Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121371 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Melissa Natasha
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas perilaku staf perpustakaan di Perpustakaan XY
Rawamangun dalam melakukan pekerjaannya selama mereka melayani pengguna
perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana staf
perpustakaan berperilaku, diamati dari cara mereka berinteraksi dengan pengguna
perpustakaan dan sesama rekan kerja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
mendalam. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa memahami
perilaku rekan sekerja bagi para staf adalah penting untuk menjadi motivasi dan
aktualisasi diri dalam melakukan pekerjaan di perpustakaan.

ABSTRACT
The focus of this study is library staff behaviour in XY Rawamangun Library
when doing their jobs, included giving services to library users. The purpose of
this study is to understand how each library staff behave when they are interacting
to library users and to fellow co-worker. This research is qualitative based
research using case study design. The data were collected by means of deep
interview. The findings of this study indicate that understanding the behaviour of
fellow co-worker for the staff is important to be motivation and self-actualization
in doing their jobs in the library."
2015
S58040
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Fairus Widiasmara
"Penelitian ini membahas mengenai kegiatan berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh staf perpustakaan Layanan Lansia dan Disabilitas PERPUSNAS. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kegiatan berbagi pengetahuan yang dilakukan oleh para staf perpustakaan Layanan Lansia dan Disabilitas PERPUSNAS dilihat dari tujuh aspek berbagi pengetahuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan proses berbagi pengetahuan tidak memiliki perbedaan dalam beberapa aspek antara staf perpustakaan tidak berkebutuhan khusus dan staf perpustakaan disabilitas. Dapat terlihat juga para staf perpustakaan disabilitas cenderung lebih banyak memiliki pengetahuan untuk dibagikan. Hal ini dikarenakan pengetahuan yang mereka miliki sesuai dengan target pemustaka yang dilayani.

This study discusses about knowledge sharing activities by the library staff of Elderly and Disability Service PERPUSNAS. The aim of this research is to obtain an overview of knowledge sharing activities by the library staff of Elderly and Disability Service PERPUSNAS using seven aspects of knowledge sharing. The research approach used is qualitative with case study method. The data collection method used is by observation, interview and document analysis. The results of the study indicate that the knowledge sharing process has no difference in some aspects between the library staff with no special needs and disability library staff. It can also be seen that disability library staff tend to have more knowledge to share. This is because the knowledge they have is in accordance with the target of the users being served."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desiarti Tuningsari
"Skripsi ini meneliti pengaruh pergantian staf dan layanan terhadap kepuasan pemustaka di perpustakaan Arsip Nasional Reublik Indonesia. Fokus pada indikator kinerja yang diuji menggunakan ISO 11620: 2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan pergantian staf dan layanan terhadap kepuasan pemustaka potensial. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisoner terhadap 60 pemustaka potensial. perpustakaan ANRI dengan penentuan sapel yang diambil secara random. Tehnik Pengolahan data skripsi ini adalah dengan menggunakan uji regresi dan T Paired. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara pergantian staf dan layanan terhadap kepuasan pemustaka perpsutakaan ANRI karena terjadi kenaikan kepuasan.

This mini-thesis is about the correlation between staff replacement and services toward customer statisfaction in Arsip Nasional Republik Indonesia Library. The focus performance is tested using ISO 11620:2008. The purpose of this research is finding the correlation of staff replacement and services towards the library customer statisfaction. It is a methodological research using questionnaire to 60 potential customer through performa evaluation. The data’s proscessing are the aggresion trial AND T paired test. The result of this research is there is a correlation between staff rotation and service with the library customer statisfaction because there is an incrase of the statisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53055
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Ayu Lestari
"Penelitian ini mengenai keterampilan berkomunikasi staf layanan perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor yang meliputi keterampilan berkomunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, berkomunikasi audio visual, berkomunikasi terkomputerisasi, berkomunikasi bahasa asing, berkomunikasi interpersonal, dan berkomunikasi institusional yang mengacu pada Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Informan utama dalam penelitian ini adalah staf layanan perpustakaan dan pengguna perpustakaan sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan selama tiga bulan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2015.
Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan bahwa keterampilan berkomunikasi staf layanan berada pada level 2 : pengetahuan praktek atau teknik yaitu mampu menerapkan keterampilan dasar berkomunikasi, dapat mengerjakan tugas khusus dan berulang, dapat bekerjasama dengan pakar subjek, dan dapat memberikan instruksi praktis.

This research is about communication skills of library services staff at Public Library in Bogor Regency which include verbal communication, written communication, audio-visual communication, computerized communication, foreign language communication, interpersonal communication, and institutional communication that refer to Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1).This is a qualitative research.
The key informants of this research are the library service staff and supported by the users of library as an additional informants. Data collection is done through interviews and observations which is conducted for approximately three months from August 19 to October 31, 2015.
The results of the research concludes that the communication skills of the library service staff are at level 2 : knowledge of practice or techniques which means they are able to use basic communication skills, they can work on specific tasks and repetitive, they can collaborate with subject experts, and they can provide practical instruction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chris Elvyn Martua S
"Artikel ini membahas mengenai pemanfaatan Instagram dalam layanan perpustakaan umum di masa pandemik COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survey. Survey dilakukan kepada pengguna jasa layanan Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perpustakaan melakukan layanan menggunakan media sosial Instagram. Instagram perpustakaan umum melakukan layanan informasi dan juga melakukan promosi layanan rekreasi yang dilakukan secara digital. Layanan informasi yang baik adalah layanan informasi yang dikemas secara menarik dari aspek audio dan visual (gambar & warna). Lebih dari 50% responden setuju bahwa narasi (caption),gambar, dan warna dapat mempermudah dalam memahami layanan informasi. Sebanyak 50% lebih responden menyatakan bahwa layanan informasi mempengaruhi pengguna dalam memahami informasi dan fenomena atau isu yang sedang terjadi.

This article discusses the use of Instagram in public library services during the COVID-19 pandemik. This research is quantitative research surveys as methods to collect data. The survey was conducted to users of the South Jakarta Regional Public Library service. The results of this study show that the library performs services using Instagram social media. Public library Instagram performs information services and also promotes recreational services that are done digitally. A good information service is an information service that is attractively packaged from the audio and visual aspects (images &colors). More than 50% of respondents agreed that narration (caption), images, and colors can make it easier to understand information services. More than 50% of respondents stated that information services influence users in understanding information and current phenomena or issues."
Depok: Fakultas ilmu Pengetahuan Budaya, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lolong, Kevin Julian
"Skripsi ini membahas tentang pengimplementasian kode etik pustakawan Ikatan Pustakawan Indonesia dalam pelayanan yang diberikan oleh pustakawan di Perpustakaan Umum Daerah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman pustakawan Perpumda Jakarta terhadap kode etik pustakawan Indonesia dan penerapannya di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa masih ada pustakawan yang belum mengerti arti dari kode etik, namun dalam diri para pustakawan Perpumda Jakarta sudah ada nilai-nilai yang tertulis dalam Kode Etik Pustakawan IPI, dan maka karena itu mereka juga telah mengimplementasikannya dalam pekerjaan sehai-hari. Penelitian ini menyarankan agar Perpustakaan Umum Daerah Jakarta lebih berusaha mensosialisasikan kode etik kepada pustakawan-pustakawannya dan memberikan penjelasan mengapa penting bagi pustakawan untuk mengacu kepada kode etik pustakawan dalam bekerja. Penelitian ini juga menyarankan agar Perpustakaan Umum Daerah Jakarta melakukan evaluasi tentang layanan yang telah dilakukan selama ini terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan sikap dan perilaku pustakawannya.

This thesis discusses about the implementation of Indonesian Librarian Organization's (IPI) Librarian's code of ethics in the library services that is given by the Jakarta Public Library's (Perpumda Jakarta) librarian. The purpose of this research is to identify the understanding of Perpumda Jakarta's librarian about IPI's code of ethics and how they implement it in their daily duties. This research uses a qualitative approach with case study method. The data were collected through observation, interview, and document analysis. The result of this research concludes that there are librarians that still don't understand the concept of code of ethics, however in their minds they already have the values that are written in IPI's code of ethics, and therefore they unknowingly already implemented it when they are doing their daily duties. This research suggest that Perpumda Jakarta put more effort in socializing the meaning of code of ethics and it's importance as reference when doing library services. This research also suggest for Perpumda Jakarta to evaluate it's librarians performance up until now, especially about anything related to their behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57962
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tya Arnesta
"Skripsi ini membahas mengenai motivasi kerja tenaga perpustakaan dan faktor faktor apa saja yang memotivasi dan mendemotivasi tenaga perpustakaan di Perpustakaan BPP Kemendagri Pembahasan mengenai penelitian dibagi menjadi pembahasan mengenai motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik Motivasi intrinsik digambarkan menggunakan teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow berdasarkan lima tingkatan kebutuhan yaitu kebutuhan fisik kebutuhan keamanan dan keselamatan kebutuhan sosial kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam observasi dan analisis dokumen Informan dalam penelitian ini adalah tenaga perpustakaan BPP Kemendagri yang berjumlah empat orang Peneliti menarik kesimpulan bahwa dari empat orang informan dua orang informan masih memiliki motivasi kerja yang tinggi sedangkan dua orang lainnya telah mengalami demotivasi Peneliti menyarankan Perpustakaan BPP Kemendagri perlu membangun dan menumbuhkan semangat kerja dan motivasi bagi seluruh tenaga perpustakaan melalui peningkatan kapasitas SDM tenaga perpustakaan berupa diklat sarana prasarana yang menadai dan pemberian penghargaan atau insentif.

This research discusses the motivation of library staff and what factors that motivate and demotivate the library staff of BPP Kemendagri The discussion of this research are divided into two parts they are intrinsic motivation and extrinsic motivation Intrinsic motivation is described using the Maslow rsquo s Need Hierarchy It covers five levels of needs which are physiological needs safety needs affiliation and acceptance needs esteem needs and self actualization needs This is a qualitative research with case study method Data collection methods used in this study were in depth interviews observation and document analysis Informants in this study are staffs library of BPP Kemendagri The result shows that two informants still have high work motivation while two others have demotivation This research suggests that library of BPP Kemendagri need to build motivation for all library staff through capacity building the library staff such as training staff library satisfy the infrastucture and the provision of an award or incentive "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S52718
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Fatimatuz Zahra
"Skripsi ini membahas mengenai strategi pengembangan pegawai perpustakaan Goethe Institut Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi yang dilakukan dalam pengembangan pegawai perpustakaan GI Jakarta dan mengidentifikasi kesesuaian antara pengembangan pegawai perpustakaan GI Jakarta dengan kebutuhannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian adalah strategi pengembangan pegawai perpustakaan GI Jakarta di dukung oleh organisasi induk perpustakaan dan kepala perpustakaan. Strategi pengembangan pegawai perpustakaan tersebut dilakukan melalui kursus, seminar, pelatihan, penilaan dari atasan, rotasi pekerjaan atau pemberian tugas baru dan melalui interaksi antar pegawai dan pembinaan. Manfaat dari strategi pengembangan pegawai perpustakaan tersebut meningkatkan kualitas diri pegawai dan menghasilkan kinerja yang baik di perpustakaan. Saran yang diajukan terhadap pengembangan pegawai perpustakaan GI Jakarta adalah pegawai perpustakaan perlu mendapatkan pendidikan lanjutan dalam bidang ilmu perpustakaan.

This paper discusses about library staff development strategy at Goethe Institut Jakarta’s Library. The purpose of this research are to identifythe strategies undertaken in the development of GI Jakarta’slibrary staff and identify suitabilitybetween library staff development with theirneeds. Thisstudy is a qualitative research using case study method. The result shows thatthe development strategyof library staff at GI Jakarta’slibrary supported by the parent organization of libraries and head of library. The library staff development strategy through courses, seminars , training , rating from head of library, job rotation or giving new assignments and through the interaction between library staff and coaching. The benefit of library staff development strategiesare improve the quality of library staff themselves and produce good performance in the library. This study suggests that library staff needs to get further education in the
field of library science.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53895
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lailatur Rahmi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan pustakawan terhadap pemanfaatan sumber daya informasi referensi, perkembangan layanan referensi dan konsepnya, pemanfaatan media komunikasi dalam perkembangan layanan referensi serta mengungkapkan mitos dari perubahan paradigma pustakawan dalam perkembangan layanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, menggunakan analisis semiotik dalam analisis hasil wawamcara yang mengacu pada semiologi Roland Bathes signifikasi dua tahap denotasi dan konotasi sehingga dapat mengungkapkan mitos.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan layanan referensi diberikan dengan konsep yang lebih inovatif, melalui berbagai inovasi kegiatan layanan, yaitu Layanan Penelusuran Informasi, Layanan Referensi Elektronik, Layanan Electronic Delivery Services (EDS), Layanan Website Perpustakaan, Layanan Literasi Informasi (IL), Layanan Roadshow Perpustakaan, Layanan Digital Literasi Program (DLP), dan Layanan K-ATM. Pengembangan ini juga turut merubah paradigma pustakawan untuk lebih mendekatkan diri kepada pemustaka, mitos yang terungkap bahwa pustakawan bukan sekedar mengarahkan pengguna dalam telusur informasi (refer) bahkan menyampaikan kepada pemustaka informasi terbaru melalui pengiriman berbagai artikel up-date (deliver).

This research aims to analyze the paradigm of librarians on the development of reference services and to analyze further the use of communications media in the development of reference services at the Library of Indonesia University. This research uses descriptive qualitative method and uses semiotic analysis refers to Semiology of Roland Bathes about the significance of two stages denotation and connotation in analyzing the results of interviews.
The results show that the reference librarians strive to be more actively close to the users of library, not only direct them in searching of information (refer), but also deliver the information by sending them various update articles (deliver). The development of library reference services, especially at college, through the transformation of information technology seems to be one of the competitive need to accompany the evelopment of science and library collections in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
T49321
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Ayu Puspita
"Penelitian ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan di Peprustakaan Ali Alatas Kementerian Luar Negeri RI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Dimensi kuesioner untuk mengetahui persepsi pemustaka adalah dengan mengukur persepsi terhadap layanan perpustakaan, persepsi terhadap koleksi perpustakaan, persepsi terhadap sumber daya manusia perpustakaan,dan persepsi terhadap gedung dan fasilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 30 responden berpersespi baik, dengan nilai 2,94, terhadap keseluruhan layanan perpustakaan di Perpustakaan Ali Alatas berdasarkan pada penghitungan yang dilakukan. Persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,79, persepsi pemustaka terhadap koleksi perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,78, persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah sangat baik dengan nilai 3,28, dan persepsi pemustaka terhadap gedung dan fasilitas perpustakaan adalah baik dengan nilai 2,9.

This study discusses library users’ perception of library services at Ali Alatas Library of Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. This research is quantitative research by using survey method. The dimension of questionnaire is to know library users perception by measuring perception of library services, library collection,human sources at library, and perception of its building and facilities.
The result of this research states that 30 respondens have good perception, with score 2,94, to overall library services at Ali Alatas Library based on calculation done. Users perception of library services is good with score 2,79, users perception of library collection is good with score 2,78, users perception of human sources at library is very good with score 3,28, and users perception of its’ building and facilities is good with score 2,9.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>