Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Rizqi
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5333
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Larasati
"Penempatan produk menjadi sangat diminati sejak Reeses Pieces melakukan penempatan produk pada film E.T di tahun 1982. Alasan para pengiklan menggunakan penempatan produk diantaranya tidak terdapat zapping atau pengindaran iklan.
Penempatan produk juga terdapat pada film ?Twilight?, yaitu film adaptasi dari novel dengan penjualan terbaik karangan Stephanie Meyer ini terdapat 23 merek yang melakukan penempatan produk. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana kesadaran khalayak terdapap penempatan produk dalam film?Twilight?. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kesadaran penonton.
Metodologi penelitian menggunakan paradigma positivis, pendekatan kuantitatif, bersifat deskriptif (univariat). Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, dengan mengambil sampel sejumlah 100 responden dengan metode sampel acak sederhana.
Hasil penelitian ini yaitu penonton sadar dengan adanya penempatan produk dalam film ?Twilight? dalam tingkatan top of mind, brand recall, dan brand recognition, dan terdapat tiga merek yang terdapat di brand unaware.

Many marketers interest to uses product placement to promote their brand since 1982 when Reeses Pieces appears in E.T. One of the reason is because there is no zapping or avoiding advertising in product placement.
The movie ?Twilight? is adapted from a bestseller novel written by Stephanie Meyer, and the movie includes 23 product placements. This research inquires the awareness of the audience towards product placement in the movie ?Twilight?? The aim of this research is to find out the awareness of the audience.
Positives paradigm is used with descriptive quantitative methods and survey methods to collect the sample. The data collection technique uses questionnaire with 100 responden.
Result of this research is the audience aware of the product placement in the movie ?Twilight? in brand awareness stages top of mind, brand recall, and brand recognition and there is three brand in stage brand unaware."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cokki
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penempatan produk merek Indonesia, sikap penonton, dan bentuk sikap penonton terhadap web series di situs web Youtube. Data diambil dari 16 merek yang mencakup 94 episode dalam 21 web series. Data dianalisis dengan distribusi frekuensi dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik penempatan produk merek Indonesia sangat beragam, sikap penonton positif, dan bentuk sikap penonton lebih kuat pada sikap terhadap film, sikap terhadap aktor, dan sikap terhadap karakter dibandingkan dengan sikap terhadap penempatan produk dan sikap terhadap merek."
Tangerang: Business School Universitas Pelita Harapan, 2019
338 DEREMA 14:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Syafa Kamila
"Gelombang Korea, atau "Hallyu", telah menyebar ke seluruh dunia, dan drama Korea, atau "K-drama", telah menjadi bagian penting dari kebudayaan. Selama pandemi COVID-19, drama ini menjadi cara populer bagi orang-orang di seluruh dunia untuk menghabiskan waktu karena dapat ditonton secara online. Penelitian ini menyelidiki bagaimana penempatan produk digunakan dalam K-drama sebagai bentuk periklanan modern. K-drama merupakan salah satu media yang efektif untuk memasang iklan produk karena dapat membantu orang mengenali merek, tertarik pada merek, dan membeli sesuatu. Penelitian ini menggunakan banyak literatur untuk mencoba mencari tahu bagaimana penempatan produk dalam drama Korea digunakan di dunia nyata. Dengan melakukan hal ini, diharapkan dapat menambah pemahaman kita tentang bagaimana periklanan dan keterlibatan pelanggan berubah di era digital.

The Korean Wave, or "Hallyu," has spread around the world, and Korean plays, or "K-dramas," have become an important part of culture. During the COVID-19 pandemic, these plays were a popular way for people around the world to pass the time as they could be watched online. This paper looks into how product placement is used in K-dramas as a modern form of advertising. Notably, K-dramas are a great place to put ads for products because they can help people recognise brands, get interested in them, and buy things. This study is based on literature review to try to figure out how product placement in Korean dramas is used in real life. By doing this, it hopes to add to our understanding of how advertising and customer engagement are changing in the digital age.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Fitriyanni
"Penempatan produk di video klip merupakan cara baru dalam beriklan yang dapat menimbulkan kesadaran khalayak akan produk. Produk Nokia 5800 XpressMusic yang melakukan penempatan produk dalam video klip Britney Spears-Womanizer menjadi objek penelitian ini. Apakah tingkat kesadaran khalayak pada penempatan produk akan mempengaruhi pengetahuan khalayak akan atribut produk?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, paradigma positivis, bersifat eksplanatif, dan menggunakan teknik penarikan sample accidental yang dilakukan pada 1-3 juni 2009. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kesadaran khalayak pada penempatan produk di video klip memberi pengaruh sebesar 54.3% terhadap pengetahuan khalayak pada atribut produk. Ini berarti kesadaran responden yang rata-rata berada pada tingkat brand recognition (belum terlalu tinggi) mempengaruhi nilai "pengaruh" yang juga tidak terlalu tinggi tersebut.
Responden sadar akan aspek penempatan produk baik secara visual dan plot. Pada pengetahuan khalayak akan atribut produk nilai rata-rata paling tinggi ada pada aspek fitur produk karena video klip ini memperlihatkan fitur produk ketika aktor menggunakannya. Dapat disimpulkan tingkat kesadaran khalayak pada penempatan produk mempengaruhi terhadap pengetahuan akan atribut produk.

Product placement on video clip is a new way to advertise that expects to create awareness of product. Nokia 5800 XpressMusic who has a product placement on Britney Spears?s video clip, Womanizer, is the object of this research. Is the audience?s awareness level on the product placement impacting audience's knowledge of product attributes?
This research use quantitative method, positivist paradigm, explanative, and accidental technique that has been done in June, 1st-3rd 2009. As the result of this research there is 54,3% impact of audience's awareness level of product placement towards audience?s knowledge of product attributes. It means the awareness level of respondent that mostly in brand recognition level (average level) impacting that "impact" value which is not a high value also.
Respondents are aware of the product placement through visual and plot aspect. In audience's knowledge of product attributes the highest mean value is in the feature aspect because it shows when the actor using the product feature. The conclusion is the audience's awareness level of product placement impacting audience's knowledge of product attributes."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Rakyan Inaya Karina
"ABSTRAK
Product Placement atau Penempatan Produk merupakan salah satu strategi marketing iklan yang sudah dikenal sejak berpuluh-puluh tahun lamanya, namun dewasa ini semakin sering digunakan karena dipercaya dapat membangun brand awareness suatu produk. Jurnal ini akan membahas mengenai Pengaruh Penempatan produk brand mobil pada film garapan Marvel Cinematic Universe terhadap brand awareness, khususnya pada penempatan produk brand mobil Audi dalam film Captain America: Civil War. Beberapa konsep yang akan digunakan untuk menganalisa permasalahan di dalam jurnal ini, antara lain; konsep penempatan produk beserta fungsi dan klasifikasinya, brand awareness beserta kategorinya, dan subliminal perception. Hasil yang didapatkan adalah penempatan produk dalam film cukup efektif untuk menciptakan brand awareness bagi khalayak yang telah menontonnya.

ABSTRACT
Product Placement is one of advertising marketing strategies that have been known for over decades, but today it often uses because it rsquo s believed to build brand awareness of a product. This journal discusses Influence of car brand product placement to build brand awareness in the film produced by Marvel Cinematic Universe, especially Audi rsquo s product placement in the movie of Captain America Civil War. Some concepts were used to analyse this journal includes the concept of product placement along with the function and classification, brand awareness and its category, as well as subliminal perception. The results obtained are the product placement in the film is effective enough to create brand awareness among the audience who had seen the movie. "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Wilda Rahmania
"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pengaruh penenempatan produk Laneige BB Cushion pada drama Korea berjudul Descendant of The Sun terhadap minat beli. Dengan melihat pada peningkatan penjualan produk Laneige akibat product placement yang disisipkan pada drama Korea Descendent of The Sun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang telah menonton drama Korea berjudul Descendant of The Sun dan merupakan mahasiswi. Metode yang peneliti gunakan adalah non-probability< sampling serta teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisioner dengan dianalisis menggunakan regresi linear. Berdasarkan hasil analisis data maka hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif antara Product Placement Laneige BB Cushion pada drama Korea Descendant of The sun terhadap Purchase Intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa product placement memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap purchase intention< dengan hasil korelasi yang “kuat”. Product placement< Laneige BB Cushion memiliki pengaruh terhadap purchase intention yang memiliki hubungan sebesar 45,1%.

The purpose of this study is to analyze how the influence of Laneige BB Cushion product placement on Korean drama titled Descendant of The Sun on buying interest. Looking at the increasing sales of Laneige products due to the product placement inserted in the Korean drama Descendent of The Sun. This study uses a quantitative approach. The sample in this study is 100 people who have watched Korean drama Descendant of The Sun and is a student. The method that researchers use is non-probability sampling and sampling technique purposive sampling. The instrument of this study using questionnaires with analyzed using linear regression. Based on the results of data analysis, the result of this research is the positive influence between Product Placement Laneige BB Cushion on Korean drama Descendant of The Sun toward Purchase Intention. The results show that product placement has a big influence on purchase intention with "strong" correlation result. Product placement Laneige BB Cushion has an effect on the purchase intention that has a relationship of 45.1%.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2017
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadingga Trah Herdwangkara
"Product placement merupakan suatu hal yang tidak asing lagi dalam dunia pemasaran. Di Indonesia sendiri, perkembangan penggunaan product placement sudah semakin sering terlihat, misalnya pada tayangan program-program di televisi dan film. Strategi product placement yang baik haruslah dapat mencakup faktor-faktor yang berhubungan dengan audience characteristics. Audiece charac teristics sendiri digambarkan oleh product/brand familiarity, program involvement (arousal, pleasure, cognitive effort) dan star liking. Dan tingkat efektifitas product placement salah satunya dapat dilihat dari product category recall dan atau brand recall yang dihasilkan. Dengan menggunakan film Ayat- Ayat Cinta sebagai objek penelitian, skripsi ini membahas tentang hubungan yang terjadi antara audience charac eristics dengan product /brand recall pada product placement di dalam film Ayat-Ayat Cinta. Desain penelitian ini adalah penelitian eksploratif dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa star liking merupakan satu-satunya variabel yang memiliki hubungan signifikan dengan product category recall, sehingga dengan demikian star liking menjadi sesuatu hal yang perlu menjadi perhatian dalam strategi product placement dalam film. Pemilihan aktor atau aktris yang sedang diidolakan dan yang sesuai dengan target konsumen serta pemilihan film yang tepat merupakan suatu strategi yang dapat digu nakan sebagai penunjang keberhasilan product placement dalam film.

Product placement is a practice that is familiar in the world of mar keting. In Indonesia, the use of product placement is more often seen, for example on television programs and movies. A good product place ment strategy must include the factors that relate to the audience characteristics. Audience characteristics described by product /brand familiarity, program involvement (arousal, pleasure, cognitive effort) and star liking. And the effectiveness of product placement can be seen from product category recall and brand recall. By using the film Ayat-Ayat Cinta as an objects of research, this essay discuss about the relationship between audience characteristics with pro duct/brand recall on product placement in film Ayat-Ayat Cinta. This research is descriptive and eksplorative interpretive. The results of this research indicate that the star liking is the only variable that has a significant relationship with product category recall, so that star liking is an important factor in the strategy of product placement in movies. Choosing an actor or actress who is liked and appropriate with target consumers and the right movie selection is a strategy that can be used to support the success of product placement in movies."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dave Ependi
"Product placement or brand placement describes the integration of a product or a brand into a film, televised series, and other types of entertainment programming for promotional purposes. Product placement, as a variant of sponsorship, encompasses hybrid forms of promotion within mediated entertainment that share on main feature: the promotional intent is not made explicit but is ostensibly presented as a part of the dramatic entertainment. Little academic research to date has been conducted to study consumer attitude toward product placement in the form of webisode branded entertainment and their impact to advertisement attitude, brand image and purchase intention. Previous research regarding attitude towards product placement has shown that several antecedents were involved in shaping the brand attitude and purchase intention, including attitude towards the actor, attitude towards the character, attitude towards the movie, fit between the actor and brand, fit between character and brand and fit between movie and brand.
Tropicana Slim Stevia marketing strategy that integrates webisode as a form of branded entertainment and traditional advertisement create potential research for this topic. The research used survey method in this research to investigate the attitude antecedents that form brand attitude and purchase intention in an integrated marketing campaign that involves product placement (in form of webisode) and traditional advertising (in form of television advertisement). The research analyzed the primary data gathered using structural equation modeling (SEM) to investigate the relationships that may or may not happen from the proposed research model. The result of this research shows that attitude towards product placement has the highest influence on brand attitude, while attitude towards character has very high influence on attitude towards advertisement. There is also a positive relationship found between attitude towards webisode and television advertisement, proving the impact of webisode in shaping consumer advertisement attitude in a digital and traditional media convergence."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Augustina Lidya Sukandi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara penempatan produk Line dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 terhadap niat beli konsumen karena sangat sedikit penelitian tentang penempatan produk dan perilaku konsumen melalui penelitian kualitatif. Dengan melihat area penelitian ini akan menghasilkan informasi yang lebih mendalam terutama dengan pertumbuhan dari penempatan produk di film di Indonesia.
Diskusi kelompok secara kualitatif yang terdiri dari 10 mahasiswa (19-23 tahun) digunakan sebagai alat utama untuk tujuan pengumpulan data untuk mengeksplorasi pengaruh penempatan produk terhadap perilaku niat membeli, persepsi konsumen dan juga risiko yang terkait dengannya. Penelitian ini telah mengungkapkan bahwa faktor yang mempengaruhi niat membeli berbeda antara peserta laki-laki dan perempuan. Ditemukan juga bahwa penempatan yang menonjol tidak selalu berdampak negatif terhadap persepsi merek dan risiko penempatan produk tidak ditemukan dalam konteks film ini.
Berdasarkan temuan ini, ini menjelaskan perlunya penelitian lebih lanjut untuk dilakukan untuk melihat perbedaan antara jenis kelamin karena berkontribusi pada perbedaan jawaban yang signifikan tentang efek penempatan produk. Studi ini adalah salah satu makalah akademis pertama yang melihat pengaruh penempatan produk dalam kaitannya dengan kasus tertentu dengan menggunakan metode pengumpulan data kualitatif.

The core objective of this study is to look at the relationship between product placement of Line in the movie Ada Apa Dengan Cinta 2 on consumer purchase intention as there has been very little investigation on product placement and consumer behaviour through qualitative research. By looking at this research area, it will produce a greater depth of information especially with the active growth of product placement in Indonesia.
A qualitative focus group consisting of 10 university students (19-23 years old) was used as the primary tool for data collection purposes to explore the effect of product placement on purchase intention behaviour, consumers' perception and also risks associated with it. Findings reveal that factors influencing purchase intention depends between male and female participants. It was also found that prominent placement does not always impact negatively to brand perception and risk of product placement was not found in this movie context. 
Based on these findings, it shed light on the need for further research to be conducted to look at the difference between genders as it contributes to significant differences in answers on product placement effects. This study was one of the first academic papers to look at the effect of product placement in relation to a specific case using qualitative data collection methods.
"
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>