Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153234 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Safira Utami
"Aplikasi pesan antar makanan memfasilitasi generasi Z untuk tetap dapat membeli makanan dari berbagai restoran tanpa perlu keluar rumah pada situasi pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengaruh antara electronic word-of-mouth (eWOM) yang bersumber dari influencer endorsement dan customer review terhadap repurchase intention, serta melihat peran kepercayaan kepada aplikasi pesan antar (electronic trust atau e-trust) sebagai mediator dalam pengaruh electronic word-of-mouth yang bersumber dari influencer endorsement dan customer review terhadap repurchase intention. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental randomized two-group design, post-test only yang dilakukan pada 300 partisipan generasi Z (18-25 tahun) dan merupakan pengguna lama GrabFood lebih dari dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari kedua sumber eWOM terhadap repurchase intention, dengan customer review yang memiliki pengaruh terbesar. Di sisi lain, e-trust tidak terbukti berperan sebagai mediator dalam pengaruh kedua sumber eWOM terhadap repurchase intention. Dengan begitu, masih terdapat kemungkinan variabel lain yang dapat menjelaskan mekanisme yang memengaruhi repurchase intention konsumen saat mereka menerima eWOM yang bersumber dari influencer endorsement dan customer review.

The food delivery application facilitates Generation Z to still be able to buy food from various restaurants without leaving the house during the COVID-19 pandemic situation. This study aims to see the difference of the influence between electronic word-of-mouth (eWOM) sourced from influencer endorsements and customer reviews on repurchase intention, and to see the role of trust to delivery app (electronic trust or e-trust) as a mediator in the influence of electronic word-of-mouth sourced from influencer endorsements and customer review on repurchase intention. This study is an experimental randomized two-group design, post-test only study that was conducted on 300 participants of Generation Z (18-25 years) and were long-time GrabFood users for more than two years. The results showed that there is a significant difference in the effect of both eWOM sources on repurchase intention, with customer review having the greatest influence. On the other hand, e-trust was not proven to act as a mediator in the effect of both eWOM sources on repurchase intention. That way, there is still the possibility of other variables that are able to explain the mechanism that influences consumers' repurchase intention when they receive eWOM from influencer endorsements and customer reviews.4"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Rivaldi Riyadi
"Penelitian ini membahas mengenai pengaruh pemasaran viral Burger King Indonesia terhadap niat pembelian konsumen. Di bulan November tahun 2020, Burger King Indonesia viral di media sosial akibat ajakannya untuk membeli produk dari perusahaan pesaing. Hal ini disebabkan oleh turunnya daya beli masyarakat akibat Pandemi Covid-19. Selain itu, kehadiran Pandemi Covid-19 juga menyebabkan industry makanan dan minuman mengalami penurunan keuntungan bahkan mencapai kerugian. Pemasaran Burger King Indonesia juga dilakukan untuk menyelamatkan karyawan dari PHK akibat penurunan penjualan selama pandemi berlangsung. Beberapa pakar marketing mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Burger King Indonesia tidak berpengaruh terhadap penjualan. Padahal, penelitian sebelumnya menyatakan terdapat pengaruh langsung antara pemasaran viral terhadpa niat pembelian konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran viral terhadap niat pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner disebarkan secara daring kepada pengguna media sosial yang mengetahui pemasaran viral Burger King Indonesia di DKI Jakarta. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran viral berpengaruh signifikan dan positif terhadap niat pembelian konsumen. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan “Informasi Terkait Pemasaran Viral Burger King Indonesia Tersedia di Internet” sebagai indikator keberhasilan pemasaran viral Burger King Indonesia.

This study discussed the effect of Burger King's viral marketing on consumer purchase intentions. In November 2020, Burger King Indonesia went viral on social media due to its suggestion to buy products from a competitor. Burger King's viral marketing happens because of the Pandemic Covid-19 that affected the companies and its competitor. Its campaign is about saving employees from laying off due to decreased sales during the pandemic. Some marketing experts say that Burger King Indonesia's viral marketing does not affect sales. Previous research stated that there was a direct influence between viral marketing and consumer purchase intentions. Therefore, this study aims to analyze the effect of viral marketing on consumer purchase intentions. This study uses a quantitative approach. The questionnaire was distributed online to people who understand Burger King Indonesia's viral marketing through social media in DKI Jakarta. Data on this research is analyzed using simple linear regression. The results showed that viral marketing had a significant and positive effect on consumer purchase intentions. This research recommends Burger King Indonesia to use "The Information About Burger King Indonesia's Viral Marketing Are Available On The Internet" as the indicator to see whether Burger King Indonesia's Viral Marketing success or not."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meysha Almaya
"Penelitian ini didesain untuk mengetahui bagaimana pengaruh elektronik word of mouth terhadap minat beli konsumen terhadap produk kosmetik.
Dari hasil analisis di peroleh bahwa kredibilitas isi dari pesan yang disampaikan melalui online review sangat berpengaruh terhadap niat beli konsumen, khususnya dengan konsumen yang memiliki kesamaan dengan orang yang memberikan review akan lebih tinggi menilai kredibilitas isi pesan.

This research designed to discover how the effects of electronic word of mouth on consumers interest in buying cosmetic product.
From the results of analyzes obatined that the credibility of the content of the messages conveyed through an online review influence on consumer purchase intention, especially with consumers who hava in common with the person who gabe the review would assess the credibility of the higher content of the message.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53979
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Claudia Sonia Sofyan
"Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) menggunakan influencers dalam pelaksanaan Electroning Word of Mouth Marketing sebagai bentuk Social Media Marketing. Video Youtube "Beautiful Transformation Series with Mrs. Soraya Hylmi" dan highlight Instagram Donna Agnesia merupakan dua contoh konten eWOM yang diunggah oleh JAC. Makalah ini menganalisis kedua konten tersebut dengan tujuan untuk melihat apakah JAC telah menerapkan konsep eWOM dalam pembuatan konten. Dalam menganalisis kedua konten, penulis menggunakan konsep Social Media Marketing, Social Media Influencers, dan Electronic Word of Mouth. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Konsep 5T seperti talkers, topics, tools, taking part, tracking dan dimensi eWOM seperti kredibilitas sumber, kualitas argumen, tipe review, recomendation sideness, dan visual cue digunakan untuk menganalisis kedua konten yang disebutkan di atas. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar konsep 5T dan dimensi eWOM sendiri telah terpenuhi dalam kedua konten, hanya saja masing-masing konten memiliki kelemahan dalam hal taking part dan tracking.

Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) uses influencers in the implementation of Electroning Word of Mouth Marketing as a form of Social Media Marketing. The Youtube video "Beautiful Transformation Series with Mrs. Soraya Hylmi" and Donna Agnesia's Instagram highlight are two examples of eWOM content uploaded by JAC. This paper analyzes those two content in order to see if JAC has implemented the eWOM concept in content creation. In analyzing the two content, the writer uses the concept of Social Media Marketing, Social Media Influencers, and Electronic Word of Mouth. The method used is literature study. 5T concepts such as speaker, topic, tool, taking part, tracking and eWOM dimensions such as source credibility, quality of argument, type of review, recommended sideness, and visual cues are used to analyze the two content above. The results of the analysis shows that most of the 5T concepts and eWOM dimensions themselves have been fulfilled in both content, however, each content has weaknesses in terms of taking part and tracking."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Krizia Joshua
"Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.

Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faya Rizti Khoiriyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap minat beli produk fashion yang dijual pada toko online di Instagram. Lebih khusus lagi penelitian ini ingin mengetahui dari banyaknya dimensi yang membentuk Electronic Word of Mouth, dimensi mana yang paling mempengaruhi minat beli khususnya pada produk fashion yang dijual pada toko online di Instagram. Penelitian menggunakan konsep Electronic Word of Mouth dan konsep minat beli sebagai konsep utama dalam penelitian ini. Dengan menggunakan teknik sampling purposive, jumlah sampel yang didapatkan untuk penelitian ini adalah sebanyak 121 responden yang diambil dengan menggunakan metode kuesioner berupa survei online. Data dari responden kemudian diuji menggunakan analisis faktor dan uji regresi. Dari pengumpulan dan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat beli pada produk fashion pada toko online di Instagram. Lebih lanjut lagi, dimensi yang memiliki pengaruh paling kuat adalah dimensi Messages Trustworthiness di mana kepercayaan pesan merupakan hal yang paling utama dipertimbangkan sebelum seseorang mengambil tindakan atas pesan yang telah disampaikan oleh orang lain dalam dunia maya.

Internet growth influence every aspects, included economic. This thing causes trade happens not only in real life but also in cyberspace. This phenomenon causes many online shop appear which sell all things that community need. But, there is an impact because of this. Consumer difficult to choose which online shop has truthworthiness and it makes consumer need experience from another consumer or we called Elecronic Word of Mouth. Therefore, the aim of this research is to investigate the influence of Electronic Word of Mouth on purchase intention, especially for fashion items that are sold in Instagram online shop. This research is also to know which Electronic Word of Mouth dimension has strongest influence on purchase intention. Electronic Word of Mouth and Purchase Intention is used as main concept on this research. Sampling technique use purposive sampling and 121 participants were recruited using online questionaire for this study. Data obtained from these participants were analyzed using factor analysis and standard regression. The result shows that Electronic Word of Mouth has strong influence toward purchase intention of fashion items in Instagram online shop. Messages Trustworthiness or level of message reliability was found to be the most influential factor when it comes to ones consideration before making purchase decison."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sara Febrilia
"Kehadiran panduan dan direktori seputar restoran meningkatkan kesempatan terjadinya percakapan dalam bentuk electronic word of mouth eWOM . Fenomena ini memberikan dampak besar bagi para pemasar, khususnya di industri food and beverage karena informai eWOM terbukti dapat memengaruhi keputusan konsumsi konsumen. Penelitian ini ditujukan untuk melihat pengaruh dari percakapan dalam bentuk eWOM yang disampaikan pada fitur review Zomato terhadap intensi membeli konsumen. Untuk itu, penelitian ini mengembangkan model penelitian melalui integrasi antara konsep Information Adoption Model IAM dengan Technology Acceptance Model TAM . Model yang dikembangkan kemudian divalidasi menggunakan Structural Equation Modelling SEM berdasarkan data yang diperoleh melalui survei kepada pengguna Zomato dengan kisaran usia antara 18 hingga 34 tahun. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa kualitas, kredibilitas, kegunaan, sikap terhadap informasi, serta kesediaan mengadopsi informasi merupakan faktor-faktor eWOM yang mampu memengaruhi intensi membeli konsumen. Implikasi manajerial serta saran bagi penelitian selanjutnya juga dibahas pada penelitian ini.

Restaurant search and discovery service have created valuable opportunities for electronic word of mouth eWOM conversations. This phenomenon impacts marketers, especially in food and beverage industry as this easily accessible information could greatly affect consumption decision. The aim of this study is to examine the influence of these conversations in Zomato rsquo s review on consumer rsquo s purchase intention. For this purpose, a conceptual model was developed based on the integration of Information Adoption Model IAM and related components of Technology Acceptance Model TAM . The new model was validated through Structural Equation Modelling SEM based on survey collected from Zomato rsquo s user with range of 18 to 34 years old. The results confirm that quality, credibility, usefulness, attitude towards information, and information adoption are the key factors of eWOM that influence consumers rsquo purchase intention. Managerial implications are discussed as well as recommendations for further research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67189
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Zharah Ayuningtyas
"Pemanfaatan media sosial kini telah menjadi salah satu dari gaya hidup konsumen Jakarta saat ini. Media sosial kini telah menajdi salah satu alat pemasaran yang efektif bagi suatu produk.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh electronic word of mouth e-WOM melalui Instagram terhadap minat beli konsumen pada Ojju K Food. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive, dan melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna Instagram aktif yang telah terpapar e-WOM namun belum pernah membeli produk Ojju K Food. Dimensi penelitian ini terdiri dari 6 dimensi yang mempengaruhi minat beli konsumen, yaitu relevance, accuracy, comperehensiveness, timeliness, source expertice dan source trustworthiness. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang terbentuk antara e-WOM dengan minat beli dan dimensi e-WOM yang paling berpengaruh adalah adalah dimensi relevance.

The utilization of social media has now become one of the lifestyles of Jakarta 39 s consumers today. Social media has now become one of the most effective marketing tools for a product. The purpose of this research is to know the existence of electronic word of mouth e WOM influence through Instagram to consumer buying interest in Ojju K Food. The method used in this research is by non probability sampling method with purposive technique, and involving 100 respondents who are active Instagram users who have been exposed to e WOM but have never bought Ojju K Food product. Dimensions of this research consists of 6 dimensions that affect consumer buying interest, namely relevance, accuracy, comperehensiveness, timeliness, source expertice and source trustworthiness. The results of this study indicate the influence formed between e WOM with consumer purchase intention and the most influential e WOM dimension is the relevance."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S68579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arifianka Rahmafebrizsa Buhron
"Kehadiran internet memunculkan fenomena electronic Word-of-Mouth yang menggeser kekuasaan untuk memulai pembicaraan terkait sebuah produk atau jasa dari pemasar ke konsumen. Penelitian ini menganalisis hubungan antara electronic Word-of-Mouth yang ditinjau dari dimensi kualitas, kuantitas, dan keahlian pengirim terhadap purchase intention dalam konteks layanan digital banking Jenius. Penelitian ini juga turut menganalisis peran moderasi brand image dan product involvement di antara electronic Word-of-Mouth dan purchase intention tersebut.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi-experiment yang dilakukan secara online. Pengujian dilakukan dengan uji ANOVA dan analisis regresi linier sederhana serta berganda yang menemukan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara electronic Word-of-Mouth yang dimoderasi oleh brand image dan product involvement terhadap purchase intention layanan digital banking Jenius.

The emergence of internet creates the electronic Word-of-Mouth phenomenon which shifts the power to start a conversation about a product or service from marketers to consumers. This research analyzes the relationship between electronic Word-of-Mouth in terms of the dimensions of quality, quantity, and senders expertise towards purchase intention in the context of digital banking services Jenius. This research also analyzes the moderating roles of brand image and product involvement between electronic Word-of-Mouth and purchase intention.
This quantitative research uses an online quasi-experiment method. This research is conducted by using ANOVA test, single and multiple linear regression analysis techniques which discover findings that there is a significant effect between electronic Word-of-Mouth that is moderated by brand image and product involvement towards purchase intention of digital banking service Jenius.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Quisha Azzy Azzahra
"Fandom atau penggemar kini sudah memiliki daya beli yang kuat dalam pasar. Croffle merupakan makanan yang menjadi tren pada tahun 2020 hingga 2021 yang pada awalnya diangkat oleh beberapa artis Korea melalui platform media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh fan economy melalui electronic word-of-mouth terhadap purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada 60 responden yang merupakan penggemar Korea berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Jakarta dengan menyebarkan kuesioner daring. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fan economy melalui electronic word-of-mouth memengaruhi purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Fandom terbukti dapat memengaruhi minat beli konsumen melalui electronic word-of-mouth di Instagram. Namun, terdapat limitasi dalam penelitian ini terkait metode dan lingkup penelitian yang bisa dikembangkan dalam penelitian selanjutnya.

Fandom or fans now have a strong purchasing power in the market. Croffle is a food that is becoming a trend from 2020 to 2021 which was originally raised by several Korean artists through social media platforms. This study aims to find out the influence of the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth on the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. This research was conducted on 60 respondents who are Korean fans aged 18-35 years who live in Jakarta by distributing online questionnaires. The main results in this study indicate that the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth affects the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. Fandom is proven to be able to influence consumer buying interest through electronic word-of-mouth on Instagram. However, there are limitations in this study related to the method and scope of research that can be developed in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>