Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155805 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Saqila Sabila
"ABSTRACT
Penelitian ini menguji pengaruh value creation yang terjadi di dalam online brand community terhadap brand trust. Value creation dalam online brand community menjadi salah satu upaya bagi pemasar untuk melibatkan konsumen dalam praktik penciptaan nilai serta menjadi sumber inovasi dan strategi kompetitif bagi sebuah brand. Dimensi value creation yang digunakan dalam penelitian ini adalah social networking, impression management, community engagement dan brand use. Sementara itu, dimensi brand trust yang digunakan adalah brand reliability dan brand intention. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh value creation terhadap brand trust serta menganalisis dimensi value creation yang memiliki pengaruh paling besar terhadap brand trust di dalam komunitas SK minus II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana data dikumpulkan melalui survei dengan instrumen penelitian berupa kuesioner kepada 100 responden yang merupakan anggota komunitas SK II dalam forum Female Daily Network, pernah membeli dan menggunakan produk SK II serta pernah berpartisipasi dalam forum Female Daily Network minimal satu kali dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Model penelitian diuji dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa value creation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand trust. Kemudian, di antara dimensi value creation yang digunakan, impression management merupakan dimensi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap brand trust.

ABSTRACT
This research examines the effect of value creation which happened in online brand community towards brand trust. Value creation in online brand community becomes a technique for marketers to involving consumers in the practices of value creation, a source of innovation and a competitive strategy for a brand. The value creation dimension used in this research are social networking, impression management, community engagement, and brand use. On the other hand, the brand trust dimension used in this research are consisting of brand reliability and brand intention. The purpose of this research is to analyze the effect of value creation towards brand trust and determine the most impactful value creations dimension towards brand trust in SK II community. This research used quantitative approach, where the collected data gathered through survey using questionnaire to the 100 members of SK II community that ever buy, use, and participating inside Female Daily Network forum in the last three months as respondents. The research model was examined by multiple regression analysis using SPSS 20. The result shows that value creation has significant impact towards brand trust with impression management as the most impactful dimension used to achieve that. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Putra Laksana
"ABSTRAK
Tesis ini mengembangkan konsep customer brand co-creation behaviour sebagai bagian dari service dominant logic era yang dilakukan melalui media virtual brand community pada industri video game serta memberikan analisis mengenai fenomena tersebut terkait bagaimana customer brand co-creation behaviour dapat terjadi dan apa dampak dari adanya customer brand co-creation behaviour. Hasil menunjukkan bahwa customer brand co-creation behaviour dapat terjadi melalui brand engagement, brand self-congruity dan category involvement yang mana masing-masing hal tersebut adalah unik, memiliki peran dan cara tersendiri dalam mendorong seseorang untuk melakukan co-creation. Selain itu, virtual brand community dapat dimanfaatkan untuk mendorong seseorang melakukan co-creation yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap pengetahuan seseorang mengenai brand dan persepsi value dari brand.

ABSTRACT
This thesis develops the concept of customer brand co creation behaviour as part of service dominant logic era which take place through virtual brand community within video game industry and provide the analysis about how customer brand co creation behaviour occur and what is the consequences. The result implies that customer brand co creation behaviour take place through brand engagement, brand self congruity and category involvement which have unique trait and distinct role and different mechanism to encourage people to co create. Furthermore, virtual brand community could be exploited to encourage people to co create. In return, this behaviour would increase customer brand knowledge and perceived brand value."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50412
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radita Senja Maharani
"ABSTRAK
Dengan adanya media sosial konsumen saat ini dapat bertindak sebagai marketing
atau PR sehingga membuat perusahaan tidak lagi sebagai sumber utama
komunikasi sebuah brand. Pemasar atau perusahaan dapat memanfaatkan
komunitas online yang dibuat oleh pengguna atau anggota komunitas online, karena
banyak melibatkan topik yang berbeda, termasuk mengenai brand dan produk
dimana anggotanya saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan diskusi mengenai
brand tersebut. Namun, tantangan terbesar dalam membina komunitas online
adalah penyediaan pengetahuan, serta kemauan untuk terus melanjutkan hubungan
dalam komunitas. Penelitian ini menyelidiki faktor yang memotivasi knowledge
sharing dalam komunitas online, dan meningkatkan hubungan yang berkelanjutan
dalam komunitas online (relationship continuity). Penelitian ini menggunakan teori
motivasi dan social capital, karena knowledge sharing dalam komunitas online
adalah proses sosial yang melibatkan interaksi pribadi di antara anggota. Social
capital terdiri dari structural capital (social interaction), relational capital
(identification, trust, reciprocity), dan cognitive capital (shared language dan
shared vision), motivasi terdiri dari, motivasi intrinsik (enjoyment in helping
others) dan ekstrinsik (rewards dan reputation). Metode analisis data dilakukan
dengan analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini
menemukan bahwa enjoyment in helping others, reputation, social interaction,
trust, reciprocity, dan shared language mempengaruhi knowledge sharing,
penelitian ini menemukan temuan menarik dimana rewards, identification, dan
shared vision tidak mempengaruhi knowledge sharing.

ABSTRACT
This study investigates the factors that motivate knowledge sharing within the
online community, and to continually improve sustainable relationships within the
online community. This study uses social capital theory and individual motivation,
because knowledge sharing in the online community is a social process involving
personal interaction among members, the individual psychology perspective and
sociology will be able to explain more about this behavior. Social capital consists
of structural capital (social interaction), relational capital (identification, trust,
reciprocity), and cognitive capital (shared language and shared vision), while the
motivation is divided into two, namely intrinsic motivation (enjoyment in helping
others) and extrinsic motivation (rewards and reputation). This research is
quantitative research, with respondent member of Female Daily community. Data
analysis method is done by descriptive analysis and Partial Least Square (PLS) to
prove hypothesis in this research. The results of this study found that enjoyment in
helping others, reputation, social interaction, trust, reciprocity, and shared language
influence knowledge sharing, but this research finds interesting findings where
rewards, identification, and shared vision do not affect knowledge sharing."
2017
T48414
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Mira Tamala
"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa internet. Saat ini internet sudah sangat dekat dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan adanya internet tentunya memunculkan berbagai fenomena di dunia maya, salah satunya munculnya komunitas online yang terbentuk akibat interaksi di dunia maya. Interaksi yang terjadi di dunia maya ini berkaitan dengan pencarian dan pertukaran informasi, seperti yang dibahas dalam tulisan ini adalah pencarian dan pertukaran informasi mengenai review online produk kecantikan. Makalah ini berfokus pada proses membangun kepercayaan di antara anggota komunitas online berdasarkan ulasan online. Membangun kepercayaan ini dapat dilihat melalui pembentukan pengetahuan anggota dan penilaian reputasi dari informasi yang tersedia.

The development of information and communication technology has brought the internet. Currently the internet is very close and has become a part of human life. With the internet, of course, there are various phenomena in cyberspace, one of which is the emergence of online communities formed by interactions in cyberspace. The interactions that occur in this virtual world are related to the search and exchange of information, as discussed in this paper is the search and exchange of information regarding online reviews of beauty products. This paper focuses on the process of building trust among online community members based on online reviews. Building this trust can be seen through the formation of member knowledge and reputation assessment from available information."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhi Kurniawan Poer Utomo
"Komunitas merek berbasis situs media jejaring sosial merupakan komunitas yang dibangun di dalam situs media jejaring sosial. Penelitian ini berusaha meneliti apakah komunitas merek di situs media jejaring sosial memiliki pengaruh positif terhadap elemen utama komunitas atau penanda komunitas dan praktik penciptaan nilai yang menuntun kepada kepercayaan merek dan loyalitas merek. Responden pada penelitian ini merupakan 300 anggota dari komunitas merek BlackBerry di Facebook dan / atau Twitter yang telah menjadi anggota dalam kurun waktu lebih dari tiga bulan yang tersebar di kota-kota besar pulau Jawa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunitas merek di media sosial memiliki pengaruh terhadap penanda komunitas, memiliki pengaruh terhadap dua dari empat variabel praktik penciptaan nilai, memiliki pengaruh terhadap kepercayaan merek yang menuntun kepada loyalitas merek. Pembahasan mengenai pengaruh serta kontribusi dan saran penelitian juga dibahas dalam penelitian ini.

Social media based brand communities is a community built on the social media site. This study tried to find out whether brand community in social media sites have a positive influence on the major elements of a community or community markers values creation practices that lead to the brand trust and brand loyalty. Respondents in this study are 300 members of the BlackBerry brand community on Facebook and / or Twitter, which has become a member within a period of more than three months spread across the major cities of Java. The results of this study stated that the brand community has an influence on markers of brand community, the value creation practice, brand trust, and brand loyalty. Implicasion, research contributions, and suggestions are also discussed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S43970
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Ghafur
"Media sosial sebagai bagian dari internet, telah membawa banyak perubahan kepada komunitas sosial Indonesia, termasuk komunitas bisnis Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komunitas merek berbasis media sosial terhadap brand community markers, value creation practices, kepercayaan merek, dan loyalitas merek. Populasi penelitian ini adalah follower Twitter PT. Bank Negara Indonesia yakni @BNI46 dengan metode pengumpulan data adalah kuesioner. Skala pengukuran penelitian ini menggunakan skala Likert 1-6 dengan jumlah responden 200 orang dan diolah menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan komunitas merek yang berbasis media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap elemen brand community markers yaitu shared consciousness, shared rituals and traditions, dan obligations to society. Obligation to society anggota komunitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap social networking. Shared consciousness anggota komunitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap community engagement. Shared rituals and traditions, dan obligations to society memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap impression management dan brand use. Social networking dan community engagement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek dan kepercayaan merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek.

Social media as part of the Internet,has brought many changes to the social community of Indonesia, including the Indonesian business community. The purpose of this study was to determine the effects of social media based brand communities brand on brand community markers, value creation practices, brand trust, and brand loyalty. The population was Twitter follower PT.Bank Negara Indonesia, namely @ BNI46 and the method of data collection was a questionnaire. This research measurement scale using Likert 1-6 scale with the number of respondents 200 people and processed using Structural Equation Model (SEM).
The results showed that community based social media brand has a positive and significant impact on the elements of the brand community markers are shared consciousness, shared rituals and traditions, and obligations to society. Obligation to society has a significant positive influence on the social networking. Shared consciousness of community members have a positive and significant effect on community engagement. Shared rituals and traditions, and obligations to society has a positive and significant impact on impression management and brand use. Social networking and community engagement has a positive and significant impact on brand trust and brand trust has a positive and significant impact on brand loyalty .
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53468
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fandi Nugroho
"ABSTRAK
Penelitian ini meneliti pengaruh pelibatan dan keterlibatan konsumen dalam penciptaan nilai produk perusahaan value co-creation practice terhadap customer loyalty pada forum komunitas pengguna Mobile Legends di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 100 anggota forum di website Mobile Legends yang aktif terlibat dalam pengembangan game Mobile Legends di forum tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey dengan penyebaran kuesioner, kemudian data yan terkumpul dianalisis mengunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara value co-creation terhadap customer loyalty para pengguna game Mobile Legends.

ABSTRACT
This research investigate the influence of customer involvement on value co creation practice with customer loyalty at Mobile Legends users of forum community in Indonesia. This research uses a quantitative approach. The sample that used in this research is 100 members of the forum at Mobile Legends website which she he actively involved in the development of Mobile Legends game in the forum. Data collection was done by survey with questionnaires spread, then the collected data were analyzed using linear regression. The results of this study indicate that there is a significant influence between the value co creation on Customer Loyalty of Mobile Legends game users.
"
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seishya Zolanita Elzila
"ABSTRACT
Membentuk brand perusahaan sebagai tempat bekerja yang bereputasi baik adalah salah satu fungsi dari hubungan masyarakat dan menjadi penting bagi perusahaan dalam tingginya persaingan untuk mendapatkan calon karyawan potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi identitas employer branding melalui perspektif identitas yang dimiliki oleh Female Daily mengenai employer branding yang dilakukan lewat media sosial, positioning employer branding yang terlihat dari Youtube Female Daily Networkdan citra brand Female Daily Network bagi mahasiswa dalam penerapan employer branding melalui Youtube. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif dan strategi yang digunakan adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah Female Daily tidak seluruhnya menyampaikan nilai employer branding lewat Youtube-nya tetapi tersampaikan lewat media sosial lain. Nilai yang dominan muncul lewat Youtube-nya adalah nilai kerja sama dan nilai lingkungan kerja, serta indikator hadiah yang menarik yang mana merupakan package of benefits yang diterima oleh karyawannya. Citra brand yang diterima mahasiswa terhadap Female Daily Network positif dan nilai yang dominan adalah nilai sosial, nilai lingkungan kerja, nilai kerja sama dan nilai ekonomi pada package of benefits.

ABSTRACT
Building a company brand as a reputable working space is one of many public relation functions and it is important for the company to gain prospective employees in this highly competitive environment. This study aims to describe and explore the employer brandings identity through identity perspective of Female Daily Network regarding its employer branding through social media, positioning employer branding which was seen on Female Daily Network Youtube channel, and Female Daily Networks brandimage through students perspective of Youtube employer branding. A post-positivism paradigm with qualitative approach and study case strategy were used to conduct this study. The result of this study is, Female Daily Network not only managed to deliver the employer branding value through youtube, but also through other social media platforms. The most dominant values came from its YouTube platform are teamwork, working environment, and package of benefit in the form of reward given to Female Daily Networks employees. Female Daily Networks brandimage perceived by students is considerably positive, and the most dominant values are social value, workplace environment value, teamwork value, and economic value on its package of benefits."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vidi Hayu Mahendra
"Tesis ini membahas proses penciptaan nilai pada suatu brand community yang menggunakan produk-produk Android. Berkembangnya cara pemasaran baru yang dibangun melalui brand community di Indonesia, yang terdapat manfaat bagi bisnis-bisnis dengan melihat bagaimana suatu brand community menciptakan suatu nilai tambah pada komunitas itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain riset konfirmatori dan deskriptif.
Hasil penelitian menyarankan bahwa suatu perusahaan perlu lebih memperhatikan keberadaan brand communtiy, tidak hanya secara fungsional namun juga secara simbolis untuk menciptakan service aftermarket, dikarenakan peran brand community turut berperan dan serta berpengaruh terhadap kelangsungan proses konsumen agar aktif membesarkan nama suatu produk.

This thesis discusses the process of value creation in a brand community that uses Android products. Development of new ways of marketing a brand is built through the community in Indonesia that there are benefits for businesses, to see how a community to create a brand added value to the community itself. The study was a quantitative research design with confirmatory and descriptive research. The results suggest that a company needs to pay more attention to the existence of brand communtiy, not only functionally but also symbolically to create the service aftermarket, because the role of brand community and contribute to and affect the continuity of the process of actively customer to encouraging brand a product."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32271
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Yusuf
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari brand community terhadap customer satisfaction dan brand loyalty. Penelitian ini juga ingin menganalisis pengaruh dari customer engagment di media sosial yang berbentuk frekuensi dan durasi mengunjungi brand pages terhadap brand community.
Platform media sosial yang digunakan dalam penelitian ini adalah seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Responden pada penelitian ini merupakan pengikut dari sebuah brand pages pada media sosial yang sudah disebutkan di atas dan berdomisili di Jabodetabek. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan structural equation modelling.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah frekuensi mengunjungi brand pages berpengaruh positif terhadap relevansi dari brand pages terhadap konsumen, relevansi brand pages memiliki pengaruh positif terhadap brand community, brand community berpengaruh positif terhadap customer satisfaction, dan customer satisfaction berpengaruh positif terhadap brand loyalty.

This study aims to analyze the influence of brand community on customer satisfaction and brand loyalty. This study also wanted to analyze the influence of customer engagment in social media in the form of frequency and duration of visiting brand pages to brand community.
Social media platform used in this research is like Facebook, Instagram, Twitter, and Youtube. Respondents in this study are followers of a brand pages on social media mentioned above and domiciled in Jabodetabek. Data processing method in this study using structural equation modeling.
The result of this research is frequency of visiting brand pages have positive influence to the relevance of brand pages to consumers, the relevance of brand pages have positive influence to brand community, brand community have positive effect on customer satisfaction, and customer satisfaction have positive effect on brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>