Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Seravica Molasita Mahu
Abstrak :
ABSTRAK
Publisitas merupakan salah satu media promosi yang penting dalam mendukung rangkaian strategi 360 komunikasi pemasaran terpadu (IMC). Publisitas masuk dalam ranah public relations dimana tugas umum public relations adalah menjaga citra positif, menangani publisitas negatif, dan meningkatkan efektivitas unsur-unsur dalam bauran promosi (marketing mix). Berdasarkan isi pesannya, publikasi dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu publikasi positif dan publikasi negative. Terutama sekali untuk public figure seperti politisi, entertainers, dan atlet professional. Semuanya bersaing dalam pemahaman untuk persetujuan dan penerimaan public, dan semua keuntungan dari menyampaikan citra yang kuat dan diinginkan. Selebriti sebagai brand erat kaitanya dengan arus publisitas yang tinggi, dimana melalui publisitas citra dibentuk dan dijadikan dasar dalam mengevaluasi serta mendorong niat untuk menonton selebriti yang bersangkutan. Adapun, di sisi yang berbeda terdapat beberapa kasus dimana publisitas negatif cenderung memiliki dampak positif pada brand. Fenomena ini menunjukkan bagaimana publisitas negatif tidak selalu memiliki efek negatif pada brand dan khususnya yang akan kita teliti adalah pada selebriti sebagai brand. Dengan kondisi dimana selebriti tidak lepas dari berbagai pemberitaan, maka menjadi menarik untuk diketahui bagaimana publisitas merubah citra selebritis dan pengaruhnya terhadap evaluasi masyarakat atas selebriti dan sikap mereka atas selebriti tersebut yang akan diukur dengan niat mereka untuk menonton acara dimana si selebritis terlibat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menguji 3 (Positif Prior Brand Image, Negatif Prior Brand Image, dan Zero Prior Brand Image) x 2 (Publisitas Positif dan Publisitas Negatif). Dilakukan studi pendahuluan untuk menentukan jenis publisitas serta selebritis yang akan digunakan sebagai stimulus. Mengikutsertakan sebanyak 180 mahasiswa FEUI dengan rentang usia 17-25 sebagai partisipan dan digunakan stimulus artikel pemberitaan untuk melihat efeknya pada intention to watch, brand evaluation, dan perubahan brand image dari selebriti yang menjadi objek pemberitaan. Data yang diperoleh, kemudian diolah dengan metode statistic anova dan Uji T. Hasil menemukan bahwa publikasi negatif memberi efek positif intention to watch pada positif prior brand image dan negatif prior brand image, sedangkan berefek sebaliknya pada zero prior brand image. Untuk brand evaluation, nilai tertinggi diperoleh positif prior brand image, diikuti zero prior brand image, dan nilai terendah diperoleh negatif prior brand image. Sedangkan perubahan brand image kontras terlihat pada positif brand image yang diberikan publikasi negatif serta cukup besar pada zero prior brand image pada kedua jenis publikasi. Hasil ini membuktikan publikasi negatif cenderung memberi efek positif intention to watch dan brand evaluation pada positif prior brand image namun tidak dapat menghindari kekecewaan masyarakat dimana terdapat penurunan brand image yang cukup besar. Hal ini selaras dengan penelitian sebelumnya dimana dikatakan, saat konsumen memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan, konsumen akan cenderung bersikap defensif pada pemberitaan negatif dan berpihak pada perusahaan.
ABSTRACT
Publicity is one of the important media campaign in support of a series of strate integrated marketing communications (IMC). Publicity is in the realm of public relations in which the general duty of public relations is to maintain a positive image, handle negative publicity, and increase the effectiveness of the elements in the promotion mix (marketing mix). Based on the content of the message, the publication can be divided into 2 types, positive publicity and negative publicity. Especially for public figures such as politicians, entertainers, and professional athletes, all these compete in some sense for public approval and acceptance, and all benefit from conveying a strong and desireable image. Celebrities as brand currently exposed with high publicity, publicity through which the image is formed and used as the basis for evaluating and encouraging the intention to watch the celebrity in question. Meanwhile, in a different hand, there are several cases where negative publicity is likely to have a positive impact on the brand. This phenomenon shows how the negative publicity does not always have a negative effect on the brand and specially in celebrities as brand. With a condition in which a celebrity can not be separated from a variety of reports, it became interesting to know how publicity change the image of celebrity and its effect on the public evaluation and the celebrities that will be measured by their intention to watch a show where the celebrities involved in it. This research uses experimental methods, with test 3 (Positive Brand Image Prior, Prior Negative Brand Image and Brand Image Prior Zero) x 2 (Positive Publicity and Negative Publicity). Conducted a preliminary study we determine the type of publicity and celebrities that will be used as a stimulus. Include as many as 180 students, aged 17-25 UI as a participant and used stimulus news article to see its effect on the intention to watch, brand evaluations, and changes in brand image of celebrities who became the object of preaching. Data obtained, then processed with ANOVA statistical methods and Test T. Results found that the negative publicity give a positive effect on the intention to watch for prior positive brand image and prior negative brand image, while the opposite effect on zero prior brand image. For brand evaluation, the highest value obtained prior positive brand image, followed by zero prior brand image, and the lowest value obtained prior negative brand image. While the change in brand image contrast seen in a positive brand image with negative publicity and quite large at zero prior brand image in both types of publications. These results prove negative publicity tends to have a positive effect intention to watch and brand evaluation on prior positive brand image but can not avoid the frustration of the people where there is a decrease substantial brand image. This is consistent with previous studies where it was said, when consumers have a strong commitment to the company, consumers will tend to be defensive in negative publicity and reward firms.
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Iskandar
Abstrak :
Penelitian mengenai model struktural termasuk anteseden brand community commitment, brand community commitment, dan outcomes brand community commitment (loyalty behaviors) sudah pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti brand community commitment dengan obyek penelitian yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community pada komitmen dari brand community, dan menyelidiki melalui mekanisme mana komitmen dari brand community mampu meningkatkan berbagai loyalty behaviors (repurchase intentions, positive word-of-mouth, dan constructive complaints). Untuk menguji hipotesis, sebanyak 120 fans JKT48 yang terdaftar sebagai member dalam Official Fan Club JKT48 digunakan sebagai sampel, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling. Dari hasil penelitian ini diperoleh jalur positif yang signifikan antara: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. Penelitian ini menunjukkan trust dan affect adalah faktor penting dalam meningkatkan brand community commitment pelanggan. Manajer brand community harus membantu pengguna untuk mengembangkan ikatan emosional dengan brand community dan merek. Dalam penelitian ini, affect lebih berpengaruh daripada trust pada brand community commitment dan loyalty behavior. Situs brand community dan aktivitas pengguna komunitas harus dirancang untuk memfasilitasi peningkatan trust dan affect terhadap brand community. ......Research on the structural model including antecedents of brand community commitment, brand community commitment, and brand community outcomes (loyalty behaviors) has been done before. This research intends to examine the brand community commitment with different research objects from previous research. The purpose of this research is to analyze the effect of trust and affect toward a brand community on the commitment of brand communities, and investigate the mechanism through which the commitment of a brand community is able to increase various loyalty behaviors (repurchase intentions, positive wordof-mouth, and constructive complaints). To test the hypotheses, a total of 120 fans of JKT48 listed as member of the Official Fan Club JKT48 was used as samples, then analyzed it using Structural Equation Modeling. From the results of this research obtained the significant positive path between: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. This research suggests trust and affect are vital factors in enhancing customers brand community commitment. Brand community managers should help users to develop an emotional bond with the brand community and the brand. In this research, affect is more influential than trust on brand community and loyalty behavior. Brand community website and community user activity should be designed to facilitate the enhancement of trust and affect toward the brand community.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zainul Fikri
Abstrak :
Penelitian ini meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi strategi co-branding antara entitas komersial dengan entitas non-profit. Pada satu sisi entitas komersial ingin mendapatkan citra positif entitas non-profit, disisi lain entitas non-profit membutuhkan pendanaan. Kerjasama antara kedua entitas dapat menguntungkan, namun karena tidak semua strategi dapat berjalan sesuai dengan rencana begitu pula strategi co-branding tidak selamanya efektif malah dapat menimbulkan risiko bagi citra suatu merek. Penelitian ini menemukan bahwa familiaritas konsumen terhadap suatu merek bukan berarti akan menimbulkan penilaian positif terhadap aliansi merek yang dilakukan. ...... This study examines the factors that influence the strategy of co-branding between commercial entities with non-profit entities. The commercial entities wants to obtain a positive brand image of non-profit entities, vice versa the nonprofit entities in need of funding. The cooperation between the two entities can be profitable, but not all strategies can be implemented as planned as did co-branding strategy is not always effective even may pose a risk to the image of a brand. This study found that the consumers brand familiarity does not mean that will lead to a positive assessment of the brand alliance evaluation.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhika Gilang Respati
Abstrak :
Perkembangan smartphone android yang begitu pesat menarik peneliti untuk melakukan penelitian terhadap loyalitas merek para pengguna smartphone android. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga yang tinggi terhadap pembelian kembali produk smartphone android dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh masa penggunaan terhadap pembelian kembali produk smartphone android. Data diolah menggunakan regresi linier dengan kesimpulan tidak ada pengaruh antara harga terhadap pembelian kembali dan bahwa masa penggunaan konsumen pengguna smartphone android memiliki pengaruh terhadap pembelian kembali. Disarankan untuk produsen android berusaha untuk bisa mempertahankan penjualan tetap tinggi dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Untuk penelitian selanjutnya supaya bisa mendapatkan gambaran yang lebih konkret dan lebih jelas mengenai loyalitas merek pada pengguna smartphone android. Untuk penelitian yang lebih mendalam harus memasukkan loyalitas merek pada pengguna smartphone android ke dalam analisa. ......Android smartphone developments so rapidly attract researchers to conduct research on brand loyalty Android smartphone users. This thesis aims to determine whether there is any influence of high prices on the repeat purchase on android smartphone products and to find out if there is any influence term of use against the repeat purchase on android smartphone products. The data is processed using linear regression with the conclusion there is no effect between price with repeat purchase and term of usage of android smartphone users have an influence on repeat purchase. Recommended for android producer attempt to remain high for maintain sales with consumers and keeps a good relationship with consumers. For further research in order to get a more concrete and more clear about brand loyalty on android smartphone users. For further in- depth studies should be conducted put brand loyalty of android smartphone users for analysis.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kayrana Amadyatara
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor dari perceived quality dan brand trust terhadap suatu merek dan pengaruhnya terhadap perceived quality, brand trust dan brand loyalty. Penelitian ini dilakukan terhadap 160 responden yang didapat melalui teknik purposive sampling. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam penilaian perceived quality, brand trust dan brand loyalty dari merek Indosat dan Indosat Ooredoo. Selain itu, knowledge of the brand substitution, degree of acceptance of the brand change, percevied similarity between the old and new brand dan attachment to initial brand berpengaruh positif terhadap perceived quality. Meskipun demikian, hanya variabel degree of acceptance of the brand change dan attachment to initial brand yang berpengaruh positif terhadap brand trust. Sementara variabel knowledge of the brand substitution dan perceived similarity between the old and new brand memiliki pengaruh negatif terhadap brand trust. Selain itu, perceived quality terbukti memiliki pengaruh positif terhadap brand trust, namun berpengaruh negatif terhadap brand loyalty. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh positif terhadap brand loyalty. ......This study aims to analyze the influence of perceived quality and brand trust factors towards perceived quality, brand trust and brand loyalty of a brand. Respondents of this research are chosen through purposive sampling, with total 160 respondents. Compare Means and Structural Equation Modelling (SEM) are used to process the data. The result of this research shows that there are no difference between the measurement of perceived quality, brand trust and brand loyalty betwen Indosat and Indosat Ooerdoo. Knowledge of the brand substitution, degree of acceptance of the brand change, percevied similarity between the old and new brand and attachment to initial brand have positive effect towards perceived quality. Meanwhile, only degree of acceptance of the brand change and attachment to initial brand have positive effect towards brand trust. While knowledge of the brand substitution and perceived similarity have negative effect towards brand trust. Furthermore, perceived quality have positive effect on brand trust, but negative towards brand loyalty. Other than that, brand trust also positively effect brand loyalty.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mark, Margaret
New york : McGraw-Hill , 2001
658.827 MAR h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nicolino, Patricia F.
Jakarta: Kencana Prenada Media , 2007
658.82 NIC ct (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nara P. Pernama
Abstrak :
ABSTRAK
Di tengah maraknya penggunaan internet di Indonesia, berkembang pula strategi personalisasi yang merupakan strategi tailor-made yang dibuat khusus menyesuaikan pengalaman pribadi dan keinginan masing-masing konsumen menggunakan informasi dan pengetahuan yang mendalam mengenai konsumennya. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan paradigma post-positivisme, penelitian ini membahas mengenai keterlibatan konsumen dalam melakukan pengungkapan informasi personal. Penelitian ini menemukan bahwa proses keterlibatan konsumen dalam melakukan pengungkapan informasi personalnya tidak terlepas dari aspek-aspek konsumen seperti kepuasan, kepercayaan, identitas konsumen, tujuan konsumen, sumber daya yang dimiliki, dan analisis terhadap biaya dan manfaat yang didapatkan. Brand juga melakukan upaya untuk menciptakan keterlibatan konsumen dengan menyediakan fitur- fitur personalisasi dan pelayanan yang maksimal untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Apabila strategi personalisasi yang dilakukan oleh brand tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen, maka akan berpotensi menimbulkan perasaan bahwa brand menginvasi privasi konsumennya. Penelitian ini juga mengungkap bahwa aspek- aspek konsumen yang disebutkan di atas yang mendorong konsumen untuk menentukan intensitas berinteraksi dengan brand. Semakin besar intensitas maka semakin besar juga keterlibatan konsumen terhadap brand. Pola yang berulang akan berujung pada pembentukan loyalitas dimana konsumen menginvestasikan kepercayaan, komitmen, dan partisipasi dalam hubungannya dengan brand, termasuk dalam mengungkapkan informasi personalnya.Kata kunci:Ketelibatan konsumen, personalisasi, informasi personal, loyalitas brand.
ABSTRACT
In the midst of the increasing of internet usage in Indonesia, personalization has also grown rapidly mdash a strategy that is tailor made based on personal experiences and preferences of each consumer. Using qualitative method and post positivism paragidm, this research mainly talks about personal information disclosure as a form of costumer engagement. Studies finds that costumer engagement influenced by satisfaction, trusts, commitment, identity, costumer goals, resources, and cost benefit analysis. Brand also make an effort to engage with their costumer by providing them personalized features and also give the best services to maximize costumer satisfaction. If personalization done in a wrong way, where personalization efforts doesn rsquo t meet customer expectation, it can potentially cause privacy invansion. This research also give a deep analysis about aspects that influence intensity using the brand. High intensity using the brand give opportunity for costumer to interacts with brand more frequently. These interactions will lead to create costumer loyalty where costumer invest trust, commitment, and participation in the relationship with brand, including disclosing their personal information.Keywords Customer engagement, personalization, personal information, brand loyalty
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Arma Wardani Eka Rosa Mystica
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perceived value terhadap kepuasan yang ada pada industri salon anak dengan kasus Kiddycuts. Penelitian ini menggunakan 60 responden pengguna jasa Kiddycuts dalam kurun waktu 1 tahun terakhir sebagai sampel. Data diperoleh melalui metode survey dengan kuisioner. Analisis data dilakukan melalui dari uji pendahuluan penelitian yang mencakup uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah variabel penelitian dinyatakan sudah lolos uji, dilakukan analisis menggunakan metode PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan.
ABSTRACT
The aim of this research is to analyze and test the effect of perceived value on satisfaction. This research was tested on kids haircare salon business case and Kiddycuts was selected for the research. The research itself involved 60 respondents which has got service by Kiddycuts during last 1 year as sample with primary data obtained by survey. Data analysis procedure was done by preliminary studies involving validity and reliability test. After research instrument passed the reliability and validity test, structural analysis was done by PLS Method. The result of this research showed that perceived value has positive effect on satisfaction.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zannaria Adi Tasya
Abstrak :
Popularitas platform transportasi online yang terus meningkat adalah bukti bahwa konsumen memiliki pengalaman pribadi dengan merek-merek ini. Mengingat pentingnya platform transportasi online di masyarakat, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman merek dalam membangun ekuitas merek berbasis konsumen (CBBE) secara langsung maupun melalui mediasi dari faktor lain pada aplikasi transportasi online di Indonesia. Survei online terhadap 300 pengguna layanan aplikasi transportasi online di Indonesia memberikan data uji empiris. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan Structural Equation Modelling - Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tidak langsung pengalaman merek terhadap ekuitas merek berbasis konsumen sehingga pengalaman merek memberikan pengaruh yang sepenuhnya dimediasi oleh keterikatan merek emosional terhadap ekuitas merek berbasis konsumen. Secara keseluruhan, keterikatan merek emosional memiliki efek langsung dalam membangun ekuitas merek berbasis konsumen. Sedangkan faktor lain seperti kredibilitas merek dan kepuasan konsumen memediasi keterikatan merek emosional dalam membangun ekuitas merek berbasis konsumen. Pengaruh langsung juga terjadi pada variabel keterikatan merek emosional, kredibilitas merek dan kepuasan konsumen yang memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap ekuitas merek berbasis konsumen. Penelitian ini memperkaya literatur yang ada tentang faktor-faktor yang membangun ekuitas merek dan diharapkan dapat memberikan gambaran pada perusahaan transportasi online untuk meningkatkan ekuitas merek mereka dan memperoleh informasi tentang bagaimana membangun hubungan antara konsumen dengan merek. ......The ever-growing popularity of transportation online platforms is evidence that consumers have personal experiences with these brands. Given the prominence of transportation online platforms in society, this study aims to analyze the effect of brand experience in building consumer-based brand equity (CBBE) directly or requiring mediation from other factors in online transportation applications in Indonesia. An online survey of 300 users of online transportation application services in Indonesia provides data of empirical testing. The research hypotheses were tested using Structural Equation Modelling - Partial Least Squares (SEM-PLS). The results showed an indirect effect of brand experience on consumer-based brand equity so that brand experience gave a fully mediated effect of emotional brand attachment to consumer-based brand equity. Overall, emotional brand attachment has a direct effect on building consumer-based brand equity. Meanwhile, other factors such as brand credibility and consumer satisfaction mediate emotional brand attachment in building consumer-based brand equity. A direct effect also occurs in the variables of emotional brand attachment, brand credibility, and consumer satisfaction which have a positive and significant relationship to consumer-based brand equity. This study enriches the existing literature on the factors that build brand equity and is expected to provide an overview of online transportation companies to increase their brand equity and obtain information on how to build relationships between consumers and brands.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>