Ditemukan 175849 dokumen yang sesuai dengan query
Niken Purnama Sari
"Skripsi ini membahas mengenai persepsi pengguna aplikasi Female Daily tentang karakteristik aplikasi seluler dan keterkaitan antara karakteristik aplikasi seluler yang diidentifikasi, manfaat yang dirasakan, dan perilaku pasca adopsi. Penelitian ini menggunakan metode conclusive descriptive cross-sectional dan kuesioner disebar kepada 310 pengguna aplikasi Female Daily. Dengan analisis menggunakan structural equation modelling (SEM), penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pengguna tentang karakteristik aplikasi seluler, perceived ubiquity, perceived positif informativeness dan perceived personalization yang dipersepsikan secara terkait dengan mobile app usefulness dan playful engagement, sehingga mengarah pada peningkatan kelekatan (stickiness) dan niat WOM yang positif. Selanjutnya, perceived ubiquity ditemukan menjadi prediktor terkuat dari mobile app usefulness dan playful engagement dengan aplikasi seluler. Playful engagement ditemukan menjadi prediktor terkuat dari kelekatan (stickiness) dan niat WOM yang positif. Temuan penelitian ini memberikan pedoman manajerial untuk mengembangkan strategi aplikasi seluler yang efektif yang melibatkan manfaat utilitarian dan hedonis, sehingga meningkatkan kelekatan pengguna dan niat WOM. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesiad, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Veronica
"
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM pada e-commerce fashion, khususnya Zalora. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif dengan metode non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 235 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora dari generasi Y dan Z. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash on Delivery, Reputation, dan Information memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Trust tetapi Return Policy Leniency tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Reputation berserta Product Availability dan Timely Product Delivery juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction tetapi Information dan Shipment Condition tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap Repurchase dan WOM Intention.
The growth of e-commerce in Indonesia has shown a significant increase, and the fashion sector has become one of the largest categories in online sales. Repurchase intention and WOM are two important factors that determine the long-term success and profitability of e-commerce platforms. This study aims to analyze the factors that influence repurchase intention and WOM in fashion e-commerce, specifically Zalora. The research method used is a quantitative approach with a descriptive conclusive design and a non-probability purposive sampling method. Data were collected through questionnaires distributed to 235 respondents who are active Zalora users from generations Y and Z. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Squares (PLS) method. The results of the study indicate that Cash on Delivery, Reputation, and Information have a significant influence on Customer Trust, but Return Policy Leniency does not have a significant influence. Reputation, along with Product Availability and Timely Product Delivery, also have a significant influence on Customer Satisfaction, but Information and Shipment Condition do not have a significant influence. Meanwhile, Customer Trust and Customer Satisfaction have a significant relationship with Repurchase and WOM Intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Helmy Ikhsan Rianda
"DalamÂ
Dalam e-commerce, perusahaan dapat mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen melalui Electronic Word of Mouth. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek dua eWOM komponen (Ratings dan Reviews) sebagai variabel independen. Variabel dependen Sikap Konsumen dan Intensi Pembelian. Dengan total 120 responden (30 untuk setiap kelompok), responden diberi stimulus dari produk High Involvement (Kamera) dengan penilaian yang berbeda dan ulasan sebagai stimulus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari produk rating online tinggi pada sikap konsumen dan niat beli. Review rasional lebih efektif bila konsumen menerima produk rating rendah daripada produk rating tinggi.
In e-commerce, marketers can influence consumer purchase decision process through Electronic Word of Mouth. This study used experimental method with the subject of two eWOM component (Ratings and Reviews) as a independent variables. The dependent variables are Consumer Attitude and Purchase Intention. With the total of 120 respondent (30 for each groups), respondent were given stimulus of High-Involvement product (Camera) with different ratings and reviews as stimulus. The results indicate that there are significant effect of high online rating product on consumer attitude and purchase intention. The rational reviews are more effective when consumer receive low rating product rather than high rating product."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Andrew Wijayanto
"Di Indonesia, nilai transaksi e-commerce terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir semenjak kehadiran fitur live shopping. Sudah ada penelitian-penelitian yang menemukan bahwa cara berkomunikasi streamer dengan audiens adalah hal penting dalam mempengaruhi purchase behavior dari konsumen. Akan tetapi, pengaruh gaya komunikasi streamer terhadap purchase intention audiens masih sedikit diketahui. Studi ini mengidentifikasi variabel immersion dan parasocial interaction dalam memediasi pengaruh gaya komunikasi interaction orientation streamer terhadap purchase intention audiens Shopee Live. Variabel expertise dan attractiveness yang masing-masing memoderasi pengaruh interaction orientation terhadap immersion dan parasocial interaction juga turut dianalisis. Penelitian ini melaksanakan studi empiris dengan mengirimkan kuesioner secara daring kepada 176 responden. Setelah dilakukan penyaringan, 125 respons yang sesuai kriteria kemudian dianalisis menggunakan partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dari streamer’s interaction orientation terhadap pengalaman immersive audiens, namun tidak pada pengalaman parasosial. Expertise dan attractiveness dari streamers tidak terbukti memperkuat pengaruh interaction orientation terhadap pengalaman immersive maupun parasosial dari audiens.
In Indonesia, the value of e-commerce transactions has continued to increase in the last few years since the presence of the live shopping feature. There have been studies that have found that the way streamers communicate with their audience is very important in influencing consumer purchasing behavior. However, little is known about the influence of streamers' communication styles on audience purchase intentions. This research aims to identify immersion and parasocial interaction variables in mediating the influence of streamer interaction orientation communication styles on Shopee Live audience purchase intentions. The variables of expertise and attractiveness, which respectively moderate the influence of interaction orientation on immersion and parasocial interaction, are also explained. This research carried out an empirical study by sending questionnaires boldly to 176 respondents. After filtering, 125 responses that met the criteria were then analyzed using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). The research results show that there is a positive influence of the streamer's interaction orientation on the viewer's immersive experience, but not on the parasocial experience. The expertise and attractiveness of the streamer were not shown to strengthen the influence of interaction orientation on the immersive or parasocial experience of the audience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alpert, Jed
New York: McGraw-Hill, 2012
658.872 ALP m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Silitonga, Moses Frans Romual
"Melalui penelitian ini, penulis memberikan analisis atas implementasi strategi komunikasi pemasaran konten naratif produk e-commerce pada Japanese Station dan Simamaung di tengah konsumennya yang merupakan bagian dari sebuah komunitas, dengan menggunakan strategi pemasaran konten menurut Ooden dan teori narasi sebagai research guidance. Walaupun penelitian ini terkait dengan naratif, peneliti tidak melakukan penelitian berdasarkan paradigma naratif, peneliti lebih berfokus kepada analisis strategi komunikasi pemasaran konten naratif, bukan kepada analisis sebuah cerita yang di konstruksi. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan paradigma post-positivisme dan menggunakan dua studi kasus untuk memberikan pandangan yang lebih menyeluruh.
Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sebuah strategi komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan medium digital untuk memasarkan produk e-commerce berbasis komunitas. Strategi tersebut meliputi publikasi konten-konten naratif terkait minat dan ketertarikan target komunitasnya sehingga mampu mengelola dan mempertahankan keberadaan target komunitas. Dengan melakukan strategi tersebut, pelaku memiliki potensi untuk mengarahkan komunitas tersebut untuk melakukan pembelian produk e-commerce, walaupun pembelian produk e-commerce tersebut tetap dipengaruhi faktor-faktor lain terkait pola bisnis e-commerce yang dijalankan.
Through this research, the author provides an analysis of Japanese Station and Simamuang?s e-commerce marketing communication strategy implementation based on narrative content for consumers who are part of a community, using Ooden?s concept of content marketing strategy and narrative theory as the research guidance. Although this study relates to the narrative, the researcher did not conduct research based on the paradigm of narrative or in other words the construction of the story, but rather the analysis of marketing communication strategy of narrative content. This is a qualitative study based on post-positivism paradigm and using two case studys to provide a comprehensive point of view. This study shows that there is a marketing communication strategy which may be applied through digital media to market community based e-commerce products. The strategy includes publications of related narrative content based on interest and attraction that is able to manage and maintain the existence of the target community. Through the application of said strategy, the owners may drive the community to make e-commerce purchases, while still being influenced by other factors related to their e-commerce businesses model."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
T46289
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Karina Adrianti Padmasari
"Studi ini membahas mengenai bagaimana karakteristik e-WOM dapat mempengaruhi repurchase intention pada pengguna Sociolla.com. Penelitian ini menggunakan metode conclusive descriptive cross-sectional dan kuesioner disebar kepada 187 pengguna website Sociolla yang pernah membaca review pelanggan yang tertera di Sociolla.com. Dengan analisis menggunakan structural equation modelling (SEM), penelitian ini menemukan bahwa karakteristik e-WOM (quantity, credibility, dan quality) dapat mempengaruhi niat konsumen untuk membeli kembali di website Sociolla tersebut dengan variabel mediasi trust dan perceived usefulness. Karakteristik e-WOM (quantity, credibility, dan quality) ditemukan tidak berpengaruh secara langsung terhadap repurchase intention. Nilai e-WOM quantity dan quality secara positif dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan terhadap website. Nilai e-WOM quantity dan quality juga ditemukan dapat secara positif mempengaruhi perceived usefulness sementara nilai e-WOM credibility tidak memiliki pengaruh terhadap trust dan perceived usefulness.
This study discusses how the characteristics of e-WOM can affect the repurchase intention of Sociolla.com users. This study used a cross-sectional descriptive method and a questionnaire was distributed to 187 Sociolla website users who had read customer reviews listed on Sociolla.com. With analysis using structural equation modeling (SEM), this study found the fact that e-WOM characteristics (quantity, credibility, and quality) can influence consumers to repurchase on the website. The characteristics of e-WOM (quantity, credibility, and quality) were found to be incompatible with the intention to repurchase. The characteristics of e-WOM can influence the intention to repurchase by mediating perceived trust and perceived usefulness. The value of e-WOM quantity and quality is positively related to customer trust in the website. The e-WOM value of quantity and quality is also found to be able to positively influence perceived usefulness while the value of e-WOM credibility has no influence on perceived trust and usefulness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Ruswan
"UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menjadi salah satu peran dalam membangkitan perekonomian di Indonesia. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi dapat dijadikan kesempatan bagi para pegiat UMKM untuk memasarkan produknya. Pemasaran digital dapat menjadi salah satu solusi untuk UMKM yang terkendala akan masalah pemasaran dengan cara konvensional yang membutuhkan biaya tinggi. Shoelast merupakan salah UMKM yang menjual sepatu kulit asli buatan tangan yang pemasarannya menggunakan platform digital. Makalah ini akan memaparkan strategi pemasaran Shoelast sebagai UMKM yang memasarkan produknya secara digital dengan model AISAS. Melalui model AISAS, Shoelast dapat memasarkan produk sepatu kulit buatan tangan yang disesuaikan dengan perilaku target pasarnya.
SMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) become the main role for Indonesias economic growth. Thrive of information, communication and technology can be an opportunity for SMEs to promote their products. Digital marketing can be a solution to solving problems for SMEs who have a limited budget for the promotion of their products. Shoelast is one of the SMEs that sells handmade leather shoes with digital platforms. This paper will explain Shoelasts marketing strategy as an SME with the AISAS model. Through AISAS model, Shoelast can market their handmade leather shoes according to the behavior of their target market"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Albertus Febry Hananta Pratama
"Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki faktor ndash; faktor yang mempengaruhi conversion rate pada situs e-marketplace di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh dari persentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik terhadap conversion rate pada situs e-marketplace XYZ.com. Penelitian ini diperlukan karena faktor ndash; faktor tersebut merupakan faktor yang dianggap penting dalam menentukan besarnya pendapatan pengelola jasa e-marketplace.
Penelitian ini menggunakan pendekatan big data analytics. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi. Analisa regresi yang digunakan adalah regresi logistik dikarenakan data yang diteliti berupa data kategorikal. Data yang dianalisis merupakan data ndash; data yang diekstrak dari situs e-marketplace XYZ.com, sebanyak sepuluh ribu data. Data ndash; data tersebut merupakan data mengenai metode signaling yang digunakan oleh penjual. Tujuan dari data analisis tersebut untuk mengetahui pengaruh metode signaling tersebut terhadap conversion rate.
Hasil analisis menunjukkan bahwa presentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik berpengaruh terhadap conversion rate, dimana penggunaan metode signaling status penjual premium paling berpengaruh dalam peningkatan conversion rate penjual pada situs e-marketplace XYZ.com.
The purpose of this study is to investigate the factors that affect the conversion rate at e marketplace site in Indonesia. Specifically, this study examines the effect of the percentage of successful transactions, premium seller status, and best seller status on conversion rate at XYZ.com e marketplace site. This research is necessary because these factors are considered important in determining the amount of revenue of e marketplace services. This research uses big data analytics approach. Data analysis technique used is regression analysis. The regression analysis used is logistic regression because the data is categorical data. The data analyzed is data extracted from XYZ.com e marketplace site, as many as ten thousand data. These data are data on the signaling method used by the seller. The purpose of the data analysis is to determine the effect of signaling methods to conversion rate. The results of the analysis show that the percentage of transaction success, premium seller status, and best seller status influence the conversion rate, where the use of signaling method of premium seller status is most influential in increasing the seller 39 s conversion rate at XYZ.com e marketplace site"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Feby Rosiana Valentin
"Penelitian ini berfokus untuk meneliti pengaruh dari interaktivitas sistem Electronic Word of Mouth (EWOM) dan E-Quality pada Decision Support Satisfaction. Dalam mengembangkan hipotesis, penelitian ini mengembangkan tiga pandangan teori, yaitu recognition to action loyalty framework, the interactivity theory, dan E-Quality model. Model dan pengukuran dalam penelitian ini berdasarkan literatur yang digunakan.
Hasil analisis menggunakan teknik analisis Partial Least Square dengan software SmartPLS 3.2.4. Penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh positif dari interaktivitas sistem Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap kepuasan pelanggan pada keputusan pembelian dan juga secara positif mempengaruhi kualitas situs. E-Quality atau kualitas situs memiliki pengaruh positif terhadap Decision Support Satisfaction, serta Decision Support Satisfaction berpengaruh positf terhadap E-Loyalty.
This study aims to investigate the impact of the interactivity of Electronic Word of Mouth (EWOM) systems and E-Quality on decision support satisfaction. To develop hypotheses, this study adopted three theoretical lenses, the cognition-toaction loyalty framework, the interactivity theory, and E-Quality model. The model and measurements were based on the literature. The analysis applied Partial Least Square (PLS) technique with software SmartPLS 3.2.4. The findings illustrate that interactive Electronic Word of Mouth (EWOM) systems positively affect customer satisfaction on the purchase decision and also positively influence the website quality. E-Quality was found to have a positive impact on decision support satisfaction, then also decision support satisfaction have a significant impact on E-Loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63340
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library