Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 141371 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sanny Salim
"Papan Petunjuk Lokasi menjadi fasilitas utama penyedia informasi identifikasi arah suatu tempat. Begitu juga dengan Bandara Udara, sebagai pintu masuk-keluar suatu negara, tentu saja ada banyak pergerakan orang dari suatu lokasi ke lokasi lainnya, di mana pastilah banyak orang tersebut membutuhkan petunjuk lokasi.
Dalam paper ini, penulis mengembangkan rancangan sebuah penelitian untuk mengetahui atribut-atribut preferensi pengunjung untuk desain sebuah papan petunjuk lokasi. Atribut tersebut kemudian akan diolah dengan metode conjoint analysis. Hasil akan diperoleh standar preferensi dari pengunjung. Kemudian hasil tersebut akan dimasukkan ke dalam QFD untuk diketahui ketentuan teknis apa yang harus dilakukan.

Signage is a main information facility to identify way to a location. In an airport, as a main entrance door in a country, there are definitely a lot of mobilizations of people from different of profiles. In that case, a lot of people need a good signage to find a location easily.
In this paper, writer develops a research to know visitor's preference of attributes of signage design, especially in visual side. Those preferences will be analyzed by conjoint analysis method, so it will be gotten the preference standard to become the standard of signage. Next, the result will be inserted into QFD to know which technical requirements should have be done.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51720
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Trisna Yuniarti
"Pada kenyataannya, keputusan konsumen memilih produk layanan akses internet tidak hanya berdasarkan pada satu atribut, seperti harga atau merek. Mereka melihat suatu produk secara keseluruhan, yaitu dengan melihat kombinasi fitur dan atribut yang ada. Setelah melihat kombinasi fitur dan atribut produk tersebut, pembeli dihadapkan pada situasi trade-off sebelum mengambil suatu keputusan. Sebaliknya, suatu perusahaan penyedia jasa layanan akses internet harus memahami keinginan konsumen terhadap produk yang akan mereka jual. Permasalahan di atas dapat diatasi dengan menggunakan metode Conjoint analysis-QFD. Metode ini dapat digunakan untuk memahami preferensi konsumen.
Hasil yang diperoleh dari metode ini adalah tingkat kepentingan relative atribut dan level produk layanan akses internet yang dipilih oleh konsumen, segmentasi pemasaran, dan tingkat kepentingan relatif respon teknis perusahaan penyedia jasa layanan akses internet. Dengan metode tersebut, maka pihak perusahaan dapat mendesain produk layanan akses internet sesuai dengan atribut dan level pilihan konsumen yang disesuaikan dengan kemampuan teknis perusahaan.

The consumers' decision to choose internet access service product, in fact, is not only based on one attribute, such as price or brand. They also have to observe the products as a whole, by observing the combination of features and attributes. Having observed the combination, the consumers are encountered with the situation of trade-off before taking a decision. Conversely, a company internet access service provider should understand what the consumers need on the products. The problems can be overcome by applying conjoint analysis-QFD methods. It can be used to understand the consumer preferences.
The results of this method are the relative importance of attributes and its level chosen by consumers, market segmentation, and the relative importance of technical response of the company. By applying these methods, the company is able to design products internet access service product in accordance with the company's technical capabilities.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51964
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Desti Yus Virgieni
"Perkembangan teknologi telekomunikasi menjadikan telepon seluler sebagai media komunikasi yang paling dekat dengan penggunanya. Telepon seluler kemudian dijadikan media baru untuk memasarkan produk atau promosi dari sebuah perusahaan. Media promosi dengan menggunakan telepon seluler dinamakan dengan Mobile advertising. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang preferensi konsumen terhadap penerimaan mobile advertising menggunakan conjoint analysis agar dapat menjadi strategi pemasaran yang tepat dan efektif sesuai dengan segmentasi penerima. Penelitian terdiri atas dua segmen, yaitu mahasiswa dan karyawan swasta. konsumen mahasiswa menyukai menerima sms mobile advertising yang berisi informasi potongan harga, menerima sms pada hari libur (weekend), menggunakan bahasa Indonesia, dan lokasi penerimaan di rumah atau kantor. Sedangkan konsumen karyawan swasta menyukai menerima sms mobile advertising yang berisi informasi potongan harga, menerima sms pada hari libur (weekend), menggunakan bahasa apa saja (Indonesia dan Inggris), serta mau menerima sms di mana saja.

The development of telecommunications technology to make mobile phones as a medium of communication that is closest to the user. The cell phone then used the new media to market your product or promotion of a company. Media campaigns using mobile phones called the Mobile advertising. Therefore, do research on consumer preferences toward mobile advertising revenue using the conjoint analysis in order to be a proper marketing strategy and effective according to the segmentation of the recipient. The study consisted of two segments, namely students and private sector employees. College student consumers like receiving mobile advertising, which provides discounts, receive message on holiday (weekend), using the Indonesian language, and location of the reception in your home or office. While consumers like private sector employees receive mobile advertising, which provides discounts, receive on holiday (weekend), using any language (Indonesian and English), and would receive anywhere."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Tri Prasetyo
"Flute adalah salah satu instrumen tiup dari keluarga woodwind dan Yamaha Music Manufacturing Indonesia merupakan salah satu produsen flute. Selama ini Yamaha kurang mengetahui preferensi mengenai flute model apa yang paling diminati oleh konsumen, sehingga konsumen sering tidak berhasil mendapatkan model flute yang diinginkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yamaha flute model x71 adalah Yamaha flute yang paling diminati oleh konsumen dan inovasi atribut baru yang diharapkan adalah B to C# trill. Pada akhir penelitian, penulis mengurutkan model flute paling diminati hingga paling tidak diminati serta mendesain ulang Yamaha flute sesuai preferensi konsumen.

Flute is one of wind instruments from woodwind family and Yamaha Music Manufacturing Indonesia is one of the flute producers. All this time, Yamaha flute does not know the favored flute models by consumers, so consumers are often unable to get the desired flute.
Results of this study indicate that the Yamaha flute model x71 is the most desired flute by consumers and consumers expected B to C# trill attribut for the new innovation. At the end of the study, the authors sort flute models from the most favored until the least favored flute, and redesign the Yamaha flute that match with consumer preferences.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S45475
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Mahardiana Setiawan Putri
"Kemahahadiran penggunaan layanan aplikasi smartphone menjadikannya sebagai bisnis yang menarik dalam memenuhi kebutuhan di kehidupan perkotaan. Penelitian ini bertujuan membuat perancangan layanan dan strategi bisnis untuk aplikasi smartphone. Objek penelitian adalah produk Cibajoe, yaitu aplikasi smartphone laundry service yang akan diluncurkan di Jakarta Selatan dan Depok untuk pengguna Android.
Penelitian ini menggunakan Conjoint Analysis untuk mendapatkan level kepentingan atribut pelayanan. Kemudian segmentasi pasar dihasilkan dari Clustering Analysis atas preferensi dan profil responden.
Hasil penelitian menunjukkan sistem pembayaran memiliki kepentingan tertinggi dengan mahasiswa dan karyawan swasta mendominasi segmen, dimana model bisnis menggambarkan strategi bisnis yang diilustrasikan dengan Business Model Canvas.

The omnipresence of smartphone application services use makes it as an appealing business that meets the needs in urban life. This research aims to design services and business strategy for smartphone applications. The object of research is a laundry service smartphone application that will be launched in South Jakarta and Depok for Android users, namely Cibajoe.
This study applies Conjoint Analysis to generate the importance level of each service attributes. Afterwards, the market segmentation can be generated from Clustering Analysis based on respondents' preferences and profile.
The result shows that payment system has the highest importance level, as well as students and private employees dominate in the market, then the business model describes the business strategy which is illustrated by the Business Model Canvas.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62226
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Junita Rosalina
"Salah satu aspek terpenting pada suatu terminal bandar udara adalah orientasi penumpang (Wayfinding). Orientasi penumpang dalam wujud sebuah petunjuk informasi yang tepat dan eye-catching merupakan hal vital dalam sebuah penentuan arah yang benar. Hal ini menjadi dasar pemikiran untuk riset selanjutnya yang terdiri dari aspek-aspek penting sebuah papan petunjuk lokasi disertai peletakannya untuk menciptakan sistem wayfinding yang baik.
Pada karya tulis ini, sebuah papan petunjuk lokasi baru yang sesuai dengan karakteristik visual manusia dan teruji oleh sistem eye-tracking dianjurkan penulis. Percobaan yang disertai aplikasi EyeLink Data Viewer tersebut membantu peneliti mengidentifikasi lokasi optimum untuk memaksimalkan tampilan.
Model yang dianjurkan tersebut dapat diaplikasikan pada situasi sebagai peningkatan sistem penunjuk arah pada berbagai lingkungan/ fasilitas umum meliputi terminal pada bandar udara, stasiun, atau mall.

One of the important features of airport passenger terminal layout is passenger orientation (wayfinding). The common availability of wayfinding which include precise and eye-catching information signs is vital for providing help with finding the right directions. It results a future research which concerns the vital aspects of appropriate directional signage as well as its allocation to build good wayfinding system.
In this paper, a subtituting directional signage which based on human visual characteristics tested by eye-tracking system is being proposed. The eye-tracking trials along with EyeLink Data Viewer allow the designer to identify optimum location for signs in a space to maximize visibility.
The proposed model can be widely applied to practical situations so as to improve the design of signage system in various enclosed environments including airport terminals, multi-function railway stations, and shopping malls.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S173
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Friska Hotmauli
"Penelitan ini dilakukan untuk mendapatkan preferensi konsumen dan kombinasi ideal dari atribut E-Toll Card dengan menggunakan metode Conjoint Analysis. Lewat metode ini, responden menilai objek berupa 16 kombinasi dari beberapa level atribut E-Toll Card. Penelitian ini melibatkan 283 responden pengendara mobil yang melewati jalan tol di daerah Jabodetabek. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa nilai utilitas, dimana atribut jaminan kehilangan memiliki nilai utilitas tertinggi. Kombinasi ideal untuk responden secara keseluruhan adalah ada jaminan kehilangan, menyediakan diskon sebesar 20%, dapat digunakan untuk transportasi lain, saldo dapat ditransfer, manfaat tambahan kartu diskon dan warna cerah.

The research aimed to obtain customer preferences and the ideal combinations of E-Toll Card using Conjoint Analysis. By this methodology, the respondent evaluates 16 profiles of E-Toll Card attribute levels combination. The research engages 283 respondents who drives car through toll road in Jabodetabek. The result is importance value (utility), which the highest utiliy gained by lost guarantee. The ideal combinations for overall respondent is there is lost guarantee, 20% discount, can be used for other public transport, transferable, addition benefit as discount card and bright color card."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42487
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Yanthi Adriani
"Berbagai variasi produk yang ditawarkan dalam toko Hypermarket yang berukuran luas kemungkinan menyebabkan kesulitan bagi konsumen untuk menemukan lokasi produk yang mereka inginkan, Papan petunjuk lokasi produk sebagai bentuk dari komunikasi visual dapat membantu konsumen mengatasi kesulitan tersebut. Papan petunjuk yang sesuai baik dari segi perancangan maupun peletakan akan memudahkan konsumen untuk menangkap informasi yang tertera dengan jelas. Untuk mewujudkannya, dilakukan kajian ergonomi dalam perancangan dan peletakannya dengan memperhatikan kemampuan dan keterbatasan yang terkait dengan salah satu indera manusia, yaitu mata. Dengan menggunakan alat Eyetracking yang terdapat pada Ergonomic Center, Teknik Industri, Universitas Indonesia, maka dapat diperoleh perancangan maupun peletakan papan petunjuk terbaik menurut ?preferensi? mata manusia berdasarkan fiksasi mata terbanyak. Dalam penelitian ditemukan bahwa papan petunjuk dengan latar abu-abu terang dan tulisan hitam serta bentuk huruf Segoe UI adalah desain terbaik. Untuk peletakan, papan petunjuk yang terletak pada tengah jalan utama dan jalan border adalah yang terbaik.

Thousands of product offered in the huge hypermarket store, can be possibly difficult for costumer to find product location they needed. Directional Signage, one of the Visual Communication, can provide a solution for that situation. A good design and placement of the signage can result the understandable and clear information provided on the signage. To create a good signage, ergonomic principles have to be accounted in the design and placement in associated with the capabilities and limitations of human?s eyes. Using a tool called Eyetracking provided in Ergonomic Centre, Industrial Engineering, Universitas Indonesia, eye movements can be detected. Thus, the best design and placement of directional signage can be determined based on visual preferences and most eye fixations. The researches found that signage in light grey and black font with font type Segoe UI is the best design. Besides, the best placement of the signage is in the middle of the aisle between racks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S693
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hilda Rizkiani
"Papan petunjuk informasi merupakan suatu perlengkapan jalan yang mutlak dibutuhkan oleh pengguna jalan terutama pengendara kendaraan. Papan petunjuk informasi terdiri dari atribut-atribut seperti kombinasi warna papan dengan tulisan, bentuk papan, dimensi papan, legenda, dan lokasi papan. Atribut-atribut tersebut harus didesain dan ditampilkan dengan baik sehingga pesan yang disampaikan mudah dilihat, dibaca dan dimengerti oleh pengguna jalan.
Skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan standar papan petunjuk informasi di Universitas Indonesia, Depok dengan menggunakan metode conjoint analysis dan metode eye tracking. Dengan menggunakan kedua metode tersebut akan didapatkan hasil berupa atribut-atribut papan petunjuk informasi berdasarkan preferensi pengguna jalan.

Informative sign is one of road tools that needed by road users especially drivers. Informative sign consists of many elements such as colour combination between board and letters, shape, legend, board dimension, and location where the sign placed. Those elements must be designed and presented well so road users can easily see, read and understand the information that the sign gave.
This paper aims to get the standard design for informative sign at University of Indonesia, Depok by using conjoint analysis and eye tracking method. The standard design is made based on the elements which chosed by road users' preference.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S190
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Hassanti Tamin
"ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya teknologi, fenomena internet memiliki peran yang
sangat penting. Di Indonesia sendiri, fenomena internet cukup berkembang sangat
pesat dalam 12 tahun terakhir ini. Salah satu fenomena yang berkembang seiring
dengan peningkatan penggunaan internet adalah tumbuhnya e-commerce. Salah satu
tipe situs e-commerce di Indonesia yang sedang marak adalah situs e-retailer.
Walaupun e-commerce di Indonesia meningkat setiap tahunnya ternyata masih
banyak sekali orang yang masih ragu untuk melakukan transaksi pada suatu situs
online. Menurut salah satu penelitian mengatakan bahwa konsumen memberanikan
diri untuk berbelanja pada suatu situs yang memiliki rekomendasi yang baik.
Sehingga kepuasan pelanggan memiliki peran sangat besar. Oleh karena itu perlu
kiranya dilakukan analisa preferensi konsumen terhadap atribut situs e-retailer secara
komprehensif yang ditinjau dari faktor teknologi, faktor berbelanja dan faktor produk.
Penelitian ini dilakukan terhadap 124 pengguna situs e-retailer yang tinggal di
Jabodetabek. Adapun metode yang digunakan adalah Conjoint analysis serta Cluster
analysis untuk menentukan segmentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa
urutan aspek dari yang paling penting pada sebuah situs e-retailer adalah keragaman
produk yang ditawarkan, keamanan situs e-retailer, kepercayaan konsumen,
Kenyamanan berbelanja, nilai dari produk yang dibeli, pengiriman produ, privasi data
konsumen dan yang terakhir adalah fitur dan desain situs.

ABSTRACT
Along with the development of technology, the Internet phenomenon has a very
important role in our everyday life. In Indonesia, this phenomenon is developing very
rapidly in the past 12 years. Another phenomenon that is growing along with the use
of the Internet is e-commerce. One of e-commerce sites that are emerging in
Indonesia is e-retailer. Although e-commerce in Indonesia is increasing every year
there are still many people who are reluctant to do transactions on an online site.
According to a research, consumers are more attracted to a site that has a good
recommendation. So the customer satisfaction has a very important role. Therefore, it
would needed to analyze comprehensively the consumer preferences for attributes of
the e-retailer sites in terms of technology factors, shopping factors and product
factors. This study was conducted on 124 users of e-retailers who live in Jakarta,
Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi Area. The method used is Conjoint analysis
and Cluster analysis to determine segmentation of consumers. The results of this
study is that the three most important aspect of an e-retailer in order to increase the
level of customer satisfaction is the diversity of products offered, followed by the
security of e- retailers, and consumer’s trust. These are followed by shopping
convenience, the value of the product purchased, shipping, data privacy and features
of the site."
2014
S53126
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>