Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 165681 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putri Aulia Damayanti
"Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana para guru perempuan menghadapi stres yang mereka rasakan dari lingkungan pekerjaan mereka. Yang mana merupakan sekolah percontohan sistem anti bullying dan juga adanya perubahan kurikulum. Untuk menghadapi hal tersebut mereka membutuhkan upaya coping stress yang didalamnya juga terdapat metode dukungan sosial. Salah satu sumber dukungan sosial yang potensial antara lain adalah rekan kerja mereka. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana rekan kerja sebagai salah satu sumber dukungan sosial terdekat bagi para guru perempuan memberikan dukungan sosial yang dapat membantu para guru perempuan mengatasi stres yang mereka rasakan.

This study illustrates how working mothers face the stress they feel from their work environment. Which is an anti-bullying pilot school system and also a change in the curriculum. To deal with these things they need stress coping efforts that it will also include a method of social support. One potential source of social support is from their co-workers. So the focus of this research is how the coworkers as one of the closest source of social support for mothers who work providing social support that can help woman teacher cope with the stress they feel."
Depok: Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rere Modi Lavenia
"Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk stres yang dirasakan oleh Orang dengan Penyakit Lupus akibat keberadaan diagnosa dan kondisi fisik mereka yang mengidap penyakit lupus. Orang dengan Penyakit Lupus menggunakan dukungan sosial yang diperoleh dari anggota keluarga terdekat mereka dalam mengelola dan mengurangi stres yang mereka rasakan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa bentuk dukungan emosional, instrumental, informasi, dan jaringan sosial yang diperoleh dari anggota keluarga terdekat dapat membantu Orang dengan Penyakit Lupus mengelola dan mengurangi bentuk stres fisiologis, psikologis, dan tingkah laku yang mereka rasakan.

This research describes the forms of stress experienced by people diagnosed lupus as well as the impact of their illness to their physical condition. People with lupus used social support from close family in coping and reducing stress. The approach used qualitative with case study method. Study concludes that emotional, instrumental, information, and social network supports from close family member can be positive in coping and reducing physiological, psychological, and behavioral stress in people with lupus."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aisyah Permatasari
"Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara dukungan sosial rekan kerja dengan stres kerja. Pekerja rentan terhadap kondisi stres kerja akibat tuntutan tugas, tuntutan waktu, dan keterbatasan waktu luang karena sebagian besar waktunya dihabiskan untuk menyelesaikan pekerjaan. Stres kerja mengakibatkan gangguan psikologis berupa kecemasan, rasa takut, dan rasa bersalah terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Dalam konteks ilmu kesejahteraan sosial, stres kerja berdampak pada kondisi kesejahteraan sehingga mengganggu keberfungsian sosial pekerja khususnya di tempat kerja. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres kerja adalah dukungan sosial rekan kerja karena dukungan yang diberikan oleh rekan kerja penting untuk menciptakan kesejahteraan di dalam organisasi dan berfungsi untuk membantu pekerja dalam meningkatkan keterikatan kerja, mengatasi kelelahan, dan stres yang dialami pekerja. Responden dalam penelitian ini adalah pekerja di PT X sebanyak 90 orang dengan menggunakan metode kuantitatif dan accidental sampling sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji korelasi kendall’s tau b. Pengukuran variabel stres kerja mengadaptasi alat ukur Job Stress Scale milik Parker dan Decotiis (1983) yang terdiri dari 2 dimensi, yaitu tekanan waktu (time stress) dan kecemasan (anxiety). Sedangkan. alat ukur dukungan sosial rekan kerja diadaptasi dari Support Appraisal for Work Stressor (SAWS) milik lawrence (2007) yang terdiri dari 4 dimensi, yaitu dukungan emosional, dukungan informasional, dukungan instrumental, dan dukungan penghargaan. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban, yaitu sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, dan sangat setuju. Hasil univariat menunjukkan bahwa 73,3% responden mengalami stres kerja tingkat sedang, dan 72,2% responden menerima dukungan sosial rekan kerja tingkat sedang. Kemudian, hasil uji bivariat diketahui bahwa hubungan antara dukungan sosial rekan kerja dengan stres kerja memiliki nilai koefisien korelasi sebesar -0,260 dan p-value 0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kekuatan hubungan yang dihasilkan lemah, tetapi hubungan antara keduanya negatif yang berarti semakin tinggi dukungan sosial rekan kerja, maka semakin rendah stres kerja. Penelitian ini dapat memberikan pandangan baru dalam ilmu kesejahteraan sosial, khususnya kesejahteraan pekerja di sektor industri terkait kondisi dukungan sosial rekan kerja dan stres pekerja.

This study aims to identify the relationship between coworker social support and job stress. Workers are vulnerable to job stress due to task demands, time constraints, and limited free time, as most of their time is spent completing work. Job stress can lead to psychological issues such as anxiety, fear, and guilt related to work. In the context of social welfare studies, job stress impacts overall well-being, disrupting social functioning, particularly in the workplace. Coworker social support is a factor influencing job stress, as support from coworker is crucial for creating organizational well-being and helping employees improve job engagement, manage fatigue, and cope with stress. The respondents in this study were 90 employees at PT X, selected using quantitative methods and accidental sampling. Data analysis techniques used univariate and bivariate analysis with Kendall’s Tau-b correlation test. The job stress variable was measured using the Job Stress Scale by Parker and Decotiis (1983), consisting of two dimensions: time stress and anxiety. Additionally, the coworker social support variable was measured using the Support Appraisal for Work Stressor (SAWS) by Lawrence (2007), consisting of four dimensions: emotional support, informational support, instrumental support, and appraisal support. The study used a Likert scale with four response options: strongly disagree, disagree, agree, and strongly agree. The univariate results showed that 73.3% of respondents had moderate job stress and 72.2% had moderate coworker social support. Then, from the results of the bivariate test, it was found that the relationship between coworker social support and job stress had a correlation coefficient of -0.260 and a p-value of 0.001. This indicates a weak but significant negative relationship, which means that higher coworker social support is associated with lower job stress. This research provides new insights in social welfare studies, particularly regarding the well-being of workers in the industrial sector related to coworker social support and job stress."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adinda Nata Chintana
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai gambaran permasalahan yang dihadapi oleh pekerja
wanita dewasa awal, khususnya yang berprofesi sebagai tenaga pengajar (guru), strategi
coping yang guru wanita dewasa awal tersebut lakukan serta dukungan sosial yang
diterima oleh guru wanita dewasa awal tersebut dalam menghadapi permasalahan yang
kerap mereka hadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif.
Hasil penelitian ini menggambarkan pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru
di Sekolah XYZ mempunyai beberapa permasalahan yang kerap mereka hadapi, baik
permasalahan terkait dengan pekerjaan dan permasalahan diluar pekerjaan namun
mempengaruhi kehidupan kerja. Strategi coping yang dilakukan oleh para pekerja
dewasa awal yang berprofesi sebagai guru juga cukup efektif dengan penggabungan dua
strategi coping, yaitu coping berfokus pada masalah dan coping berfokus pada emosi.
Dukungan yang diterima pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru, berbentuk
dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi dan dukungan
persahabatan, yang bersumber dari keluarga, rekan kerja, supervisor dan juga organisasi
(dalam bentuk peraturan, kebijakan serta sistem).

ABSTRACT
This thesis discuss the problems faced by early adult female workers, especially those
who work as teachers, coping strategies that the early adult female performs and the
social support received by these early adult female workers in dealing with problems
that they often facing. This research is a qualitative research with descriptive design.
The results of this study describe early adult workers who work as teachers at XYZ
School having several problems that they often face, both problems related to work and
problems outside of work but affect work life. Coping strategies performed by early
adult workers who work as teachers are also quite effective, by combining two coping
strategies, which is, problem-focused coping and emotional-focused coping. Support
received by early adult workers who work as teachers, in the form of emotional support,
instrumental support, information support and friendship support, which come from
family, work colleagues, supervisors and organizations (in the form of regulations,
policies and systems).
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riana Rahmadaniati
"ABSTRAK
Kurangnya guru pendamping khusus (GPK) dan beragamnya karakteristik siswa berkebutuhan khusus yang harus ditangani guru menambah beban kerja guru SDN Cisalak 3. Tantangan dan beban kerja yang dimiliki guru dapat menimbulkan stres yang akan memengaruhi kesejahteraan fisik, psikis, dan sosial para guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gejala stres yang dialami guru, mengetahui strategi coping yang digunakan, serta sumber dan bentuk dukungan sosial yang dimiliki dan dirasakan guru dalam menghadapi stres. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gejala stres yang dialami guru SDN Cisalak 3 berupa gejala fisik dan psikologis. Strategi coping yang digunakan para guru adalah active coping dimana guru berupaya untuk mengurangi atau menghilangkan sumber stres. Sedangkan bentuk dukungan sosial yang diterima para guru berupa informational support, emotional support, instrumental support, dan appraisal support yang berasal dari berbagai sumber. Dukungan sosial tersebut membantu guru dalam menghasilkan coping yang adaptif.

ABSTRACT
Lack of special assistant teachers (GPK) and the variety of characteristics of students with special needs that must be handled by teachers, adds to the burden of work of the SDN Cisalak 3 teachers. The challenges and workloads that the teachers have in inclusive schools can cause stress which will affect the physical, psychological and social well-being of the teachers. This research aims to determine the symptoms of stress experienced by the teachers, to know the coping strategies that are being used, and the sources and forms of social support that teachers have and feel in dealing with stress. This research is a qualitative research with a descriptive design. The data collection techniques used in this research are in-depth interviews, observation, and literature studies. The results showed that the stress symptoms experienced by SDN Cisalak 3 teachers are physical and psychological symptoms. Coping strategies that being used by the teachers are active coping strategies where the teachers seek to reduce and eliminate sources of stress. The forms of social support that the teachers have: are in the form of informational support, emotional support, instrumental support and network support from various sources. Those social support help the teachers generate adaptive coping.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Natasya Clarissa
"Salah satu tekanan yang dirasakan oleh remaja adalah tekanan akademis. Dalam menghadapi masalah tersebut dibutuhkan coping yang baik oleh remaja. Berdasarkan penelitian didapatkan bahwa coping stress dengan jenis active dan internal coping memiliki hubungan dengan dukungan sosial yang didapatkan oleh remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi dukungan sosial dari keluarga dan teman sebaya terhadap gaya coping to school-related stress yang dilakukan oleh remaja khususnya siswa kelas 12 SMA. Penelitian dilakukan pada 452 remaja dengan rentang umur 16-19 tahun.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dukungan sosial yang dipersepsikan dari keluarga dan teman memiliki kontribusi terhadap gaya active coping. Dukungan sosial yang dipersepsikan dari keluarga dan teman disisi lain tidak memiliki kontribusi pada internal coping. Maka dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial yang dipersepsikan dari orang tua dan teman memiliki kontribusi pada active coping, sehingga dukungan sosial dari teman dan keluarga baik dilakukan untuk membantu remaja mengatasi tekanan mereka yang berhubungan dengan sekolah.

Studies shown adolescent experiences some stress, one of the stress is academic stress. To deal with the problem, they need an adaptive coping which described as active coping and internal coping. Studies shown that coping stress has a correlation with social support which adolescent get from family and peers. This study aims to find the contribution from social support to adolescent rsquo s coping style to school related stress on 12th grader students. This study was conducted on 452 students, from 16 19 years old.
From the data obtained, study found that perceived social support from family has a contribution to active coping, similarly perceived social support from friend has a contribution to active coping. Meanwhile on the other side, perceived social support from family and friend do not have a contribution to internal coping, and so perceived social support from friend. From the result, we can conclude that perceived social support from friend and family have contribution to active coping. So that it is better to provide a social support from family and friend to help adolescents cope with their school related stress.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sondang Rita Junaida
"Perempuan dengan status HIV/AIDS menghadapi tantangan berupa masalah fisik karena proses penyakit dan masalah psikososial yang juga berdampak pada keluarga yang merawat sehingga akan mengganggu peran dan fungsi keluarga sebagai caregiver. Berbagai bentuk dukungan sosial yang dibutuhkan keluarga dan upaya koping religius yang  digunakan keluarga merupakan sistem pendukung dan strategi koping dalam proses  adaptasi keluarga merawat perempuan dengan HIV/AIDS.  Berdasarkan hal ini perlu dilakukan penelitian yang lebih mengeksplor tentang  bentuk dukungan sosial dan strategi koping religius keluarga yang merawat perempuan dengan HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang mendalam tentang bentuk dukungan sosial dan strategi koping religius keluarga yang merawat perempuan dengan HIV/AIDS. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 10 orang caregiver utama yaitu keluarga  yang merawat perempuan dengan HIV/AIDS. Metode pengumpulan data dilakukan  dengan wawancara mendalam dengan pertanyaan semi terstruktur. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan teknik Colaizzi. Penelitian ini menghasilkan enam tema yaitu: 1) Bentuk dukungan sosial,  2) Strategi koping mencari dukungan spiritual dan religius, 3) Dampak positif strategi koping, 4) Stigmatisasi pada ODHA dan keluarga, 5) Alasan tidak mengungkapkan status HIV kepada anak,  6) Kekuatan keluarga dalam merawat.  Berbagai bentuk dukungan sosial dan strategi koping mencari dukungan spiritual dan religius  memberikan dampak positif bagi keluarga yang merawat perempuan dengan HIV/AIDS. Ketidakterbukaan status HIV dan  stigma  HIV di keluarga dan di masyarakat  menghambat akses dukungan sosial.   Berbagai permasalahan yang dihadapi keluarga  dalam merawat, membutuhkan resiliensi  yang tinggi sehingga diperlukan kekuatan antar anggota keluarga.Penelitian ini merekomendasikan  perawat jiwa mampu  memenuhi kebutuhan keluarga akan informasi, dukungan, dan keterampilan dalam perawatan ODHA. Pemberian informasi,dukungan dan ketrampilan dapat diberikan dengan intervensi keluarga yaitu Family Psychoeducation (FPE) serta Terapi Kelompok dan Self-Help Grup (SHG)

Women with HIV/AIDS status face challenges in the form of physical problems due to the disease process and psychosocial problems that also have an impact on the family who cares for them so that it will interfere with the role and function of the family as a caregiver. Various forms of social support needed by families and religious coping efforts used by families are support systems and coping strategies in the process of family adaptation to caring for women with HIV/AIDS.  Based on this, it is necessary to conduct research that further explores the forms of social support and religious coping strategies of families caring for women with HIV/AIDS. The purpose of this study was to obtain an in-depth description of the forms of social support and religious coping strategies of families caring for women with HIV/AIDS. This research design uses qualitative methods with a descriptive phenomenological approach. The participants in this study were 10 main caregivers, namely families caring for women with HIV/AIDS. The data collection method was conducted by in-depth interviews with semi-structured questions. The results of this study were analysed using the Colaizzi technique. This research resulted in six themes, namely: 1) Forms of social support, 2) Coping strategies seeking spiritual and religious support, 3) Positive impact of coping strategies, 4) Stigmatisation of PLWHA and family, 5) Reasons for not disclosing HIV status to children, 6) Family strength in caring. Various forms of social support and coping strategies such as seeking spiritual and religious support had a positive impact on families caring for women with HIV/AIDS. Non-disclosure of HIV status and HIV stigma in the family and community hindered access to social support.   Various problems faced by families in caring for women with HIV/AIDS require high resilience so that strength between family members is needed. This study recommends that psychiatric nurses are able to fulfil family needs for information, support, and skills in caring for PLWHA. Providing information, support and skills can be provided with family interventions, namely Family Psychoeducation (FPE) as well as GroupTherapy and Self-Help Groups (SHG)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Yuli Pertiwi
"ABSTRAK
Kualitas guru sangat mempengaruhi pendidikan pada setiap jenjangnya termasuk jenjang sekolah dasar. Profesi guru termasuk salah satu pekerjaan yang memiliki tingkat stres kerja yang tinggi. Salah satu penyebab stres adalah kurikulum pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres kerja dan strategi koping guru sekolah dasar negeri dalam implementasi kurikulum 2013 di Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif sederhana dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 222 guru di sekolah dasar negeri Kecamatan Bogor Tengah yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa sebesar 81,5 guru mengalami stres sedang. Penjabaran dari dimensi stres kerja yaitu dimensi peran kerja individu ORQ , dimensi beban kerja individu PSQ , dan dimensi sumber daya yang dimiliki PRQ menunjukkan bahwa mayoritas guru mengalami stres sedang pada ketiga kategori tersebut. Adapun jenis strategi koping yang paling sering digunakan adalah problem focused coping 54,6 . Hasil penelitian ini diharapkan agar perawat dapat bekerja sama dengan pihak sekolah dasar negeri untuk memfasilitasi kegiatan yang dapat meminimalkan kejadian stres kerja dengan penggunaan strategi koping yang tepat.

ABSTRACT
Teachers quality is greatly influence education at the whole level of education including elementary school level. Teachers are one of the jobs with high levels of work stress. One of the causes of work stress is educational curriculum. This study aims to determine the level of stress and coping strategy of elementary school teachers in implementation of curriculum 2013 in Bogor Central District, Bogor. The design in this research used descriptive quantitative with cross sectional approach. This study involved 222 elementary schools teachers in Bogor Central District selected by purposive sampling. The results of this study illustrate the majority of elementary schools teachers in Bogor Central District 81,5 experience moderate stress. Each dimension of work stress, occupational role ORQ , personal strain PSQ and personal resources PRQ show that the majority of teachers experience moderate stress. The type of coping strategy that is most often used by elementary schools teachers in Bogor Central Districtis is problem focused coping 54,6 . The results of this study recommend nurses to be able for collaboration with school to facilitate activities that could reduce stress and use appropriate coping strategies.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tika Dwi Ariyanti
"ABSTRAK
Masa perpindahan dari SD ke SMP umumnya berkaitan dengan perubahan pada
lingkungan sekolah, aktifitas akademis, dan aktifitas sosial, perubahan-perubahan
tersebut dihadapi oleh siswa remaja awal bersamaan dengan perubahan yang
berasal dari dalam dirinya karena masa pubertas. Bagi kebanyakan siswa remaja
awal kondisi tersebut bisa menjadi pemicu munculnya stress (stressor). Dalam
menghadapi stress setiap siswa memiliki perbedaan karena disebabkan oleh
kemampuan coping yang dimilikinya dan dukungan sosial yang diterimanya.
Penelitian dilakukan pada partisipan sebanyak 106 orang yang berasal dari SMP N
2 Depok, dan memiliki karakteristik anak laki-laki maupun anak perempuan yang
sedang menjalani semester pertama sekolah. Seluruh partisipan diukur mengenai
pengalaman stress menggunakan Perceived Stress Scale (Cohen, Kamarck, &
Mermelstein, 1983), pengalaman stressor menggunakan lembar checklist,
penggunaan strategi coping menggunakan Cope Scale (Carver, Scheier, &
Weintraub, 1989), dan dukungan sosial menggunakan Social Support
Questionnaire for Children (Gordondise, 2011). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa semua partisipan mengalami stress namun pada tingkat yang berbeda-beda,
situasi khawatir dengan hasil raport jelek merupakan salah satu situasi yang
banyak dialami siswa sekaligus dianggap sebagai stressor, strategi coping terpusat
emosi sering digunakan oleh paling banyak partisipan, dan dukungan sosial yang
sangat sesuai ialah dari orang tua baik dalam bentuk instrumental maupun
emotional. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu seluruh pihak
yang terlibat dalam tumbuh kembang siswa remaja awal untuk bisa lebih
memahami pengalaman stress, stressor, strategi coping, serta dukungan sosial
pada siswa remaja awal di SMP.

ABSTRACT
The transition from elementary school to junior high school is generally
associated with changes in the school environment, academic activities, and social
activities, the changes faced by students in conjunction with the change that
comes from within him or her because of the onset of puberty. For most students
these conditions could trigger the emergence of stress (stressors). In the face of
stress every student has a different because their own capability of coping and
social support their received. Participants totaled 106 people from SMP N 2
Depok, and has the characteristics of boys and girls who are undergoing the first
semester of school. All participants were measured on experience of stress using
the Perceived Stress Scale (Cohen, Kamarck, & Mermelstein, 1983), the
experience of stressor using a checklist sheet, the use of coping strategies using
the Cope Scale (Carver, Scheier, & Weintraub, 1989), and social support using
Social Support Questionnaire for Children (Gordondise, 2011). The results
showed that all participants experienced stress but on a different level, the
situation concerned with the results of bad report cards is one of the situations
experienced by most students at once regarded as a stressor, coping strategies
centered emotions often used by most participants, and social support particularly
appropriate is from parents in the form of instrumental and emotional. From the
results of this research can help all parties involved in the development of early
adolescent students to better understand the experience of stress, stressors, coping
strategies, and social support on early adolescent students in junior high school.
"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S54496
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>