan merupakan salah unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia, sebagai bagian dari hak asasi manusia. Salah satu fasilitas pelayanan kesehatan untuk memenuhi hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan adalah apotek. Apotek adalah sarana pelayanan kesehatan tempat dilakukannya praktik kerja kefarmasiaan oleh apoteker. Dalam menjalankan tugasnya, seorang apoteker harus berdasarkan standar pelayanan kefarmasian. Hal ini dilakukan dengan maksud agar pelayanan kesehatan, sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai yang diberikan selalu aman, berkhasiat/bermanfaat, bermutu, dan terjangkau untuk masyarakat. Sejak adanya kebijakan physical distancing akibat pandemi COVID-19 dan seiring dengan berkembang pesatnya teknologi, muncul pendekatan pelayanan kesehatan dan kefarmasian berbasis digital melalui telefarmasi. Sehingga hal ini mendukung adanya shifting atau peralihan transaksi dari offline ke online. ......Health is one of the elements of welfare that must be realized in accordance with the ideals of the Indonesian nation, as part of human rights. One of the health service facilities to fulfill people's right to obtain health services is a pharmacy. Pharmacy is a health service facility where pharmacists practice pharmaceutical work. In carrying out their duties, a pharmacist must be based on pharmaceutical service standards. This is done with the intention that the health services, pharmaceutical preparations, medical devices, and consumable medical materials provided are always safe, efficacious/beneficial, of high quality, and affordable for the community. Since the existence of the physical distancing policy due to the COVID-19 pandemic and along with the rapid development of technology, a digital-based approach to health and pharmaceutical services has emerged through telepharmacy. So that this supports shifting or switching transactions from offline to online.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Sylvarizky
Abstrak :
Apotek sebagai sarana pelayanan kefarmasian, menjamin ketersediaan Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan dan Bahan Medis Habis Pakai yang aman, bermutu, bermanfaat dan terjangkau. Sebagai seorang apoteker dituntut untuk dapat mengelola sediaan farmasi yang tersedia, termasuk suplemen kesehatan. Pemasaran melalui media sosial atau social media marketing. Hal tersebut, memberikan peluang bagi para pemasar untuk dapat melakukan komunikasi pemasaran tanpa dibatasi jarak dan waktu. Pelaksanaan promosi yang hanya dilakukan di apotek melalui mulut ke mulut dirasakan belum begitu efektif meskipun sudah berjalan dengan baik, begitu pula yang dirasakan Apotek Kimia Farma 143 Margonda, sehingga diperlukan pemasaran alternatif yang dapat memberikan hasil yang efektif dalam waktu yang sempit. Tugas khusus ini bertujuan untuk mengetahui hasil strategi pemasaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan suplemen kesehatan melalui laman sosial media (social media marketing). Tugas khusus ini diawali dengan mempelajari Produk Suplemen Kesehatan lalu menyiapkan bahan untuk promosi dan melakukan pemasaran melalui laman sosial media, seperti Whatsapp dan Instagram yang selanjutnya, dilakukan pengolahan data hasil penjualan. Berdasarkan hasil yang didapatkan, dalam jangka waktu yang sempit, berhasil terjual sebanyak tiga buah dengan omset yang didapat sebesar Rp1.461.600,-. Pemanfaatan media sosial yang dilakukan sebagai pemasaran alternatif, lebih fleksibel dan tidak terbatas oleh jarak, tempat dan waktu. Pemasaran alternatif ini dapat dilaksanakan sebagai promosi utama bersama dengan promosi langsung kepada pasien yang dilaksanakan di apotek. ......As a means of pharmaceutical services, pharmacy guarantees the availability of Pharmaceutical Preparations, Medical Devices, and Medical Consumables that are safe, quality, useful, and affordable. As a pharmacist, you are required to be able to manage available pharmaceutical preparations, including health supplements. Marketing through social media or social media marketing. This provides opportunities for marketers to carry out marketing communications without being limited by distance and time. The implementation of promotions that are only carried out in pharmacies through word of mouth is felt to have not been very effective even though it has gone well, as well as Apotek Kimia Farma 143 Margonda, so alternative marketing is needed that can provide effective results in a narrow time. This special task aims to determine the results of marketing strategies and factors that affect the sale of health supplements through social media pages (social media marketing). This special task begins with studying Health Supplement Products and then preparing materials for promotion and marketing through social media pages, such as Whatsapp and Instagram, which process sales data. Based on the results obtained, three pieces were sold in a narrow period of time with a turnover of Rp1,461,600,-. The use of social media is carried out as alternative marketing, more flexible, and not limited by distance, place, and time. This alternative marketing can be implemented as the main and direct promotion to patients carried out in pharmacies.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Nur Fahmi
Abstrak :
Praktik kerja profesi di Apotek Kimia Farma Periode Februari 2020 bertujuan untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab apoteker di Apotek dan menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan praktik kefarmasian di Apotek. Selain itu peserta praktik kerja profesi juga mendapat gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktik. Tugas khusus yang diberikan yaitu berjudul “Analisis Kepuasan Pelanggan di Apotek Kimia Farma No. 143 Periode Februari 2020”. Tujuan pengerjaan tugas khusus ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari segi fisik apotek dan produk yang disediakan di apotek Kimia Farma No. 143 dan untuk mengetahui keseluruhan tingkat kepuasan pelanggan dari petugas dan pelayanan yang diberikan di apotek Kimia Farma No. 143. Secara umum, kepuasan pelanggan Apotek Kimia Farma No. 143 menunjukkan kategori puas dengan nilai kepuasan pelanggan secara keseluruhan yaitu sebesar 4,572 dari nilai maksimal 5. Penulis telah mendapatkan kemampuan untuk memahami peran, tugas, wawasan dan tanggung jawab apoteker dan memberikan solusi pada permasalahan di apotek. Praktik kerja profesi di PT. CKD OTTO Pharmaceuticals periode Juli – Agustus 2020 bertujuan untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab apoteker di industri farmasi dan memahami penerapan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) di Industi Farmasi. Selain itu peserta praktik kerja profesi juga dapat memiliki gambaran nyata tentang permasalahan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan pekerjaan kefarmasian di industri farmasi. Tugas khusus yang diberikan yaitu berjudul “Improvement Proses Produksi Produk X di PT. CKD OTTO Pharmaceuticals Periode Juli – Agustus 2020”. Tujuan pelaksanaan tugas khusus ini adalah untuk mengetahui permasalahan dominan, penyebab permasalahan yang terjadi, dan juga menganalisis solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan permasalahan pada proses produksi produk X. Permasalahan dominan yang terjadi pada proses produksi produk X terjadi pada proses filling yaitu terkait dengan ukuran vial produk tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, sehingga solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan pada beberapa bagian mesin proses produk X. Secara umum, PT. CKD OTTO Pharmaceuticals telah menerapkan aspek-aspek CPOB dengan baik dan benar, penulis juga telah mendapatkan kemampuan untuk memahami peran, tugas, wawasan dan tanggung jawab apoteker dan memberikan solusi pada permasalahan di industri farmasi. ......The professional work practices at Apotek Kimia Farma No. 143 period February 2020 aims to understand the duties and responsibilities of pharmacist at the Pharmacy and to add insight, knowledge, skills and practical experience to carry out pharmacy practice at the Pharmacy. In addition, internship participans also get a real picture of the problems of pharmaceutical practice and learn strategies and activities that can be carried out in the context of developing practices. The specific assignment given is entitled "Analysis of Customer Satisfaction at Apotek Kimia Farma No. 143 Period February 2020 ". The purpose of this assignment is to determine the level of customer satisfaction in terms of the display of pharmacy and the products provided at the Apotek Kimia Farma No. 143 and to find out the overall level of customer satisfaction from the employees and services provided at Apotek Kimia Farma No.143. In general, customer satisfaction at Apotek Kimia Farma. 143 shows the category of satisfied with the overall customer satisfaction value that is equal to 4,572 of the maximum value of 5. The internship participans also has gained the ability to understand the roles, duties, insights and responsibilities of the pharmacist and provide solutions to problems at the pharmacy.Professional work practices at PT. CKD OTTO Pharmaceuticals period July - August 2020 aims to find out the duties and responsibilities of pharmacists in the pharmaceutical industry and understand the application of Good Manufacturing Practices / Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) in the Pharmaceutical Industry. In addition, participants of professional work practices can also have a real picture of the problems of pharmaceutical work in the pharmaceutical industry, have insight, knowledge, skills and practical experience to do pharmaceutical work in the pharmaceutical industry. The special task given, entitled "Improvement of Product X Production Process at PT. CKD OTTO Pharmaceuticals Period July - August 2020". The purpose of implementing this special task is to determine the dominant problems, the causes of the problems that occur, and also to analyze solutions that can be done to reduce or eliminate problems in the production process of product X. The dominant problem that occurs in the production process of product X occurs in the filling process, which is related to The size of the product vial is not in accordance with the machine specifications, so the solution that can be done is to change parts in several parts of the product X filling process machine. In general, PT. CKD OTTO Pharmaceuticals has implemented aspects of CPOB properly and correctly, the author has also gained the ability to understand the roles, duties, insights and responsibilities of pharmacists and provide solutions to problems in the pharmaceutical industry
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia , 2020
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Oktariani
Abstrak :
Pemasaran farmasi merupakan sub bagian dasar pemasaran dimana nilai pelayanan kefarmasian atau yang dikenal dengan Pharmaceutical care diaplikasikan. Bauran pemasaran adalah sebagai seperangkat variabel pemasaran, yang dapat dikendalikan dan dipadukan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan didalam pasar sasaran. Beberapa tahun terakhir, banyak suplemen yang beredar dimasyarakat, hal tersebut selaras dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan menjaga kesehatan. Strategi yang diterapkan pada Apotek Kimia Farma 143 dalam pemasaran produk suplemen dan vitamin adalah bauran pemasaran (marketing mix) berupa Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), dan Place (Tempat). ......Pharmaceutical marketing is a basic sub-section of marketing where the value of pharmaceutical services or what is known as Pharmaceutical care is applied. Marketing mix is ​​a set of marketing variables, which can be controlled and integrated by the company to produce the desired response in the target market. In recent years, there have been many supplements circulating in the community, this is in line with the increasing public awareness of maintaining health. The strategy applied at Kimia Farma 143 Pharmacy in marketing supplement and vitamin products is the marketing mix in the form of Product, Price, Promotion, and Place.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Kurnia Azzahra
Abstrak :
Pelayanan Kefarmasian adalah pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien terkait sediaan farmasi dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang pasti guna meningkatkan kualitas hidup pasien. Pelaksanaan pelayanan kefarmasian dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan, salah satunya adalah Apotek. Apotek merupakan suatu jenis bisnis eceran (retail) yang tidak lepas dari kegiatan pemasaran, salah satunya penjualan vitamin dan suplemen. Salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah konsumen dalam membeli suplemen dan vitamin maka harus dilakukan pemasaran terhadap produk farmasi dengan menerapkan strategi pemasaran yang baik. Strategi pemasaran yang digunakan pada tugas khusus ini adalah bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah sekumpulan kegiatan yang saling berhubungan, disusun dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, mengembangkan barang yang dibutuhkan, menentukan harganya, mendistribusikan, dan mempromosikannya. Metode yang digunakan pada tugas khusus ini adalah secara non eksperimental yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara deskriptif normatif untuk mencari kesesuaian antara teori pemasaran farmasi dengan penerapan strategi bauran pemasaran pada pemasaran produk suplemen dan vitamin di Apotek Kimia Farma 143 Margonda. Berdasarkan hasil penerapan strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan, diketahui bahwa produk suplemen dan vitamin yang telah terjual selama periode tugas khusus ini yaitu sebanyak tujuh (7) produk dengan omset penjualan Rp1.970.325,00. Dapat dikatakan strategi bauran pemasaran cukup efektif meningkatkan omset penjualan, dimana dengan menerapkan empat elemen bauran pemasaran yang meliputi 4P yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (tempat). ......Pharmaceutical care are direct and responsible services to patients related to pharmaceutical dosage form with the aim of obtaining definite results to improve the quality of life of patients. The implementation of pharmaceutical care can be carried out in health service facilities, on of which is a pharmacy. Pharmacy is a type of retail business that cannot be separated from marketing activites, one of which is the sale of vitamins and supplements. One effort to increase the number of consumers in buying supplements and vitamins must be done marketing of pharmaceutical products by implementing a good marketing strategy. The marketing strategy used on this task is the marketing mix. The marketing mix is a set of interconnected activities, structured with the aim of working the needs of consumers, developing the goods needed, determining their prices, distributing and promoting them. The method used on this task is non experimental, namely qualitative dexcriptive by using a normative descriptive approach to find compatibility between pharmaceutical marketing theory and the application of marketing mix strategies in marketing supplement and vitamin products at Apotek Kimia Farma 143 Margonda. Based on the results od the implementation of the marketing mix strategy that has been carried out, it is known that the supplement and vitamin products that have been sold during this task period as many as seven products with a sales turnover of Rp, 1,970,325.00. It can be conclude that the marketing mix strategy is quite effective in increasing sales turnover, where by applying four elements of the marketing mix which include the 4Ps, namely product, price, promotion, and place.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Ni'amatul Muallifah
Abstrak :
Profesi apoteker memiliki peran penting dalam pekerjaan kefarmasian. Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam rangka menjadi seorang apoteker profesional adalah melalui praktik kefarmasian secara langsung. Maka dari itu, praktik kerja profesi diperlukan sebagai bekal dan pengalaman bagi calon apoteker untuk memahami peran dan meningkatkan kompetensi sebelum memasuki dunia kerja. Praktk Kerja Profesi Apoteker (PKPA) dilaksananakn di Rumah Sakit Universitas Indonesia periode Januari–Februari 2022, Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama periode Maret 2022, dan Apotek Kimia Farma 143 Depok periode Mei 2022. Melalui proses PKPA di rumah sakit, puskesmas, dan apotek tersebut, calon apoteker diharapkan mampu memperoleh wawasan, pengetahuan, keterampilamn, dan pengalaman yang sesuai untuk melakukan pekerjaan di bidang kefarmasian. ......Pharmacists have an important role in pharmacy practice. One of important things that can be done to become a professional pharmacist is by participating in pharmacy practice directly. Therefore, professional practice are required as a provision and experience to understand the role of pharmacist and enhance competency before entering the working field. The Professional Practices of Pharmacist held at Universitas Indonesia Hospital for the period of January–February 2022, Kebayoran Lama Public Health Center for the March 2022 period, and Apotek Kimia Farma 143 Depok for May 2022 period. Through the professional practice in the hospital, public health center, and pharmacy; prospective pharmacist are expected to be able to gain as much insights, knowledge, sklils, and experiences to perform pharmacy practice in the pharmaceutical field.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Baiq Junjung Pesona Ribeki
Abstrak :
Kesehatan didefinisikan sebagai suatu keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Hak sehat berhak dimiliki oleh setiap orang dan setiap orang berhak juga untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Dibutuhkan suatu sumber daya kesehatan untuk dapat menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UU RI No. 36 Tahun 2009). Salah satu sumber daya kesehatan yaitu perbekalan farmasi. Perbekalan farmasi yaitu sediaan farmasi yang terdiri dari bahan obat, obat, obat tradisional, dan kosemetik. Pemerintah menjamin ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan perbekalan kesehatan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan perbekalan kesehatan (UU RI No. 36 Tahun 2009). Rumah Sakit Universitas Indonesia yaitu salah satu fasilitas kesehatan yang berlokasi di Universitas Indonesia. RSUI memiliki suatu formularium sumah sakit yang mempunyai fungsi yaitu membantu menyakinkan ketepatan penggunaan obat dan mutu di rumah sakit, memudahkan pemilihan obat yang rasional, memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien, meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan dana perbekalan kesehatan, memudahkan perencanaan dan penyediaan perbekalan kesehatan (Kementrian Kesehatan, 2017). PT SamMarie Tramedifa termasuk kedalam salah satu perusahaan berbentuk badan hukum yang memilki izin untuk pengadaan, penyimpanan, penyaluran obat dan/atau bahan obat dalam jumlah besar sesuai ketentuan peraturan perundang undangan (Peraturan BPOM No. 9 Tahun 2019). Apotek Kimia Farma 143 Margonda merupakan salah satu tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh sarana pelayanan kefarmasian apoteker. Pelayanan kefarmasian di apotek diselenggarakan dalam rangka menjamin ketersediaan dan akses masyarakat terhadap obat, sediaan farmasi lain, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai (BMHP) yang aman, bermutu dan bermanfaat, dengan tujuan mencapai patient outcome dan menjamin patient safety (Permenkes, No 14, 2021). ......Health is defined as a state of health, both physically, mentally, spiritually, and socially that enables everyone to live socially and economically productive lives. Everyone has the right to health and everyone has the right to obtain safe, quality, and affordable health services. It takes a health resource to be able to organize public health efforts (UU RI No. 36 of 2009). One of the health resources is pharmaceutical supplies. Pharmaceutical supplies are pharmaceutical preparations consisting of medicinal ingredients, drugs, traditional medicines, and cosmetics. The government guarantees the availability, equity, and affordability of health supplies with the aim of meeting the needs of health supplies (UU RI No. 36 of 2009). The University of Indonesia Hospital is one of the health facilities located at the University of Indonesia. The University of Indonesia Hospital has a hospital formulary which has a function, namely helping to ensure the accuracy of drug use and quality in hospitals, facilitating rational drug selection, providing optimal service to patients, increasing efficiency and effectiveness of the use of health supply funds, facilitating the planning and provision of health supplies. Ministry of Health, 2017). PT SamMarie Tramedifa is one of the companies in the form of a legal entity that has a permit for the procurement, storage, distribution of drugs and/or drug ingredients in large quantities in accordance with the provisions of the legislation (BPOM Regulation No. 9 of 2019). Kimia Farma 143 Margonda Pharmacy is a pharmaceutical service facility where pharmacists practice pharmacy. Pharmaceutical services in pharmacies are held in order to ensure the availability and access of the public to drugs, other pharmaceutical preparations, medical devices and medical consumables that are safe, quality and useful, with the aim of achieving patient outcomes and ensuring patient safety(Permenkes, No 14, 2021).
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2021
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library